Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Flash Asus ZenFone 5 T00F atau T00J

Postingan ini kami akan membahas mengenai tata cara flash Asus ZenFone 5 T00F atau T00J dengan langkah mudah. Kita bisa juga menyebutnya melakukan install ulang karena pada pemahamanya ini adalah cara yang sama dan merupakan solusi yang bisa kita ambil ketika smartphone menghadapi problem.

Cara Flash Asus ZenFone 5 T00F atau T00J

Banyak yang bisa kita selesaikan sendiri mengenai apa yang telah terjadi dengan smartphone kita entah itu mengalami bootloop atau problem serius di mana smartphone hanya bergetar saja. Untuk hal ini kita harus memastikan juga bahwa smartphone masih bisa di akses ke menu recovery mode.

Smartphone Asus ZenFone 5 T00F atau T00J adalah dua varian samrtphone keluaran terbaru Asus yang mana keduanya memiliki spek yang tidak berbeda jauh. Keduanya sama-sama masih mengandalkan jaringan internet di jalur 3G HSDPA dan sama-sama mengusung dual slot SIM GSM-GSM.


Dari segi prosesor keduanya juga di dukung dengan chipset dari Intel Atom serta di padukan dengan RAM sebesar 2 GB juga GPU PowerVR SGX544MP2. Yang membedakan dari spek kedua smartphone ini bisa kita tahu antara kecepatan kinerja prosesor dari Dual-core 1.2 GHz dan Dual-core 2.0 GHz serta kapasitas memori internal. Asus ZenFone 5 T00J memiliki memori internal dengan berbeda ukuran antara 8/16/32 GB sedangkan Asus ZenFone 5 T00F sendiri hanya 8 GB.

Pertama di luncurkan kedua smartphone ini di jalankan dengan sistem operasi Android v4.3 Jelly Bean dan sama-sama mendapatkan peluang update ke OS terbaru yakni Android v5.0.2 Lillipop. Layar dari keduanya juga sama memiliki luas 5 Inci dengan teknologi panel layar IPS LCD dan di lapisi pelindung anti gores sejenis Corning Gorilla Glass 3.

Kamera belakang dan kamera depan terlihat memiliki resolusi yang tidak berbeda yaitu 8 MP dan 2 MP yang lengkap dengan LED flash. Begitupun dari pembekalan baterai yang keduanya memiliki kapasitas daya yang sama yaitu sebesar 2110 mAh.

Sekarang kita sebagai pemilik dari smrtphone dan sekaligus pengguna hanya perlu mencari solusi bagaiman cara menyelesaikan seandainya ada masalah yang timbul. Meski ada dari beberapa sekian masalah yang muncul selagi ini masih bisa kita perbaiki maka kesempatan kita untuk menggunakan smartphone lebih lanjut ada tanda baik.

Seperti yang saya jelaskan bahwa seandainya smartphone kita bootloop, ini tidak harus kita anggap sudah tidak bisa normal lagi. Ada kalanya kita mencoba mencari jalan terbaik mengenai langkah apa yang harus kita lakukan supaya smartphone bisa normal kembali.

Kita juga harus teliti dari awal ada penyebab apa sehingga smartphone bisa mengalami bootloop apakah karena sesuatu yang sudah kita mengerti atau memang tiba-tiba melihat terjadi seperti itu. Selain dari masalah bootloop, adapun masalah lain yang bisa kita sebut softbrick dan mungkin ini kita nanti bisa coba menyelesaikannya juga.

Itupun tergantung atas tingkat masalah yang terjadi dengan smartphone dan yang paling penting kita berusaha terlebih dahulu untuk mengambil cara sebagai penyelesaian ini. Kita juga bisa dengan mudah untuk mereset ulang smartphone dengan mengatur kembali semua pengaturan untuk prosedur awal yang bisa kita coba. Bagi yang belum mencoba langkah sederhana ini maka silahkan simak tips dari kami di postingan sebelumnya yang telah kami ulas.

Kita akan coba menyelesaikan masalah bootloop maupun softbrick ini dengan hanya memulai langkah menginstall ulang firmware jika mereset ulang masih mendapatkan hasil yang sama. Bagi yang belum memiliki file update terbaru maka silahkan download dahulu karena kami juga sudah sediakan linknya dan silahkan pilih file yang sesuai model varian smartphonenya.

Sebagai sarana langkah dalam memulai flashing atau menginstall firmware, kita akan sajikan satu langkah dengan intinya tujuan kami adalah untuk membantu memudahkan pemahaman. Semoga memang bisa sangat membantu kalian semua dalam memulihkan kembali smartphone Asus ZenFone 5 T00F atau T00J.

