Cara Downgrade Asus Zenfone 2 Laser (Z00L) ke Android Lollipop

Pada kesempatan ini saya akan memberikan tutorial tentang cara downgrade Asus Zenfone 2 laser dari Android Marshmallow ke Android Lollipop. Dimana ketika Anda merasa lebih nyaman dengan OS yang lama maka tidak menjadi hal yang sulit untuk segera beralih.


Meskipun Anda sendiri sudah melakukan pembaruan dengan melakukan flash manual atau dengan OTA update maka tidaklah menjadi kepastian kalau Anda tidak ingin bertahan. Biasanya ketika ada rilis firmware terbaru meliputi notifikasi yang didapat pastinya Anda ingin segera mengunduhnya dan mulai menginstallnya.

Terkadang ada dari sebagian orang setelah melakukan update malah merasa ada yang kurang dan berbeda. Mungkin karena belum terbiasa dengan OS terbaru atau memang ada masalah yang didapat setelah mengoperasikannya.

Entah aplikasi dan antar muka yang menurutnya kurang menawan atau karena hal lainnya.

Menurut informasi yang saya dapat, operating system Android Marshmallow memiliki banyak fitur yang mempunyai banyak kelebihan. Dari antar muka dan kinerja yang ditawarkannya ternyata lebih optimal dibandingkan operating system sebelum-sebelumnya.

Namun, kendali juga ada pada pengguna smartphone itu sendiri apakah ia merasa lebih baik dengan OS terbaru atau yang lama. Memang tidak perlu dipaksakan jika Anda sendiri belum merasa minat untuk melakukan update.

Jika dirasa menurut Anda ada yang merasa berbeda atau bug yang didapat maka jangan berlarut. Anda bisa saja segera mengubah itu sehingga rasa nyaman Anda menggunakan smartphone sendiri lebih terjamin.

Mengenai kelebihan dari OS Android Lollipop memang banyak yang simpang siur. Ada yang bilang bahwa OS tersebut lebih boros kepemakaian baterai dan kadang memulai loading terlebih dahulu setelah dimatikan.

Namun, kelebihan yang nyata pada operating system tersebut bisa dirasakan dari fleksibilitasnya. Mulai dari antarmuka dan tampilan grafis lebih indah dibandingkan dengan OS Android sebelumnya.

Selain itu, Android Lollipop juga memiliki fitur recents aplikasi yang sangat informatif serta mekanisme unlock dengan berbagai perangkat keras lainnya.

Jika sekarang Anda ingin segera melakukan downgrade smartphone Anda maka tutorial ini akan memberikan Anda panduan. Ada baiknya Anda melakukan backup data Anda terlebih dahulu sebelum memulainya.

Sebelum kepada tahapan, pastikan Anda sudah memiliki beberapa file sebagai dukungan.

Berikut adalah bahan-bahan yang harus Anda siapkan:
Mengenai Cara Downgrade Asus Zenfone 2 Laser Z00l adalah sebagai berikut maka simak dengan teliti

Tahap pertama, usahakan bahwa daya baterai terisi penuh dan tidak boleh kosong karena untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan

Tahap kedua, file yang sudah Anda unduh maka ekstrak dengan winrar terkecuali firmware dan stockboot.img

Tahap ketiga, install saja ADB setup tinggal ketik Y dan enter saja

Tahap keempat, hubungkan saja USB kabel dengan PC/laptop Anda

Tahap kelima, silahkan Anda pindahkan file UL-Z00L-WW-1.16.40.763-user.zip kedalam memori microSD tapi jangan Anda taruh didalam folder

Tahap keenam, sesudah Anda memindahkan file maka pasang memori microSD tersebut pada smartphone.

Tahap ketujuh, matikan dulu smartphone Anda atau bisa melepas baterai kemudian pasang kembali

Tahap kedelapan, sekarang buat smartphone masuk ke Fastboot Mode dengan cara menekan Volume Atas dan Power lalu tahan beberapa detik

Tahap kesembilan, hubungkan smartphone dengan USB kabel tadi

Tahap kesepuluh, silahkan klik file START.cmd yang berada pada adb fastboot win dan setelah terbuka maka ketikan saja fastboot devices sehingga smartphone akan terdeteksi serial numbernya.

Tahap kesebelas, selanjutnya ketikan lagi fastboot flash recovery StockBoot.img dan kalau berhasil akan muncul tanda success.

Tahap kedua belas, lepas sambungan USB kabel dari smartphone dan pastikan tidak dinyalakan

Tahap ketiga belas, buat smartphone masuk ke Android recovery dengan cara menekan Volume Bawah dan Power lalu tahan beberapa detik

Tahap keempat belas, silahkan Anda navigasi dengan Volume Bawah ke pilihan Apply update from SDcarD lalu tekan Power

Tahap kelima belas, kemudian Anda pilih firmware yang ada pada memori microSD tadi yakni UL-Z00L-WW-1.16.40.763-user.zip lalu konfirmasi tekan Power

Tahap keenam belas, Anda tunggu saja hingga proses update menunjukkan komplit dan selanjutnya Anda pilih Reboot system now

Anda sudah berhasil melakukan beberapa tahapan diatas dan biarkan saja smartphone Anda loading. Mungkin hal tersebut memerlukan waktu beberapa menit karena baru saja dilakukan install.

Demikianlah mengenai tutorial downgrade Asus Zenfone 2 Laser yang dapat saya uraikan untuk Anda dan semoga bisa bermanfaat untuk semuanya.

Kalau Anda memiliki pertanyaan atau rekomendasi tambahan mengenai tahapan diatas maka jangan ragu dalam memberikan tanggapan.

Load comments

0 Comments