ROM REDMI 5A (Riva) MIUI Global Update

Pada postingan ini Anda bisa Download ROM Xiaomi Redmi 5A MIUI Global Stable Fastboot dan Recovery lengkap dengan MiFlash Tool secara gratis.

Selamat Datang di Blog Khasbi.com - Pada postingan ini Anda bisa Download ROM Xiaomi Redmi 5A MIUI Global Stable Fastboot dan Recovery lengkap dengan MiFlash Tool secara gratis. Anda mungkin sedang memerlukan update MIUI terbaru yang tengah rilis sehingga Anda perlu mengunduhnya sekarang juga.

ROM Redmi 5A
Table of Contents

Ini termasuk kabar yang gembira bila Anda baru mengetahui bahwa ROM terbaru telah siap. Saya referensikan beberapa file ROM versi Global untuk Anda dan Anda sendiri tinggal tentukan.

Lebih jelasnya saya akan beritahu Anda bahwa file update yang saya bagikan ini terdiri dari file update dari paket pembaruan untuk mode recovery. Untuk ini Anda bisa menentukan tahap yang sebenarnya Anda ingin mulai dari mana karena flashing ROM lebih mudah dengan bahan yang sesuai dengan recovery.

Sedangkan untuk file yang satu lagi bisa membantu Anda mendapatkan bahan untuk flashing dengan mode fastboot. Untuk tahap ini Anda bisa memanfaatkan tool dan beberapa file yang memang menjadi bahan dukungan.

Namun, bagi Anda yang belum pernah melakukan cara ini maka mungkin cukup agak sulit ketika ingin memulai.

Xiaomi Redmi 5A adalah smartphone keren sehingga Anda tidak harus lalai ketika ada pemberitahuan update MIUI. Siapa tahu dari Anda melakukan pembaruan bisa membuat smartphone Anda lebih optimal dan mendapatkan fitur dari OS terbaru.

    Xiaomi Redmi 5A sejatinya disemati chipset Qualcomm dan smartphone ini memiliki desain yang cukup cantik. Ini adalah smartphone keluaran terbaru yang disasar untuk pengguna kelas menengah kebawah.

    Xiaomi Redmi 5A juga dibanderol dengan harga cukup murah sekitar Rp 1,5 jutaan yang sudah pas dengan beberapa spesifikasi yang dimilikinya.

    Apakah Anda sudah siap untuk memulai pembaruan OS untuk smartphone Anda? Silahkan pilih paket update yang Anda inginkan dan pastikan kuota internet Anda melebihi dari ukuran file yang Anda unduh.

    ROM Xiaomi Redmi 5A Global Stable (Recovery)

    Version MIUI OS Region Type
    MIUI 11 Android 8.1 Global Recovery
    MIUI 10 Android 8.1 Global Recovery
    MIUI 10 Android 8.1 Global Recovery
    MIUI 10 Android 7.1 Global Recovery
    MIUI 9 Android 7.1 Global Recovery
    MIUI 9 Android 7.1 Global Recovery
    MIUI 9 Android 7.1 Global Recovery
    MIUI 9 Android 7.1 Global Recovery
    MIUI 9 Android 7.1 Global Recovery
    MIUI 9 Android 7.1 Global Recovery
    MIUI 9 Android 7.1 Global Recovery

    ROM Xiaomi Redmi 5A Global Stable (Fastboot)

    Version MIUI OS Region Type
    MIUI 11 Android 8.1 Global Fastboot
    MIUI 10 Android 8.1 Global Fastboot
    MIUI 10 Android 8.1 Global Fastboot
    MIUI 10 Android 7.1 Global Fastboot
    MIUI 9 Android 7.1 Global Fastboot
    MIUI 9 Android 7.1 Global Fastboot
    MIUI 9 Android 7.1 Global Fastboot
    MIUI 9 Android 7.1 Global Fastboot
    MIUI 9 Android 7.1 Global Fastboot
    MIUI 9 Android 7.1 Global Fastboot
    MIUI 9 Android 7.1 Global Fastboot

    Tools & USB Driver

    Name File
    MiFlashTool DOWNLOAD
    Qualcomm USB Driver DOWNLOAD

    Setelah selesai Anda mengunduh bahan yang Anda inginkan, maka Anda bisa segera memulai tahap untuk pembaruan ROM. Jangan lupa untuk selalu hati-hati dalam proses melakukan pembaruan sehingga Anda tidak menemukan kegagalan. Pahami dahulu akan tahap-tahap yang sebenarnya dalam proses melakukan flashing Xiaomi Redmi 5A Global ROM ini.

