2 Cara Flash Oppo A37 Bootloop/Lupa Pola

Selamat Datang di Blog Khasbi.com - Dari postingan ini kamu dapat menemukan tutorial cara flash Oppo A37 sebagai solusi efektif mengatasi bootloop, lupa pola/sandi kunci layar. Bagi yang sedang kesulitan menyelesaikan masalah yang telah kamu hadapi sekarang seperti FRP terkunci karena tidak bisa verifikasi akun, saatnya mencoba cari ini sebagai langkah lebih lanjut dalam menyelesaikannya.

Memflash firmware Oppo A37 merupakan proses untuk memprogram ulang sistem, langkah ini akan kami bahas secara lengkap agar kamu bisa memahaminya dengan mudah. Kalau sebelumnya kamu sudah mencoba tips lain dan belum menemui hasil, mungkin device kamu memerlukan metode seperti pada tutorial ini.

Memang cukup sulit ketika kita menemui masalah lupa kata sandi, dan membuat telepon menjadi terkunci. Sudah pasti ketika ingin mereset data pabrik dengan cara wipe data dari menu recovery mode juga tetap diminta verifikasi pola atau password.

Sekarang kamu tidak usah memikirkan ini hingga membuat kamu terlalu pusing. Device kamu masih bisa diselesaikan sendiri tanpa harus direset. Tapi kalau kamu ingin meresetnya lagi juga tidak menjadi masalah. Baca: Cara Reset HP Oppo A37f

Sekarang kita fokus saja pada langkah flashing. Meskipun itu diperlukan peralatan yang kemungkinan harus didownload, ini sudah menjadi kebutuhan untuk persiapan awal. Dimana ketika smartphone juga bootloop, kamu bisa memilih flashing ROM ini sebagai solusi yang dapat dikerjakan.

Begitupun ketika kamu sudah mencoba cara flash Oppo A37f via recovery mode namun hasilnya tetap gagal, biarlah itu menjadi tahap percobaan. Dipostingan ini, kamu akan mendapatkan kemudahan untuk memahami tutorial flashing dari keduanya. Nantinya kami akan sajikan juga satu video sebagai tambahan yang bisa dipahami.

Melihat smartphone kita ketika menemui masalah memang sangat tidak menyenangkan. Kita harus melihat smartphone seperti tidak bisa digunakan. Biarpun hanya terjadi masalah kecil, itu tidak harus membuat kamu untuk berhenti mencari informasi mengenai solusi terbaiknya.

Seperti lupa pola, ketika kamu terjebak dimasalah ini tentu membuat kamu bingung. Kenapa itu bisa terjadi dan kenapa bisa lupa akan keamanan kunci layar yang menjadi faktor penting untuk privasi device sendiri.

Smartphone terbaru keluaran Oppo sekarang sepertinya terus ditingkatkan dan tidak sama dengan model-model yang sebelumnya. Ketika kamu mengalami beberapa masalah pada device, itu tidak cukup dengan hanya membiarkannya saja.

Jika smartphone kamu bootloop, itu hanya memungkinkan kamu harus bisa memperbaikinya sendiri. Sekarang kamu bisa menyelesaikan itu semua hanya dengan memahami tutorial ini.

Untuk flashing pertamanya kamu bisa memilih melalui metode OTA atau Recovery Mode tanpa menggunakan Komputer. Kami akan langsung bahas mengenai cara flash Oppo A37f yang pertama ini. Usahakan kamu bisa teliti dan tidak melewatkan setiap langkahnya. Ini supaya kamu benar-benar mengerti akan maksud dari tutorial yang kami bahas ini.

Pertama silahkan siapkan firmware berikut:


Tutorial Cara Flash Oppo A37 via MicroSD Tanpa Komputer

1. Usahakan daya baterai smartphone Oppo kamu terisi diatas 50 persen sebelum memulai langkah ini.

2. Format dahulu memori MicroSD yang telah disiapkan melalui Windows PC/Laptop yang kamu miliki. Bisa juga menggunakan smartphone lain untuk memformatnya.

3. Setelah itu, matikan smartphone Oppo A37 dan lepaskan SIM dari slot yang ada.

4. Kemudian, jangan di ekstrak file OTA hasil dari download tadi. Pindahkan saja file 'A37fEX_11_OTA_038_all_201907110016.zip' ke dalam MicroSD dan jangan ditempatkan didalam folder. Setelah file selesai di pindahkan ke memori, lalu pasang slot SIM tersebut di smartphone.

