UNLOCK OPPO A12 LUPA POLA PIN via SP FLASH TOOL

Cara mengatasi Oppo A12 CPH2083 Lupa pola pin kunci layar tanpa Box Dongle menjadi tips yang bakal kami bahas dipostingan ini.

Selamat datang di blog kami, hari ini kami akan share tutorial sederhana yang bisa membantu kamu membuka lockscreen password pada device Oppo kamu. Cara mengatasi Oppo A12 CPH2083 Lupa pola pin kunci layar tanpa Box Dongle menjadi tips yang bakal kami bahas dipostingan ini.

Tutorial ini dapat membantu kamu dalam menghapus password yang kamu lupa pada Oppo A12. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk sekedar memulihkan device sendiri. Selain dari cara yang kami bagikan ini, kamu juga bisa memilih untuk mewipe data factory reset.

Sebagai bagian dukungan untuk semua pengguna, setiap smartphone Oppo memiliki menu pemulihan yang bisa digunakan. Tujuannya sebagai cara mengembalikan setelan pabrik, dan melakukan update software.

Kali ini cukup berbeda dimana kita mendapati Oppo A12 lupa sandi atau pin. Pengguna cukup kesulitan untuk mengingatnya, dan sudah berulang kali dicoba tapi tetap tidak bisa membuka kunci layar.

Unlock Oppo A12 Lupa Pola Pin via SP Flash Tool

Kata pemilik dari smartphone, ia baru saja mengganti pin keamanan pada devicenya. Entah kenapa tiba-tiba tidak bisa berfungsi. Awalnya masih bisa digunakan secara normal. Beberapa jam kemudian devicenya mengatakan kata kunci salah.

Jika kamu mengalami masalah yang sama seperti ini, kamu tidak perlu khawatir dengan hal tersebut. Karena mungkin bukan kamu saja yang sedang mendapatkan masalah tersebut.

Untuk mengatasi kunci layar yang lupa pada Oppo A12, cukup kita gunakan kabel USB saja tidak perlu kita mengandalkan Box software atau Dongle. Karena Oppo A12 sendiri menggunakan chipset Mediatek, maka Windows yang kita gunakan wajib terinstall MTK atau MediaTek USB Driver.

Bagi kamu yang ingin mengandalkan UnlockTool, kamu bisa menyimak tips kami sebelumnya mengenai cara unlock Oppo A12 dan Bypass via UnlockTool. Tapi kalau kamu lebih memilih menggunakan FlashTool gratisan, tutorial pada postingan ini bisa kamu baca dengan teliti.

Karena setiap langkah diperlukan, sehingga kamu tidak harus melewati langkah lainnya dengan tidak berurutan. Ini bukan langkah flashing, jadi kamu tidak memerlukan firmware full flash untuk persiapan.

Kamu bisa memilih file unlock yang bakal kami rekomendasikan secara langsung sesuai dengan tutorial ini.

Sebelumnya juga sudah kami bahas bagaimana memflash firmware Oppo A12. Dua metode telah kami jelaskan, diantaranya menggunakan FlashTool gratis dan UnlockTool. Kalau kamu memiliki tujuan untuk flashing karena device kamu bootloop, atau mati suri, ini merupakan pilihan yang tepat.

Sekarang kita kembali pada pokok pembahasan mengenai cara mengatasi Oppo A12 lupa pola pin kunci layar menggunakan SP Flash Tool. Sebenarnya cara ini lebih cepat pengerjaannya.

Kamu hanya cukup teliti saja setiap langkahnya. Jika cara yang kamu lakukan benar sesuai prosedur, pasti kamu bisa berhasil membuka kunci layar pada device kamu sendiri.

CARA MENGATASI OPPO A12 LUPA POLA PIN via SP FLASH TOOL

1. Sebagai persiapan awal, silahkan download file berikut, lalu ekstrak di Komputer kamu.

2. Sekarang kamu juga harus menyiapkan device Oppo kamu dengan daya baterai yang cukup.

3. Setelah file sudah kamu ekstrak, maka akan ada hasil folder dengan file-file yang akan kita gunakan untuk menghapuss pasword Oppo A12.

4. Install MTK Driver. Ini tinggal next next saja. Kita pilih Install this driver software anyway. kemudian kita tunggu sampai keterangannya finish.

5. Buka folder SP Flash Tool. Jalankan file dengan nama Flash_tool. Jika muncul keterangan The Scatter file cannot find, kita klik OK sampai SP Flash Tool nya benar-benar terbuka.

6. Pada SP Flash Tool, ini ada beberapa kolom yang akan kita isi dengan file yang diperlukan. Pertama adalah kolom Download-Agen. Klik menu Choose kemudian temukan folder SP Flash Tool, dan pilih file dengan nama MTK_AllInOne_DA.bin. Pilih file tersebut kemudian klik Open sampai terisi ke kolom. 

menambahkan file unlock oppo a12

7. Kemudian kolom kedua yaitu Scatter-loading File. Klik Choose, temukan folder Oppo_A12_Unlock_File lalu buka foldernya. Temukan file dengan nama MT6765_Android_scatter. Kita pilih file tersebut kemudian klik Open sampai file tertambahkan pada kolom scatter-loading file pada SP Flash Tool nya.

