Flash Samsung J1 Mini Prime SM-J106B Terbaru Work

Selamat Datang di Blog Khasbi.com - Hari ini saya akan membahas tutorial flashing firmware Samsung Galaxy J1 Mini Prime (SM-J106B/DS) dengan mudah dan aman menggunakan Odin. Langkah ini tentunya akan menjadi solusi yang dapat membantu kamu memperbaiki masalah bootloop dan error sistem.


Flash Samsung J1 Mini Prime SM-J106B

Berbagai masalah bisa saja terjadi pada perangkat Samsung kamu, dan penyebabnya juga dapat bervariasi. Semua tergantung bagaimana kamu menggunakan smartphone dan apa saja yang kamu lakukan.

Pastinya setiap pengguna ingin selalu menjadikan smartphone mereka tetap awet. Namun, terkadang ada yang terjadi diluar dugaan dan masalah itu hanya disebabkan oleh kesalahan kecil.

Sekarang sudah waktunya kamu bisa mengerti tentang bagaimana harus menjaga smartphone bisa tetap baik dan optimal. Seperti halnya menjaga smartphone untuk tidak mamasang aplikasi yang buruk dan membuat sistem menjadi error.

Hal itu dapat memicu kinerja smartphone menjadi cepat bermasalah dan bahkan bisa crash secara tiba-tiba. Apa lagi memori yang dimiliki smartphone ini sangatlah kecil sehingga pemuatan aplikasi secara bersamaan menjadi kurang mendukung.

Smartphone Samsung Galaxy J1 Mini Prime ini menawarkan spesifikasi yang cukup bagus. Mulai dari tingkat dukungan prosesor Quad core 1,2 GHz dari chipset Spreadtrum serta RAM 1GB. Ia menjalankan sistem operasi Android v6.0.1 Marshmallow yang termasuk OS terbaru.

Meskipun smartphone ini memiliki spek yang dibilang standar, ia juga sudah didukung dengan jaringan seluler 4G LTE. Hal yang membuatnya kurang begitu bisa menampung banyak data ialah karena ia hanya memiliki memori internal sebesar 8GB.

Meskipun ada dukungan memori eksternal kartu microSD yang bisa support hingga 256GB, tetap saja memori internal yang memiliki peran penuh untuk menjembataninnya.

Semua aplikasi akan berjalan dibelakang layar dan belum lagi tambahan cache dari hasil kamu mengoperasikan smartphone. Semakin banyak data yang akan dikomsumsi maka semakin sibuk kinerja memori pada perangkat tersebut.

Oleh sebab itu, terjadinya ngelag atau bahkan bootloop bisa karena hanya memori penuh.

Jika smartphone sudah menandakan masalah bootloop, tindakan terbaik yang bisa dilakukan tentu adalah memperbaikinya. Mungkin saja kamu dapat menemukan solusi lain dan kalau diperlukan maka kamu bisa memilih untuk meresetnya saja. BACA: Cara Reset Samsung Galaxy J1 Mini Prime SM-J106B

Begitu juga saat harus memerlukan perbaikan perangkat lunak. Maka, langkah flashing firmware bisa kamu pilih untuk dilakukan sekarang.

Setelah perangkat kamu menemui masalah bootloop, kemungkinan data-datanya akan sulit untuk diselamatkan. Terkecuali kamu pernah membuat cadangan keperangkat lain seperti komputer.

Sekarang untuk memulai perbaikan dengan cara memflash firmware maka siapkan dulu PC/laptop dan juga bahan berikut:

Firmware Stock ROM Galaxy J1 Mini Prime

Cara Flash Samsung Galaxy J1 Mini Prime (SM-J106B/DS)

(1). Mengenai file firmware yang sudah kamu download tadi silahkan ekstrak semuanya. Disarankan menggunakan WinRAR atau 7-Zip. Dari firmware kamu akan mendapatkan beberapa file Tar.MD5.

(2). Hubungkan kabel USB dengan komputer yang kamu miliki.

(3). Matikan perangkat Galaxy J1 Mini Prime kamu. Pastikan daya baterai tidak kosong, dan charger terlebih dahulu sampai terisi sekitar 50 persen.

(4). Install saja Samsung USB Driver hingga selesai karena ini akan digunakan untuk koneksi antara perangkat dengan Odin. Sehingga perangkat kamu akan terbaca dengan baik.

(5). Lepas baterai perangkat kamu lalu pasang lagi. Sekarang nyalakan perangkat Samsung Galaxy J1 Mini Prime kamu dengan cara menekan bareng tombol Volume Bawah, Home, dan Power  beberapa detik saja sampai muncul layar biru dengan teks Warning.

(6). Selanjutnya tekan tombol Volume Atas sekali saja supaya ia masuk di Odin Mode seperti contoh berikut.

Samsung Odin Mode

(7). Hubungkan smartphone dengan kabel USB kekomputer. Buka aplikasi Odin, seharusnya smartphone sudah terbaca di kolom ID COM.

(8). Kemudian tambahkan file Tar.MD5 dari folder firmware Galaxy J1 Mini Prime kebidang diOdin sesuai dengan namanya seperti contoh berikut.
Menambahkan File Binary Samsung SM-J106B
  • Untuk bidang BL silahkan kamu tentukan dengan memilih file BL_J106BDSU0AQK1_CL12554417_QB15796747_REV00_user_low_ship.tar.md5
  • Untuk AP silahkan tentukan dengan file AP_J106BDSU0AQK1_CL12554417_QB15796747_REV00_user_low_ship.tar.md5
  • Untuk CP silahkan tentukan file CP_J106BDXU0AQK1_CL12554417_QB15742216_REV00_user_low_ship.tar.md5
  • Untuk CSC silahkan tentukan file CSC_OLE_J106BOLE0AQK1_CL12554417_QB15796747_REV00_user_low_ship.tar.md5
(9). Sesudah kamu menambahkan firmware, klik tombol Start. Biarkan Odin melakukan flashing firmware keperangkat. Mungkin ini akan memerlukan waktu beberapa menit.

(10). Silahkan saja kamu tunggu sampai Odin muncul tanda PASS. Ini berarti flashing sudah berhasil, dan smartphone akan restart secara otomatis lalu masih memerlukan loading.

Jika kamu masih kurang dalam memahami langkah yang dijelaskan, simak juga panduan flashing ini melalui vedeo berikut.


Sekarang kamu bisa kembali menggunakan smartphone dengan normal setelah sebelumnya mengalami masalah. 


Hal yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah menghubungkan smartphone dengan internet dan mulai untuk menyiapkan akun.

Kamu bisa juga mulai untuk mengunduh beberapa aplikasi yang diperlukan. Usahakan bahwa memori smartphone ini kecil, sehingga gunakan aplikasi yang tidak membuat memori menjadi cepat penuh.

Load comments

0 Comments