Cara Flash INFINIX HOT 12i X665B MediaTek

Tutorial Cara Flash Infinix Hot 12i menjadi pembahasan kami dalam memberikan tips untuk mem-flash firmware.

Selamat Datang di Blog Khasbi.com - Tutorial Cara Flash Infinix Hot 12i menjadi pembahasan kami dalam memberikan tips untuk mem-flash firmware. Memperbaiki device kita ketika ada masalah bootloop, kita perlu memahami dengan benar mengenai cara melakukan flashing firmware.

Buat kamu yang belum tahu cara install atau sudah memiliki stock firmware tapi belu tahu cara menggunakannya, kamu dapat menyimak panduan kami dari postingan ini.

Sebenarnya apa tujuan dari flashing? Langkah ini merupakan cara tepat dan efektif untuk memperbaiki device ketika ada masalah software. Seperti ketika device Infinix Hot 12i kamu bootloop (Stuck On Logo).

Bootloop yang terjadi pada device Android kamu adalah masalah yang membuat device gagal booting dengan benar. Terlihat bahwa ia terjebak dalam siklus pengulangan tanpa henti saat mencoba untuk menyala.

Saat terjadi bootloop, device akan mencoba untuk memulai proses booting, tetapi tidak berhasil dan kemudian secara otomatis mencoba lagi. Bisa dilihat dan diperhatikan beberapa menithanya terus berulang loading tanpa berakhir.

Hal ini membuat smartphone kamu menjadi tidak dapat digunakan karena pengguna tidak dapat mengakses antarmuka sistem operasi atau aplikasi yang ada.

Bootloop juga dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Terkadang, pembaruan sistem operasi yang tidak berhasil atau modifikasi yang tidak stabil dapat menyebabkan device mengalami bootloop.

Masalah Aplikasi atau instalasi aplikasi yang tidak kompatibel dengan versi Android yang digunakan juga dapat memicu masalah bootloop. Selain itu, kerusakan Hardware atau komponen fisik seperti kerusakan pada sistem memori atau baterai, dapat menyebabkan bootloop.

Untuk mengatasi masalah bootloop, kita dapat mencoba beberapa solusi. Langkah awal adalah dengan mencoba me-restart device terlebih dahulu. Yaitu dengan cara hard reset Infinix Hot 12i dengan benar.

Kamu hanya cukup masuk ke mode pemulihan (Recovery Mode) pada device dan coba lakukan pembaruan sistem atau pengaturan pabrik. Ini bisa memperbaiki masalah software yang mungkin menyebabkan bootloop.

Dimenu Android Recovery kamu juga bisa memilih untuk Wipe cache. Kamu dapat mencoba membersihkan cache sistem, ini bisa kita coba apakah membantu mengatasi masalah bootloop atau tidak.

Cara yang lain adalah dengan Mem-Flash Ulang Firmware Infinix Hot 12i. Jika masalah berlanjut, kita mungkin perlu melakukan flashing ulang sistem operasi atau firmware menggunakan alat dan file firmware yang sesuai dengan model dari device kita sendiri.

Seperti pada tutorial yang akan kami bahas ini. Kita bisa menggunakan FlashTool gratis untuk mengerjakannya. Flashing juga bisa membantu untuk menyelesaikan masalah error sistem.

Kalau device Infinix Hot 12i kamu ketika dinyalakan tiba-tiba muncul error DM verified corrupt dan handphone akan kembali mati, maka di sini kita perlu melakukan flashing terhadap device tersebut.

Penting untuk kita ketahui bahwa device Infinix ini dilengkapi Security terbaru karena chipset yang digunakan adalah Mediatek. Yaitu dengan cara bypass auth. Kita bisa menggunakan Tool gratis untuk hal ini.

Cara Flash Infinix Hot 12i (X665B) MediaTek

Jadi dipostingan ini kami akan memberikan dua cara mengenai cara flash Infinix Hot 12i. Kenapa harus dua metode? Ini tergantung dari masalah device itu sendiri, dan cara mana yang bisa menyelesaikan masalah tersebut.

