Cara Flash Redmi 5A via MiFlashTool Full ROM

Tutorial tentang cara flash Xiaomi Redmi 5A (Riva) kali ini akan kami bahas untuk membantu Anda dalam mengatasi masalah bootloop.

Tutorial tentang cara flash Xiaomi Redmi 5A (Riva) kali ini akan kami bahas untuk membantu Anda dalam mengatasi masalah bootloop yang terjadi pada smartphone. Entah itu Anda mendapatinya baru maupun lama, tetap hal ini harus kita perbaiki supaya smartphone dapat digunakan kembali.

Postingan ini akan membahas beberapa metode mengenai flash ROM Redmi 5A sesuai dengan prosedur dan urutannya. Pertama flash tanpa PC menggunakan ROM Recovery Update. Kedua adalah flashing dalam mode Fastboot untuk device Redmi 5A yang sudah Unlock Booloader.

Selanjutnya adalah cara flashing ROM dalam metode Test Point. Ini buat device yang belum di Unlock Bootloadernya. Dengan beberapa metode ini, Anda dapat menentukan mana yang bisa menyelesaikan masalah pada device Redmi 5A Anda.

Cara Flash Redmi 5A via MiFlashTool Full ROM

Pada postingan sebelumnya, kami juga telah membahas tentang cara melakukan hard reset. Bagi Anda yang belum mencoba cara ini, silahkan Anda menuju pada postingan yang telah kami publikasikan sebelumnya. Ini juga dapat menjadi langkah mudah untuk Anda dalam menyelesaikan masalah dengan smartphone.

Melakukan flash memang berbeda dengan kita melakukan hard reset. Tahap flash ini biasanya diperuntukkan pada masalah smartphone yang kenyataanya masalahnya sudah cukup serius. Biasanya yang terjadi pada smartphone ialah karena masalah software yang bisa kita ketahui dengan hanya mentok dilogo Xiaomi ketika ia dinyalakan.

Sedangkan untuk tahap hard reset, biasanya ini digunakan sebagai solusi untuk pemulihan pengaturan smartphone saja dengan cara memilih factory data reset maupun juga bisa dengan wipe data. Sekarang untuk langkah lebih jauh tentang sebuah perbaikan software, menyiapkan beberapa file dan melakukan flash adalah yang terbaik.

Simak: Cara Reset HP Xiaomi Redmi 5A Ke Setelan Pabrik

Xiaomi Redmi 5A sendiri merupakan smartphone keluaran pada November tahun 2017 lalu dan termasuk smartphone terbaru. Secara spesifikasi, Xiaomi Redmi 5A ini dibekali chipset prosesor dari Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425.

Smartphone ini juga hadir dengan dua varian yang membedakan pada kapasitas memori antara ROM dan memori internal.

Seperti yang sudah kami singgung diatas, memilih cara flash Xiaomi Redmi 5A untuk memulihkan smartphone dari software tentu memerlukan firmware. Tidak hanya itu saja, kita juga memerlukan bahan dukungan lainnya yang tentu saja itu adalah tool.

Tentang flash ini bisa saja dijadikan solusi juga dalam mengatasi masalah pada saat lupa pola atau kata sandi yang ada pada layar utama. Terkadang, kita pasti pernah mengalami hal ini dan tidak tahu bagaimana membukanya.

Sebenarnya, ini bisa saja diselesaikan dengan hanya memulai mereset data pabrik. Namun, tidak ada salahnya Anda melakukan flash dan sekalian belajar dalam memahami tentang tahap ini.

Karena kita akan memulai cara flash Xiaomi Redmi 5A dengan menggunakan PC, maka tahap ini memang banyak memerlukan persiapan. Dari beberapa bahan sudah kami share dipostingan sebelumnya dan semua bisa segera Anda unduh.

Cara Flash Redmi 5A tanpa PC ROM Recovery

1. Isi daya smartphone Redmi 5A Anda hingga baterai terisi minimal 50% atau lebih.

2. Download ROM Recovery Global atau sesuai dengan versi MIUI yang Anda inginkan.

3. Kemudian, hubungkan device Xiaomi Anda ke Komputer menggunakan kabel micro USB, salin file ROM tersebut ke folder Downloaded_ROM pada dokumen internal atau root device Anda dalam memori SD Card. Ingat ya, jangan di ekstrak filenya.

