Cara Flash Realme 6 RMX2001, RMX2003

Cara flash Realme 6 RMX2001 menjadi bahan dan tips yang bakal kami bahas melalui postingan ini.

Cara flash Realme 6 RMX2001 menjadi bahan dan tips yang bakal kami bahas melalui postingan ini. Flashing firmware ini merupakan solusi paling efektik untuk memperbaiki masalah software di device Realme 6. Sekarang sudah waktunya kamu mengetahui hal penting selama kamu menggunakan smartphone. Meski ini terlihat sulit pada awalnya, kalau kamu sendiri sudah memahaminya tentu akan menjadi sangat mudah.

Karena banyak diluar sana yang belum memahami dukungan yang diberikan langsung oleh vendor soal memflash firmware. Jika kamu mencari tambahan, ini merupakan inisiatif yang baik. Flashing firmware Realme 6 adalah solusi sederhana bagi semua pengguna. 

Terutama dalam mengatasi lupa pola atau sandi kunci layar, bootloop, error pada sistem, dan lainnya. Bisa saja device kamu menemui masalah diluar dari yang telah kami sebutkan tapi masih ada kaitannya dengan software.

Sangat disarankan bahwa pengguna bisa mengetahuinya sendiri mengenai masalah di smartphonenya. Apapun yang terjadi dengan device kamu, jangan menganggap itu sudah tidak dapat diperbaiki. Setiap smartphone yang berada dipasaran dan sudah dibeli oleh konsumen, bisa saja ada masalah yang muncul pada device tersebut seiring waktu penggunaan.

Ini adalah sesuatu yang mungkin tidak terduga dari pengguna. Karena ia mungkin memang tidak tau apa penyebab masalahnya. Tapi kalau pemilik smartphone tersebut benar-benar hati-hati, dan bisa menjaga performa device, tentu tidak akan ada yang terjadi. Biasanya masalah itu terjadi bisa dari aplikasi yang bug, atau sistem yang perlu diperbarui.

Maka dari itulah kita juga tidak perlu menyalahkan smartphone yang kita miliki. Kita bisa analisa sendiri selama kita menggunakan smartphone. Ketika device kamu sering muncul pesan error, ini meski harus segera diperbaiki. Bisa jadi device kamu terkena virus atau malware.

Terkadang bukan hanya itu saja yang terjadi pada device. Bisa kemungkinan aplikasi tidak dapat dibuka, aplikasi telah terhenti, dan lainnya. Mengatasi hal ini bisa saja mudah, juga bisa rumit tergantung dari pemahaman dan cara yang dilakukan.

Memperbarui aplikasi yang mengalami error benar saja merupakan solusi. Tapi kamu juga meski mengecek semua aplikasi yang memerlukan update. Namun jika diteliti masalahnya bukan dari aplikasi, bisa saja ada bug pada sistem Android smartphone kamu.

Hal ini bisa kita ketahui setelah semua pembaruan aplikasi selesai tapi masih ada masalah error yang muncul. Untuk mengatasi ini, update software atau flashing merupakan langkah terbaik yang dapat kamu lakukan. 

Dari pengalaman yang kamu alami sekarang ini terutama mengenai smartphone sendiri, bukan berarti itu akan mengecewakan. Justru itu akan memberikanmu pengalaman yang juga memberikan kamu pelajaran.

Sekarang seandainya kamu ingin memflash device sebagai solusi efektif untuk perbaikan software, kami akan membahas langkahnya agar kamu memahaminya. Ini menjadi tahap juga untuk pembaruan firmware yang meski harus dilakukan.

Cara Flash Realme 6 (RMX2001)

Tutorial flashing Realme 6 ini akan kami bagi menjadi tiga metode, dan dengan alat flashing yang berbeda juga. Dengan ini kamu bisa menyesuaikan antara metode yang yang bisa kamu gunakan dalam menyelesaikan masalah pada device.

Sebelum kamu ketahap flashing, kami ingatkan agar kamu teliti dengan setiap penjelasan dari kami. Ini agar kamu bisa sukses ketika memflash. Salah langkah bisa saja menyebabkan device kamu menjadi mati.

