Cara Flash Vivo Y21 Model V2111 Full Firmware

Tutorial Flash Vivo Y21 Model V2111 menjadi langkah yang tepat dan efektif untuk memperbaiki device dari masalah bootloop, atau kendala software lainnya. Seperti ketika device kamu menemui masalah error pada sistem atau mengalami bug, dan memerlukan pembaruan firmware.

Senang sekali masih di berikan waktu untuk bisa kembali berbagi kepada sobat semua pengguna blog kami. Semoga hari ini menjadi hari yang sangat menyenangkan buat kalian yang merasa memiliki smartphone Vivo Y21.

Pada artikel ini saya sempatkan untuk membahas tips dan tutorial tentang cara flash Vivo Y21 dari menu Vivo Recovery tanpa PC dan juga menggunakan SP Flash Tool. Cara ini merupakan langkah yang paling efektif sebagai solusi Vivo Y21 ketika bootloop, lupa pola, error karena terkena virus, atau saat device mati akibat gagal software.

Artikel ini termasuk tips tambahan saya dari yang sebelumnya telah berbagi tips cara mereset data pabrik untuk mengatur ulang pengaturan sistem. BACA: Cara Reset HP Vivo Y21 ke Setelan pabrik

Disini saya akan jelaskan dengan beberapa tahapan yang akan memandu kalian dalam melakukan perbaikan pada smartphone sendiri secara mandiri. Termasuk juga langkah untuk melakukan pembaruan sistem yang tengah mengalami beberapa problem.

Bisa kemungkinan hari ini kamu sudah mencoba tips yang saya bahas sebelumnya sebagai langkah pemulihan jika smartphone mengalami bootloop. Memang, masalah seperti ini amat jarang bisa diselesaikan secara normal dengan device hanya di reset saja.

Maka dari itu, saya coba buatkan tips ini sebagai langkah selanjutnya selain langkah yang sudah saya bahas di artikel sebelumnya. Melakukan pembaruan sistem bisa membantu memulihkan kembali smartphone kamu bila keadaannya masih saja stuck dilogo.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu hanya memerlukan satu firmware Vivo Y21, dan ini harus kamu download dulu dari link yang akan saya sediakan. Perhatikan bahwa tutorial ini adalah untuk device Vivo Y21 keluaran terbaru dengan model V2111.

Selain sebelumnya saya telah bagikan tips cara mereset ulang, saya juga sudah sediakan artikel yang membahas tentang stock firmware Vivo Y21. Nantinya kamu bisa memilih versi firmware yang cocok sesuai ke inginan kamu. Kami sarankan untuk memilih versi terbaru dari firmware yang sudah saya rekomendasikan.

Pada artikel lanjutannya ini, kami juga sudah jelaskan mengenai cara bypass FRP Vivo Y21 model V2111 sebagai solusi untuk menyelesaikan masalah lupa akun email pada device ini. Maksudanya kamu tidak bisa verifikasi akun google setelah mereset data pabrik atau setelah selesai memflash firmware.


Sekarang kamu perlu mengetahui bahwa melakukan pembaruan sistem dengan melakukan flashing firmware sangat membantu untuk memperbaiki device dari masalah yang ada. Berikut beberapa masalah yang bisa diselesaikan dengan hanya memflash firmware:
  • Salah satu aplikasi tidak bisa jalan atau di buka
  • Muncul pesan error yang menghalangi saat ingin akses menu
  • Bootloop
  • Bug
  • Error sistem
  • Device terkena virus atau malware
Sekarang saya akan langsung jelaskan tahapan untuk melakukan flashing Vivo Y21 ini dengan metode yang paling mudah dilakukan. Langkah ini adalah metode pertama. Yaitu flashing firmware melalui menu Vivo Recovery.

Sebelum memulai, silahkan download file firmware berikut:
Cara Flash Vivo Y21 Tanpa PC via Mode Vivo Recovery (Metode 1)

1. Langkah awal sebelum flash di mulai, usahakan agar daya baterai smartphone kamu terisi sekitar 80 persen.

2. Lepaskan semua kartu SIM.

3. Siapkan memori microSD dan formatlah dulu agar ruang penyimpanan tidak penuh. Sehingga file yang kamu download tadi bisa di simpan.

4. Copy atau pindahkan file firmware yang sudah kamu download tadi ke memory microSD, dan letakkan file tersebut di luar folder atau jangan ditaruh di dalam folder. Maksudnya, cukup pindahkan saja file tadi kedalam memori.

5. Setelah itu, pasang memori microSD ke smartphone. Kemudian matikan smartphone Vivo Y21 kamu (Turn Off).

6. Selanjutnya, tekan tombol Volume Atas dan tombol Power, lalu tahan keduanya sampai terlihat logo Vivo di layar dan menampilkan Mode Fastboot. Setelah itu lepaskan semua tombol yang kamu tekan tersebut.

7.  Dari menu yang muncul dilayar, pilih saja Recovery Mode. Ini agar device menampilkan menu Vivo Recovery seperti contoh berikut.

instal software vivo y21

8. Kemudian pilih menu Install Software.

9. Pada menu selanjutnya kamu pilih Instal from storage device. Tentukan SDcard atau from SD, dan pilihlah file firmware yang sudah kamu simpan didalam memori microSD tadi.

10. Konfirmasi Ok untuk melanjutkan, dan proses update firmware akan berlangsung. Ini memakan waktu cukup lama jadi kamu harus menunggu.