4. Selanjutnya matikan smartphone Anda terlebih dahulu, lalu nyalakan kembali.

5. Buka aplikasi Pengaturan/Settings dari layar device Xiaomi Anda.

6. Pilih Tentang Telepon/About phone dan klik Pembaruan sistem/Update system.

7. Pilih 3 titik di sudut kanan atas dan pilih paket pembaruan. Pilih file ROM di folder Downloaded_ROM yang Anda simpan tadi.

8. Setelah memilih file ROM yang sesuai, smartphone Anda akan reboot secara otomatis dan mulai update software MIUI. Proses ini akan memakan waktu beberapa menit. Device akan restart jika update telah komplit.

Cara Flash Redmi 5A (Riva) via XiaoMiFlash Tool (Unlock Bootloader)

Tutorial ini untuk device Redmi 5A yang kondisinya sudah di unlock Bootloadenya. Untuk mengetahui device Anda sudah unlock apa belum, reboot device Redmi 5A Anda dan lihat dibawah logo Redmi akan ada gambar gembok sudah terbuka. Ini artinya device sudah benar-benar ter-unlock.

Jadi, Anda bisa memflash device Redmi 5A tersebut dalam mode Fastboot menggunakan MiFlash Tool seperti yang kami jelaskan berikut.

Siapkan bahan:

  • USB kabel
  • MiFlashSetup
  • Qualcomm Drivers
  • ROM Fastboot V11.0.2.0.OCKMIXM
  • Pilih ROM versi terbaru, atau yang Anda inginkan
  • Cek format penamaan file ROM harus (.tgz). Kalau formatnya (.gz), ganti namanya menjadi (.tgz).

Cara Flash Xiaomi Redmi 5A Metode Fastboot

1. Ekstrak semua file dan ROM dari hasil Anda download diatas. Kalau ROM V11.0.2.0.OCKMIXM ketika diekstrak warna filenya malah putih. Tambahkan kata rar diujung nama file, lalu Anda ekstrak lagi. Ini agar Anda mendapatkan folder yang berisi ROM yang nantinya akan diinstall. Pastikan Anda menyimpan semua file yang Anda download pada Local Disk (C) pada hardisk Komputer Anda, dan bukan pada Local Disk (D) atau lainnya.

2. Sebelum memulai memflash, charger smartphone hingga memiliki daya baterai sekitar 80 persen.

3. Install Qualcomm USB Driver hingga finish. Install juga MiFlashSetup hingga finish.

4. Setelah selesai, jalankan aplikasi XiaoMiFlash dari Desktop Komputer Windows Anda. Ketika sudah terbuka, klik Select lalu pilih file riva_global_images_V11.0.2.0.OCKMIXM_20191106._8.1_global_605da3d46d, dari hasil ekstrak tadi. Contohnya seperti gambar berikut.

Menambahkan ROM Redmi 5A

5. Setelah selesai menambahkan ROM Redmi 5A, pada bagian bawah MiFlash Tool, pilih Clean All dan Flash_all_bat. Hubungkan USB kabel dengan port Komputer Anda. Matikan dahulu smartphone dengan menekan tombol Power kemudian konfirmasi matikan daya, atau dapat juga membuka tutup belakang dan cabut soket baterainya dan pasang lagi.

6. Selanjutnya, hidupkan kembali smartphone dengan menekan dua tombol, yakni Volume Bawah dan tombol Power. Tekan selama beberapa detik kedua tombol tersebut hingga smartphone masuk di Mode Fastboot. Contohnya seperti berikut.

Xiaomi Fastboot Mode

7. Setelah itu, hubungkan smartphone dengan USB kabel ke Komputer. Klik Refresh pada Miflash maka smartphone akan terdeteksi.

