Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Flash Xiaomi Redmi 5 (rosy) MDG1

Tidak bosan kami terus share mengenai flashing ROM untuk kalian semua yang hari ini ingin melakukan perbaikan pada smartphone Xiaomi kamu. Sesuai dengan kondisi bahwa baru saja kami mendapatkan device dengan masalah stuck dilogo.

Cara Flash Xiaomi Redmi 5 (rosy) MDG1

Tutorial cara flash Xiaomi Redmi 5 dengan model MDG1 menjadi tips tambahan kami setelah sebelumnya kami bagikan tentang ROM Global. Kali ini kita coba flash dengan dua metode dan semuanya berhasil.

Kami pikir bahwa pekerjaan ini akan terhambat disebabkan oleh hardware. Ternyata, masalah bootloop tersebut masih pada sistem operasi yang memang perlu diperbarui. Kebetulan kami juga tidak menggunakan ROM versi lawas, setelah dicek melalui MiFlash Pro, ternyata device tersebut sudah diupgrade OTA oleh sipemilik.

Dengan itu, kami tetap menginstal ROM dengan versi yang telah dibaca oleh MiFlash Pro. Sebelumnya kami pikir akan kita downgrade. Tapi malah tidak ada hasil yang sesuai, dan device tetap minta ROM versi yang sama.

Baru kali ini kami kesulitan atau mendapatkan notifikasi error ketika memilih ROM versi dibawahnya. Akhirnya keputusan kami tetap menggunakan yang baru yang sudah dirilis. Melalui postingan ini kami coba berbagi pengalaman baru yang bisa juga kami rekomendasikan.

Ini adalah untuk device Xiaomi Redmi 5 yang modelnya MDG1. Mungkin saja tutorial ini bisa digunakan pada Redmi 5 model lainnya. Akan tetapi, kamu juga perlu teliti dengan firmware yang akan kamu download.

Pastikan sama nama versinya dan memang cocok untuk smartphone kamu tersebut. Karena jika beda ROM, biasanya flashing akan mengatakan failed, atau sejenis notifikasi lainnya yang memperingatkan untuk tidak melanjutkan.

Sekarang kami coba bahas dengan teliti mengenai apa yang menjadi pengalaman kami hari ini. Dimana pelanggan membawa smartphone Redmi 5 dengan kondisi bootloop saja tanpa bisa masuk menu. Hal ini bisa saja karena gagal update yang dilakukan oleh pengguna. Maksudnya, update yang dia lakukan tidak sampai selesai.

Sekarang kita fokus saja untuk segera menginstal firmware sebagai solusi yang bisa dilakukan. Karena ketika kami coba wipe data melalui Mi Recovery, device tersebut malah restart terus ke menu recovery. Mungkin dari kamu ada yang menemui masalah seperti ini, dan belum bisa memperbaikinya.

Sebagai langkah awal kami sarankan agar kamu bisa menyesuaikan. Apakah kamu lebih memilih flashing dengan cara test point, atau melalui metode recovery. Melalui tips ini kami akan merekomendasikan dua cara tapi berbeda file ROM. Yaitu menggunakan file tipe recovery ataupun Fastboot.

Kita juga akan menggunakan FlashTool yang berbeda. Yakni XiaoMiFlash, atau MiFlash Pro. Keduanya memiliki tujuan yang sama sebagai dukungan perbaikan pada device Xiaomi. Hanya saja metode pengerjaannya yang berbeda.

Cara Flash Xiaomi Redmi 5 (rosy ) MDG1 via XiaoMiFlash

1. Pastikan device kamu memiliki daya baterai cukup, dengan daya terisi sekitar 80 persen. 

2. Karena kita akan flashing menggunakan metode test point, jadi kamu bongkar dulu tutup belakang device kamu. Dengan begitu kamu dapat menemukan titik point yang akan disatukan untuk membuat device masuk ke EDL Mode.

