Cara Download Firmware. Readmore

Cara Flash Samsung J1 Mini Prime (SM-J106B)

Pada bagian ini kami akan memberikan panduan untuk anda tentang cara flash Samsung J1 Mini Prime (SM-J106B/DS) dengan mudah menggunakan Odin.
Pada bagian ini kami akan memberikan panduan untuk anda tentang cara flash Samsung J1 Mini Prime (SM-J106B/DS) dengan mudah menggunakan Odin. Langkah ini tentunya akan menjadi tutorial yang dapat membantu anda mengatasi bootloop dan beberapa masalah tentang perangkat lunak.

Cara Flash Samsung J1 Mini Prime SM-J106B

Berbagai masalah bisa saja terjadi dan itu bukan atas kesalahan dari smartphone itu sendiri. Semua tergantung bagaimana anda mengoperasikan smartphone dan apa saja yang dilakukan. Pastinya setipa pengguna ingin selalu menjadikan smartphone mereka tetap awet.

Namun, terkadang ada yang terjadi diluar dugaan dan masalah itu hanya disebabkan oleh kesalahan kecil.

Sekarang sudah waktunya anda bisa mengerti tentang bagaimana harus menjaga smartphone bisa tetap baik. Seperti halnya menjaga smartphone untuk tidak mamasang aplikasi yang tidak baik.

Hal itu dapat memicu kinerja smartphone menjadi cepat ngelag dan bahkan bisa crash secara tiba-tiba. Apa lagi memori yang dimiliki smartphone sangatlah kecil sehingga pemuatan aplikasi banyak menjadi kurang mendukung.

Simak juga: Cara Reset Samsung Galaxy J1 Mini Prime SM-J106B

Smartphone Samsung Galaxy J1 Mini Prime ini menawarkan spesifikasi yang cukup bagus. Mulai dari tingkat dukungan prosesor Quad core 1,2 GHz dari chipset Spreadtrum serta RAM 1GB. Ia menjalankan sistem operasi Android v6.0 Marshmallow yang termasuk OS terbaru.

Meskipun smartphone ini memiliki spek standar, ia juga sudah didukung dengan jaringan 4G LTE. Hal yang membuatnya kurang begitu bisa menampung banyak data ialah karena ia hanya memiliki memori internal sebesar 8GB.

Meskipun ada dukungan memori eksternal microSD yang bisa support hingga 256GB, tetap saja memori internal yang memiliki peran penuh.

Semua aplikasi akan berjalan dibelakang layar dan belum lagi tambahan cache dari hasil anda mengoperasikan smartphone. Semakin banyak data yang akan dikomsumsi maka semakin sibuk kinerja memori pada smartphone anda.

Oleh sebab itu, terjadinya ngelag atau bahkan bootloop bisa karena hanya memori penuh.

Jika smartphone sudah menandakan masalah bootloop, tindakan terbaik yang bisa dilakukan tentu adalah memulihkannya. Mungkin saja anda dapat menemukan solusi lain dan kalau diperlukan maka anda dapat memilih untuk meresetnya saja.

Begitu juga saat harus memerlukan perbaikan dari perangkat lunak smartphone itu sendiri. Maka, langkah flash bisa anda pilih untuk dilakukan sekarang.

Beberapa hal setelah itu terjadi kemungkinan data-datanya akan sulit untuk diselamatkan. Terkecuali anda pernah melakukan backup data.

Sekarang untuk memulai perbaikan dengan cara flash maka siapkan dulu sebuah PC/laptop dan juga bahan berikut:

Cara Flash Samsung Galaxy J1 Mini Prime (SM-J106B/DS)

Langkah pertama, mengenai file yang sudah anda unduh tadi silahkan ekstrak semuanya.

Langkah kedua, hubungkan USB kabel dengan PC/laptop yang anda miliki.

Langkah ketiga, pastikan daya baterai smartphone anda tidak kosong dan isilah terlebih dahulu dengan cara dicharger sampai terisi sekitar 50 persen.

Langkah keempat, install saja Samsung USB Driver hingga selesai karena ini akan digunakan untuk koneksi smartphone dengan Tool Odin.

Langkah kelima, matikan smartphone anda dengan cara lepas baterai lalu pasang lagi dan biarkan untuk tidak dinyalakan dulu.

Langkah keenam, sekarang nyalakan smartphone dengan cara menekan tombol Volume Bawah, Home, dan Power lalu tahan beberapa detik sampai muncul layar biru dengan teks Warning.

Langkah ketujuh, selanjutnya tekan saja tombol Volume Atas sekali saja supaya bisa masuk di Odin Mode seperti contoh berikut.

Samsung Odin Mode

Langkah kedelapan, sekarang hubungkan smartphone anda dengan USB kabel.

Langkah kesembilan, buka saja aplikasi Odin dan ketika itu juga maka smartphone akan langsung terkonek dibagian IDCOM.

Langkah kesepuluh, kemudian tentukan file yang akan diflash kesmartphone anda sesuai namanya seperti gambar berikut.

Menambahkan File Binary Samsung SM-J106B

  • Untuk BL silahkan anda tentukan dengan memilih file BL_J106BDSU0AQK1_CL12554417_QB15796747_REV00_user_low_ship.tar.md5
  • Untuk AP silahkan tentukan dengan file AP_J106BDSU0AQK1_CL12554417_QB15796747_REV00_user_low_ship.tar.md5
  • Untuk CP silahkan tentukan file CP_J106BDXU0AQK1_CL12554417_QB15742216_REV00_user_low_ship.tar.md5
  • Untuk CSC silahkan tentukan file CSC_OLE_J106BOLE0AQK1_CL12554417_QB15796747_REV00_user_low_ship.tar.md5
Langkah kesebelas, sesudah itu anda klik tombol Start dan biarkan Odin melakukan pekerjaannya yakni melakukan flash firmware kesmartphone dan ini memerlukan waktu beberapa menit.

Langkah kedua belas, silahkan saja anda tunggu sampai Odin muncul tanda PASS. Anda sudah berhasil melakukan flash dan smartphone anda akan restart secara otomatis lalu masih memerlukan loading.

Simak juga panduan flashing ini melalui vedeo berikut. Anda bisa lebih paham tentang apa yang perlu dikerjakan.


Sekarang anda bisa kembali menggunakan smartphone dengan normal setelah sebelumnya mengalami masalah. 


Hal yang perlu anda lakukan selanjutnya adalah menghubungkan smartphone dengan data internet dan mulai untuk masuk keakun anda.

Anda bisa juga mulai untuk mengunduh beberapa aplikasi yang diperlukan. Usahakan bahwa memori smartphone anda kecil sehingga gunakan aplikasi yang tidak membuatnya cepat penuh.

Post a Comment