Cara Download Firmware. Readmore

Cara Flash Samsung Galaxy A5 SM-A520F Full File

Tutorial Flashing Firmware Samsung Galaxy A5 model SM-A520F gratis hanya menggunakan Odin. Sudah saya tested untuk mengatasi Bootloop, Lupa Sandi/Pola

Selamat Datang di Blog Khasbi.com - Dipostingan ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara Flashing Firmware di smartphone Samsung Galaxy A5 model SM-A520F dengan gratis hanya menggunakan Odin. Jadi kita tidak perlu mengandalkan alat flashing atau box software berbayar.

Cara Flash Samsung A5 SM-A520F

Meski gratisan, cara ini sudah saya tested untuk mengatasi beberapa problem seperti Softbrick, Bootloop, Lupa Sandi/Pola dan lainnya. Intinya adalah permasalah perangkat lunak (Software).

Daftar Isi Artikel

Anda mungkin akan merasa bingung ketika smartphone Anda sedikit bermasalah entah respon kinerja maupun mendadak tidak bisa loading. Sadari bahwa hal tersebut perlu Anda tindak lanjuti dengan mencari solusi yang tepat.

Anda harus bisa memahami bagaimana memulihkan smartphone Anda dan bagaimana cara mengoptimalkan smartphone terbaru Anda tersebut. Meski terjadi secara tidak sadar dan diluar kendali Anda sendiri, pastikan Anda tahu akan penyebab utamanya. Cara flash Samsung Galaxy A5 dapat menjadi tahap yang mungkin Anda pilih sebagai salah satu solusi.

Apa yang Anda lakukan sebelumnya dan selama Anda menggunakan smartphone tersebut sehingga muncul sebuah masalah. Apakah hanya sering hang atau Anda baru saja memasang dan memainkan aplikasi game berat.

Memang kita sudah ketahui akan performa dari smartphone Samsung ini mendukung kinerja prosesor yang tangguh. Tetapi, Anda juga harus bisa berhati-hati mengenai cara menggunakanya. Tidak terlalu berlebihan aplikasi atau ketika memasang aplikasi Anda harus bisa cek apakah aplikasi tersebut menimbulkan respon yang berbeda dari sebelumnya.

Apakah smartphone Anda jadi tidak responsif atau malah sering hang gara-gara aplikasi yang tidak kompatibel dengan OS. Sepenuhnya, smartphone yang Anda miliki berada pada kontrol Anda sendiri karena Andalah sang pemilik.

Jika terjadi hal-hal yang berbeda karena smartphone berpindah tangan seperti setelah dipinjam teman Anda, selayaknya Anda menanyakan teman Anda. Apa yang ia lakukan dengan smartphone Anda sewaktu ia meminjamnya dari Anda sendiri.

Saat Anda melihat performa smartphone terbaru Anda tersebut mulai lambat, ngelag dan bahkan terjadi sesuatu yang secara pasti tidak Anda pahami, Anda perlu bertindak lebih lanjut. Optimalkan smartphone Anda dengan cara mengembalikan pengaturan sistem atau Anda melakukan hard reset.

Inilah satu tips pertama yang bisa Anda lakukan untuk solusi perbaikan. Jika Anda sendiri tidak memahami bagaimana mereset data pabrik smartphone sendiri kedefault, Anda bisa menyimak tips yang telah kami bahas dipostingan lainya.

Sekarang apa yang perlu dilakukan selanjutnya jika yang terjadi pada smartphone Samsung Anda adalah bootloop?

Memulihkan smartphone ketika menghadapi kondisi stuck dilogo tersebut memang diperlukan tindakan tepat dan efektif. Secara pasti, Anda harus memulai memulihkanya dengan cara flash Samsung Galaxy A5 menggunakan firmware full file.

Langkah tersebut juga bisa disebut melakukan pembaruan sistem atau melakukan update software. Anda bisa menyiapkan beberapa file pendukung dan mulai untuk tahap-tahap melakukan flash. Sementara mengenai cara memflash, Anda bisa mengikuti panduan yang akan kami jelaskan sebagai pemahaman.

Bahan pendukung flashing seperti Odin dan lainya sudah kami sajikan secara lengkap dan Anda tinggal mengunduhnya secara gratis saja. Perlu Anda ketahui bahwa tindakan menginstal firmware dengan Odin untuk solusi pemulihan adalah langkah yang serius.

Ketika Anda memiliki data penting di smartphone Anda dan sekarang smartphone Anda kondisinya bootloop, setelah selesai semua data Anda yang tersimpan sebelumnya bisa saja terhapus. Ini karena tidak ada kesempatan untuk membuat file cadangan karena smartphone Anda sudah dalam posisi stuck dilogo.

Oleh karena itu, Anda hanya bisa memulai cara flash Samsung Galaxy A5 menggunakan firmware sebagai langkah untuk memulihkan smartphone Anda dari masalah tersebut. Sekarang Anda hanya perlu menyiapkan beberapa bahan yang harus diunduh terlebih dahulu.

Download Firmware Stock ROM Samsung Galaxy A520F :

  • Siapkan PC/laptop
  • Siapkan USB kabel
  • Siapkan Data internet stabil
  • Samsung USB Driver | Odin3-v3.12.7
  • Firmware A520FXXSGCTL1
  • Download firmware sesuai versi software smartphone Samsung Anda / memilih versi terbaru saat ini untuk melakukan upgrade.