8. Klik Flash untuk mulai mengisntall ROM. Perhatikan bahwa proses ini akan memakan waktu beberapa menit.

9. Ketika sudah selesai, maka MiFlash Tool akan menunjukkan notifikasi Succsess. Sekarang Anda bisa langsung lepaskan smartphone dari USB kabel. Jika smartphone tidak reboot dengan sendirinya, silahkan hidupkan dengan menekan tombol Power selama beberapa detik.

10. Berhasil.

Metode yang selanjutnya adalah flash Redmi 5A metode Test Point. Mungkin ini akan terlihat rumit bagi Anda yang belum pernah melakukannya. Ditambah lagi, Anda harus membuka tutup belakang device Redmi 5A Anda hingga terlihat mesinnya.

Baiklah tanpa berlama-lama kami akan bahas mengenai langkahnya. Tapi kami ingatkan agar Anda bisa teliti. Kita akan menggunakan ROM Fastboot yang sama. Cuma metode flashingnya saja yang berbeda.

Cara Flash Xiaomi Redmi 5A Metode Test Point (EDL Mode)

1. Dari semua file yang telah Anda siapkan, sekarang kita mulai saja.

2. Sebelum memulai memflash, charger smartphone hingga memiliki daya baterai sekitar 80 persen.

3. Non-aktifkan device Anda (Turn Off). Buka tutup belakang untuk melihat mesinnya. Lepaskan juga soket baterai. Siapkan pinset untuk menyatukan titik poin yang terdapat pada mesin Redmi 5A.

4. Jalankan aplikasi XiaoMiFlash dari Desktop Komputer Windows Anda. Ketika sudah terbuka, klik Select lalu pilih file riva_global_images_V11.0.2.0.OCKMIXM_20191106._8.1_global_605da3d46d, dari hasil ekstrak tadi. Contohnya seperti gambar diatas.

5. Setelah selesai menambahkan ROM Redmi 5A, hubungkan USB kabel dengan port Komputer Anda.

6. Selanjutnya, ambil device Redmi 5A lalu lepas soket baterainya dan pasang lagi. Satukan saja kedua titik Point yang ada pada mesin, sambil colok dengan USB kabel ke Komputer. Berikut adalah gambaran titik Test Point Redmi 5A. Kalau device tiba-tiba bergetar dan menyala, ini berarti gagal Test Poinnya. Anda bisa ulangi lagi dari langkah tersebut.

test point redmi 5a

7. Setelah itu, Klik Refresh pada MiFlash Tool, smartphone Anda juga akan terbaca.

8. Kembali ke XiaoMiFlash Tool. pada bagian bawah MiFlash Tool, pilih Clean All dan Flash_all_bat. Klik Flash untuk mulai mengisntall ROM Redmi 5A. Perhatikan bahwa proses ini akan memakan waktu beberapa menit.

9. Ketika sudah selesai, maka MiFlash Tool akan menunjukkan notifikasi Succsess. Sekarang Anda bisa langsung lepaskan smartphone dari USB kabel. Hidupkan device dengan menekan tombol Power selama beberapa detik.

Semua tahap mengenai cara flash Xiaomi Redmi 5A sudah Anda lakukan dengan sempurna dan sekarang tinggal menunggu smartphone selesai loading dan memuat beberapa aplikasi. Jika diperlukan silahkan buat smartphone untuk dapat terhubung dengan layanan data internet.

Setelah itu, diperlukan login dengan akun Mi jika memang sebelumnya Anda mengaktifkan akun ini. Selain itu, adapun email jika sebelumnya smartphone juga tersinkron dengan akun email Anda yang sudah pernah aktif. Kalau Anda ternyata malah lupa akun, Anda dapat mengatasi ini dengan mem-bypass lalu menggantinya akun baru.

Simak juga: Cara Bypass FRP Redmi 5A Lupa Account

Cukup sekian tutorial tentang cara flash Xiaomi Redmi 5A yang bisa kami rekomendasikan dipostingan ini untuk Anda yang memang belum mengetahuinya. Meskipun ini hanya sekedar beberapa tahap saja, semoga dapat membantu Anda sebagai pemilik smartphone untuk melakukan perbaikan.

Post a Comment