Cara Flash Oppo A31 CPH205 via SP Flash Tool

Hallo sob, kesempatan kali ini kami akan share mengenai tutorial cara flashing firmware Oppo A31 dengan model CPH2015 menggunakan SP Flash Tool. Bagi kamu yang menemui masalah pada device karena sistem atau software seperti bootloop atau stuck logo, error, mati total, bisa diperbaiki dengan memflash mengandalkan SP Flash Tool gratisan ini.

Cara Flash Oppo A31 CPH205 via SP Flash Tool

Melalui artikel ini kami akan menjelaskan langkah demi langkah yang diperlukan agar flashing Oppo A31 bisa berhasil. Nah pengguna smartphone Oppo A31 lupa pola lupa password kunci layar, kami sarankan agar kamu mencoba tips kami yang juga sudah dibahas sebelumnya.

Mengembalikan setelan pabrik sangat minim resiko, sehingga kamu bisa melakukannya dengan aman. Kalau kamu lebih memilih tutorial ini, sangat disarankan agar kamu bisa teliti ketika ingin memflash device.

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbarui sotware pada device Android Oppo kamu sendiri. Pertama kamu bisa menggunakan file OTA, file ini bisa kamu instal langsung melalui menu ColorOS Recovery.

Pengerjaanya lebih mudah dilakukan karena tidak membutuhkan file yang banyak. Cara flash yang kedua sebagai metode lain adalah menggunakan dukungan FlashTool dan Komputer dengan sistem operasi Windows.

Ada FlashTool yang gratis, dan versi berbayar yang bisa kamu gunakan. Tapi ditutorial ini kita akan menggunakan versi yang gratisan saja agar tidak banyak mengeluarkan biaya.

Sebelumnya sudah pernah kami share mengenai flash Oppo A31 file OTA, dan firmware Oppo A31 OFP, serta Scatter file. Kamu juga bisa memilih file OFP, lalu kamu ubah menjadi file Scatter. Seandainya kamu menginginkan firmware yang sudah tested, kami akan rekomendasikan yang telah kami gunakan.

Tetapi jika kamu memilih file yang masih murni dalam format OFP, kamu bisa langsung mendownloadnya. Didalam firmware tersebut juga sudah tersedia MSMDownloadTool. Ini merupakan FlashTool bawaan, dan untuk menggunakannya memerlukan akses username dan password.

Sekarang kita coba menggunakan yang gratisan saja. Siapa tahu kamu juga bisa sukses memflash firmware walau peralatan seadanya. Jangan salah bahwa SP Flash Tool ini banyak sekali manfaatnya.

Terutama untuk flashing smartphone dengan chipset MediaTek. Terlebih kita tahu bahwa Oppo A31 ini memang dilengkapi dengan CPU Octa Core dari MediaTek.

Beruntungnya, tidak akan membuat kita kesulitan ketika ingin memperbaiki masalah yang muncul pada device. Hal yang paling umum adalah masalah bootloop, atau error pada sistem karena sudah kurang efektif.

Flashing ini hanya bertujuan untuk menulis ulang data pada device, bukan untuk update OS Android. Karena Oppo A31 ini batasannya hanya sampai di OS Android 9.0, dan ia tidak mendapatkan peluang untuk upgrade ke OS terbaru yang sekarang ini telah dirilis.

Mari kita mulai cara flash Oppo A31 menggunakan SP Flash Tool. Sekarang kamu harus siapkan empat file. Berikut uraian beberapa file yang diperlukan untuk flashing.

Tutorial Cara Flash Oppo A31 CPH205 via SP Flash Tool

CATATAN: Kami harap kamu bisa teliti mengenai setiap langkah yang kami jelaskan. Ini agar kamu bisa berhasil.

1. Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah daya baterai device Oppo kamu. Sebelum memflash, charger dulu agar daya baterai terisi cukup atau minimal 80 persen. Ini dapat menjaga device tetap baik saat nantinya proses flashing berlangsung, dan sesudahnya ketika device loading.

2. Setelah kamu download file firmware yang kami rekomendasikan, kamu ekstrak satu persatu dengan cara klik kanan, lalu pilih ekstrak file. Kamu tidak perlu password untuk membuka file.