CATATAN : Sebelumnya saya disclaimer dulu bahwa cara flashing ini bisa berhasil atau tidak bergantung pada masalah smartphone Anda. Kalau masalahnya hardware, kemungkinan memerlukan perbaikan mesin. Entah itu diperlukan pergantian IC / sperpart. Jika Anda belum pernah memflash firmware pada smartphone sendiri, harap teliti dengan baik setiap langkah-langkah yang saya jelaskan.

Tutorial Flash Samsung Galaxy A5 SM-A520F Full File via Odin

1. Pertama Anda harus tahu bahwa smartphone Samsung Anda memiliki daya baterai sekitar 80 persen sebelum memulai langkah ini. Dikarenakan proses ini memerlukan smartphone harus terjaga setelah ia restart / setelah flashing berhasil.

2. Ekstrak semua file mulai dari Odin, Samsung USB Driver, dan Firmware. Dari Stock Firmware Samsung A520F ini Anda akan mendapatkan 4 / 5 file dengan format tar.MD5, diantaranya ialah :

- AP_A520FXXSGCTL1.tar.md5: File System

- BL_A520FXXSGCTL1.tar.md5: Bootloader

- CP_A520FXXSGCTL1.tar.md5: Modem

 - CSC_A520FXXSGCTL1.tar.md5: Country | Operator

 - HOME_CSC_A520FXXSGCTL1.tar.md5: Country | Operator

3. Setelah selesai ekstrak firmware, Install Samsung Driver jika di PC/Laptop Anda belum pernah ter-instal USB Driver ini. Kemudian matikan smartphone Samsung Galaxy Anda terlebih dahulu. Siapkan kabel USB dan hubungkan dengan port PC/laptop Anda. Harap untuk menggunakan kabel USB yang benar-benar kualitasnya bagus agar proses flashing tidak menemukan kendala.

4. Langkah selanjutnya, membuat smartphone Anda berada pada posisi Odin Mode. Ambil Samsung Galaxy A520F Anda, lalu tekan bersamaan tombol Volume Bawah, tombol Home Bawah, dan tombol Power. Perhatikan bahwa ketiga tombol tersebut harus ditekan bareng. Setelah Anda melihat tampilan Warning dilayar, lepaskan semua tombol yang Anda tekan. Setelah itu, tekan tombol Volume Atas satu kali agar smartphone memasuki Mode Download seperti contoh gambar berikut.

Samsung Mode Download

5. Sambungkan smartphone Anda dengan kabel USB tadi. Sekarang buka folder Odin dan jalankan Tools Odin v3.12.7, hingga terbuka seperti contoh berikut. Anda akan melihat bahwa smartphone tengah terdeteksi oleh software Odin.

menambahkan firmware ke bidang odin

6. Langkah berikutnya, Anda mulai untuk menambahkan file sesuai nama kolom dengan klik bidang BL, AP, CP, dan CSC. Arahkan saja pada stock firmware Galaxy A520F yang sudah Anda ekstrak tadi untuk memilih satu persatu file tar.MD5 sesuai dengan nama bidang di Odin. Tunggu beberapa detik karena Odin akan mengidentifikasi file yang ditambahkan. Setelah Anda selesai menambahkan firmware dengan tepat, klik tombol Start di Odin untuk memulai flashing.

7. Anda akan melihat progres flash firmware berlangsung beberapa menit. Perlu Anda ketahui bahwa proses ini tidak harus Anda hentikan. Anda tunggu saja hingga Tools Odin menandakan PASS yang berarti bahwa flashing firmware telah sukses. Smartphone Anda akan reboot dengan sendirinya.

flash firmware samsung done

8. Anda harus menunggu lagi ketika smartphone Galaxy Anda restart atau loading. Biasanya hanya memakan waktu sekitar sepuluh menit. Setelah smartphone berada diposisi layar awal, silahkan pilih bahasa yang Anda ingin gunakan, dan mulai menyelesaikan penyiapan atau pengaturan lainnya.

Agar lebih jelas atau ketika Anda ingin tutorial ini melalui video, silahkan simak dengan teliti.

Sedikit tambahan : Jika saat klik Start tidak ada respon berlangsung, install kembali Samsung USB Driver dan restart PC/laptop Anda. Sesudah itu Anda harus mulai lagi dari langkah pertama diatas mengenai cara flash Samsung Galaxy A520F.

Bagi Anda yang menemui masalah karena tidak bisa verifikasi akun email atau smartphone terkunci FRP-nya. Anda dapat menyimak tips kami selanjutnya.

BACA : Cara Bypass FRP Samsung Galaxy A5 SM-A520F/DS

Demikian postingan ini kami buat untuk membantu Anda agar dapat memahami secara pasti mengenai cara flash Samsung Galaxy A5 model SM-A520F. Semoga postingan yang sudah kami uraikan diatas bisa Anda pahami dengan baik.

Namun jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, kita bisa diskusikan melalui komentar. Bagikan pengalaman Anda saat memflash smartphone Samsung Galaxy Anda.

Post a Comment