Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Flash Asus ZenFone Go X009DA

Dipostingan kami kali ini, rencananya kami akan membahas tentang cara flash Asus ZenFone Go X009DA dengan dua metode. Yaitu dengan flash melalui mode recovery dengan SD carD serta melalui ADB fastboot Tool.

Cara Flash Asus ZenFone Go X009DA
Seperti pada biasanya bahwa keuntungan dan manfaat melakukan flash masih dititik sebagai solusi dalam melakukan perbaikan. Menuju kepada pemulihan sistem pada Asus ZenFone Go X009DA dimana saat smartphone hanya stuck dilogo atau bootloop.

Dilain sisi, jika smartphone sudah di reset ulang namun tetap bertahan pada masalah stuck di logo maka ini memerlukan solusi lain. Hal ini terjadi karena sistem perlu untuk segera diperbaharui dan biasanya hanya disebabkan oleh sesuatu yang sepele.

Namun, jika sobat hanya mendapati masalah seperti lupa pola atau sandi telepon pada Asus ZenFone Go X009DA maka sobat bisa dengan mudah untuk mereset ulang. Mengenai tips tentang  itu sudah dibahas oleh admin cantik dibagian hard reset dan sobat bisa menuju pada panduannya.


Silahkan baca tipsnya dan mengikuti langkanya karena didalam tips tersebut tersedia juga video tutorial yang sudah disediakan. Dengan adanya tutorial video maka sobat akan lebih mudah dalam praktek untuk mulai mereset ulang smartphone sobat yang terpola atau tersandi dan ini karena sobat lupa.


Lanjut ke pembahasan cara flash Asus ZenFone Go X009DA, kami coba berikan dua metode yang bisa sobat pilih untuk panduan. Kami sarankan untuk selalu teliti meskipun adanya tutorial dari kami dan memperhatikan titik masalah yang ada.

Tidak semua masalah stuck dilogo bisa diselesaikan atau dipulihkan dengan normal hanya dengan melakukan flash. Karena saat sudah menuju pada kendala mesin yaitu IC eMMC maka smartphone tidak akan berhasil jika di flash dan mungkin masih tampil logo saja.

Baiklah langsung saja kita bahas secara tuntas mengenai cara flash Asus ZenFone Go X009DA dan sobat silahkan siapkan bahan berikut.
Cara Flash Asus ZenFone Go X009DA via Recovery:
  1. Format microSD yang sudah disiapkan

  2. Simpan file firmware hasil download ke dalam microSD

  3. Pasang microSD ke smartphone

  4. Pastikan daya baterai terisi 80 persen

  5. Matikan smartphone selama beberapa detik

  6. Sekarang tekan tombol Volume Turun dan Power selama beberapa detik sampai layar smartphone manmpilkan robot Android.

  7. Tekan tombol Power lalu Volume Atas untuk membuat smartphone menampilkan menu Android Recovery.


  8. Setelah menu Recovery Mode terlihat dilayar dengan beberapa pilihan, tekan tombol Volume sebagai navigasi dan tombol Power sebagai perintah OK.

  9. Pilih Aply update from SDcard.

  10. Selanjutnya pilih file firmware yang sudah disimpan di microSD tadi

  11. Tunggu beberapa menit ketika update berlangsung hingga menandakan Installation Complete.

  12. Terakhir pilih Reboot system now.

  13. Selesai.
Simak juga: Cara Remove Akun Google Asus ZenFone Go X009DA

Mengenai cara flashing dengan metode kedua, sobat bisa memulai dengan menyiapkan bahan atau file firmware dan kabel USB. Pastinya sobat juga harus menyiapkan komputer/laptop beserta koneksi data internet. Karena bahan yang akan didownload cukup banyak.

Siapkan bahan berikut:
Cara Flash  Asus ZenFone Go X009DA via ADB Fastboot
  1. Siapkan smartphone dengan daya baterai yang cukup

  2. Ekstrak dan Install IntelAndroidDrvSetup beserta ASUS_Android_USB_drivers

  3. Untuk file firmware tidak perlu diekstrak namun beri nama saja yang mudah dengan dirubah sesuai keinginan seperti (X009D-user.zip)

  4. Buka folder adb-fastboot-win dan jalankan tool CMD.exe dengan memilih START

  5. Setelah terbuka, lalu buat smartphone masuk Android Recovery dengan menekan tombol Volume Bawah dan Power.

  6. Setelah muncul robot Android maka langsung saja tekan tombol Power lalu tombol Volume Atas hingga smartphone masuk ke menu Android Recovery seperti pada metode pertama.

  7. Tekan tombol Volume untuk navigasi dan Power untuk memilih.

  8. Pilih Aply update form ADB.

  9. Sambungkan smartphone dengan kabel USB yang sudah dihubungkan ke komputer/laptop.

  10. Pada CMD.exe ketik perintah  adb devices lalu enter hingga terlihat Started Successfully.

  11. Selanjutnya ketikan perintah adb sideload X009D-user.zip, ini adalah nama file yang sudah dirubah tadi hanya karena bertujuan untuk lebih mudah saja saat memanggil file.

  12. Setelah mengetikan perintah diatas lalu enter untuk memulai flash firmware.

  13. Proses akan berlangsung beberapa menit dan tunggu hingga 100%.

  14. Hidupkan smartphone setelah proses flash sukses.

  15. Selesai.
Setelah smartphone baru saja selesai dilakukan flash firmware maupun melakukan update software, biasanya boot pertama saat dihidupkan akan memakan waktu yang cukup lama. Jadi, sobat jangan terburu-buru dan harus menunggu smartphone bisa masuk dimenu pilihanawal yaitu pilihan bahasa.

Jangan lupa juga bahwa smartphone harus tersedia dengan koneksi data internet untuk dapat menyelesaikan beberapa proses. Seperti halnya sobat harus login dengan akun email yang sebelumnya pernah sobat gunakan.

Demikian tutorial dari kami kali ini yang mengulas tentang cara Flash Asus Zenfone Go X009DA dengan dua metode dan semoga bisa bermanfaat.

1 comment for "Cara Flash Asus ZenFone Go X009DA"