3. Jika semua file sudah kamu ekstrak yang berarti menghasilkan folder, install saja MTK Driver. Caranya, kamu klik kanan lalu pilih Run as administrator lalu klik Next saja hingga selesai. 

4. Buka folder SP Flash Tool, lalu jalankan flashtool exe yang formatnya aplikasi.

5. Klik tombol choose pada bagian Download-Agen, arahkan ke dalam folder SP Flash Tool lalu pilih file yang namanya No_Auth.bin. Klik Open untuk menambahkannya.

Menambahkan firmware oppo a31

6. Selanjutnya pada Scatter_loading Files, kita klik tombol Choose lagi lalu kita arahkan ke firmware CPH2015_MT6765_EX_11_A.49 hasil ekstrak tadi. Ada dua file txt yang bisa dilihat. Temukan file dalam format teks dokumen yaitu MT6765 Android scatter, kita klik Open agar file ditambahkan ke SP Flash Tool.

7. Selanjutnya kita hilangkan centang pada bagian preloader pada SP Flash Tool. Ini untuk berjaga-jaga agar IMEI tidak hilang setelah flashing. Bisa juga untuk menghindari kesalahan ketika firmware yang digunakan tidak cocok, dan menyebabkan hp mati suri. Tapi kalau memang kondisi device kamu terlanjur mati total, Preloader boleh kamu centang.

8. Buka folder MTK bypass rev4. Kamu jalankan aplikasinya, dan tunggu sampai terbuka di Komputer. Sekarang kamu ambil device Oppo A31 yang sudah dimatikan. Klik tombol Bypass, lalu tekan dan tahan tombol Volume Atas dan Volume Bawah pada Oppo A31 sambil kita colok dengan kabel USB ke Komputer. Tunggu sampai aplikasi MTK bypass rev4 mengatakan PROTECTION DISABLED.

Bypass Auth Oppo A31

9. Kalu misalkan sudah berhasil, sekarang kita fokus lagi ke SP Flash Tool. Kita Klik tombol Option pada bagian atas, lalu kebagian Connection. Pada bagian UART > COM Port, muncul enggak COM nya. Misalkan kami contohkan di COM3 atau COM6, samakan seperti yang terbaca pada MTK bypass rev4. Jika tidak muncul karena drivernya adalah USB serial device, misalkan terdeteksinya di Device Manager adalah MediaTek atau preloader, kita klik pilih di bagian USB saja lalu kita Close Optionnya.

Setting port usb a31

10. Jika sudah selesai mengatur COM Port atau USB device Oppo kamu terbaca. Klik tombol Download pada SP Flash Tool. Proses flash firmware Oppo A31 akan segera berlangsung, muncul bar berwarna merah lalu kuning yang bisa kamu lihat. Tunggu sampai proses flashing selesai, biasanya tidak terlalu lama mungkin sekitar 15 menitan saja. 

Flash Oppo A31 Berhasil

11. Proses flash Oppo A31 itu berhasil atau sukses bisa dilihat seperti gambar diatas. Kalau tanpa masalah akan muncul Download Oke. Selanjutnya, lepas kabel USB dari device, tekan tombol Power beberapa detik untuk menyalakannya.

Dengan demikian kamu sudah berhasil. Saatnya menunggu device Oppo kamu loading. Setelah pada tampilan awal, kita tinggal mengatur Negara atau lokasi, Bahasa yang ingin kamu gunakan sesuaikan saja kebutuhan.

Kesimpulan

Flashing firmware Oppo A31 menggunakan SP Flash Tool gratisan sebenarnya sangatlah mudah. Kalau memang firmwarenya cocok, mungkin hanya beberapa menit saja untuk mengerjakannya. Tapi terkadang ada muncul pesan error saat ingin memflash.

Kemungkinan firmware memang tidak cocok. Kalau memang ini kendalanya, kamu bisa memilih file lainnya seperti file OFP dan mengubahnya ke file Scatter. Bisa juga device tidak mau diflash dengan SP Flash Tool. Jika ini alasannya, sebagai pilihan, kamu bisa menggunakan FlashTool berbayar. Seperti halnya UnlockTool, UFI Box Software, dan lainnya.