8. Pilih menu Format dibagian atas  pada SP Flash Tool. Contohnya seperti gambar dibawah ini. Selanjutnya kita bisa pilih Manual Format Flash di bagian tengah. Dibawah akan ada dua kolom yaitu Begin Address dan Format Length. Hapus dulu kode-kode di dalamnya. Kode-kode ini akan kita ganti dengan kode yang sudah tersedia di folder Oppo_A12_Unlock_File. 

manual format flash oppo a12

9. Buka file Format Address. Inputkan kode 0x21e800000 kekolom yang tersedia pada Begin Address. Kemudian Format Length dengan kode 0x400000000. Tinggal kita copy paste aja sesuai dengan nama kolomnya.

10 Selanjutnya kita akan meng-install libusb-win32-devel-filter-1.2.6.0. Ini berfungsi untuk memfilter MediaTek USB Ports. Untuk cara install tinggal klik next kemudian next lagi dan install. Jika sudah kita klik Finish. Akan muncul tampilan Lib USB dilayar Komputer. Ini kita biarkan dulu.

11. Sekarang kita akan fokus dulu ke Lib USB. Ambil device Oppo A12, kita posisikan handphone untuk masuk ke download mode. Karena device ini masih dalam posisi terkunci layarnya, langsung aja bisa kita matikan dengan cara tekan tombol Power, lalu kita geser kebawah untuk mematikan Oppo A12 ini. 

12. Setelah dalam kondisi mati hpnya. Tekan kedua tombol Volume Atas dan Volume Bawah, dan tahan kemudian kita hubungkan device ke komputer dengan USB kabel. Perhatikan pada kolom Description di Lib USB, akan terbaca sebagai MediaTek USB Ports. Dengan gerak cepat kita klik menu install. Jangan terlalu lama karena MediaTek USB Portnya ini tidak akan muncul lama, dia hanya muncul sekejap saja lalu menghilang. Jadi kita harus cepat klik menu install saat MediaTek USB portnya muncul. Kalau kita lihat device Oppo A12 tiba-tiba restart atau menyala, kita ulangi lagi sampai berhasil. Kita matikan lagi device Oppo A12 nya, dan kita ulangi. Sekarang tekan kedua tombol Volume, tekan dan tahan kedua tombol tersebut sambil colokkan dengan kabel data ke device. Ketika sudah muncul MediaTek USB port di Lib USB, cepat klik install sampai muncul Libusb-win32 device filter successfully installed for Mediatek USB Port. Contohnya seperti berikut.

install MediaTek USB Ports

12. Sekarang buka folder MTK Bypass RAV4, lalu Jalankan aplikasi mtk_bypass_rev4.exe didalamnya. Jadi Tool ini berfungsi untuk membypass auth. Sehingga kita tidak perlu menggunakan akun authorisation, kita cukup gunakan MTK Bypass rev4 ini saja.

Bypass Auth Oppo A12

13. Sekarang kita akan Bypass Auth Oppo A12. Caranya, matikan dulu device Oppo A12. Sesudah dalam kondisi mati. Klik menu Bypass pada aplikasi MediaTek Bypass tool. Contohnya seperti gambar diatas. Tekan tombol Volume Atas dan tombol Volume Bawah pada device Oppo kamu. Jadi kedua tombol ini kita harus tekan dan tahan sambil kita hubungkan device ke komputer dengan USB kabel. Tunggu hingga Mediatek Bypass Tool mengatakan PROTECTION DISABLED. Kita sudah berhasil.

Setting COM Port oppo a12

14. Kita kembali ke tampilan SP Flash Tool lagi. Sekarang kita akan samakan dulu untuk Pot Comnya. Caranya, klik saja menu Options pada SP Flash Tool nya.. Kemudian kita klik lagi menu option dibagian bawahnya Options. Pilih Connection kemudian pilih UART. Pada kolom COM Port, kita sesuaikan dengan yang muncul pada MediaTek Bypass Toolnya. Contohnya terbaca di COM7. Pada bagian Baud rate, kita ganti ke 921600. Kalau sudah kita Close tampilan Option nya.

format oppo a12

15. Berikutnya klik menu Start pada SP Flash Tool. Kita tunggu sebentar sampai ada notifikasi Format OK yang artinya menghapus kunci layar yang lupa pada Oppo A12 sudah selesai.

16. Lepaskan USB kabel dari Oppo A12, tekan dan tahan tombol Power sampai muncul logo Oppo yang berarti device menyala. Tunggu sebentar sampai proses loadingnya selesai. 

17. Proses loadingnya selesai akan langsung muncul ke tampilan untuk memilih bahasa. Jika ada pilihan panggilan darurat, ketik saja *#813# agar device bisa langsung masuk ke menu. Kalau tidak ada pilihan panggilan darurat, kita bisa mulai melakukan pengaturan secara manual. Jangan lupa bahwa device harus bisa terkoneksi dengan internet. Ini supaya proses setup bisa berlangsung secara lancar. Login dengan akun email jika diminta, lalu selesaikan pengaturan selanjutnya sampai device siap untuk digunakan.

Dengan demikian, cara mengatasi Oppo A12 lupa pola pin sudah selesai. langkahnya cukup mudah karena hanya menggunakan kabel USB kabel saja. Meski terlihat rumit bagi kamu yang baru, kalau kamu benar-benar teliti, pasti kamu bisa berhasil menyelesaikannya.

Related

Post a Comment