Cara Flash Oppo A39 CPH1605

Postingan terbaru kali ini kami akan memberikan pembahasan tentang cara flashing firmware Oppo A39 CPH1605 menggunakan FlashTool atau via Recovery Mode tanpa Komputer. Seperti pada tujuan utama yaitu melakukan perbaikan menjadi suatu hal yang memang harus bisa dikerjakan. Apalagi untuk smartphone sendiri.

 
Cara Flash Oppo A39 CPH1605

Langkah flashing bisa disebut juga dengan langkah upgrade yang mana bertujuan untuk segala solusi perbaikan software termasuk juga meningkatkan stabilitas sistem pada smartphone tersebut. Sobat bisa mengetahui langkah yang harus diambil bila Oppo A39 yang sobat miliki sudah menandakan beberapa problem.

Masalah yang ditemui biasanya bertanda bahwa aplikasi tidak bisa dijalankan. Adapun kendala seperti saat membuka aplikasi timbul notifikasi "Sayangnya aplikasi telah terhenti" dan bisa kemungkinan ada salah satu aplikasi yang mengalami error.

Jika memang demikian karena sudah menandakan dari sistem, maka jalan terbaik kita ialah melakukan flashing firmware. Mungkin sebelum kelangkah mendownload bahan dukungan dan melakukan upgrade, sobat bisa menyimak tips kami tentang cara reset hp Oppo A39 sebagai referensi kami untuk solusi.

Mengembalikan setelan pabrik bisa dicoba untuk sekedar mengetahui apakah salah satu cara ini bisa menyelesaikan masalah dan memulihkannya. Sedangkan mengenai bahan dukungan flashing telah dishare sebelumnya.

Pastikan model smartphone sobat atau spesifikasinya juga sama. File yang kami gunakan untuk bahan tutorial ini terbagi menjadi dua. Yaitu bisa menggunakan file OTA update, atau Scatter file dengan menggunakan SP FlashTool.

Demi keamanan data, kami sarankan untuk melakukan backup sebelum memulai update. Backup data seperti pesan SMS, kontak telepon dan Email jika masih bisa untuk disalin semuanya. Sementara saat sudah terlanjur bootloop, kemungkinan harus segera memperbaharui sistem dari awal.

Tutorial flashing firmware Oppo A39 akan kami bahas menjadi dua bagian sesuai dengan tahap yang bisa dilakukan. Pertama adalah update dengan file OTA. Ini dapat menjadi langkah untuk memperbarui software.

Oklah tanpa berlama-lama jika sobat sudah siap untuk memulaimya, saatnya kita kerjakan.

Cara Flash Oppo A39 via SD Card dan Recovery Mode

1. Isi daya baterai minimal 80 persen.

2. Download file OTA berikut untuk persiapan.

3. Selanjutnya, format terlebih dahulu microSD yang sudah disiapkan. Ini agar ruang penyimpanan cukup untuk menyimpan file.

4. Setelah formating microSD selesai, pindahkan file OTA hasil download tadi ke microSD. Sesudah file firmware terpindahkan, maka langsung saja pasang memori tersebut pada smartphone.

5. Sekarang kamu bisa matikan smartphone terlebih dahulu.

6. Masuk ColorOS Recovery pada Oppo A39 dengan cara, tekan bersamaan tombol Volume Bawah dan tombol Power. Saat dilayar sudah menampilkan logo Oppo dan munculnya teks Recovery Mode dibagian bawah, maka segera lepaskan kedua tombol yang kamu tekan.

7. Sobat harus menunggu beberapa detik, dan setelah itu akan muncul pilihan bahasa. Pilih bahasa English agar lebih mudah.

8. Menu Recovery akan ditampilkan dilayar. Untuk navigasi bisa menekan tombol Volume, dan untuk memilih opsi silahkan tekan tombol Power.

