Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengubah File OFP ke Scatter

Pada postingan ini kami akan share tips yang bisa membantu kamu lebih jauh soal stock firmware. Karena menginstal firmware merupakan saran kami untuk kamu yang ingin memperbaiki device. Pada dasarnya ini akan memperbaiki banyak hal yaitu ketika device menemui masalah pada sistem operasi.

Firmware menjadi dukungan pertama untuk device dan memang harus disiapkan sebelumnya. Tapi, ada dari sebagian firmware menggunakan format yang sama. Biasanya ini adalah untuk smartphone dengan model Oppo serta Realme.

Kebanyakan yang kita temui dari file untuk kedua device ini adalah dalam format OFP. Ketika kamu mendownload file ini, didalamnya akan dilengkapi dengan DownloadTools. Untuk dapat menggunakan Flashtool ini, diharuskan kamu memiliki username dan password.

Lantas bagaimana jika kamu tidak punya? Sebagai solusi, kamu bisa saja memflash menggunakan SP Flash Tool. Karena aplikasi ini dikhususkan untuk device dengan chipset Mediatek. Oleh sebab itu, kamu jangan sampai salah paham.

Tidak semua file OFP dapat dirubah. Cara mengubah file OFP ke Scatter memang terbilang mudah. Banyak yang sudah membahas tentang dukungan ini. Tetap saja ini untuk file firmware dengan smartphone berchipset prosesor Mediatek.

Sebelum kamu mengubah file yang sudah kamu download, ketahui terlebih dulu spesifikasi smartphone kamu. Jika chipsetnya adalah Qualcomm, tentu tidak bisa. Karena chipset ini juga memiliki dukungan flashtool sendiri.

Sekarang kamu ingin memflash device kamu menggunakan SP Flash Tool. Maka kamu bisa saja melakukannya asalkan dukungannya tepat. Melalui postingan ini kami coba bantu kamu dengan sederhana tentang cara ekstrak file OFP ke Scatter.

Ini sudah kami coba dan cukup menggunakan Tool gratis. Kamu dapat menyimak tahapan kami agar kamu bisa mengerti caranya. Sebagai langkah awal, kamu download dulu file yang akan kamu ekstrak. Kemudian kamu simpan difolder pada Komputer kamu.

Cara Mengubah File OFP ke Scatter

1. Setelah firmware OFP kamu siap, download saja mct_ofp_extractor dan ekstrak.

2. Ekstrak juga file OFP OPPO atau Realme yang kamu miliki.

2. Buka aplikasi mct_ofp_extractor.

Cara Mengubah File OFP ke Scatter

3. Jika sudah terbuka, klik tiga titik pada Choose Oppo/Realme OFP file.

4. Temukan firmware OFP dari folder yang sudah kamu ekstrak tadi. 

5. Kemudian klik Choose pada kolom output directory to extract. Buat folder baru dikomputer kamu untuk menyimpan file Scatternya.

6. Selanjutnya klik EXTRACT. Klik ABORT kalau kamu ingin membatalkan.

7. Proses ini mungkin membutuhkan waktu selama beberapa menit. Tunggu saja hingga proses tersebut selesai.

Untuk memahami lebih lagi, kamu bisa juga menyimak tutorial kami dari video berikut. Kami sudah menyiapkannya buat kamu tentang bagaimana mengerjakannya. 

Itulah tips dari kami yang dapat dibahas melalui artikel ini. Semoga bisa bermanfaat untuk semuanya. Pilih SP Flash Tool versi terbaru agar flashing berjalan dengan baik. Terkadang ada file Scatter yang tidak kompatibel dengan versi yang lama.

Post a Comment for "Cara Mengubah File OFP ke Scatter"