Cara Flash Samsung Galaxy A04e SM-A042F

Tutorial Cara Flash Firmware Samsung Galaxy A04e SM-A042F sebagai cara paling efektif mengatasi Bootloop, Lupa Pola/Sandi. Bisa juga untuk Upgrade OS.

Selamat Datang di Blog Khasbi.com - Tutorial cara flash Samsung Galaxy A04e SM-A042F menjadi tips yang dapat kami bahas hari ini. Setelah sebelumnya kami sempat share mengenai firmware full file, sekarang kami lanjutkan untuk langsung memberikan langkah-langkah tentang cara memflash.

Dari awalnya menerima servisan ganti LCD Samsung A04e, ternyata berlanjut ke pengerjaan yang lainnya. Penyebabnya karena sang pemilik device tersebut malah lupa juga dengan sandi yang dia buat sendiri. 

Alhasil membuat device menjadi terkunci dan tidak bisa masuk menu. Terutama untuk mengetes kualitas LCD yang bakal kami ganti jadi tidak bisa. Sebenarnya masalah Sandi/Pola pada device tersebut sudah berhasil kami selesaikan dengan mereset setelan pabrik atau wipe data.

Tapi device tetap terkunci dan minta verifikasi akun. Ini berarti FRP-nya juga terkunci. Jadi merembet kemana-mana yang membuat pemilik harus mengeluarkan biaya tambahan. Tentunya ini idak menjadi masalah kalau buat kami yang nyervis, karena bisa menambah penghasilan alias cuan terus.

Cara Flash Samsung Galaxy A04e SM-A042F

Melalui postingan ini kami hanya akan memberikan pengalaman kami ketika melakukan flashing Samsung Galaxy A04e menggunakan firmware yang sudah tested. Tapi kami memilih firmware sesuai yang di inginkan pemilik device tersebut mengenai versi software yang akan di instal.

Jadi awalnya kami tawarkan untuk di upgrade software. Tapi tetap saja pengguna tidak mau dan lebih memilih OS Android 12 saja. Padahal Samsung Galaxy A04e ini sudah mendapatkan peluang upgrade ke OS Android 13.

Ini tidak menjadi masalah juga kalau memang pengguna tidak mau devicenya di upgrade. Sebagai tukang servis kita nurut saja apa yang diinginkan pelanggan. Intinya kami sudah menawarkan jasa terbaik kami.

Cara flashing firmware Samsung Galaxy A04e ini juga bisa di jadikan langkah yang paling aman untuk melakukan upgrade atau downgrade software. Upgrade software memiliki beberapa manfaat sebagai berikut.

  • Perbaikan keamanan
  • Peningkatan kinerja
  • Penambahan fitur baru
  • Pembaruan aplikasi
  • Penting untuk keamanan

Sangat penting untuk selalu menjaga smartphone kamu diperbarui dengan versi terbaru dari sistem operasi dan aplikasi. Ini tidak hanya akan memastikan kinerja dan keamanan yang lebih baik tetapi juga memberikan akses ke fitur-fitur terbaru.

Kalau kamu merupakan pemilik smartphone Samsung Galaxy A04e tidak perlu khawatir mengenai cara upgrade atau memflash firmware seperti apa. Karena tidak sesulit yang kamu pikirkan hari ini. Kita bisa memulainya dengan yakin bahwa langkah itu mudah.

Memflash menggunakan Odin adalah cara yang paling efektif. Terutama ini adalah software gratis khusus untuk smartphone Samsung. Jadi kita akan memilih yang gratisan saja yang tidak bakal mengecewakan.

Sekarang apa saja yang bisa di perbaiki dengan cara memflash firmware di Samsung Galaxy A04e? Banyak masalah yang bisa diselesaikan dengan cara flashing. Diantaranya beberapa masalah software sebagai berikut.

  • Bootloop/Stuck On Logo
  • Terkunci Pola/Sandi
  • Bug
  • Sering ngelag/Ngehang
  • Sistem Error
  • Terkena virus
  • Baterai cepat habis

Setelah kamu tahu mengenai apa saja yang bisa di perbaiki, dan device Samsung kamu menemui masalah yang sudah disebutkan diatas, kamu bisa memperbaikinya sendiri. Terutama dengan cara sederhana dan gratis. Kamu bisa membaca tips yang akan kami berikan dihalaman ini.

Ini merupakan prosedur flashing yang biasanya kami gunakan untuk mengatasi masalah software. Juga merupakan langkah yang aman. Jadi kamu tidak perlu lagi jauh-jauh untuk sekedar memperbaiki device Samsung kamu sendiri.

Baiklah kita mulai saja tutorial ini agar kamu bisa cepat memahaminya. Sebelumnya kami sarankan agar kamu bisa download beberapa file yang kami rekomendasikan berikut.

  • Odin
  • Samsung USB Driver
  • Firmware Galaxy A04e Versi terbaru A042FOLE6CWL1
  • Bagi yang ingin melakukan upgrade bisa memilih versi terbaru yang telah dirilis saat ini

Tutorial Cara Flash Samsung Galaxy A04e SM-A042F Menggunakan Odin

1. Sekarang kita bisa mulai dengan mengumpukan semua file yang sudah didownload menjadi satu didalam folder. Jangan dipisah-pisah karena dapat membuat kita bingung mencarinya ketika ingin digunakan.

