Cara Download Firmware. Readmore

CARA FLASH SAMSUNG GALAXY S10 Plus SM-G975F

Tutorial Cara Flash Firmware Samsung Galaxy S10 Plus menggunakan Odin menjadi langkah efektif mengatasi masalah Bootlop atau ketika device terkunci.

Selamat Datang di Blog Khasbi.com - Kita pastinya tidak ingin melihat smartphone kita terlihat sangat lemot ketika digunakan. Hal ini tentu tidak akan membuat kita merasa nyaman. Terlebih kalau ditemukan bug atau error pada sistem smartphone kita sendiri.

Karena seiring berjalannya waktu dari semenjak pembelian smartphone, terkadang aktifitas kita dalam menambahkan data bisa semakin banyak. Tapi untungnya smartphone ini memiliki ruang penyimpanan yang lumayan cukup besar, sehingga itu tidak membuat kita khawatir.

Tapi kalau yang terjadi saat ini di smartphone kita adalah masalah perangkat lunak (Software), sebagai pengguna kita harus tahu cara memperbaikinya.

Flash Samsung Galaxy S10 Plus

Dari postingan ini kami akan membahas lebih jelas tentang bagaimana cara memflash firmware. Tutorial cara flash firmware Samsung Galaxy S10 Plus menggunakan Odin menjadi langkah efektif mengatasi masalah Bootlop atau ketika device sudah terkunci.

Ini bukan pertama kalinya kami sharing tentang flashing firmware. Meski demikian, kami yakin ini dapat memberikan solusi bagi pengguna device ini.

Bisa saja device yang kita gunakan akan ada masalah yang terjadi tanpa kita ketahui penyebab utamanya. Sehingga kondisi tersebut membuat kita harus menganalisa. Sebagai pengguna terkadang kita bisa langsung tahu penyebabnya, dan kadang juga tidak mengerti.

Inilah yang perlu kita tahu, dan kita harus memahami cara memperbaiki device sendiri. Selama ini kita paham cara menggunakan smartphone. Paham cara bermain game, serta tahu cara bersosial media. Tapi apakah kita tahu tentang cara menyelesaikan masalah pada device sendiri.

Untuk itu, kita bisa sama-sama belajar lebih banyak dengan membaca tips yang bisa kita temukan. Melalui halaman ini kami akan sedikit mengulas mengenai flashing. Langkah ini dapat digunakan untuk melakukan upgrade, bahakan ketika ingin downgrade atau menurunkan versi sistem Android pada device.

Aktifitas yang selama ini kita lakukan dengan smartphone pastinya meninggalkan bekas. Setiap data seperti file media, aplikasi, dan lainnya bisa saja bertambah, atau berkurang tergantung dari kebutuhan. Tanpa kita sadari hal tersebut dapat mengurangi kapasitas ruang penyimpanan. Kalau terlalu dipaksakan itu dapat membuat device menjadi tidak optimal.

Ada dari beberapa pengguna mendapati device mereka crash. Hal seperti ini memang wajar saja terjadi pada smartphone. Crash atau biasa dikenal dengan 'Force close' merupakan keadaan dimana ketika pengguna membuka aplikasi pada device tiba-tiba aplikasi tersebut tertutup sendiri.

Biasanya sering muncul notifikasi aplikasi telah terhenti, atau kata-kata lainnya yang hampir mirip. Mengatasi masalah ini bisa dikatakan sangat mudah. Kita bisa melakukan update aplikasi tersebut atau menghapusnya.

Lantas bagaimana jika yang bermasalah adalah dari bagian aplikasi bawaan sistem. Tentu untuk menghapus aplikasi tersebut tidaklah mudah. Tapi solusi yang tepat adalah melakukan upgrade software. Mungkin ini yang dapat kita lakukan, dan merupakan langkah yang tidak akan merugikan.

Karena flashing firmware Samsung S10 Plus bukan hanya memperbaiki masalah tersebut. Ketika device kamu bootloop, kamu juga bisa memulihkannya. Bahkan tindakan ini dapat mengatasi masalah bug yang terjadi pada device.

Dari pada berlama-lama langsung saja kita bahas tips ini agar kamu bisa segera memahaminya. Kami sarankan untuk kamu yang ingin memflash device, kamu harus memiliki peralatannya. Kami akan sediakan beberapa file yang diperlukan melalui link yang tersedia.

Catatan:

- Flashing bisa saja menghapus data yang ada pada pada device. Sebelum bertindak, backup dulu data penting kamu ke perangkat lain. Jangan lupa Log out dari layanan akun Cloud , atau akun email  yang sekarang aktif di smartphone.

Cara Flash Samsung Galaxy S10 Plus SM-G975F

1. Sebagai langkah awal, download ketiga file berikut. Untuk melakukan upgrade perangkat lunak (Software), kamu dapat memilih firmware terbaru saat ini. Kamu bisa cek versi yang tersedia dari firmware yang telah di rekomendasikan.

2. Ekstrak ketiga file tersebut di Komputer. Instal juga Samsung USB Driver.

3. Sisakan daya baterai yang cukup pada device kamu antara 70 persen. Jika daya baterai dibawah 50 persen, harap charger terlebih dulu. Kemudian matikan smartphone kamu jika sudah siap.

4. Kemudian buat smartphone dalam posisi Odin Mode. Caranya, dalam kondisi device off, tekan bareng tombol Volume Atas dan Volume Bawah sambil colok dengan USB kabel ke Komputer. Hanya beberapa detik saja maka dilayar akan ada pesan Warning. Setelah itu tekan sekali tombol Volume Atas,hingga dalam mode Downloading seperti contoh berikut.

Samsung Mode Download

5. Selanjutnya buka aplikasi Odin Flash Tool. Kamu akan melihat di Odin bahwa device kamu telah dikenali dibagian ID:COM.

menambahkan firmware ke bidang odin

6. Tambahkan firmware file Samsung Galaxy S10 Plus kebidang Odin dikolom BL, AP, CP, CSC. Hanya empat file yang akan ditambahkan, dan akan diinstal ke device. Untuk file Home CSC ini adalah opsional. Biasanya bisa kita pilih untuk memflash smartphone kita tanpa harus menghapus saja. Cara menggunaknnya hanya cukup ganti file CSC dengan file Home CSC. Perhatikan pada bidang USERDATA, ini biarkan saja kosong.

7.  Jika penambahan file sudah selesai dilakukan dengan benar, klik tombol Start. Proses flashing firmware Samsung Galaxy S10 Plus via Odin akan berlangsung beberapa menit.

flash firmware samsung done

8. Kamu dapat menunggu sampai Odin mengatakan 'PASS'. Smartphone kamu akan reboot, dan mempersiapkan sistem operasi untuk bekerja. Kemungkinan ia akan loading cukup lama. Tetap jaga smartphone kamu sambil di charge. Setelah selesai loading, kamu akan melihat tampilan setelan awal. Sekarang kamu bisa mengatur bahasa, menghubungkan smartphone dengan jaringan internet Wi-Fi atau data seluler. Siapkan juga akun email kamu jika diminta login.

9. Done.

Dengan beberapa langkah yang telah kami jelaskan, kamu pasti bisa memahaminya. Ini adalah cara flashing yang memang bertujuan untuk perbaikan, serta melakukan update software. Sangat baik untuk menyelesaikan beberapa masalah, dan aman untuk dilakukan semua pengguna smartphone Samsung.

Termasuk smartphone kamu yang sekarang telah kamu instal dengan firmware yang kamu pilih. Semoga cara flash Samsung Galaxy S10 Plus ini berguna buat semuanya.

Post a Comment