CARA FLASH SAMSUNG GALAXY A21s SM-A217F TERBARU

Selamat Datang di Blog Khasbi.com - Kali ini kami akan memberikan tutorial buat kamu semua tentang cara flash Samsung Galaxy A21s SM-A217F gratis dan tested hanya menggunakan Odin sebagai solusi paling efektif untuk mengatasi masalah ERROR / Bootloop. Hari ini menjadi kesempatan terbaik bagi kami untuk bisa berbagi tips terbaru.

Tips ini berdasarkan apa yang harus kamu lakukan ketika ingin memperbaiki device Samsung Android kamu sendiri saat mengalami masalah perangkat lunak (Software). Sebenarnya ini bukan masalah yang fatal dan perlu kamu khawatirkan.

Ketika kamu tahu bagaimana memperbaikinya, kamu akan tetap merasa aman. Oleh sebab itu, ini dapat menjadi pengalaman bagi kamu yang baru tahu mengenai masalah perangkat lunak pada smartphone sendiri.

Daftar Isi Artikel

Kalau kamu memang belum tahu mengenai apa saja masalah software yang dimaksud. Berikut beberapa diantaranya. Kemungkinan device kamu mengalaminya dan perlu untuk install firmware.

Masalah Umum Software :

ERROR / Kerusakan File Sistem : Ini merupakan masalah sistem seperti ketika aplikasi bawaan tidak dapat dibuka atau memang ada bug. File sistem yang rusak atau korup juga dapat membuat smartphone tidak dapat boot dengan benar.

Hang / Macet : Terkadang kita menemui masalah hang yang membuat device sulit dimatikan. Ini bisa dipicu oleh memori yang hampir penuh atau oleh aktifitas yang berlebihan seperti bermain game.

Device Sudah Terkunci : Ketika kamu menemui masala karena lupa pola / sandi, ini akan membuat smartphone menjadi terkunci. Sehingga kamu tidak dapat mengakses menu. Penyebab umumnya bisa dipicu oleh kesalahan dalam memasukkan kata sandi atau PIN secara berulang-ulang.

Stukc On Logo / Bootloop : Terutama ketika kamu melihat device tiba-tiba bootloop. Kondisi ini bisa kita lihat di mana smartphone terus-menerus memulai ulang dan tidak dapat masuk ke sistem operasi yang seharusnya. Penyebab bootloop ini juga dapat bervariasi.

Sering Restart : Yang dimaksud restart disini ialah ketika device sering masuk Recovery Mode dikarenakan ada kerusakan sistem.

Gagal Flash / Mati : Jika kamu gagal melakukan flashing atau upgrade software secara online dan jaringan kurang stabil / terputus, hal ini juga dapat menyebabkan device menjadi mati. Bisa dikatakan mati totalnya bukan karena hardware.

Mungkin itulah beberapa daftar masalah software yang dapat kami sebutkan. Semua itu dapat diperbaiki dengan cara install firmware Samsung Galaxy A21s. Sekarang yang paling penting adalah memahami caranya. Kita tidak perlu menggunakan alat flashing berbayar kalau ini cuma masalah kecil saja.

Melalui postingan ini kami coba bahas tips cara flash Samsung A21s yang dapat kamu pahami dengan mudah. Ini akan memberikan kamu langkah yang benar dalam melakukan perbaikan software. Ini juga dapat menjadi cara untuk upgrade software atau pembaruan firmware di device kamu dengan sangat aman.

Sekarang ini sudah dirilis OS Android 11 dan OS Android 12 untuk Samsung Galaxy A21s. Karena sebelumnya device ini berjalan di OS Android 10. Ini merupakan sistem operasi pertama kalinya saat smartphone ini diluncurkan. Tentunya kamu sudah bisa memperbarui versi OS pada device Samsung kamu agar lebih optimal.

Baiklah kita akan kembali ke pembahasan instal firmware. Dari semua tips yang pernah kami bahas, sebenarnya banyak juga yang menjelasakan tentang flashing firmware. Karena model device kamu adalah Samsung A21s, maka kamu bisa membacanya melalui halaman ini.

