hW756E5hj9GtrltoJZzOm35wAsx5uoTDUi0x87e4

Cara Flash Realme 8i RMX3151

Tutorial kali ini kami akan membahas mengenai cara flash Realme 8i RMX3151 sebagai solusi upgrade versi software serta perbaikan bug. Jika kamu mendapati masalah pada device sendiri karena aplikasi tidak dapat dibuka, aplikasi telah terhenti atau terkunci, kamu bisa langsung menyelesaikannya.

Jangan sampai kamu malah membiarkannya saja dan menganggap itu sudah biasa. Flashing memiliki banyak tujuan selain dari hanya memperbaiki itu saja. Meningkatkan dan mengoptimalkan aplikasi sistem device kamu juga menggunakan metode ini.

Karena selain dari hard reset, kamu bisa memilih untuk menginstal firmware dukungan secara langsung. Mengembalikan setelan pabrik tidak dapat membantu mengatasi masalah bug. Ini hanya bekerja untuk memulihkan pengaturan sistem saja.

Sehingga kamu harus bisa menentukan mana yang dapat menjadi solusi tepat untuk device sendiri. Sebelumnya kami sudah berbagi mengenai cara reset pengaturan pabrik dengan metode wipe data dari recovery mode.

Mungkin saja itu akan berguna buat kamu yang memiliki masalah device karena hang, ngelag tiba-tiba, atau memori sudah hampir penuh. Terkadang itu merupakan awal dari munculnya kendala dan kamu tidak menyadarinya.

Simak: Cara Reset Data Pabrik Realme 8i

Setiap pengguna tentu tidak tahu akan hal ini. Maka dari itu, sekarang kamu bisa berpikir lebih jauh tentang cara mengoptimalkan kinerja device dan merawatnya. Meski kamu sangat hobi dengan bermain game, kamu dapat mengurangi aktifitas yang kamu lakukan biasanya agar lebih teratur.

Biasanya itu akan menjaga mesin agar tidak terlalu panas akibat berlebihan. Begitu juga memori device kamu tidak akan ada banyak sisa aktifitas kamu karena menghasilkan sampah. 

Coba kamu biasakan untuk bisa menjaga agar device kamu lebih optimal. Karena ini akan membuat device tidak mudah menemui kendala entah yang biasa atau yang serus. Melalui postingan ini kamu bisa belajar lebih banyak dan bukan hanya pada tutorial ini saja.

Kami juga sudah pernah share mengenai cara melewati akun email pada Realme 8i dengan langkah sederhana yang tentu mudah dipahami. Ini jika kamu tidak dapat login setelah mereset setelan awal atau setelah flashing firmware. Tentu kamu dapat menyimak tips tersebut agar bisa menyelesaikan masalah yang ada.

Tapi karena kamu ingin menginstal firmware atau update, kamu dapat menyimak tips dihalaman ini. Semoga ini dapat membantu kamu yang sekiranya belum paham.

Flashing akan membantu memperbaiki masalah berikut:

  • Bootloop (Stuck On Logo)
  • Fix ERROR
  • Aplikasi tidak bisa dibuka
  • Bug
  • Lupa pola (Password)
  • Meningkatkan stabilitas sistem dan keamanan
1. Cara Flash Realme 8i RMX3151 via Recovery Mode

1. Charger device Realme kamu hingga daya baterai penuh.

2. Download dan pindahkan file OTA berikut kedalam memori SD card tanpa perlu diekstrak (Jangan tempatkan didalam folder). Jika device kamu bootloop, kamu bisa menggunakan Komputer atau smartphone lain.
3. Matikan dulu device kamu jika sekarang dalam kondisi menyala.

4. Selanjutnya, tekan bareng tombol Volume Turun dan tombol Power selama beberapa detik. Lepaskan keduanya jika device kamu sudah masuk dimode pilihan bahasa.

5. Tentukan bahasa yang ingin kamu gunakan. Saran kami gunakan bahasa English. Tidak lama device akan berkedip dan masuk Realme UI Recovery seperti contoh berikut.

Realme 8i Recovery Mode

6. Kamu dapat memilih Install from storage device.

7. Kemudian From sd. Temukan firmware yang sebelumnya sudah kamu simpan di SD card.

8. Pilih firmware tersebut untuk mulai menginstal. Konfirmasi Ya jika diminta konfirmasi.

9. Proses update biasanya memerlukan waktu beberapa menit. 

10. Kamu bisa menunggu flashing mengatakan komplit. Ia juga akan restart dengan sendirinya.

Cara pertama ini dapat dikatakan sangat mudah karena tidak menggunakan flashtool. Metode tersebut cocok buat solusi device kamu yang mungkin sedang error. Kalau stuck dilogo terkadang kurang begitu berhasil.

