Cara Flash Realme 7 Pro RMX2170 Update

Pada kesempatan ini menjadi waktu yang tepat untuk membahas tips tentang update software. Cara Flash Realme 7 Pro RMX2170 merupakan solusi tepat untuk perbaikan pada device ketika bootloop atau ada masalah bug. Terutama jika sistem device kamu ada masalah error yang membuatnya bekerja secara tidak optimal.


Beberapa masalah tersebut sering terjadi pada smartphone. Meski tidak semua, tapi kamu harus tahu bagaimana menanganinya. Ini akan menjadi pengalaman baru kamu selama kamu menggunakan smartphone.

Seiring waktu kamu bisa memahami tips cara perbaikan. Ini akan berguna saat kamu perlukan. Seperti pada posisi sekarang ini ketika device kamu menemui masalah yang terjadi diluar pengetahuan kamu sendiri.

Cara Flash Realme 7 Pro RMX2170 Update

Tindakan pembaruan firmware Realme 7 Pro sangat membantu memulihkan device seperti semula. Pekerjaan ini tidak membutuhkan waktu lama karena cukup sederhana saja. Banyak pengguna yang harus mau belajar tentang langkah flashing.

Sehingga akan meringankan biaya servis jika memang diperlukan. Kamu juga tidak harus keluar rumah kalau memang kamu sendiri bisa mengerjakannya sendiri. Dari banyaknya kasus, sangat jarang pengguna ketahui penyebabnya.

Memang setiap smartphone memiliki masalah yang berbeda. Jika device kamu ada masalah seperti yang kami sebutkan berikut, semua bisa diselesaikan.

  • Bootloop
  • Fix ERROR
  • Bug
  • Aplikasi telah terhenti
  • Sistem telah terhenti
  • Memori hampir penuh
  • Lupa pola/Samdi
Mungkin hal pertama yang harus kamu carai adalah penyebabnya. Tapi seandainya kamu sendiri tidak tahu awal mulanya, kamu masih bisa memilih rencana flashing sebagai solusinya. Kalau memang harus direset data pabrik, kamu juga bisa menggunakan metode ini.

Tapi seandainya tidak menemukan hasil dari metode Wipe data, kamu bisa bertindak untuk menyimak tips kami dihalaman ini. Karena mengembalikan setelan awal terkadang hanya memulihkan sedikit saja.

Ketika device ada masalah program atau sistem, tindakan yang harus dilakukan adalah pembaruan firmware. Kamu siapkan saja stock firmware OTA seperti yang telah kami bagikan sebelumnya. Postingan ini akan melengkapi artikel yang sudah kami share.

Sekaligus akan membantu kamu melakukan perbaikan pada device kamu sendiri. Sekarang kamu bisa download file berikut sebagai dukungan pertama. Kamu bisa memilih firmware versi terbaru yang memang sudah ditingkatkan.

Tutorial ini kami bagi menjadi tiga metode dengan cara yang berbeda. Kamu bisa memilih mana yang bisa menjadi solusi untuk device kamu.

Cara Flash Realme 7 Pro RMX2170 Update Tanpa PC: Metode 1

1. Simpan file yang telah kamu download kedirektori memori SD carD tapi jangan didalam folder. Ingat bahwa file ini juga tidak perlu diekstrak.


2. Upayakan bahwa device kamu memiliki daya baterai penuh. Biasanya loading setelah instalasi ROM akan cukup lama.

3. Buat device dalam posisi nonaktif atau dimatikan.

4. Selanjutnya tekan dan tahan tombol Volume Turun dan tombol Power, hingga smartphone memasuki menu pilihan bahasa. Tentukan bahasa yang mudah dipahami yaitu 'English'. Secara otomatis menu Recovery Mode dapat kamu lihat dilayar. Contohnya seperti berikut.

realme 7 pro recovery mode

5. Sekarang kamu bisa memilih 'Instal From Storage Device'.

6. Pilih saja 'From SD'.

7. Cari dan temukan firmware dalam SD carD yang sebelumnya sudah kamu simpan.

8. Jika ada konfirmasi muncul dilayar, ketuk Ya untuk mulai menginstal firmware.

9. Device akan restart dan mulai memperbarui versi software. Tindakan ini tidak dapat dibatalkan.

10. Proses ini memerlukan waktu beberapa menit. Tunggu saja sampai proses update mengatakan sukses.

11. Setelah selesai, kamu bisa memilih Reboot.

Dengan hanya beberapa tahap saja, kamu sudah berhasil memperbarui device menggunakan firmware yang sudah kamu download tadi. Hasil dari pekerjaan ini akan membuat kinerja smartphone menjadi lebih stabil.