Pertama untuk metode ini kita memulai langkah dari melakukan flashing firmware dengan masuk recovery terlebih dahulu. Saya rasa untuk kalian yang menginginkan cara ini akan terasa sangat mudah memulainya.

Kumpulkan bahan terlebih dahulu untuk persiapan:Cara Flash Asus ZenFone 5 T00F atau T00J
  1. Charger dahulu baterai smartphone hingga minimal 80 persen.

  2. File hasil dari download yaitu USB Driver dan Tool silahkan untuk di ekstrak kecuali satu yaitu firmwarenya biarkan saja dulu.

  3. Install kedua USB Driver.

  4. Kemudian rubahlah nama file UL-ASUS_T00F-WW-3.24.40.87-user.zip  menjadi user saja supaya lebih gampang.

  5. Setelah nama file kita rubah maka pindahkan file tersebut ke folder adb-fastboot-win hasil ekstrak tadi.

  6. Sekarang kita tetap di posisi smartphone di off maka mulai dengan tekan tombol Volume Atas dan Power lalu tahan kedua tombol sampai smartphone masuk menu Normal Boot.

  7. Ketika pada menu ini kita perlu tekan-tekan Volume Bawah supaya Normal Boot berubah menjadi Recovery Mode dengan teks warna merah lalu tekan Power maka smartphone akan menampilkan robot Android terlentang dengan teks Tidak ada perintah atau No command.


  8. Sekarang kita perlu menekan bareng tombol Volume Bawah dan Power satu detik saja dengan gerak cepat untuk membuat smartphone masuk di menu Android system recovery.

  9. Di menu ini kita scrol ke bawah dengan tekan Volume ke menu Apply update from ADB.

  10. Sesudah itu sambungkan smartphone dengan USB kabel yang telah terhubung ke PC.

  11. Sekarang jalankan tool CMD dengan nama START di folder adb-fastboot-win hingga terbuka.

  12. Setelah terbuka maka kita ketikan perintah pada tool CMD tadi yaitu adb devices lalu Enter untuk mengecek apakah smartphone sudah terdeteksi dengan peringatan daemon satarted successfully.

  13. Selanjutnya kita ketikan perintah lagi pada CMD yaitu adb sideload user.zip kemudian Enter maka progres flashing data akan di mulai dan ini memerlukan waktu antara 20-30 menit.

  14. Sekarang kita hanya tinggal menunggu proses selesai sampai 100% dan setelah itu kita perlu melepaskan sambungan USB kabel dari smartphone.

  15. Hidupkan smartphone jika tidak booting secara otomatis dan harap bersabar saat smartphone mulai boot pertama kali di nyalakan karena bisa cukup lama dalam proses pengoptimalan sistem yang baru di install tadi.

  16. Selesai.
Kesalahan umum: Jika tidak terdapat koneksi dengan baik antara smartphone dengan PC karena tidak terdetek maka coba install kembali USB Driver lalu restart PC dan mulai dari awal. Perlu tahu juga bahwa konektor USB di smartphone pastikan dalam kondisi baik karena ini faktor penting untuk memulai flashing.

Demikian postingan kami yang mengulas tentang cara flash Asus ZenFone 5 T00F atau T00J. Semoga dapat menjadi sarana pemahaman yang juga dapat membantu memulihkan smartphone dari kondisi bootloop.

9 comments for "Cara Flash Asus ZenFone 5 T00F atau T00J"

  1. mau tanya kalo hasilnya
    eror : Protocol Foult ( no status)
    itu knapa ya gan?

    ReplyDelete
  2. Dear...Mashuryan
    Pengarahan filenya yang tidak pas

    ReplyDelete
  3. Irwan Septiawan10 March 2018 at 00:31

    Mau nanya bang. Kalo pas udah 50% lebih suka gagal. Itu kenapa ya?

    ReplyDelete
  4. Irwan Septiawan10 March 2018 at 03:09

    Mau nanya mas. Kalo pas 54% gagal. Trus ada tulisan"Failed to read command:" itu gimana ya?

    ReplyDelete
  5. Dear...Irman Septiawan
    Kalau proses flash selalu berhenti disparuh jalan bisa jadi karena ada masalah dengan IC program gan

    ReplyDelete
  6. Mau nanya bang. .kok hp asus saya gak bisa masuk ke recovery yah ..solusinya gimna nih . Saya udh betulin ke konter nih hp udh abis 6 rtus ribu masih aja gak bisa nyalaa .

    ReplyDelete
  7. Dear...Izall Angara
    Bisa jadi memang sudah fatal dimesin gan

    ReplyDelete
  8. Gan yg saya kena error total xfer 0.00x gimana ya?

    ReplyDelete
  9. Please, phone me bootloop, I want to download the firmware zenfone t00j ... Thanks

    ReplyDelete