Tapi kamu bisa mencobanya sebagai langkah awal. Kalau belum menemukan solusi dan device tatap dalam kondisi yang sama, flashing menggunakan flash dapat kamu mulai. Kami akan bantu kamu dengan tutorial sederhana.

2. Cara Flash Realme 8i RMX3151 via DownloadTools

1. Pertama kamu download terlebih dulu file dukungan berikut.
2. Ekstrak kedua file yang sudah kamu download.

3. Instal MTK USB Driver.

4. Run as aplikasi DownloadTool_Rcsm_V1.2.23 dari dalam folder firmware.

login downloadtool

5. Pilih After-sales mode, login jika kamu memiliki Username dan Password. Kamu juga bisa memilih Developmen mode lalu konfirmasi OK.

6. Nonaktifkan device kamu, pastikan daya baterai cukup atau terisi sekitar 70 persen.

7. Selanjutnya, tekan bareng tombol Volume Naik dan Volume Turun sambil colok dengan USB kabel ke Komputer. Klik tombol Refresh untuk melihat bahwa device sudah konek dengan DownloadTool dan di COM berapa.


8. Klik tombol Start.

9. Sekarang kamu akan melihat progres flashing firmware yang berlangsung beberapa menit. 

10. Kamu dapat menunggu hingga proses ini mengatakan 'Complete'.

11. Dengan demikian kamu dapat melepas sambungan USB kabel. Kemudian nyalakan device kamu dengan menekan tombol Power.

Ada satu cara lagi yang dapat kamu lakukan untuk flashing dan memperbaiki device kamu jika bootloop atau lupa password. Metode yang ketiga ini bisa menggunakan SP Flashtool. Semoga ini bisa menjadi solusi tepat.

3. Cara Flash Realme 8i RMX3151 via FlashTool

1. Siapkan device kamu dengan daya baterai cukup. Ini adalah hal penting yang perlu kamu ketahui.

2. Realme 8i dilengkapi dengan chipset prosesor dari MediaTek. Download bahan dari tautan berikut sebagai dukungan.
3. Setelah file ini kamu kumpulkan, ekstrak semuanya. Jangan lupa untuk install USB Driver.

4. Karena firmware yang kamu download adalah file OFP, sehingga kamu harus ekstrak atau mengubah file OFP ke Scatter. Caranya kamu bisa menyimak tutorial kami dipostingan lainnya.

5. Setelah firmware Scatter Realme 8i sudah siap, buka aplikasi Flashttol.


6. Kemudian klik Choose pada kolom Scatter_loading file. Temukan dan tambahkan file 'MT6781_21692_Android_scatter' dari folder dimana kamu menyimpan hasil dari ekstrak tadi.

Realme 8i Bypass auth

7. Buka folder MTKAuthBypassTool, lalu jalankan aplikasi mtksecbypass. Klik tombol Disable auth. Matikan dulu device Realme kamu. Selanjutnya, tekan bareng tombol Volume Turun dan Volume naik lalu tahan keduanya sambil colok USB kabel ke Komputer. Tunggu sampai bypass auth sukses.

8. Klik tombol Download pada Flashtool. Sekarang kamu dapat menunggu sampai Flashtool selesai bekerja untuk flashing firmware.

Flash Realme 8i Sukses

9. Jika sudah mengatakan 'Download OK' seperti contoh diatas, bebrarti flashing sudah berhasil.

10. Kamu sudah bisa melepaskan device kamu dari USB kabel. Dengan itu juga, kamu bisa menyalakannya.

Itulah tutorial yang dapat kami bahas untuk kalian semua pengguna smartphone Realme 8i. Ketiga metode yang kami berikan dapat kamu terapkan. Mana yang dapat menjadi solusi buat device kamu sehingga masalah dapat terselesaikan.

Setelah kamu menyelesaikan tahap flashing, kamu juga bisa mereset data pabrik. Atau jika kamu terjebak karena tidak bisa login ke email dan diminta akun sebelumnya, kamu bisa memilih tips bypass yang sudah kami bahas. Ini akan membantu kamu melewati proses login sebelum masuk menu.

Simak: Cara bypass FRP Realme 8i

Post a Comment