Cara Flash Samsung Galaxy A02s SM-A025F - KHASBI.COM
hW756E5hj9GtrltoJZzOm35wAsx5uoTDUi0x87e4

Cara Flash Samsung Galaxy A02s SM-A025F

Hai guys, kali ini kami akan memberikan tutorial mengenai cara flash Samsung Galaxy A02s menggunakan Odin sebagai solusi bootloop, atau update software. Tentunya tutorial ini akan kami lengkapi gambar dan video. Sebelum kita melakukan flashing, pastikan kita menyiapkan device dengan daya baterai yang cukup, kemudian kita posisikan HPnya dalam kondisi dimatikan.

Ada juga firmware yang perlu kita miliki. Untuk ini kamu bisa download langsung dari tautan yang bakal kami rekomendasikan. Pada tutorial ini ceritanya kami coba flash menggunakan firmware dengan OS Android 10 yang benar-benar sudah diuji dan berhasil tanpa adanya kendala.

Buat kamu yang ingin memflash menggunakan versi terbarunya yang telah dirilis, kamu bisa mengambil firmware dengan urutan paling atas. Kenapa kami memilih OS Android 10 ketimbang OS Android 11, atau bahkan OS Android 12?

Cara Flash Samsung Galaxy A02s SM-A025F

Sebenarnya kami sudah menawarkan kepada sang pemilik smartphone tersebut agar diperbarui saja dari OS Android 10 ke OS Android 12. Tapi karena pengguna sudah terbiasa dengan OS lamanya tersebut, sehingga ia sendiri kurang tertarik.

Oleh sebab itu, kami putuskan untuk mengalah saja meski kami sudah menjelaskan alasan baiknya. Jadi, kami mengikuti saja apa yang diinginkan pelanggan tersebut.

Simak: Cara Reset Samsung A02, A02s Ke Setelan Pabrik

Flashing adalah metode yang paling mudah untuk memperbaiki device ketika ada masalah yang diakibatkan oleh software. Bisa dikatakan bahwa sistem pada device Samsung kamu sudah kurang efektif, sehingga memerlukan pembaruan.

Hal itu bisa kita lihat saat device sering ngelag, ditemukan masalah bug, bootloop, sistem kurang kompatibel pada aplikasi pihak ketiga, dan lainnya. Melakukan upgrade software sangat penting untuk dilakukan setiap pengguna selama device tersebut masih mendapatkan dukungan.

Karena ini menyangkut kinerja sistem dan stabilitas yang akan memberikan dampak positif pada device itu sendiri. Tapi ada dimana seseorang kurang menyukai pembaruan software. Terkadang ia sudah paham dengan OS yang biasa dia gunakan, dan mungkin terlanjur nyaman.

Kebetulan kali ini kami ada servisan HP Samsung A02s kasus awalnya sebenarnya sering ngelag, bisa dikatakan ngelagnya cukup berat. Dengan itu, pengguna minta agar device tersebut diinstal ulang saja menurutnya.

Baiklah, sekarang kita akan mulai saja tentang bagimana cara flash Samsung Galaxy A02s. Perlu kamu ketahui bahwa ini adalah langkah full flash. Sehingga data sebelumnya yang ada pada device akan dihapus, dan juga akan diperbarui.

Kami ingatkan untuk kamu yang pada hari ini ingin memflash, agar kamu bisa melakukan back up untuk menjaga agar data kamu tidak ada yang terhapus.

Tapi kalau sekarang kondisi device Samsung kamu sudah terlanjur bootlop, kamu bisa langsung flashing firmware saja sesuai dengan tutorial yang akan kami jelaskan pada postingan ini. Kita akan menggunakan Odin untuk memflash, untuk itu teliti dengan baik agar kamu bisa berhasil.