Jika kamu ingin mengetahui tentang cara mereset data pabrik Samsung A21s, kamu juga dapat menyimak penjelasan kami selanjutnya. Mungkin itu akan membantu kamu untuk bisa mengembalikan setelan pabrik pada device sendiri.

Tapi karena hari ini kamu memiliki rencana untuk melakukan perbaikan software, tentunya kamu perlu persiapan matang dan mengetahui tentan flashing.

Apa itu Flashing Firmware

Flashing merupakan proses atau langkah instal firmware pada device. Tujuannya adalah untuk memperbaiki kondisi smartphone yang menemui masalah dengan perangkat lunak sistem operasi yang beberapa diantaranya sudah kami sebutkan diatas.

Flashing firmware juga menjadi solusi paling efektif dan aman untuk dikerjakan secara mandiri. Terutama untuk menginstal pembaruan sistem terbaru yang dikeluarkan oleh Samsung. Ini dapat mencakup pembaruan keamanan, perbaikan bug, atau peningkatan kinerja.

Namun tindakan ini juga akan membutuhkan dukungan firmware lengkap dan kamu bisa menyiapkannya terlebih dulu.

Catatan Penting

Proses flashing firmware melibatkan risiko, terutama jika tidak dilakukan dengan benar. Jika kamu menggunakan firmware yang salah atau tidak memahami langkah-langkahnya dengan benar, bisa saja kamu akan merusak device secara permanen. Sangat penting untuk memahami langkah flashing dengan menyimak tutorial yang tersedia.

Sebelum memulai untuk memflash, harap untuk mencadangkan data yang ada di smartphone. Kamu bisa pindahkan semua data kamu ke komputer atau ke memori Micro SD. Dikarenakan tindakan ini bisa saja menghapus semua data pengguna.

Biasanya data yang akan terhapus termasuk nomor Kontak, Pesan SMS, Media seperti Foto dan Video yang tersimpan pada memori internal smartphone. Terkecuali smartphone kamu mengalami masalah bootloop. Sehingga, peluang untuk pencadangan data tidak dapat dilakukan.

Kalau sudah demikian kamu bisa mengabaikannya, dan memilih untuk segera memflash firmware saja untuk perbaikan.

Tutorial Flash Samsung Galaxy A21s SM-A217F Firmware Full File

1. Sebelumya kita perlu memiliki beberapa file pendukung. Karena kita akan menggunakan Tool gratisan. Kita siapkan dulu beberapa file berikut.

  • Odin
  • Samsung USB Driver for Mobile Phones
  • Stock Firmware Galaxy A217F
  • Pilih versi terbaru jika memiliki rencana untuk upgrade software

2. Selanjutnya kita bisa matikan smartphone. Selain itu, pastikan kembali bahwa daya baterai tidak kosong. Kamu bisa charge dulu hingga daya baterai smartphone kamu terisi setidaknya sekitar 80 persen.

3. Kemudian setelah semua file sudah berhasil didownload, kumpulkan menjadi satu didalam folder yang mudah untuk ditemukan. Karena file ini semuanya dalam format Winrar, diekstrak saja agar menghasilkan folder yang nantinya dapat kita gunakan dengan mudah. Dari firmware Galaxy A217F yang kamu ekstrak seharusnya berisi beberapa file berikut.

  • AP_A217FXXSADWI1_CL24202344_QB70902586_REV00_user_low_ship_MULTI_CERT_meta_RKEY_OS12.tar.md5
  • BL_A217FXXSADWI1_CL24202344_QB70902586_REV00_user_low_ship_MULTI_CERT.tar.md5
  • CP_A217FXXSADWI1_CP24943611_CL24202344_QB70902586_REV00_user_low_ship_MULTI_CERT.tar.md5
  • CSC_OLE_A217FOLEADWI1_CL25408215_QB70958130_REV00_user_low_ship_MULTI_CERT.tar.md5
  • HOME_CSC_OLE_A217FOLEADWI1_CL25408215_QB70958130_REV00_user_low_ship_MULTI_CERT.tar.md5

4. Sekarang kamu bisa instal dulu Samsung USB Driver hingga finish. Tapi kalau sebelumnya di komputer kamu telah ter-instal USB Driver ini maka abaikan saja langkah ini.