5. Dari smartphone dimatikan, tekan tombol Volume Bawah dan tombol Power. Tahan beberapa detik tombol tersebut hingga bisa masuk ke menu pilihan bahasa.

6. Selanjutnya navigasi menggunakan tombol Volume, dan tombol Power sebagai opsi Ok. Pilih saja bahasa English, dan device akan masuk di menu ColorOS Recovery seperti contoh berikut.
Cara Flash Oppo A37

7. Pilih Wipe data and chace lalu tunggu hingga selesai. Pilih lagi Install From Storage Device. Pilih From SD.

8. Temukan file OTA yang ada di MicroSD tadi dan pilih firmware tersebut. Konfirmasi Ok untuk melanjutkan. Proses update akan berlangsung beberapa menit. Jika proses telah selesai, pilih saja Reboot.

Instal ROM tanpa Komputer sudah selesai. Sekarang kamu harus menunggu hingga smartphone selesai restart. Ini akan memakan waktu cukup lama.

Kamu akan mendapati di layar smartphone Oppo A37f dengan pilihan bahasa lalu proses untuk konfigurasi lainnya. Ikuti perintah dan panduan yang muncul dilayar hingga smartphone siap untuk digunakan.

CATATAN: Bagi yang melakukan install firmware menggunakan file OTA dan muncul notifikasi " the installed version lower than current", silahkan gunakan file OTA versi terbaru.

Saatnya sekarang ke tahap kedua. Ini untuk solusi lanjutan jika metode flashing pertama diatas belum berhasil. Bagi kamu yang pada hari ini mengalami masalah lupa pola atau lupa password pada hp Oppo A37, lupa akun email setelah mereset data pabrik, kami sudah siapkan tutorial ini sebagai solusi efektif untuk masalah tersebut.

Siapkan bahanya terlebih dulu:

Tutorial Cara Flash Oppo A37 via MSM DownloadTool

1. Ekstrak kedua file yang sudah didownload tersebut di komputer. Siapkan smartphone Oppo kamu dalam posisi dimatikan dan daya baterai harus memiliki sekitar 90 persen.

2. Siapkan USB kabel dan hubungkan ke Windows Komputer. Setup atau install QUD.WIN dari hasil ekstrak tadi hingga finish.

3. Sekarang buat smartphone Oppo A37f dalam posisi Boot Mode dengan cara menekan kedua tombol. Yaitu tombol Volume Bawah dan Volume Atas, Lalu tahan sambil menyambungkannya dengan USB kabel.

4. Kemudian kamu cek di Device Manager, dan pastikan smartphone sudah terkoneksi dengan baik pada Komputer. Contohnya seperti berikut.

Cek Device Manager

5. Buka folder firmware Oppo A37f dan jalankan aplikasi bernama Msm8x39DownloadTool.

flash oppo a37 complete

6. Tidak perlu settings yang lain dan langsung saja klik Start. Setelah itu kamu akan melihat sebuah progres downloading firmware. Progres itu akan memerlukan waktu sekitar 30 menit lamanya dan kamu tinggal menunggu saja. Tunggu sampai semuanya selesai atau ada notifikasi Download Completed.

7. Langkah selanjutnya, lepaskan USB kabel dari smartphone. Hidupkan smartphone Oppo kamu untuk melihat hasilnya.

Berikut kami pandu juga dengan video yang sesuai dengan tahap diatas. Semoga dapat menjadi referensi terbaik.


Hal lain lagi yang harus kamu perhatikan, setelah smartphone dihidupkan maka kamu perlu menunggu beberapa menit saat proses loading pertama. Ini hanya pengoptimalan sistem sesaat kamu baru saja selesai menginstal firmware.

Demikian tutorial kami tentang cara flash Oppo A37 yang bisa kami bahas sebagai tahapam untuk Anda yang ingin memperbaiki smartphone ketika menemui masalah dengan softwarenya. Entah bootloop atau saat kesulitan menghapus pola dilayar smartphone kamu sendiri.

38 comments

  1. mantap gan,ijin share lagi di halaman saya gan

    ReplyDelete
  2. mantap.. tapi rear camera saya gk berfungsi.. kenapa ya?

    ReplyDelete
  3. Dear...Abdul
    Coba langsung update via OTA

    ReplyDelete
  4. ini ada mslh proges hanya sampai separo tp macet..
    mohon pencerahan master....

    ReplyDelete
  5. Dear...Genry
    Hpnya kalau direset bisa nggak gan? Biasanya klw berehenti ditengah proses ada masalah dengan mesin dan bisa jadi IC program

    ReplyDelete
  6. flas sukses...tp getar doang
    tolong pencerahan ny..