Bagi kamu yang ingin melakukan flashing biasa tanpa tes point, kamu bisa mengandalkan tombol Volume Atas dan tombol Volume Bawah untuk metodenya. Kami akan coba bahas keduanya agar kamu bisa mengerti.

Sekarang kamu mulai dengan menyiapkan beberapa file berikut. Setelah kamu memiliki peralatan flashing lengkap, simak dua tutorial kami untuk memahami cara flashing.

Cara Flash Infinix Hot 12i via SP Flash Tool (Metode 1)

1. Silahkan charger baterai device Infinix kamu hingga terisi sekitar 80 persen. Untuk memulai flashing kita harus memperhatikan daya baterai pada device.

2. Silahkan download firmware yang telah kami rekomendasikan berikut.

3. Untuk menghindari file tidak bisa dibuka atau diidentifikasi virus, Kamu bisa nonaktifkan dulu Antivirus/Windows Scurity di Komputer. Untuk hla ini pasti kamu tahu caranya. Kami jamin file ini aman dan sudah tested. 

4. Ekstrak semua file yang sudah kamu download sebelumnya. Install MTK USB Driver dikomputer sampai selesai.

5. Ekstrak SP Flash Tool dan buka foldernya, jalankan aplikasi bernama Flash_Tool.

6. Pada aplikasi Flash_Tool, klik Download-Agent. Temukan dan tambahkan file MTK_AllInOne_DA.bin dari folder SP Flash Tool.

menambahkan firmware infinix hot 12i scatter file

7. Klik pada kolom Scatter-loading File. Temukan dan tambahkan file MT6761 Android scatter yang ada didalam folder firmware. Setelah file ditambahkan, jangan lupa untuk menghilangkan centang pada Tranfs. Ini supaya tidak muncul pesan error.

8. Ekstrak MTK Bypass. Jalankan aplikasi didalamnya bernama mtk bypass rev4.

bypass auth infinix hot 12i

9. Ambil Infinix Hot 12i kamu lalu matikan (Turn Off). Sekarang pada aplikasi mtk bypass rev4, klik menu Bypass. Tekan bareng tombol Volume Bawah dan tombol Volume Atas pada device kamu sambil colok dengan USB kabel ke Komputer. Tunggu sampai aplikasi mtk bypass rev4 sukses membypass auth dengan mengatakan PROTECTION DISABLED.

flash infinix hot 12i

10. Kembali ke SP Flash Tool. Selanjutnya klik menu Download. Anda dapat menunggu flashing berlangsung beberapa menit. Tunggu saja sampai proses tersebut mengatakan Download OK. Ini berarti flashing firmware Infinix Hot 12i telah sukses. Cabut USB kabel dari device kamu. Kemudian tekan beberapa detik tombol Power untuk menyalakan.

Dengan beberapa langkah ini kamu akan melihat device loading. Saat sudah dalam posisi konfigurasi pada pilihan bahasa, pilih saja bahasa dan wilayah, juga pengauran lainnya sampai penyiapan dan pengaturan lainnya selesai.

Cara Flash Infinix Hot 12i via SP Flash Tool Test Point (Metode 2)

Untuk cara ini kita perlu sedikit menambah waktu. Ketelitian dan teknik penting diperlukan. Ingat agar selalu hati-hati dan sabar dalam mengerjakannya.

1. Usahakan agar daya baterai device kamu tidak kosong. Jika daya baterai hanya terisi 50 persen, charger kembali hingga maksimal 80 persen.

2. Dari metode ini kita harus lepas Slot SIM terlebih dahulu. Kemudian kita buka casing belakangnya. Kemudian kita buka untuk bagian mesinnya. Kita angkat mesinnya. Untuk letak titik tes pointnya ada di bagian depan. Kita buka kalengnya sedikit saja dengan cara menggunakan gunting kuku atau tang potong. Berikut gambaran mengenai titik test pointnya.