2. Kita instal Samsung USB Driver terlebih dulu di komputer. Kalau ternyata di komputer kamu sudah pernah instal driver ini, kamu bisa abaikan saja langkahnya.

3. Kemudian bisa kita lanjutkan ekstrak firmwarenya menggunakan bantuan software winrar. Ketika firmware sudah ter-ekstrak, kita akan mendapatkan kombinasi file diantara contohnya sebagai berikut. Ini hanya contoh ya, kemungkinan firmware yang kamu download bisa berbeda. Yang membedakan hanya versi saja. Namun penggunaanya dan cara memflash tetap sama.

  • AP_A042FXXU1AVL5_CL25698490_QB60727870_REV00_user_low_ship_MULTI_CERT_meta_OS12.tar.md5
  • BL_A042FXXU1AVL5_CL25698490_QB60727870_REV00_user_low_ship_MULTI_CERT.tar.md5
  • CP_A042FXXU1AVL5_REV00_CL2512231_QB23481431_SIGNED.tar.md5
  • CSC
  • Home CSC

4. Selanjutnya kita buka software Odin. Caranya bisa klik dua kali dan tunggu hingga aplikasinya terbuka. Kalau ada peringatan yang muncul, pilih saja Ok.

5. Dilangkah ini kita bisa tambahkan firmware Samsung Galaxy A04e ke bidang Odin. Caranya, klik bidang BL, lalu temukan file BL dari firmware yang sebelumnya sudah kita ekstrak. Klik lagi bidang AP, lalu tambahkan file AP. Klik lagi bidang CP, dan tambahkan file CP. Klik lagi bidang CSC lalu tambahkan file CSC atau Home CSC.

menambahkan firmware ke bidang odin

CATATAN: 

  • File CSC dan Home CSC ini ditempatkan di bidang yang sama. Perbedaanya kalau kita hanya memilih file CSC berarti kita ingin memflash dengan tujuan mengembalikan setelan awal. Ini artinya data yang ada pada device akan dihapus.
  • Home CSC bisa kita pilih kalau tujuan kita memflash firmware ingin tetap mempertahankan data atau tidak ingin dihapus. Ini sangat cocok bagi kamu yang ingin melakukan upgrade software.

5. Kalau sudah selesai menamhkan firmware di bidang Odin, kita matikan device Samsung Galaxy A04e. Pastikan untuk memperhatikan daya baterai agar terjaga atau terisi sekitar 50 persen keatas sebelum memflash.

6. Berikutnya kita masuk ke Mode Download. Untuk masuk ke "Download Mode" pada device Samsung Galaxy A04e,kita perlu menekan dan tahan tombol Volume Down, dan tombol Volume Up, secara bersamaan. Caranya, hubungkan dulu kabel USB ke komputer. Kemudian tekan kedua tombol Volume tersebut dan tahan, sambil colok dengan kabel USB. Setelah muncul peringatan (Warning), tekan tombol Volume Up untuk masuk ke Download Mode. Contohnya seperti gambar berikut.

Samsung Mode Download

7. Lihat pada aplikasi Odin. Pastikan device Samsung sudah terbaca di bidang ID:COM.

flash firmware samsung done

8. Mulai Flashing: Setelah itu kta klik tombol "Start" di Odin untuk memulai proses flashing. Tunggu hingga proses selesai. Jangan cabut kabel USB dari device atau mematikan komputer selama proses ini.

9. Jika proses selesai, Samsung Galaxy A04e akan restart dengan firmware yang baru atau diperbarui. Ini mungkin memakan waktu beberapa menit saat loading.

10. Setelah device telah di-flash, kita harus mengatur ulang (Setelan Awal) seperti saat pertama kali kita membelinya. Ini bisa kita mulai dengan memilih bahasa, menghubungkan ke Wi-Fi / Data Seluler, dan mengatur akun google.

11. Done.

Bagi kalian yang ingin tahu tutorial langsung dari video, kamu bisa kunjungi tautan berikut. Ini merupakan video hasil dari waktu kami melakukan flashing.

Kemungkinan dengan video tersebut, dapat memberikan kamu tambahan mengenai pemahaman dari langkah pertama sampai berhasil.

Itu adalah cara umum untuk flashing firmware pada di device Samsung. Terutama pada Samsung Galaxy A04e. Selalu pastikan bahwa kamu memahami risiko yang bisa saja terjadi dan mengikuti petunjuk flashing ini dengan hati-hati.

Seandainya kamu tidak memiliki keyakinan atau ragu memflash sendiri, atau juga merasa tidak nyaman, sebaiknya minta bantuan dari yang sudah ahli mengerjakannya.

Tapi kalau kamu menemui kesulitan dari langkah yang kami berikan diatas atau saat memflash, jangan ragu untuk menanyakannya kepada kami. Kita bisa diskusikan pengalaman dan kesulitan kamu melalui kolom komentar.

Post a Comment