    Jika Anda memang belum mengerti akan tahap tersebut, Anda dapat menyimak tutorialnya secara langsung. Perhatikan untuk bisa menyimak dengan teliti tentang langkah yang sudah kami jelaskan berikut.

    Flash Redmi 5A (Riva) ROM Recovery

    (1). Isi daya smartphone Redmi 5A Anda hingga baterai terisi minimal 50% atau lebih.

    (2). Download ROM Recovery Global atau sesuai dengan versi MIUI yang Anda inginkan.

    • V11.0.2.0.OCKMIXM

    (3). Kemudian, hubungkan device Xiaomi Anda ke Komputer menggunakan kabel micro USB, salin file ROM tersebut ke folder Downloaded_ROM pada dokumen internal atau root device Anda dalam memori SD Card. Ingat ya, jangan di ekstrak filenya.

    (4). Selanjutnya matikan smartphone Anda terlebih dahulu, lalu nyalakan kembali.

    (5). Buka aplikasi Pengaturan/Settings dari layar device Xiaomi Anda.

    (6). Pilih Tentang Telepon/About phone dan klik Pembaruan sistem/Update system.

    (7). Pilih 3 titik di sudut kanan atas dan pilih paket pembaruan. Pilih file ROM di folder Downloaded_ROM yang Anda simpan tadi.

    (8). Setelah memilih file ROM yang sesuai, smartphone Anda akan reboot secara otomatis dan mulai update software MIUI. Proses ini akan memakan waktu beberapa menit. Device akan restart jika update telah komplit.

    Cara Flash Redmi 5A (Riva) via XiaoMiFlash Tool (Unlock Bootloader)

    Tutorial ini untuk device Redmi 5A yang kondisinya sudah di unlock Bootloadenya. Untuk mengetahui device Anda sudah unlock apa belum, reboot device Redmi 5A Anda dan lihat dibawah logo Redmi, biasanya akan ada gambar gembok sudah terbuka. Ini artinya device sudah benar-benar ter-unlock.

    Jadi, Anda bisa memflash device Redmi 5A tersebut dalam mode Fastboot menggunakan MiFlash Tool seperti yang kami jelaskan berikut.

    Siapkan bahan-bahannya:

    • USB kabel
    • MiFlashSetup
    • Qualcomm Drivers
    • ROM Fastboot V11.0.2.0.OCKMIXM
    • Pilih ROM versi terbaru, atau yang Anda inginkan
    • Cek format penamaan file ROM harus (.tgz). Kalau formatnya (.gz), ganti namanya menjadi (.tgz).
    Flash ROM Xiaomi Redmi 5A Metode Fastboot

    1. Ekstrak semua file dan ROM dari hasil Anda download diatas. Kalau ROM V11.0.2.0.OCKMIXM ketika diekstrak warna filenya malah putih. Tambahkan kata rar diujung nama file, lalu Anda ekstrak lagi. Ini agar Anda mendapatkan folder yang berisi ROM yang nantinya akan diinstall. Pastikan Anda menyimpan semua file yang Anda download pada Local Disk (C) pada hardisk Komputer Anda, dan bukan pada Local Disk (D) atau lainnya.

    2. Sebelum memulai memflash, charger smartphone hingga memiliki daya baterai sekitar 80 persen.

    3. Install Qualcomm USB Driver hingga finish. Install juga MiFlashSetup hingga finish.

    4. Setelah selesai, jalankan aplikasi XiaoMiFlash dari Desktop Komputer Windows Anda. Ketika sudah terbuka, klik Select lalu pilih file riva_global_images_V11.0.2.0.OCKMIXM_20191106._8.1_global_605da3d46d, dari hasil ekstrak tadi. Contohnya seperti gambar berikut.

    Menambahkan ROM Redmi 5A

    5. Setelah selesai menambahkan ROM Redmi 5A, pada bagian bawah MiFlash Tool, pilih Clean All dan Flash_all_bat. Hubungkan USB kabel dengan port Komputer Anda. Matikan dahulu smartphone dengan menekan tombol Power kemudian konfirmasi matikan daya, atau dapat juga membuka tutup belakang dan cabut soket baterainya dan pasang lagi.

    6. Selanjutnya, hidupkan kembali smartphone dengan menekan dua tombol, yakni Volume Bawah dan tombol Power. Tekan selama beberapa detik kedua tombol tersebut hingga smartphone masuk di Mode Fastboot. Contohnya seperti berikut.

    Xiaomi Fastboot Mode

    7. Setelah itu, hubungkan smartphone dengan USB kabel ke Komputer. Klik Refresh pada Miflash maka smartphone akan terdeteksi.

