Cara Flash Samsung Galaxy J5 (SM-J500G/DS) TESTED

Cara Flash Samsung Galaxy J5 SM-J500G via Odin untuk mengatasi Bootloop, Lupa password atau saat Error Aplikasi telah terhenti.
Cara Flash Samsung Galaxy J5 SM-J500G/DS via Odin untuk mengatasi Bootloop, Lupa password (Pattern Unlock) atau saat Error Aplikasi telah terhenti. Setelah sebelumnya kami memposting artikel mengenai cara hard reset Samsung Galaxy J5, sekarang dipostingan kita terbaru ini akan berbagi tantang cara flash atau pembaruan software dengan langkah mudah.

Semua kendala yang terjadi dengan device, itu bisa diperbaiki dengan cara flash Samsung Galaxy J5 menggunakan firmware resmi. Diantaranya adalah 4 file khusus yang benar-benar terjamin dan sudah ditested.

Samsung Galaxy J5 merupakan smartphone yang resmi diluncurkan oleh vendor Samsung Juni 2015. Smartphone ini menawarkan berbagai fitur-fitur lengkap serta kinerja prosesor Quad-core berkecepatan 1.2 GHz. Chipset yang dibenamkan kedalam smartphone ini ialah Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410.

Cara Flash Samsung Galaxy J5 SM-J500G

Prosesor Quad-core tersebut telah dipadukan dengan RAM 1.5 GB demi memudahkan kinerja multitasking lebih cepat. Kinerja grafis layar telah disokong menggunakan GPU dari Adreno 306.

Luas layar mencapai 5.0 inci dengan mengadopsi teknologi Super AMOLED.Fitur dual SIM dan kelebihan dalam kecepatan internet dijalur 3G HSPA serta 4G LTE.

Sistem operasi menjalankan Android 5.1 Lollipop yang kaya fitur dan kinerja lebih mulus. Kamera utama 13 megapiksel serta kamera keduanya berukuran 5 megapiksel.

Konektivitasnya juga lengkap yakni menyediakan Wifi, Bluetooth, GPS, microUSB, USB On- The-Go, dan NFC. Samsung Galaxy J5 dibekali baterai dari Li-Ion yang memiliki kapasitas sebesar 2600 mAh. 

Smartphone ini mampu menarik simpati berkat spesifikasi dan fitur yang dibawanya sehingga cukup memadati pasar gadget ditanah air.

Simak juga: Cara Hard Reset Samsung Galaxy J5

Seumpamanya smartphone kesayanganmu mengalami softbrick atau bisa dibilang seperti bata, bootloop dilogo Samsung saja, kamu tidak perlu panik mengenai hal ini. 

Jika kamu memiliki komputer atau laptop dirumah dengan persediaan koneksi internet yang baik, Kamu bisa mencoba mengindetifikasi dengan cara flash ulang firmware dan kamu kerjakan sendiri.

Sebagai perlengkapan untuk flashnya, bisa mengumpulkan bahan seperti firmware Samsung J500G, Odin, dan Samsung USB Driver.

Catatan: Perlu diketahui bahwa, jika smartphone sudah mengalami softbrick atau bootloop dilogo, kemungkinan jika kamu menyimpan data penting diperangkat akan terhapus sesudah proses flash. Kecuali kamu memiliki salinan data dan sering melakukan backup data, atau memiliki aplikasi untuk backup data dismartphone, pasti bisa dipulihkan setelah selesai flash firmware.

Download ketiga bahan berikut:
  • Odin
  • Samsung USB Driver
  • Firmware Samsung J5 SM-J500G/DS
  • Pilih firmware sesuai kode negara Anda
  • Siapkan bahan pendukung lainnya Kabel USB
  • Siapkan juga smartphone dengan daya baterai sekitar 80%
Cara Flash Samsung Galaxy J5 SM-J500G/DS via Odin

1. Buat smartphone kamu dalam posisi Odin Mode. Caranya, matikan smartphone, tekan dan tahan tombol Volume Bawah + Home dan tombol Power selama beberapa detik.

2. Setelah muncul tulisan Warning! dilayar, lanjut tekan tombol Volume Atas dan smartphone akan masuk ke Odin Mode seperti gambar berikut sebagai contohnya.

Samsung Odin Mode

3. Ekstrak ketiga bahan hasil download. Install terlebih dahulu Samsung USB Driver.

4. Siapkan kabel USB dan tancapkan ke komputer/laptop. Jalankan aplikasi Odin.

5. Sambungkan smartphone Samsung Galaxy J5 dengan kabel USB tadi hingga terdeteksi ID:COM diaplikasi Odin.

6. Klik BL, AP, CP, CSC lalu cari file firmware hasil dari ekstrak tadi. Tunggu beberapa detik saat Odin mengecek file.

7. Selanjutny,a klik Start dan proses flashing akan berlangsung. Pastikan koneksi smartphone dan USB kabel ke komputer tidak terputus.

8. Jika flash telah selesai smartphone akan reboot dan aplikasi Odin menunjukkan PASS!.

Untuk memahami lebih lanjut tentang semua yang telah dijelaskan, Anda bisa menyimak video berikut. Ini merupakan tambahan yang bisa menjadi dukungan bagi yang kesulitan.

Bagaimana cukup mudahkan cara flash Samsung Galaxy J5 via Odin? Untuk pertama kali mungkin kamu akan merasa rumit dan seolah tidak bisa melakukannya.

Intinya, sekarang Anda sudah mencobanya sendiri melalui panduan yang jelas dan gampang dipahami. Langkah ini bisa kamu ulang kembali jika dilain waktu smartphone mengalami masalah yang sama.

Simak juga: Solusi Bypass Samsung J5 Lupa Email

Sekian postingan kami kali ini tentang cara flash Samsung Galaxy J5. Semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa stay terus diblog kami untuk mendapatkan artikel-artikel tips menarik lainnya.

Jika tutorial ini cukup membantu memperbaiki device kalian, jangan lupa share pada teman-teman lainnya yang memang belum mengetahuinya. Ini agar mereka bisa memenukan tips yang dapat memperbaiki device mereka.

2 comments

  1. Permisi gan mau nanya untuk bahan kan itu katanya 3 trs knpa ditulisanya ada 4, untuk yg ke 3 dan 4 ane kurang paham bisa tolong jelaskan terimakasih.
  2. Dear...Siskae
    4 itu adalah isi firmware dari Samsung J5. Ikuti petunjuk pada video untuk lebih jelasnya gan.