9. Pilih Wipe data dan konfirmasi ok. Sementara Wiping data berlangsung, tunggu hingga proses mengatakan komplit.

10. Pilih Install form Storage Device dan pilih lagi From SD. Kemudian sobat pilih file OTA yang telah ada di memori microSD.

10. Berikutnya akan tampil konfirmasi untuk memulai Upgrade. Konfirmasi ok untuk melanjutnkan.

11. Sementara sobat harus menunggu beberapa menit saat proses upgrade berlangsung. Setelah itu sobat akan melihat popup dengan pesan Update Success.

12. Langkah terakhir pilih Reboot.

Sobat harus kembali menunggu sampai smartphone memasuki layar pengaturan dan sobat harus menyelesaikan beberapa pengaturan hingga smartphone siap untuk digunakan.

Selain dari cara pertama yang telah kami jelaskan. Sobat juga bisa menggunakan FlashTool untuk memperbaiki device. Biasanya kalau device kondisinya mengalami bootloop, mati suri, error. Hal itu tidak berhasil saat diflash menggunakan file OTA.

Baiklah langsung saja kita mulai mengenai cara flash Oppo A39 via Flashtool dengan prosedur yang cukup sederhana. Pastikan selalu teliti dengan langkah yang telah kami jelaskan, dan jika ada kekurangan dari kami mohon untuk dikoreksi atau kita bisa diskusikan.

Siapkan Bahan Berikut:
Cara Flash Oppo A39 via SP FlashTool

1. Isi daya baterai terlebih dahulu minimal harus terjaga sekitar 80 persen.

2. Ekstrak semua bahan yang sudah terdownload. Install juga MTK USB Driver.

3. Buka folder ROM Oppo A39 yang sudah diekstrak.

4. Buka folder hasil ekstrak SP FlashTool. Jalankan aplikasi bernama flash_tool.

5. Sesaat sudah terbuka, klik Scaterr_loading dipojok. Cari txt file didalam folder ROM bernama (MT6755_Android_scatter), dan pilih file dengan konfirmasi ok.

Catatan:
  • Untuk yang ingin menghapus pola maupun sandi, silahkan hanya centang pada cache dan user data.
  • Untuk melakukan ful flash file silahkan biarkan tercentang semua.
6. Siapkan smartphone Oppo A39 dari posisi off dan daya baterai sudah mencukupi.

7. Hubungkan kabel USB yang sudah disiapkan ke Komputer.

8. Pada flash_tool, setting pada Download Only.

9. Selanjutnya klik Download, lalu siapkan smartphone tadi dengan menekan tombol Volume Atas sambil sambungkan dengan kabel USB.

10. Proses flashing firmware akan memerlukan waktu beberapa menit dengan progres bar merah mapun bar kuning berlangsung. Tunggu hingga proses tersebut selesai dan ditampilkan Download OK sebagai notifikasi bahwa flash telah sukses.

11. Lepaskan sambungan kabel USB dan hidupkan smartphone.

Kami tambahkan tutorial dengan video yang bisa sobat simak secara menyeluruh tentang langkah diatas.


Itulah tutorial flash ulang dipostingan terbaru kami untuk sobat semua pemilik smartphone Oppo A39 yang sedang mencari referensi tentang langkah flash dan semoga dapat membantu.

Simak juga: Cara Bypass Oppo A39 CPH1605

4 comments

  1. Gan, katanya load scatter file is invalid,, trus gimana lagi itu gan? https://uploads.disquscdn.com/images/0309c112d61f18ae84d9864c61a804bc7a07ad3d422d34a8427befff8732fe71.jpg

    ReplyDelete
  2. Dear...Dendi Alcyone
    Jika demikian coba pakai flashtool versi lainnya atau menurut pengalaman kami bisa jadi filenya corrupt terkena virus komputer

    ReplyDelete
  3. Terus Bisa di ROOT Oppo A39 Nya ?

    ReplyDelete
  4. Dear...Jmy Rechandra
    Coba ROOt pakai aplikasi KingROOT

    ReplyDelete