CARA FLASH SAMSUNG A03 Core SM-A032F Full File

Selamat Datang di Blog Khasbi.com - Tutorial Flashing Firmware Samsung Galaxy A03 Core model SM-A032F menjadi tips untuk membantu kamu memahami cara perbaikan dan upgrade software. Kita bisa menggunakan Odin untuk mem-flash firmware. Cara ini dapat membantu kamu memperbaiki masalah software.

Biasanya seperti saat device Samsung kamu bootloop dilogo. Ini merupakan masalah umum dan sangat mudah cara menyelesaikannya.

Ada beberapa hal yang meski kamu pahami untuk benar-benar bisa memflash firmware Samsung A03 Core. Jadi dipostingan ini kami akan menjelsakan langkah penting yang memang harus diperhatikan. Kita akan melakukan flashing full flash dengan stock firmware yang kami rekomendasikan dan memang sudah kami coba berhasil.

Jika memang device kamu saat ini bermasalah karena sering restart-restart atau bootloop, tidak salah lagi kalau ini hanya karena software saja. Mungkin kamu ingin tahu kenapa device kamu bisa menemui masalah tersebut.

Kenapa device Samsung A03 Core bisa bootloop?

Bootloop pada smartphone Samsung A03 Core atau smartphone lainnya sebenarnya bisa disebabkan oleh berbagai alasan. Terutama kalau selama ini cara penggunaannya yang salah. Mungkin kamu melakukan penginstalan aplikasi yang buruk.

Kalau awalnya kamu menginstal aplikasi yang tidak kompatibel atau berbahaya, itu bisa menyebabkan konflik dan menyebabkan kerusakan pada sistem. Selain itu, hal yang tidak disarankan lainnya adalah perubahan sistem yang tidak sah atau Custom ROM.

Penggunaan custom ROM sendiri atau memodifikasi sistem yang tidak stabil bisa menyebabkan kerusakan jika tidak diinstal dengan benar atau jika tidak kompatibel dengan sistem operasi.

Namun masalah device kamu yang sekarang stuck dilogo juga bisa disebabkan oleh virus. Seandainya device memang terinfeksi oleh virus atau malware, ini bisa mengakibatkan masalah serius.

Oleh sebab itu, ada caranya sendiri agar device kamu terbebas dari masalah tersebut atau masalah software lainnya. Sebagai cara paling mudahnya, kamu dapat mencoba beberapa langkah seperti memulai ulang sistem pada device.

Biasanya dengan menekan kombinasi tombol tertentu, dan melakukan reset data pabrik. Tentunya kamu juga harus memahami cara kerja dan tekniknya untuk bisa berhasil.

Langkah yang sudah pasti lainnya adalah mem-flash ulang ROM. Kalau kamu baru dan belum pernah memflash firmware Samsung A03 Core, kamu bisa menyimak tutorial yang bakal kami jelaskan. 

Cara Flash Samsung A03 Core (SM-A032F) Full File

Sebelum kamu mem-flash Samsung A03 Core atau perangkat Android apa pun, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dan persiapkan agar proses flashing berjalan lancar dan menghindari risiko kehilangan data atau merusak perangkat.

Namun, terkadang tidak seperti yang diharapkan. Terutama kalau device tersebut telah bootloop. Device hanya terlihat mengulang loading. Hal ini dapat memberikan resiko dimana data memang haruslah dihapus.

Baiklah, sekarang kita mulai saja mengenai cara memflash firmware agar masalah bisa terselesaikan. Flashing ini akan memperbaiki beberapa hal berikut:

  • Bootloop/Stuck dilogo
  • Sistem error
  • Bug
  • Lupa pola/Sandi
  • Upgrade software mandiri

Tutorial Cara Flash Samsung Galaxy A03 Core Full File via Odin

1. Hal utama yang harus kamu mulai adalah charge baterai. Pastikan device kamu memiliki baterai yang mencukupi untuk menyelesaikan proses flashing. Jika baterai hampir habis, sebaiknya untuk mengisi daya terlebih dahulu. Jangan sampai proses flashing terhenti dikarenakan device kehabisan baterai.

2. Download firmware Samsung Galaxy A03 Core yang sesuai untuk device kamu dari tautan yang telah kami rekomendasikan berikut.

  • Odin
  • Samsung USB Driver
  • Version A032FXXS4BWH5
  • Pastikan kamu memilih versi firmware terbaru yang cocok dengan model dan nomor versi device Samsung kamu. Terutama kalau kamu ingin melakukan upgrade software.

