Cara Flash Samsung Galaxy J1 Ace (SM-J110G)

Setelah sebelumnya kami berbagi mengenai firmware, selanjutnya dipostingan terbaru ini kami akan membahas tentang cara flash Samsung Galaxy J1 Ace SM-J110G dengan Odin menggunakan Komputer sebagai solusi ketika device menemui masalah bootloop.


Cara Flash Samsung Galaxy J1 Ace (SM-J110G)

Langkah ini akan membantu kamu mengatasi berbagai permasalahan software yang mungkin saja muncul didevice Android kamu. Bukan hanya saat device sudah stuck dilogo saja.

Tutorial sederhana akan kami coba bahas dihalaman ini, dan semoga bisa membantu kamu mengatasi semua kendala yang ada. Termasuk mengatasi bootloop, lupa password, lupa email, ERROR, dan masih banyak lagi yang tidak dapat kami sebutkan.

Meningkatkan versi firmware dengan cara flash Samsung Galaxy J1 Ace sangat disarankan. Selain dapat mengoptimalkan device, tindakan ini bisa memberikan keamanan pada sistem.

Berbicara mengenai permasalahan yang terjadi pada smartphone, tentu tidak akan pernah ada habisnya. Terlebih dari faktor penyebab yang menjadi satu kemungkinan masalah yang timbul dan terjadi dengan device tersebut.

Seperti jika kamu menghidupkan smartphone Samsung Galaxy J1 Ace dari kondisi mati dengan menekan tombol power namun tidak mendapati menu dilayar hanya tampil logo saja (Stuck di logo), hal ini merupakan suatu masalah yang disebut dengan device tidak dapat masuk ke sistem Android.

Ini bukan satu masalah yang merupakan kegagalan produk, bootloop bisa terjadi karena ada faktor yang menyebabkan kinerja sistem menjadi bermasalah.

Contohnya, memori internal kepenuhan data atau gagal ketika mencoba untuk proses root dan instal aplikasi yang tidak kompatibel dengan perangkat.

Semua solusi bisa kamu cari dengan menentukan langkah apa yang bisa kamu lakukan sekarang jika melihat smartphone sepertinya tidak terlihat normal saat kamu gunakan.

Oleh karena itu, kami coba bantu kamu untuk mamahami tentang cara flash Samsung Galaxy J1 Ace sebagai solusi.

Menyelesaikan permasalahan seperti stuck dilogo, error, dan mungkin lemot, kemungkinan ada dua hal yang bisa kamu lakukan. Pertama kamu bisa mengambil langkah termudah dan sangat simpel dengan cara mereset data pabrik melalui recovery mode.

Kedua adalah solusi terakhir yaitu dengan cara flash ulang. Langkah yang merupakan sebagai solusi perbaikan ini mencakup diluar permasalahan hardware.

Sebagai langkah yang akan memproses ini semua, kamu bisa menggunakan tool bernama Odin.

Mengenai bahan apa saja yang perlu kamu siapkan telah kami share. Untuk melakukan flashing kamu hanya cukup mengumpulkan tiga bahan saja.

Bahan yang diperlukan:PC/laptop

Cara Flash Samsung Galaxy J1 Ace SM-J110G via Odin

1. Setelah ketiga bahan terkumpul, ekstrak file dan kamu akan mendapati folder dengan file didalamnya.

2. Install dahulu Samsung USB Driver.

3. Matikan smartphone dengan menekan tombol Power atau lepaskan baterai lalu kamu pasanga kembali.

4. Siapkan kabel USB (Gunakan USB kabel yang bagus agar proses berjalan dengan baik).

5. Posisikan smartphone kamu ke ODIN MODE dengan cara menekan dan menahan tombol Home, Volume Bawah dan tombol Power untuk beberapa detik saja.

6. Setelah kamu melihat peringatan Warning! dilayar smartphone kamu, lalu lanjut dengan menekan tombol Volume Atas sekali saja. Sambungkan smartphone pada kabel USB tadi ke Komputer.

7. Jalankan tool Odin3 hingga terbuka dilayar Komputer kamu.

8. Klik pada bagian kolom di Odin. Cari dan arahkan kefirmware file hasil ekstrak tadi yakni BL, AP, CP, CSC. Jika firmware yang kamu download hanya berisi satu file, tambahkan file tersebut hanya kedalam kolom AP saja kemudian bisa langsung digunakan untuk flashing.

9. Jika kamu sudah selesai menambahkan firmware, biarkan Odin memeriksa firmware tersebut hingga menandakan finish successfuly.

10. Sekarang, kamu bisa tekan tombol Start untuk memflashing firmware. Tunggu beberapa menit dan jangan mencoba memutuskan sambungan smartphone dari kabel USB.

11. Disaat Odin telah selesai memproses flash firmware ke smartphone, maka akan terlihat 'PASS' pada odin, dan smartphone akan restart dengan sendirinya.

12. Setelah itu, yang perlu kamu lakukan ialah menunggu smartphone masuk dilayar awal dan kamu dapat menyelesaikan beberapa pengaturan yang muncul hingga selesai.

Tutorial flash ini juga akan kami sertakan dengan video hasil rekaman kami yang telah kami upload di chanel youtube kami.

Ini sebagai tujuan kami untuk mempermudah kamu dalam memahami cara flash Samsung Galaxy J1 Ace diatas.

Simak video kami dengan juga mengikuti langkah demi langkah yang akan kami uraikan diatas.



Catatan: Flashing dengan tujuan untuk menginstal firmware pada smartphone adalah langkah serius yang harus kamu perhatikan. Tindakan ini akan menghapus data yang ada sebelumnya. Pastikan kamu sudah melakukan backup data jika memang ada kesempatan dan memang ada data penting yang tersimpan di dalamnya.

Buat kamu yang baru saja selesai menginstal firmware ini dan setelahnya kamu lupa dengan email atau password, kamu bisa melanjutkan untuk mengikuti panduan kami tentang cara bypass Samsung Galaxy J1 Ace

Begitu juga ketika kamu selesai flash firmware namun malah mendapati lupa dengan akun.

Mungkin cukup sekian tutorial dari kami mengenai cara flash Samsung Galaxy J1 Ace SM-J110G menggunakan Tools Odin.

Semoga bisa menjadi bagian terpenting untuk kamu semua dalam memahami langkah perbaikan software pada device kamu sendiri.

2 comments

  1. no pit partition gimana ini y gan?

    ReplyDelete
  2. Dear..agan Av Rizal
    Coba pakai Odin versi lain atau diteliti dari awal

    ReplyDelete