Cara Flash Infinix Smart 5 X657B | X657C Full File

Pada postingan ini kami bahas tentang cara flash Infinix Smart 5 code model X657B atau X657C menggunakan SP Flash Tool Gratis. Memahami langkah ini akan membantu kamu dengan jelas mengenai perbaikan software secara penuh. Seandainya berhasil, device kamu akan diperbarui dan dioptimalkan dengan firmware yang memang khusus untuk model smartphone ini.

Banyak hal yang bisa kamu dapatkan selain dari peningkatan sistem. Karena setiap masalah yang ada akan diperbaiki. Begitu juga ketika device kamu crash, atau sering error karena terkena virus, sering restart.

Menjadi bagian penting jika kamu mengerti akan solusi yang bisa dilakukan. Maka dari itu, kamu bisa belajar dari sekarang dengan tips cara flash Infinix Smart 5 yang mudah dimengerti. Meski ini hanya panduan dasar, kami yakin itu bisa membantu kamu.

Cara Flash Infinix Smart 5 X657B | X657C Full File

Smartphone Infinix kamu bisa saja menemui masalah yang awalnya tidak kamu ketahui. Tapi bukan berarti tidak ada penyebabnya. Sebelumnya kamu mungkin bisa saja tidak ingat dengan aktifitas terakhir yang membuat device kamu menemui masalah.

Sebagai contohnya jika device kamu bootloop atau restart-restart. Hal ini tidak saja terjadi pada smartphone kamu saja. Ini memang bukan sesuatu yang harus kamu khawatirkan karena memang sangat mudah untuk memperbaikinya.

Bootloop merupakan keadaan ketika device itu tidak dapat masuk kedalam sistem karena prosesnya terhenti dan hanya loading berulang saja. Penyebabnya juga bisa berbagai hal. Awal mula dapat dikarenakan penggunaan dan perawatan yang kurang benar.

Bisa dikatakan itu adalah masalah yang wajar untuk semua pengguna ponsel. Tapi jika itu sering terjadi, efeknya bisa merusak smartphone tersebut. Oleh sebab itu, mulai dari sekarang kamu bisa mengerti tentang hal yang harus dilakukan ketika device kamu sendiri menemui masalah yang telah disebutkan.

Kamu dapat menghindari apa saja yang menyebabkan device menjadi bootloop. Yaitu dengan selalu merawat device kamu secara optimal. Pembaruan software, membersihkan cache, mengembalikan setelan awal dapat dilakukan secara mandiri.

Tapi jika saat ini kondisinya sudah serius karena stuck dilogo atau bootloop, kamu bisa memperbaiki masalah ini terlebih dahulu dengan memperbarui sistem menggunakan firmware. Sementara jika cara lain sudah kamu coba tapi ternyata tidak berhasil, maka kamu bisa memulai memflash.

Tutorial cara flash Infinix Smart 5 ini dapat dilakukan dengan mudah menggunakan peralatan gratisan. Langkah yang kami bahas adalah flashing full flash dengan file yang sudah tested. Kami harap kamu bisa teliti dengan setiap penjelasan yang kami uraikan.

Cara Flash Infinix Smart 5 X657B | X657C via SP Flash Tool

Catatan: Panduan ini akan membantu kamu melakukan perbaikan software. Semua data akan terhapus dalam proses ini. Pastikan kamu sudah melakukan backup data sebelumnya, pikirkan kembali sebelum melanjutkan proses ini.

1. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah daya baterai. Pastikan smartphone memiliki daya baterai yang mencukupi untuk menyelesaikan proses flashing. Jika baterai hampir habis, sebaiknya kamu mengisi daya perangkat terlebih dahulu.

2. Silahkan download firmware Infinix Smart 5 yang sesuai dengan code model device, apakah model X657B atau X657C. Pastikan memilih firmware yang cocok dengan model dan nomor versi yang memang untuk device kamu. Jangan lupa dukungan peralatan lainnya yang telah kami rekomendasikan.

