Cara Download Firmware. Readmore

Cara Flash Oppo A12 CPH2083 via SP Flash Tool

Tutorial Cara Flashing Oppo A12 CPH2083 via SP Flash Tool firmware Scatter bisa menjadi solusi yang bisa kamu coba untuk mengatasi bootloop bandel.

Tutorial Cara Flashing Oppo A12 CPH2083 via SP Flash Tool firmware Scatter bisa menjadi solusi yang bisa kamu coba untuk mengatasi bootloop bandel. Karena device ini menggunakan chipset Mediatek, tentunya kamu bisa memilih Flash Tool gratis dalam mengerjakannya.

Tips ini menjadi lanjutan kami. Karena rencanya kami akan memberikan beberapa tutorial khusus untuk smartphone ini saja. Cara ini bukan hanya bisa membantu memperbaiki masalah stuck dilogo saja.

Simak: Cara Reset Oppo A12 ke Setelan Pabrik

Ketika device kamu mati suri, kamu dapat mencoba memulihkannya dengan langkah ini. Jadi kita tidak memerlukan DownloadTool yang biasa kita temukan pada paket firmware.

Dikarenakan kita memerlukan username dan password. Kalau kita tidak memilikinya, kita juga tidak bisa memflash device.

Berbeda dengan cara flash Oppo A12 menggunakan Flash Tool gratis ini. Kamu dengan mudah mendapatkan fitur yang dapat membantu menyelesaikan masalah pada device Oppo kamu sendiri.

Tapi dibalik kemudahannya terkadang juga ada kekurangannya. Kita tahu bahwa tidak ada yang sempurna. Kecuali ini memang pilihan sehingga kita bisa memanfaatkannya. Kita tidak akan membahas mengenai fitur apa yang dimiliki oleh SP Flash Tool.

Pada postingan lainnya kami sudah pernah bahas mengenai flash Oppo A12 tanpa PC melalui Recovery Mode. Termasuk itu juga adalah tips dari kami yang dapat memberikan kamu cara ketika ingin melakukan upgrade software.

Setiap smartphone Oppo biasanya akan mendapatkan dukungan firmware yang terus diperbarui. Kamu bisa dengan mudah mendownload versi software terbaru untuk meningkatkan stabilitas dan performa sistem pada device Oppo kamu.

Untuk itu, kamu bisa memilih install update melalui dukungan ColorsOS Recovery yang bisa kamu temukan langsung pada device.

Kalau ternyata hari ini device kamu memang dalam kondisi bootloop, terkadang tidak mudah diperbaiki dengan cara tersebut. Terlebih kalau bootloopnya bandel, terkadang meski sudah diflash firmware OTA, tetap saja tidak ada perubahan.

Hal inilah yang perlu kita tegaskan agar kamu bisa mencoba metode lainnya. Memflash menggunakan SP Flash Tool cukup berguna dalam memulihkan masalah tersebut. Kamu bisa mencobanya sekarang melalui tutorial ini.

Kita akan flashing melalui Komputer mengandalkan firmware Android Scatter. Firmware ini bisa juga digunakan memflash Oppo A12 via Unlock Tool dan benar-benar telah kami uji.

Cara Flash Oppo A12 (CPH2083) via SP Flash Tool

1. Silahkan charger baterai device Oppo kamu hingga terisi sekitar 80 persen. Ini lebih utama yang perlu kamu jaga.

2. Silahkan download firmware yang telah kami rekomendasikan berikut.

3. Nonaktifkan dulu Antivirus/Windows Scurity di Komputer kamu. Ekstrak semua file yang sudah Anda download.

4. Install MTK USB Driver dikomputer sampai selesai.

5. Ekstrak SP Flash Tool dan buka foldernya, jalankan aplikasi bernama Flash_tool.

6. Pada aplikasi Flash_tool, klik Download-Agent. Temukan dan tambahkan file MTK_AllInOne_DA.bin yang ada didalam folder SP Flash Tool.

menambahkan file saccter oppo a12

7. Klik pada kolom Scatter-loading File. Temukan dan tambahkan file MT6765 Android scatter yang ada didalam folder firmware Oppo A12.

8. Ekstrak MTK Bypass. Jalankan aplikasi didalamnya bernama mtk bypass rev4.

9. Nonaktifkan device Oppo A12 kamu (Turn Off). Jika device tidak bisa dimatikan karena kondisinya tidak memungkinkan, buka tutup belakang, dan cabut soket baterainya. Setelah itu pasang kembali soket baterai tersebut.

bypass auth oppo a12

10. Sekarang pada aplikasi mtk bypass rev4, klik tombol Bypass. Tekan bareng tombol Volume Bawah dan Volume Atas pada device Oppo kamu sambil colok dengan USB kabel ke Komputer. Tunggu sampai aplikasi mengatakan PROTECTION DISABLED.

11. Sekarang pada SP Flash Tool pilih Options > Connection > Uart. Pada kolom COM, samakan nomort COM-nya dengan yang terbaca pada mtk bypass rev4. Contohnya saat kami memflash Oppo A12 ini, koneksi USB Port ada di COM6.

flash firmware oppo a12

12. Klik Download pada SP Flash Tool. Anda dapat menunggu flashing firmware Oppo A12 berlangsung beberapa menit.

13. Tunggu saja sampai proses tersebut mengatakan Download OK. Ini berarti flashing telah sukses.

14. Anda bisa mencabut USB kabel dari device Oppo kamu. Kemudian tekan beberapa detik tombol Power untuk menghidupkan device.

15. Kamu akan melihat device loading. Saat sudah dalam posisi konfigurasi pada pilihan bahasa, pilih saja panggilan darurat. Ketikkan *#813# untuk membuat device bisa langsung masuk menu. Sehingga kamu tidak memerlukan penyiapan dan pengaturan lainnya.

Mungkin itulah tutorial dan tips dari kami tentang cara flash Oppo A12 menyambung postingan sebelumnya. Meski caranya berbeda, ini bisa juga menjadi solusi untuk device kamu saat ini. Semua masalah bug dan bahkan bootloop, itu akan hilang dan telah diperbaiki dengan langkah diatas.

Kesimpulan

Flashing firmware via SP Flash Tool memang lebih mudah dilakukan. Itu karena aplikasi ini sangat gampang dipahami. Tapi tidak selalu berhasil bagi sebagian device dengan chipset Mediatek. Terkadang ada saja kendala yang akan kamu temukan.

Seperti masalah error saat memflash. Itu bisa disebabkan masalah pada device itu sendiri, atau dari firmware yang digunakan. Tapi alangkah baiknya bisa kamu coba terlebih dahulu. Seandainya tidak berhasil saat flashing, kamu tetap bisa memilih cara lainnya.

Simak: Cara Flash Oppo A12 via UnlockTool

Post a Comment