    8. Klik Flash untuk mulai mengisntall ROM. Perhatikan bahwa proses ini akan memakan waktu beberapa menit.

    9. Ketika sudah selesai, maka MiFlash Tool akan menunjukkan notifikasi Succsess. Sekarang Anda bisa langsung lepaskan smartphone dari USB kabel. Jika smartphone tidak reboot dengan sendirinya, silahkan hidupkan dengan menekan tombol Power selama beberapa detik.

    10. Berhasil.

    Metode yang selanjutnya adalah flash Redmi 5A metode Test Point. Mungkin ini akan terlihat rumit bagi Anda yang belum pernah melakukannya. Ditambah lagi, Anda harus membuka tutup belakang device Redmi 5A Anda hingga terlihat mesinnya.

    Baiklah tanpa berlama-lama kami akan bahas mengenai langkahnya. Tapi kami ingatkan agar Anda bisa teliti. Kita akan menggunakan ROM Fastboot yang sama. Cuma metode flashingnya saja yang berbeda.

    Cara Flash Xiaomi Redmi 5A Metode Test Point (EDL Mode)

    1. Dari semua file yang telah Anda siapkan, sekarang kita mulai saja.

    2. Sebelum memulai memflash, charger smartphone hingga memiliki daya baterai sekitar 80 persen.

    3. Non-aktifkan device Anda (Turn Off). Buka tutup belakang untuk melihat mesinnya. Lepaskan juga soket baterai. Siapkan pinset untuk menyatukan titik poin yang terdapat pada mesin Redmi 5A.

    4. Jalankan aplikasi XiaoMiFlash dari Desktop Komputer Windows Anda. Ketika sudah terbuka, klik Select lalu pilih file riva_global_images_V11.0.2.0.OCKMIXM_20191106._8.1_global_605da3d46d, dari hasil ekstrak tadi. Contohnya seperti gambar diatas.

    5. Setelah selesai menambahkan ROM Redmi 5A, hubungkan USB kabel dengan port Komputer Anda.

    6. Selanjutnya, ambil device Redmi 5A lalu lepas soket baterainya dan pasang lagi. Satukan saja kedua titik Point yang ada pada mesin, sambil colok dengan USB kabel ke Komputer. Berikut adalah gambaran titik Test Point Redmi 5A. Kalau device tiba-tiba bergetar dan menyala, ini berarti gagal Test Poinnya. Anda bisa ulangi lagi dari langkah tersebut.

    test point redmi 5a

    7. Setelah itu, Klik Refresh pada MiFlash Tool, smartphone Anda juga akan terbaca.

    8. Kembali ke XiaoMiFlash Tool. pada bagian bawah MiFlash Tool, pilih Clean All dan Flash_all_bat. Klik Flash untuk mulai mengisntall ROM Redmi 5A. Perhatikan bahwa proses ini akan memakan waktu beberapa menit.

    9. Ketika sudah selesai, maka MiFlash Tool akan menunjukkan notifikasi Succsess. Sekarang Anda bisa langsung lepaskan smartphone dari USB kabel. Hidupkan device dengan menekan tombol Power selama beberapa detik.

    Semua tahap mengenai cara flash Xiaomi Redmi 5A sudah Anda lakukan dengan sempurna dan sekarang tinggal menunggu smartphone selesai loading dan memuat beberapa aplikasi. Jika diperlukan silahkan buat smartphone untuk dapat terhubung dengan layanan data internet.

    Setelah itu, diperlukan login dengan akun Mi jika memang sebelumnya Anda mengaktifkan akun ini. Selain itu, adapun email jika sebelumnya smartphone juga tersinkron dengan akun email Anda yang sudah pernah aktif. Kalau Anda ternyata malah lupa akun, Anda dapat mengatasi ini dengan mem-bypass lalu menggantinya akun baru.

    Simak juga: Cara Bypass FRP Redmi 5A Lupa Account

    Itulah tutorial tentang cara flash ROM Xiaomi Redmi 5A yang bisa kami rekomendasikan dipostingan ini untuk Anda yang memang belum memahami langkahnya. Meskipun ini hanya sekedar beberapa tahap saja, semoga dapat membantu Anda sebagai pemilik smartphone ini untuk melakukan perbaikan perangkat.

    Catatan: Flashing dengan tujuan untuk menginstall firmware atau ROM pada smartphone adalah langkah serius yang harus Anda perhatikan. Tindakan ini akan menghapus data yang ada sebelumnya. Pastikan Anda sudah melakukan backup data jika memang ada kesempatan dan memang ada data penting yang tersimpan di dalamnya.

    Mungkin itu saja tentang rekomendasi dari saya yaitu Xiaomi Redmi 5A ROM Global. Semoga dapat membantu Anda sebagai pengguna smartphone Xiaomi Redmi 5A yang hari ini membutuhkannya.

    Post a Comment