Untuk itu, jangan lewatkan setiap penjelasan yang telah kami uraikan. Tutorial pertama yang akan kami bahas ini akan mengandalkan alat gratisan benama SP Flash Tool. Karena smartphone Realme 6 ini menggunakan chipset dari Mediatek. Sehingga mudah saja ketika kita ingin memflash firmware pada smartphone ini.

Flashing firmware Realme 6 akan memperbaiki masalah berikut:

  • Bootloop
  • ERROR
  • Device terkena Virus/Malware
  • Sering Ngelag
  • Lupa Pola/Sandi
  • Bug
  • Mati akibat salah flashing

Cara Flash Realme 6 via SP Flash Tool (Metode 1)

1. Silahkan download beberapa file yang telah kami sediakan dari tautan berikut.

2. Sambil menunggu semua file terdownload, kamu bisa charger device Realme 6 kamu agar daya baterai cukup untuk persiapan flashing. Jangan sampai device kehabisan daya baterai dan membuatnya menjadi tapi saat proses.

3. Setelah semua file selesai kamu download, kumpulkan saja di komputer kamu didalam folder. Jadikan dalam satu folder agar mudah menemukannya. Kemudian kamu ekstrak semua file tersebut termasuk juga dengan firmwarenya. Jika ada salah satu file yang dicurigai, nonaktifkan dulu Antivirus/Windows Scurity di komputer kamu. Sebenarnya semua file yang kami rekomendasikan ini aman. Biasanya yang dicurigai adalah file MTK Bypass Auth.

4. Sekarang kami jelaskan mengenai firmware. Firmware Realme yang kami share sebelumnya kalau diekstrak akan dalam format Ofp. Jadi, ini tidak akan bisa digunakan di SP Flash Tool. Untuk dapat menggunakannya, kamu perlu mengubah file Ofp tersebut. BACACara Mengubah File OFP ke Android Scatter File

5. Ketika file Android Scater sudah siap, kamu bisa Install MTK USB Driver di komputer sampai selesai.

6. Buka folder SP Flash Tool, lalu jalankan aplikasi bernama Flash_tool.exe. Setelah aplikasi software ini terbuka, klik Choose pada bidang Download-Agent. Temukan dan tambahkan file 'MTK_AllInOne_DA.bin' yang ada didalam folder SP Flash Tool.

menambahkan firmware realme 6

7. Klik pada kolom Scatter-loading File. Temukan dan tambahkan file 'MT6785_Android_scatter' yang ada didalam folder firmware Realme 6 yang sebelumnya sudah diekstrak. Klik Choose pada bidang 'Autentication File', temukan dan tambahkan file 'auth_sv5.auth'.

8. Buka folder MCT bypass rev4, lalu jalankan aplikasi didalamnya bernama mtk bypass rev4.

9. Langkah selanjutnya, ambil device Realme 6 kamu. Nonaktifkan device tersebut (Turn Off). Jika device tidak bisa dimatikan karena kondisinya tidak memungkinkan, buka tutup belakang, dan cabut soket baterainya lalu pasang kembali.

bypass auth realme 6

10. Sekarang pada aplikasi mtk bypass rev4, klik tombol Bypass. Kemudian pada device Realme 6, tekan bareng tombol Volume Bawah dan Volume Atas sambil colok dengan USB kabel ke Komputer. Tunggu sampai aplikasi mengatakan PROTECTION DISABLED. Perhatikan pada mtk bypass rev4, lihat di 'COM' berapa device kamu terbaca.

Setting COM Port realme 6

11. Kembali ke aplikasi SP Flash Tool. Sekarang pada SP Flash Tool pilih Options > Connection > Uart. Pada kolom COM, samakan nomort COM-nya dengan yang terbaca pada mtk bypass rev4 tadi.

flashing firmware realme 6 sukses

12. Berikutnya klik Download pada SP Flash Tool. Kamu akan melihat proses flashing sedang berlangsung. Kamu dapat menunggu flashing firmware tersebut mengatakan Download OK. Ini berarti flashing telah sukses.