3. Setelah menemukan titik test point, kita bisa jumper untuk titik test pointnya atau dengan cara test point menggunakan pinset. Ini supaya device bisa terbaca dengan sempurna di Komputer. Karena adalah langkah paling penting.

4. Kita kembali ke tampilan Komputer. Karena semua file sudah kamu miliki, kita mulai flashing saja. Jalankan aplikasi Flash_Tool. Pada aplikasi Flash_Tool, klik Download-Agent. Temukan dan tambahkan file MTK_AllInOne_DA.bin dari dalam folder SP Flash Tool. Klik Scatter-loading File. Temukan dan tambahkan file MT6761 Android scatter yang ada didalam folder firmware Infinix Hot 12i. Setelah file terinput, hilangkang ceklis pada Tranfs.

menambahkan file scatter infinix hot 12i

5. Kita buka aplikasi MTK Bypass rev 4. klik menu Bypass. Lepas soket baterai pada device kamu, lalu pasang lagi. Kemudian satukan titik test point tadi ke ground. Jika tidak ada kendala maka MTK Bypass rev 4 akan mengatakan 'PROTECTION DISABLED' seperti pada flashing metode pertama diatas.

setting conecction

6. Kembali ke SP Flash Tool. Pada menu bagian atas pilih Options > Connection > Uart. Pada kolom COM, samakan nomort COM port-nya dengan yang terbaca pada mtk bypass rev4. Contohnya saat kami memflash ini USB Portnya terbaca di COM3. Kemudian pada Baud rate pilih 921600, lalu Close.

7.Selanjutnya pada SP Flash Tool kita klik menu Download. Tunggu FlashTool memflash firmware yang berlangsung beberapa menit.

flash infinix hot 12i sukses

8. Berikutnya kita tunggu saat proses flashing berjalan sampai muncul keterangan Download Oke. Ini berarti Flashingnya sudah sukses. Cabut USB kabel terlebih dahulu, lalu lepas juga untuk soket baterainya, lalu kita pasang kembali.

9. Nyalakan device dengan menekan tombol Power. Kita tunggu lagi proses loadingnya sampai selesai. Ketika device sudah ditampilan awal, setting seperti biasa yaitu pilih bahasa, kemudian kita pilih wilayahnya. Sambungan ke jaringan klik berikutnya klik lainnya dan setuju. Device sudah masuk ke tampilan menu dan sudah normal kembali.

Dengan beberapa langkah saja kita sudah berhasil meflash firmware Infinix Hot 12i dengan menggunakan FlashTool gratisan. Semua masalah yang sebelumnya terjadi sebelumnya akan hilang, dan device terlihat seperti baru lagi.

Buat kamu yang memiliki masalah FRP terkunci atau lupa akun Google, kamu dapat menyimak tips kami mengenai cara Bypass FRP Infinix Hot 12i.

Kesimpulan

Flashing memang tidak mudah bagi kamu yang awam. Tapi ketelitian kamu diperlukan untuk bisa berhasil. Pada dasarnya ketika kamu sudah paham, pengerjaannya hanyalah membutuhkan waktu beberapa menit saja.

Biasanya kesulitan yang dihadapi saat flashing menggunakan SP Flash Tool adalah saat harus mengoneksikan device dengan Komputer. Karena alasannya ada beberapa metode, yaitu test point dan bypass auth. Untuk device chipset Mediatek memanglah demikian.

Tapi mudah-mudahan tutorial kami bisa membantu mempermudah kamu. Penting untuk diketahui bahwa ini adalah tips untuk memflash firmware. Berhasil tidaknya juga tergantung dari masalah device itu sendiri. Jika tutorial kami masih ada yang kurang dimengerti dan ada yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan pesan melalui kolom komentar dibawah.

Post a Comment