Cara Flash Oppo F1S A1601 Tanpa PC

Cara Flashing firmware Oppo F1S A1601 via microSD tanpa menggunakan PC dapat menjadi solusi pada device ketika menemui masalah bootloop. Melanjutkan pembahasan terbaru dari solusi perbaikan pada smartphone Oppo. Karena sebelumnya sudah kami uraikan secara rinci tentang cara mereset data pabrik via menu recovery.


Tahap flashing pada smartphone ini akan kami jadikan tips untuk sarana dalam melakukan perbaikan software seperti halnya saat device stuck dilogo, atau orang menyebutnya Bootloop.

Mendapati smartphone berkendala membuat kita sebagai pengguna sangat tidak tenang jika keadaan smartphone seperti bata. Tidak bisa difungsikan sebagai alat komunikasi dan hanya menampakkan logo saja dilayar tanpa bisa memasuki menu.
 
Cara Flash Oppo F1S A1601 via MicroSD Tanpa PC

Kemungkinan juga sobat disini sedang mengahadapi kondisi yang seperti tidak menampikan menu alias bootloop, ini adalah sebuah kendala yang memungkinkan kita untuk segera memperbaikinya. Kadang, ketika smartphone mengalami bootloop akan tidak mungkin hard reset bisa memulihkannya. Akan tetapi itu bisa saja dicoba untuk melihat hasilnya.

Simak: Cara Hard Reset Oppo F1s Setelan Pabrik

Smartphone bootloop merupakan salah satu kendala yang dimana kerusakan itu bisa dari software. Penyebabnya bisa dikarenakan salah aplikasi atau gagal rooting sehingga aplikasi yang digunakan untuk root tidak kompatibel dengan sistem diperangkat. Sebenarnya ini sangat didisarankan untuk setiap smartphone Android maupun iPhone. 

Adapun bagi yang awam atau hanya mengetahui cara memakai smartphone akan tidak mengetahu apa penyebab masalah yang terjadi pada smartphone mereka. Yang dialami pengguna itu ialah pertama hanya mengakses internet atau main game dan tiba-tiba smartphone mati mendadak.

Saat coba dicharger ada tampilan mengisi baterai dan ketika dihidupkan smartphone sudah mentok dilogo Oppo saja. Hal seperti ini sering kami temui dari pelanggan kami yang pada dasarnya mereka mengatakan hal yang sama yaitu cuma menggunakan smartphone buat browsing atau main game lalu tiba-tiba smartphone mati.

Sebagai solusi dari kami jika sobat mendapati kendala pada smartphone Oppo F1S bisa mencoba melakukan flashing atau upgrade firmware menggunakan dukungan microSD. 

Dengan langkah ini, sobat hanya perlu menyipakan memori microSD sebagai tempat penyimpanan file OTA. Mengenai bahan file firmware akan kami sediakan linknya. Beberapa kemungkinan sobat harus bisa memahami cara masuk menu recovery untuk melakukan perintah flashing. 

Kalau dimenu recovery tampilan perintahnya seperti update from SD. Selain itu sobat juga bisa melakukan wipe data terlebih dahulu jika menginginkan data aplikasi yang diinstal dihapus. Adapun langkahnya atau tips untuk bisa membuat smartphone Oppo F1S masuk dimenu recovery. 

Sekarang kami akan langsung menguraikan langkahnya secara bertahap. Pastikan sobat ikuti secara teliti langkah yang kami jelaskan. Ini agar sobat mendaptkan hasil flashing secara sukses dan smartphone bisa diperbaiki.

Siapkan bahan berikut:

Cara Flashing Oppo F1S via microSD Tanpa PC

1. Setelah file sudah didownload tidak perlu diekstrak.

2. Sobat hanya perlu menyiapkan microSD dan diformat terlebih dahulu.

3. Setelah itu, file hasil download silahkan dipindahkan kedalam memori microSD tersebut.

4. Usahakan daya baterai terisi 80 persen supaya mencukupi untuk memproses flashing.

5. Pasang memori microSD ke smartphone, dan matikan dahulu smartphone tersebut.

6. Sekarang buat smartphone masuk kemenu ColorOS Recovery dengan cara, menekan tombol Volume Bawah dan tombol Power secara bersama untuk beberapa detik saja.

7. Disaat logo Oppo muncul dilayar dan dipojok bawah menandakan Recovery Mode lepaskan kedua tombool.

8. Setelah itu, secara otomatis akan menampilkan menu pilihan bahasa. Gunakan tombol Volume sebagai navigasi dan Power untuk memilih. Ini hanya digunakan saat Touchscreen tidak berfungsi. Sobat juga bisa langsung menyentuh untuk memilih opsi yang ada.

9. Sobat pilih bahasa English sebagai langkah untuk melanjutkan kemenu ColorOS Recovery.

10. Pilih Install form Storage Device dan pilih install from microSD.

11. Setelah itu pilih file yang sobat simpan tadi di memori. Konfirmasi OK untuk memulai flashing firmware.

12. Tunggu beberapa menit dan biarkan proses update berlangsung. Jika sudah menandakan Update Success, lalu konfirmasi OK untuk kembali kemenu Recovery.

13. Pilih Reboot untuk merestart smartphone

Untuk tahu lebih lanjut mengenai semua tahapan ini, Anda juga bisa menyimak tutorial yang sudah kami siapkan untuk Anda. Berikut adalah video yang baru saja kami upload dan ini merupakan tambahan dari kami untuk memandu Anda dalam memahami cara flashing Oppo F1S dengan file OTA.



Ketika Anda memulai langkah flashing, intinya adalah teliti dan Anda harus memperhatikan setiap tahapanya. Anda bisa juga berlangganan chanel kami untuk mendapatkan video terbaru dari kami tentang tips atau tutorial laninya secara otomatis.

Catatan: Tahap flashing dengan tujuan untuk menginstall firmware pada smartphone adalah langkah serius yang harus Anda perhatikan. Tindakan ini akan menghapus data yang ada sebelumnya. Pastikan Anda sudah melakukan backup data jika memang ada kesempatan dan memang ada data penting yang tersimpan di dalamnya.

Demikian ulasan kami tentang cara flash Oppo F1S dengan tahap-tahap yang cukup mudah. Semoga tahapan kami diatas bisa memandu sobat semua dalam rencana melakukan flashing.

2 comments

  1. Saya mau downgrade ke loli lagi? apa jaringan 4g akan hilang ketika diflash? terimakasih

    ReplyDelete
  2. Dear...Nisa
    Upgrade dan Downgrade tidak akan mempengaruhi pada bagian jaringan

    ReplyDelete