11. Setelah update mengatakan komplit, pilih Back agar ia kembali kemenu awal.

12. Pilih Restart. Selanjutnya device akan loading untuk beberapa menit. Kalau sudah selesai kamu bisa mengatur beberapa setelan yang muncul dilayar seperti memilih bahasa dan wilayah. Setting saja mengenai apa yang muncul apada layar device tersebut, hingga ia siap untuk digunakan.

Itulah cara flash Vivo Y21 dari metode pertama yang dapat saya jelaskan. Selain itu saya masih punya tahap lainnya yang bisa dijadikan solusi ketika device kamu bootloop, dan tidak bisa diselesaikan menggunakan cara yang pertama ini.

Disini kita akan menggunakan alat flashing gratis yang sangat efektif kinerjanya. Perhatikan bahwa alat flashing ini hanya kompatibel pada device dengan chipset prosesor Mediatek. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai flashing, simak dengan baik tutorial berikut.

Cara Flash Vivo Y21 (Model V2111) via SP Flash Tool (Metode 2)

1. Silahkan charger baterai device Vivo Y21 kamu hingga terisi sekitar 80 persen. Ini lebih utama yang perlu kamu jaga agar device tidak menjadi mati karena kehabisan daya baterainya.

2. Sementara device sedang di charger, kamu bisa download stock firmware yang telah kami rekomendasikan berikut. Setelah semua file ini sudah kamu download, kumpulkan menjadi satu dalam folder.

  • PD2139F Y21 V2111 MT6765 Deat Boot
  • Ada dua firmware Android Scatter yang dapat kamu pilih, sesuaikan dengan kebutuhan dan masalah dari device kamu
  • SP Flash Tool
  • MTK USB Driver
  • MCT Bypass Auth
3. Sebelum ekstrak semua file ini, kami sarankan atapi tidak wajib ya. Nonaktifkan dulu Antivirus/Windows Scurity di Komputer kamu. Kemudian kamu bisa ekstrak semua file yang sudah kamu kumpulkan tadi.

4. Jika di komputer sudah pernah install Mediatek USB Driver, kamu abaikan saja untuk langkah ini. Tapi kalau kamu belum pernah install Driver MTK, silahkan install MTK USB Driver sampai finish. Kalau komputer minta restart setelahnya, lebih baik kamu restart terlebih dahulu, lalu mulai dari awal lagi.

5. Sekarang kamu kembali ke Stock Firmware. Buka folder SP Flash Tool, lalu jalankan aplikasi bernama 'flash_tool.exe'.

6. Setelah aplikasi software Flash_tool ini terbuka, klik 'Choose' dibidang Download-Agent. Temukan dan tambahkan file 'MTK_AllInOne_DA.bin'. Kamu bisa menemukan file ini didalam folder SP Flash Tool. Contohnya seperti gambar berikut.

menambahkan file android scatter vivo y21

7. Selanjutnya, klik 'Choose' pada kolom Scatter-loading File. Temukan dan tambahkan file 'MT6765 Android scatter'. Kamu bisa menemukan file ini didalam folder firmware.

8. Buka folder  MCT Bypass Rev4. Jalankan aplikasi mtk bypass rev4.

9. Ambil device Vivo kamu, lalu matikan daya (Turn Off). Jika device tidak bisa dimatikan karena kondisinya tidak memungkinkan, buka tutup belakang, dan cabut soket baterainya. Setelah itu pasang kembali soket baterai tersebut.

bypass auth vivo y21 v2111

10. Sekarang pada aplikasi mtk bypass rev4, klik tombol Bypass. Tekan bareng tombol Volume Bawah dan Volume Atas di device Vivo Y21 kamu sambil colok dengan USB kabel ke Komputer. Tunggu sampai aplikasi 'mtk bypass rev4' mengatakan 'PROTECTION DISABLED'.

setting port usb vivo y21

11. Sekarang pada SP Flash Tool pilih Options > Connection > Uart. Pada kolom COM, samakan nomort COM-nya dengan yang terbaca pada mtk bypass rev4. Jika terbaca di COM6 atau COM7, tinggal diubah saja. Ini agar koneksi device dengan SP Flash Tool benar-benar sesuai.

13. Setelah selesai mensetting Port USB, Close saja. Berikutnya kamu klik menu Download pada SP Flash Tool. Kamu dapat menunggu proses flashing firmware Vivo Y21 V2111ini berlangsung beberapa menit.

flash vivo y21 sukses

14. Kalau SP Flash Tool sudah mengatakan 'Download OK', Ini berarti flashing telah sukses.
Selanjutnya kamu bisa cabut USB kabel dari device kamu. Kemudian tekan tombol Power untuk menghidupkannya. Kamu akan melihat device loading. Saat sudah dilayar awal, pilihan bahasa dan wilayah, juga selesaikan pengaturan lainnya.

Itulah tutorial kedua saya tentang cara memflash Vivo Y21 menggunakan SP Flash Tool.

Semoga langkah ini dapat menjadi tips yang cukup membantu kamu untuk memperbaiki smartphone yang memiliki problem software seperti diantaranya yang sudah saya jelaskan.

Salam sukses buat kalian semua, dan semoga langkah-langkah flashing yang saya jelaskan ini benar-benar membantu. Terutama dalam solusi perbaikan masalah yang saat ini kamu temui pada device kamu sendiri.