    ReplyDelete
  7. Dear...Andre
    Coba cek baterainya gan mungkin minim sehingga tidak kuat ngangkat power

    ReplyDelete
  8. Work and tested mas, tapi ada gak cara flash yang lain, yang lebih mudah.

    ReplyDelete
  9. Dear...Gandi
    Cara flash lain kemungkinan dari recovery gan yang lebih mudahnya

    ReplyDelete
  10. Koq getar doang yah ,pdahal proses flashing complete

    ReplyDelete
  11. Klau stelah di flash dan setelah direbot sampai logo oppo terus mati (dan di flash berulang2 dgn cara diatas dan dgn cara flash lewat kartu memori card) itu msalah dan cara memperbaikinya bgaimana min...?

    ReplyDelete
  12. Dear...Jon ali
    Itu ada masalah dengan IC program dan harus diganti

    ReplyDelete
  13. tf update oppo sy minta pasword ea...

    ReplyDelete
  14. Dear...Ryno Doank
    Flash dengan cara diatas gan biar bisa

    ReplyDelete
  15. Yang setelah flash cuma getar saja....coba ulangi lagi ...atau ganti firmware yg lain....biasax tuh firmware corrupt atau bisa juga firmware nya versi lama....

    ReplyDelete
  16. Kalau sinyal gakebaca itu di flash ulang bisa ga min.

    ReplyDelete
  17. Dear...Syaiful anwar
    Tidak gan biasanya hardware atau IC sinyalnya

    ReplyDelete
  18. kalo berhenti di tengah
    driver jg terbaca 9006,
    fan skrg gk bisa masuk recovery, solusinya min

    ReplyDelete
  19. Gan mau tanya kalau di device manager sdh ke detect tp pas di MSM kok devicenya gak kedetect ya? Makasih

    ReplyDelete
  20. Dear...AmienZain
    Klw sudah terdetek langsung klik Start saja. Semoga bisa membantu ya

    ReplyDelete
  21. Kalo IC sinyalnya lemah ( Kadang dapet sinyal kadang ga dapet ) di install ulang bisa ga gan?

    ReplyDelete
  22. Dear...Yoga
    Klw IC sinyal tidak bisa normal hanya dengan install ulang tapi diganti gan

    ReplyDelete
  23. Waaaahh 2 hari 2 malam saya gagal terus akhirnya nemu post ini makasih banyak gan sangat amat membantu 😊

    ReplyDelete
  24. Dear...Yusuf
    Terimakasih kembali dan kami sangat senang jika tutorial kami dapat membantu

    ReplyDelete
  25. gan ko cuma starting mulu... dah ditunngu lama g da masuk datanya.. pencerahanya dong gan

    ReplyDelete
  26. Dear...Udin
    Apakah hpnya sudah benar-benar terdetek PC

    ReplyDelete
  27. mas ini udah complite downlodnya ,trus tak nyalakan hpnya kok cuma getar" aja ya knp itu mas

    ReplyDelete
  28. kalo sudh complite downloadnya tak nyalakn hpnya kok cuma getar" doang gan,tolong dong

    ReplyDelete
  29. Dear...Adhi
    Mungkin batrenya kehabisan gan coba dicharger ada indikator gambar batre tidak?

    ReplyDelete
  30. link drivernya gmn gan?

    ReplyDelete
  31. Dear...icank cell
    Driver silahkan gunakan QUD WIN 1.1 Setup.zip

    ReplyDelete
  32. oppo a37fw kok usb drivernya ga detek?
    mohon bantuannya

    ReplyDelete
  33. Dear...Natan
    Coba restart dulu PCnya dan mulai flash lagi gan

    ReplyDelete
  34. Apakah ada kerusakan hardwere bila usb driver nya tdak terdetek min,? soalnya sebelumnya bisa kedetek?.

    ReplyDelete
  35. Dear...Jon ali
    Coba uninstall driver lalu retsart PC dan install lagi drivernya, atau coba pindahkan port USBnya atau USB kabelnya diganti dan jika tidak bisa, bersihkan saja konektor yang dihpnya dengan tetesin minyak kayu putih. Semoga bisa membantu ya

    ReplyDelete
  36. bang punya saya cuman mentok di WAITING TO USB DOWNLOAD mohon pencerahan nya

    ReplyDelete
  37. Dear...Dean
    Itu masih di koneksi USB antara device dan Komputer. Coba gunakan USB lain yang bagus ya.

    ReplyDelete