5. Kemudian buka folder Odin. Kamu jalankan software Odin di dalamnya. Caranya tinggal klik kanan, lalu pilih Run administrator.

6. Setelah Odin terbuka, kamu bisa tambahkan file combination "Tar.MD5" ke bidang Odin. Caranya, klik saja bidang BL, lalu temukan file dengan nama BL dari firmware yang sudah kamu ekstrak sebelumnya. Pilih AP untuk ditambahkan. Pilih CP dan temukan file dengan nama yang sama. Terakhir pilih bidang CSC dan tambahkan file CSC atau Home CSC.

menambahkan firmware ke bidang odin

Perbedaan File CSC dan Home CSC

Sebenarnya ini adalah file yang sama yang berisi tentang data Country, Region, dan Operator. Dari kedua file ini yang membedakan adalah penggunaan dalam hal flashing. Berikut penjelasannya.

  • File CSC : File ini dapat membantu kita ketika ingin memflash Samsung Galaxy A21s dengan tujuan untuk menghapus semua data yang ada. Lebih jelasnya lagi adalah flash bersih. Cocok buat kamu yang ingin mengembalikan setelan sistem.
  • File Home CSC : Jika kamu memiliki keinginan memflash device Samsung A21s agar tidak menghapus data, ganti file CSC dengan file Home CSC. Dengan begitu data-data kamu seperti file media foto, video, termasuk aplikasi yang telah di instal akan tetap utuh.

7. Sekarang buat device Samsung A21s kamu di Mode Download seperti contoh gambar berikut. Caranya, hubungkan dulu USB kabel ke Komputer / Laptop. Pastikan device kamu telah dimatikan (Turn Off). Jika sudah, tekan bareng tombol Volume Bawah dan Volume Atas selama beberapa detik lalu colok dengan kabel USB ke Komputer.

Samsung Mode Download

8. Jika device sudah dalam Mode Download, kamu cek pada Odin. Seharusnya langsung terbaca di bagian ID:COM. Biasanya akan terlihat juga posisi di Port berapa device Samsung kamu terhubung.

9. Selanjutnya kamu klik tombol Start pada Odin untuk mulai flash firmware Samsung A21s. Perhatikan bahwa proses ini dapat berlangsung beberapa menit. Jangan cabut kabel USB pada smartphone kamu atau matikan komputer selama proses ini.

flash firmware samsung done

10. Kamu bisa menunggu sampai Odin muncul notifikasi PASS! seperti contoh gambar diatas. Ini berarti proses flashing telah berhasil dan device kamu akan secara otomatis restart.

11. Kamu dapat menunggu lagi proses Samsung A21s loading untuk beberapa menit sampai di setelan awal. Mungkin kamu akan diminta untuk konfigurasi dengan memilih bahasa yang ingin digunakan. Jangan lupa bahwa device harus ada koneksi internet untuk bisa menyelesaikan semua setelan yang diperlukan, dan mengatur akun Google kamu.

Selain dari langkah umum diatas, kamu juga bisa menyimak tutorial kami dari video berikut.

Dengan hanya beberapa langkah sederhana diatas, kamu sudah tahu tentang bagaimana memperbaiki device kamu sendiri. Firmware yang telah kamu download sebelumnya masih bisa kamu gunakan sampai nanti kamu membutuhkannya lagi.

Kesimpulan

Semua yang kami jelaskan merupakan panduan umum flashing firmware Samsung. Selalu pastikan kamu memahami risiko yang terlibat dan mengikuti petunjuk ini dengan hati-hati. Jika kamu tidak yakin atau merasa tidak nyaman melakukan flashing sendiri, sebaiknya minta bantuan dari ahli atau pusat layanan Samsung resmi.

Itulah tips dari kami sebagai tambahan postingan sebelumnya. Cara flash Samsung Galaxy A21s ini bukanlah hal yang sulit untuk dikerjakan, dan kamu juga sudah mencobanya sendiri.