3. Download juga file berikut:
4. Ekstrak file yang sudah kamu download. Instal Qualcomm Driver dan MiFlash Tool.

5. Siapkan USB kabel yang tersambung ke Komputer. Lepas soket baterai device kamu dari mesin kemudian pasang lagi. Satukan kedua titik pin yang terdapat pada mesin menggunakan pinset sambil colok dengan USB kabel ke Komputer.

test point redmi 5 rosy

6. Buka aplikasi XiaoMiFlash dari layar Komputer kamu. Kemudian klik Refresh. Kamu akan melihat device dikenali, atau terdeteksi di MiFlash dengan nomor Port COM-nya.

flashing redmi 5 via Miflashtool

7. Klik Select, temukan dan tambahkan folder file ROM dari sebelumnya yang sudah kamu ekstrak. Jangan lupa untuk memilih Clean all.

8. Klik Flash. Proses ini akan memakan waktu beberapa menit.

9. Kamu bisa menunggu sampai proses tersebut mengatakan Success.

10. Setelah itu, kamu bisa melepas sambungan USB kabel dari device. Cabut soket baterai dari mesin lalu pasang kembali. Tekan tombol Power selama beberapa detik saja untuk menyalakan device.

Dengan demikian kamu sudah berhasil menginstal firmware untuk memulihkan device kamu dari masalah yang ada. Kemungkinan ia juga akan loading cukup lama. Untuk menghindari daya baterai habis, kamu bisa sambil charger device tersebut.

Cara Flash Xiaomi Redmi 5 (rosy ) MDG1 via MiFlash Pro

1. Jangan lupa untuk menyiapkan device kamu dengan daya baterai cukup.

2. Download dan instal MiFlash Pro versi terbaru, dan Qualcomm USB Driver, lalu instal di Komputer kamu. Buka aplikasi MiFlash Pro, lalu login dengan menggunakan Akun Mi. Akun ini tidak harus akun yang aktif di device yang akan diflash.

3. Download ROM tipe Recovery V11.0.2.0.ODAMIXM, pilihlah versi terbaru.

4. Buat device kamu masuk Mi Recovery. Caranya, matikan dulu device kamu. Kemudian tekan bareng tombol Volume Atas dan Power lalu tahan beberapa detik. 

5. Setelah di menu Recovery pilih Connect with MiAssistant, lalu sambungkan device dengan USB kabel ke Komputer.

Redmi 5 Connect with MiAssistant

6.  Cek pada MiFlash Pro, biasanya device kamu akan langsung dikenali. Jika sudah kedetek, pilih saja Flash in Recovery. Kamu akan melihat versi ROM yang sekarang ter-instal pada device. 

7. Klik tombol Browse atau titik tiga dikolom MiFlash Pro. Tambahkan file ROM yang sudah kamu download sebelumnya. Ingat bahwa file tersebut tidak perlu diekstrak. Tunggu saja hingga MiFlash Pro memverifikasi firmware.

flash redmi 5 via MiFlash pro

8. Jika pengecekan ROM sudah oke, klik tombol Flash. Perhatikan bahwa proses instal ROM ini memerlukan waktu beberapa menit. Jangan coba melepas sambungan USB kabel selama proses berlangsung.

9. Kamu bisa bersantai dan menunggu flashing mengatakan Flashed Successfully. Device kamu akan langsung restart dengan sendirinya, dan ia akan loading.

Dengan demikian kamu sudah berhasil memflash device kamu, atau melakukan upgrade. Kamu juga telah menyelesaikan pekerjaan ini dengan baik, dan saatnya kamu mulai melakukan konfigurasi awal. 

Itulah tutorial kami mengenai flashing ROM Xiaomi Redmi 5 MDG1. Ini kami buat agar memudahkan kamu memulihkan device ketika stuck dilogo, atau ketika menemui masalah pada sistem operasi. 

Post a Comment for "Cara Flash Xiaomi Redmi 5 (rosy) MDG1"