CARA RESTORE iPhone di iTunes | MUDAH

Selamat Datang di Blog Khasbi.com - Pada kesempatan ini kami akan memberikan tutorial cara restore iPhone menggunakan iTunes dengan mudah dan aman. Ini merupakan cara paling efektif dan gratis untuk upgrade iOS di iPhone kamu.


Buat kalian semua yang memiliki smartphone dengan model iPhone atau iPad, kamu bisa simak tips ini untuk memperbaiki device kalian yang menemui masalah software.

Masalah umumnya biasanya device mengalami bootloop di logo Apple, bug, crash, dan lainnya karena terkunci Sandi atau Pin. Terutama ketika kamu ingin mengembalikan setelan awal iPhone atau iPad kamu, dan menghapus data pengguna.

Manfaat dari itu maka device kamu akan bersih seperti halnya smartphone baru. Kalau kamu ingin menjual iPhone atau iPad kamu, ini merupakan cara yang bisa kamu pilih. Sehingga tidak ada data penting yang akan tertinggal.

Cara Restore iPhone

Di Postingan ini kami akan coba uraikan langkah-langkah mudah mengenai cara recovery atau restore iOS iPhone lewat iTunes. Ini juga bisa menjadi cara yang benar-benar aman untuk melakukan upgrade iOS.

Cara yang dilakukan ini sangatlah mudah karena hanya membutuhkan aplikasi iTunes, dan koneksi data internet yang setabil yang kamu miliki di rumah. Jika kamu hari ini ada diantaranya yang sedang menemui masalah dengan iPhone karena softbrick atau seperti hanya tampil logo Apple saja dilayar, maka cobalah untuk di recovery saja.

Ada juga sebagian pengguna iPhone dilayarnya muncul gambar USB dan iTunes, dan hal ini terus tampil dilayar tanpa ada kesempatan untuk bisa memasuki menu. Kebanyakan masalah ini terjadi di sebabkan karena iOS pada iPhone kamu perlu di perbarui atau bisa juga di perbaiki.

Dengan mengandalkan iTunes sebagai Tool Recovery, maka kamu bisa memulihkan device kamu saat menghadapi masalah tersebut. Kamu juga bisa memperbarui iOS saat ada update tersedia untuk model iPhone kamu.

Baca Juga: Cara Flash iOS iPhone via 3uTools | Mudah

Langkah dan panduan ini saya posting karena kebetulan kami mendapatkan servisan iPhone yang hanya stuck dilogo. Sekalian berbagi tips dan siapa tahu di antara kalian juga ingin memperbaiki iPhone sobat yang sedang bermasalah pada software.

Menurut kami akan lebih mudah jika kita memperbaiki masalah iOS di iPhone kita dengan iTunes, dan prosesnya saja yang mungkin cukup lama. Lamanya tersebut hanya menunggu proses download iOS langsung dari server Apple.

Jika sobat memiliki jaringan Wi-Fi di rumah, mungkin akan lebih cepat saat proses download file iOS-nya. Sayangnya disini kami hanya mengandalkan modem dengan jaringan standar, sehingga proses download file membutuhkan waktu hingga empat jam atau lebih.

Pastikan kalian sudah paham mengenai apa saja yang akan dibutuhkan untuk memulai Recovery atau Restore iOS di device iPhone atau iPad. Berikut bahan yang kami sediakan yang bisa kamu download. Yaitu iTunes versi terbaru, dan silakan pilih versi sesuai sistem operasi komputer kamu.

Bahan Persiapan:
  • PC/Laptop
  • Siapkan USB kabel yang bagus
  • Siapkan data internet
  • Download iTunes
  • Download iOS iPhone
Cara Restore atau Recovery iOS iPhone, iPad via iTunes

1. Setelah iTunes terdownload maka langsung di install saja di komputer kalian. Saat sudah installasi iTunes selesai, kamu bisa restart dulu komputer dan tunggu hingga menyala lagi.

2. Matikan dulu iPhone atau iPad kamu, dan sambungkan dengan USB kabel yang sudah tersambung di komputer. Perhatikan kondisi daya baterai device kamu, usahakan memiliki daya yang cukup. Setidaknya memiliki sekitar 50 persen lebih.

3. Buat iPhone atau iPad kamu pada 'DFU Mode' dengan cara tekan tombol 'Home' dan 'Power' lalu tahan beberapa detik hingga logo Apple terlihat dilayar. Tetap tekan tombol dan  saat iPhone berkedip hitam, lepaskan tombol 'Power', dan tombol 'Home' tetap ditahan sampai menampilkan gambar iTunes dan kabel USB di layar. Mungkin setiap model iPhone akan berbeda cara DFU Mode. Kamu bisa pilih beberapa tips yang kami berikan dari tautan berikut:
4. Setelah device kamu dalam Mode DFU, secara otomatis iTunes akan terbuka dan mendeteksi iPhone atau iPad yang sudah terhubung ke komputer.

5. Pastikan koneksi data internet di komputer kamu sudah aktif jika ingin mulai Recovery iPhone atau iPad kamu.

6. Pilih 'Pulihkan (Restore)' iPhone untuk memulai recovery atau pilih 'Perbarui (Upgrade) untuk memperbarui versi iOS.

7. Selanjutnya iTunes akan langsung terhubung ke server Apple untuk mengecek firmware iOS yang tersedia saat ini. Jika sudah terhubung ke server, akan terlihat versi iOS yang tersedia, dan detail beberapa perbaikan bug dan tingkat pengoptimalan di iOS terbaru.

8. Pilih Berikutnya untuk melanjutkan. Pada tampilan lainnya ialah akan muncul perjanjian penggunaan iOS iPhone terbaru dan syarat ketentuan yang harus kamu setujui. Kamu bisa membaca semuanya.

9. Jika sudah pilih saja 'Setuju' untuk melanjutkan. iTunes akan mengunduh file iOS dan ini tergantung dari kecepatan data internet yang di gunakan, dan tergantung size file iOS yang di unduh. Kamu bisa santai dan menunggu proses download. Jangan biarkan komputer kamu mati, juga tidak terputus koneksi internet-nya. Selain itu, usahakan agar device kamu tetap pada DFU Mode. Kalau dia restart, kamu bisa membuatnya dalam DFU Mode lagi.

10. Setelah iTunes selesai mengunduh iOS, maka proses Flashing akan berlangsung secara otomatis. Kamu tinggal menunggu proses ini selesai, dan device iPhone atau iPad kamu akan Reboot dengan sendirinya.

11. Done.

Itulah tutorial dari kami untuk kalian semuanya mengenai cara Recovery atau Restore iPhone, iPad via iTunes. Pastikan kamu menyimak dengan teliti mengenai semua langkah yang kami jelaskan diatas. Namun jika kamu ingin tutorial dengan video, kamu bisa tonton video berikut.


Kalau kamu ada pertanyaan terkait hal ini, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah. Kita bisa diskusikan pengalaman kamu saat proses Restore iOS.

KESIMPULAN

Kesimpulan yang bisa kami berikan saat Restore atau Recovery iOS secara online biasanya kendala di jaringan yang suka terputus saat proses download. Untuk mengatasi hal ini, usahakan agar jaringan internet komputer kamu tetap setabil. Kalau seandainya download pertama gagal, kamu bisa ulangi lagi sampai benar-benar berhasil.

Disamping itu, gunakan juga USB kabel yang bagus agar proses Flashing atau Restore dapat berjalan dengan baik tanpa ada kendala. Dengan begitu kamu bisa berhasil memperbarui iOS, memperbaiki device iPhone atau iPad kamu.