3. Selanjutnya adalah matikan device Samsung A03 Core. Pastikan device kamu dalam keadaan mati. Jika device kamu sulit dimatikan karena bootloop, tekan terus ketiga tombol. Yaitu tekan bareng tombol Volume Atas dan Volume Bawah dan tombol Power sampai ia benar-benar mati.

4. Kemudian kamu bisa mengumpukan file dukungan serta stock firmware kedaalam satu folder. Ini agar proses pengerjaan ini mudah dilakukan. Ekstrak file tersebut, lalu install Samsung USB Driver di Komputer kamu. Kalau dikomputer kamu sebelumnya sudah pernah install Samsung Driver, abaikan untuk ini.

5. Sekarang kita masuk ke Mode Download. Untuk masuk ke Download Mode Samsung A03 Core, ikuti langkah dengan teliti. Pastikan device dalam kondisi mati. Siapkan USB kabel dan hubungkan dengan Port USB komputer. Setelah itu, kamu tekan dan tahan tombol Volume Atas dan Volume Bawah, secara bersamaan sambil colok dengan USB kabel ke komputer. Setelah muncul peringatan 'Warning', lepaskan kedua tombol Volume yang kamu tekan tersebut. Kemudian tekan tombol Volume Atas sekali untuk masuk ke Download Mode.

download mode samsung a03 core

6. Buka aplikasi Odin. Kamu lihat pada Odin bahwa device kamu akan dikenali dibagian atas di ID:COM. 

7. Pilih firmware untuk menambahkannya ke bidang di Odin. Biasanya kalau kamu sudah ekstrak firmware Samsung A03 Core akan mendapatkan 4 file atau 5 file, yaitu AP, BL, CP, CSC, dan Home CSC. Tapi yang kite gunakan untuk flashing di Odin hanya 4 file saja. Contoh file-nya yang kita dapatkan seperti berikut. Ini adalah firmware yang kami gunakan saat flashing.

  • AP_A032FXXS4BWH5_MQB70185272_REV00_user_low_ship_MULTI_CERT_meta_OS12.tar
  • BL_A032FXXS4BWH5_MQB70185272_REV00_user_low_ship_MULTI_CERT.tar
  • CP_A032FXXS4BWH5_CP24883389_MQB70185272_REV00_user_low_ship_MULTI_CERT.tar
  • CSC_OLE_A032FOLE4BWH5_CL26187917_QB70246624_REV00_user_low_ship_MULTI_CERT.tar
  • HOME_CSC_OLE_A032FOLE4BWH5_CL26187917_QB70246624_REV00_user_low_ship_MULTI_CERT.tar

menambahkan firmware Galaxy A03 Core ke Odin

Cara menambahkan firmware Galaxy A03 Core ke Odin: 

  • Klik pada bagian "BL" dan tambahkan file berawalan BL.
  • Klik pada bagian "AP" dan tambahkan file berawalan AP.
  • Klik pada bagian "CP" dan tambahkan file berawalan CP.
  • Klik pada bagian "CSC" dan tambahkan file berawalan CSC.
  • Buat kamu yang ingin flashing tanpa harus menghapus data, ganti saja file CSC dengan Home CSC.

8. Saatnya mulai Flashing. Setelah memilih firmware, klik tombol "Start" di Odin untuk memulai proses flashing. Tunggu hingga proses selesai. Jangan cabut device kamu atau mencoba mematikan komputer selama proses ini. Hal yang perlu kamu lakukan adalah menunggu sampai Odin mengatakan "PASS" yang berarti flashing finish.

flash firmware samsung a03 core

9. Selesai. Setelah proses selesai, device akan restart dengan firmware yang baru atau diperbarui. Ini mungkin memakan waktu beberapa menit.

10. Selanjutnya adalah mengatur setelan awal. Setelah perangkat telah di-flash, kamu harus mengatur ulang perangkat seperti saat pertama kali kamu membelinya. Ini berarti kamu harus memilih bahasa dan wilayah, menghubungkan ke Wi-Fi, dan mengatur akun Google kamu pada device.

Itulah tips dari kami yang merupakan panduan umum untuk flashing firmware pada device Samsung A03 Core. Selalu pastikan bahwa kamu memahami risiko dan mengikuti petunjuk dengan hati-hati. Jika kamu memiliki pertanyaan terkait tutorial ini, jangan ragu untuk meninggalkan komentar.