Selain dari tahap yang telah kami jelaskan diatas, kamu juga bisa menggunakan metode flashing menggunakan Flashtool. Cara ini bisa kamu pilih ketika device bootloop bandel dan sulit masuk recovery.

Karena terkadang ada juga device yang mengalami Fix dan memerlukan tindakan serius dengan peralatan yang memang harus mendukung.

Cara Flash Realme 7 Pro RMX2170 via Realme FlashTool: Metode 2

1. Siapkan device kamu dengan daya baterai 100 %.

2. Siapkan juga file berikut yang sudah kami sediakan.

3. Selanjutnya kamu ekstrak semua file yang sudah kamu kumpulkan. Jangan lupa instal USB Driver sampai finish.

4. Buka aplikasi Realme Flash Tool dari Komputer kamu.

5. Matikan dulu device kamu jika sebelumnya masih menyala.

6. Buat device masuk Mode Fastboot.

Caranya: Dalam posisi device nonaktif, tekan bareng tombol Volume Turun dan tombol Power. Hingga seperti contoh berikut.

Realme Fastboot Mode

7. Sambungkan device menggunakan USB kabel ke Komputer.

8. Klik Browse pada Realme Flash Tool. Temukan dan tambahkan file ofp Realme 7 Pro yang sebelumnya ada dalam folder.

Flashing Realme 7 Pro

9. Klik Loading Device untuk mengetahui apakah device sudah terkonek dengan Flashtool.

10. Jika sudah, klik Flash. Kalau ada pesan konfirmasi yang muncul, pilih 'Confirm'.

11. Sekarang kamu bisa menunggu sampai flashing mengatakan 'Complete'. Saat itu juga kamu bisa melepas USB kabel dari device.

Cara install firmware Realme 7 Pro smartphone dengan prosesor Qualcomm ini juga dapat dilakukan dengan menggunakan MSMDownloadTool. Mengenai Flash Tool ini akan kamu dapatkan didalam firmware yang telah kamu download. Untuk tutorial flashing ini tidak ada syarat harus UBL/Non UBL. 

Cara Flash Realme 7 Pro RMX2170 via MSMDownloadTool: Metode 3

1. Ekstrak stock firmware RMX2170export 11 C.27 yang sudah anda download dan anda akan mendapatkan folder yang berisi file dan tools.

2. Sekarang instal Qualcomm USB Driver yang benar di Komputer kamu. Jika sebelumnya sudah pernah install USB Driver Qualcomm, abaikan saja langkah ini.

3. Hubungkan kabel USB ke Port Komputer kamu.

4. Jalankan aplikasi MSM DownloadTool. Setelah terbuka, pada Mode selection pilih 'After Sales Mode'. Kemudian login dengan akun kamu. Pada langkah ini kamu tidak perlu menambahkan firmware, karena itu akan dimuat secara otomatis.

flash realme 7 pro via msmdownloadtool

5. Kemudian, klik menu Start. Ambil device Realme 7 Pro kamu, tekan bareng tombol Volume Atas dan Volume Bawah sambil hubungkan dengan USB kabel ke Komputer. Kalau ada notifikasi yang muncul pada MSMDownloadTool, pilih Yes. Flashing firmware akan berlangsung, tunggu saja hingga proses flashing selesai.

flash realme 7 pro susccess

6. Ketika MSMDownloadTool sudah mengatakan 'Download Success', device akan restart. Jika device tidak restart, kamu bisa cabut kabel USB dari device lalu nyalakan.

7. Selanjutnya kamu bisa menunggu lagi sampai device menyelesaikan proses loading. Sampai dilayar awal, kamu bisa memilih bahasa, wilayah, dan pengaturan lainnya. Perhatikan bahwa kemungkinan device meminta untuk dapat terhubung kejaringan internet. Untuk itu, kamu bisa menggunakan paket data internet, atau jaringan Wi-Fi yang tersedia. 

Itulah tutorial flash Realme 7 Pro yang dapat kami bagikan agar memudahkan kamu mengetahui lebih baik tentang flashing firmware. Terutama untuk mengatasi masalah yang saat ini membuat device kamu tidak bisa digunakan. Kemungkinan bootloop, lupa pola, atau masalah lainnya.