Cara Flash Samsung Galaxy A02s SM-A025F

1. Silahkan download file-file berikut untuk persiapan.

  • Odin
  • Samsung USB Driver
  • Stock Firmware Galaxy A02s SM-A025F/DS
  • Untuk upgrade OS, silahkan pilih firmware versi terbaru

2.  Kalau firmware sudah terdownload semua, Install Samsung USB Driver sampai finish.

3.  Sekarang kamu ekstrak Odin. Kemudian ekstrak juga untuk firmwarenya, nanti kamu akan mendapatkan beberapa file dengan nama file yang berbeda-beda.

4.  Buka folder Odin terlebih dahulu. Selanjutnya kamu buat device masuk ke Odin Mode atau dalam mode downloading. Caranya, ambil hp Samsung Galaxy A02s yang sudah dimatikan. Kamu tekan pada tombol Volume bawah dan tombol Volume atas. Kamu tekan dan tahan kedua tombol Volume tersebut sambil colok dengan USB kabel, maka HP akan langsung masuk ke teks Warning di bagian bawah. Kemudian kamu tekan sekali tombol Volume atas. Nah di sini HPnya akan langsung dalam mode Odin, contohnya seperti gambar berikut.

samsung a02s odin mode

5. Selanjutnya kita akan langsung menyiapkan filenya yang akan kita instal. Kita buat stand by dulu HPnya. Kamu buka aplikasi Odin yang akan digunakan untuk flashing firmware. Kalau muncul pesan peringatan saat dibuka, pilih Oke saja. Pada Odin kita akan melihat device kita sudah dikenali dibagian ID:COM. 

menambahkan file binary 4 samsung a02s

6. Sekarang kamu bisa mulai untuk menambahkan file-file yang akan di install ke device. Kamu klik pada bidang BL, temukan atau cari file BL di dalam folder firmware Samsung Galaxy A02s tadi, dimana tadi kamu ekstrak filenya. Pilih file BL sesuai dengan nama kolomnya atau bidangnya. Klik kolom AP, lanjutkan untuk menambahkan file ap. Perlu diketahui ketika menambahkan file ini, Odin akan loading cukup lama. Jadi kamu harus sabar menunggu sampai file ini ditambahkan ke bidang bagian AP. Kamu lanjutkan untuk ke bidang CP, tambahkan filenya sesuai dengan namanya. Klik CSC dan tambahkan file CSC. Yang kita pilih adalah file CSC ya.

flash samsung a02s

7. Kalau firmware sudah ditambahkan semua ke bidang yang kami maksudkan, Klik tombol Start untuk memulai flashing. Kamu akan melihat pada layar HPnya proses flashing firmware. 

8. Sekarang tinggal menunggu sampai flashing ini selesai. Mungkin memerlukan waktu beberapa menit. Jadi kamu harus bersabar sambil kamu perhatikan proses flashing tersebut berlangsung. Jangan lupa untuk koneksi USB kabel dari HP ke komputer jangan sampai terputus. Jadi kalau kalian sebelumnya menginstal Samsung driver dengan benar, pastinya HP akan tersambung dengan baik.

9. Kalau kamu melihat Odin sudah mengatakan PASS, ini berarti flashing sudah berhasil. Device akan restart secara otomatis, sekarang kita masih menunggu proses restart. Ini akan loading lagi dan mungkin membutuhkan waktu beberapa menit untuk loadingnya. Sekarang kita akan langsung melakukan konfigurasi ketika muncul pilihan bahasa atau wilayah. 

Lakukan setelan awal, kita pilih tombol panah kemudian kita pilih lokasi atau berbagai macam persyaratan kita pilih semua. Kalau memang diharuskan ada koneksi internet, kamu bisa menyambungkan device ke internet. Biasanya tidak perlu waktu lama untuk konfigurasinya. Setelah itu device siap untuk digunakan. 

Kalau kamu menginginkan tutorial dalam bentuk video, kamu bisa juga menyimak tips kami secara langsung.

Mungkin itulah tips dari kami mengenai cara flash Samsung Galaxy A02s. Mudah-mudahan tutorial ini bisa membantu kalian semua dalam memahami tentang cara flashing firmware, dan melakukan perbaikan.

Related Posts

Post a Comment