13. Jika flashing telah selesai, cabut USB kabel dari device Realme 6 kamu. Kemudian tekan beberapa detik tombol Power untuk menghidupkan. Device akan loading beberapa menit. Saat sudah dalam posisi konfigurasi pada pilihan bahasa, pilih saja bahasa yang ingin kamu gunakan, lalu menyelesaikan setelan lainnya.

Itulah metode flashing Realme 6 pertama yang dapat kami bahas sesuai dengan langkah yang benar dalam penggunaan SP Flash Tool dan sesuai pengalaman.

Cara Flash Realme 6 (RMX2001) OTA Firmware (Metode 2)

Cara ini akan membantu kamu untuk menginstal firmware tanpa menggunakan Komputer serta dukungan Flashtool. 

1. Silahkan download file berikut sebagai dukungan.

2. Kemudian simpan firmware tersebut kedalam memori SD carD atau memori internal device kamu. Pastikan ruang penyimpanan benar-benar cukup.

3. Isi atau charger device kamu hingga daya baterai mencapai 50 persen sebagai persiapan. Jika sudah kamu bisa matikan dulu.

4. Selanjutnya masuk ke Recovery Mode. Caranya, tekan bareng tombol Volume Bawah dan Power dan tunggu beberapa detik. Pilih saja bahasa English.

Realme 6 Recovery Mode

5. Setelah masuk di Realme UI Recovery kamu pilih Instal from storage device > from SD.

6. Temukan firmware OTA yang kamu simpan dalam memori. Konfirmasi Yes untuk mulai update software.

7. Mungkin memerlukan waktu beberapa menit sampai update tersebut mengatakan 'Success'. 

8. Device akan reboot dan mulai loading pertama kalinya setelah flashing. Jika lama kamu bisa tetap menunggu.

Melalui beberapa tahap saja kamu bisa memperbaiki device sendiri. Ini menjadi rekomendasi termudah dibandingkan kamu menggunakan Flashtool. Tapi kalau kamu ingin juga memahami tentang cara flash Realme 6 via Flashtool, kami akan membahasnya. 

Karena kamu tidak cukup hanya satu cara saja. Metode lain selain dari yang kami jelaskan diatas mungkin diperlukan disaat sulit. Biasanya device tidak dapat masuk recovery mode karena stuck dilogo atau bootloop.

Begitu juga saat kamu lupa kata sandi pada smartphone sendiri. Sekarang ini, mereset data pabrik tidak dapat menghapus password. Tentunya cara lain diperlukan agar bisa menyelesaikannya.

Cara Flash Realme 6 (RMX2001) via MSMDownloadTool (Metode 3)

1. Seperti sebelumnya bahwa daya baterai device kamu harus cukup dan tidak boleh kosong.

2. Download peralatan berikut sebagai dukungan.

3. Ekstrak kedua file tersebut di Komputer kamu.

4. Instal USB Driver.

5. Buka folder firmware, kamu akan menemukan beberapa file.

6. Run as aplikasi MSMDownloadTool.

7. Jika kamu memiliki User name dan Passweord, kamu bisa segera login.

8. Kemudian kamu matikan dulu device kamu tersebut.

9. Klik tombol Start pada DownloadTool.

Flash Realme 6

10. Sekarang ambil device kamu. Tekan bareng tombol Volume Bawah dan Volume Atas lalu sambungkan dengan USB kabel ke Komputer.

11. Kamu dapat menunggu karena proses flashing akan memakan waktu beberapa menit. Setelah mengatakan 'Complete', berarti flashing sudah sukses.

12. Lepas sambungan USB kabel dari device dan nyalakan.

Dengan demikian kamu bisa menyelesaikan tahap ini dengan benar. Ini adalah solusi yang tepat untuk kamu yang lupa kata sandi pada device sendiri. Begitu juga ketika smartphone sering error karena tidak dapat diselesaikan dengan metode hard reset atau flashing dengan file OTA.

Semua cara yang kami share ini dapat kamu coba agar dapat menemukan langkah yang tepat. Dari metode pertama tidak bisa memperbaiki device kamu, kamu masih punya pilihan lainnya yang bisa menjadi solusi paling efektif.

Post a Comment