3. Setelah kamu selesai mendownload firmware, kumpulkan menjadi satu didalam folder. Ekstrak semua file yang masih dalam bentuk Rar, sehingga kamu mendapatkan folder terpisah.

4. Selanjutnya, install MTK USB Driver hingga finish. Jika dikomputer kamu sudah ter-install Mediatek USB Driver, abaikan saja langkah ini.

5. Buka aplikasi Flashtool dari folder yang sebelumnya sudah kamu dekompresi. Jika muncul notifikasi 'The scatter file cannot find, please make sure the file is exist before download', klik saja OK. Kemudian tambahkan file ke bidang SP Flash Tool.

Cara menambahkan file sebagai berikut:

  • Klik Choose pada bidang Download_Agent, temukan file 'MTK_AllInOne_DA.bin' didalam folder SP Flash Tool. Pilih file tersebut lalu konfirmasi Open untuk menambahkan.
  • Klik Choose pada kolom 'Scatter loading-file'. Temukan file 'MT6761_Android_scatter' dari folder stock firmware. Pilih file Android scatter tersebut, lalu konfirmasi Open untuk menambahkan.
  • Setelah selesai menambahkan file ke bidang SP Flash Tool, hilangkan ceklis pada 'tkv' dan 'tranfs', untuk dikecualikan. Ini agar tidak muncul error pada SP Flash Tool yang flashing.

menambahkan file infinix smart 5

6. Sekarang install libusb-win32-devel-filter-1.2.6.0, ini tenggal Next lalu pilih Accept saja sampai finish, dan aplikasinya akan terbuka. Selanjutnya kita akan filter Mediatek USB Port-nya. Matikan dulu device kamu dengan menekan tombol Power beberapa detik saja. Jika device kamu bootloop atau restart-restart dan susah dimatikan, biarkan saja. Kamu tidak perlu membuka tutup belakang sampai kemesin. Cukup ikuti langkah berikut untuk filter Mediatek USB Port Infinix Smart 5:

  • Siapkan USB kabel dan hubungkan ke Komputer.
  • Ambil device Infinix Smart 5 kamu, dan colok dengan USB kabel.
  • Setelah itu, tekan bareng kedua tombol Volume Bawah dan Volume Atas selama beberapa detik. Lihat pada aplikasi libusb win32 filter installer, jika muncul Mediatek USB Port langsung klik Install. Langkah ini perlu cepat ya, sampai ada notifikasi 'libusb win32 device filter successfully installed for Mediatek USB Port'.
filter mediatek usb port

7. Langkah berikutnya, buka aplikasi MTK Bypass Rev4. Sekarang kita akan melakukan bypass auth Mediatek-nya. Caranya: klik menu Bypass. Tekan bareng tombol Volume Bawah dan Volume Atas pada device kamu seperti sebelumnya selama beberapa detik sambil colok dengan USB kabel ke Komputer. Tunggu sampai aplikasi MTK Bypass Rev4 mengatakan 'PROTECTION DISABLED'. Perhatikan pada DETECT AS Mediatek USB Port, di COM berapa device kamu terbaca.

bypass auth infinix smart 5

8. Sekarang kembali ke aplikasi SP Flash Tool. Pada menu atas pilih Options > Connection > Uart. Pada kolom COM, samakan nomor COM-nya dengan yang terbaca pada MTK Bypass Rev4. Contohnya saat kami memflash Infinix Smart 5 ini, koneksi USB Port ada di COM3.

setting uart COM

9. Berikutnya klik tombol Download pada SP Flash Tool, dan proses Flashing firmware Infinix Smart 5 akan berlangsung beberapa menit. Jangan cabut device kamu dari USB kabel atau mematikan komputer selama proses ini.

flash infinix smart 5 selesai

10. Kamu dapat menunggu sampai flashing mengatakan 'Download OK'. Segera lepas sambungan USB kabel dari device. Tekan tombol Power untuk hidupkan device kamu.

11. Selesai: Setelah proses selesai, kamu dapat menyesuaikan pengaturan awal. Setelah device telah di-flash, kamu harus mengatur ulang perangkat seperti saat pertama kali kamu membelinya. Ini berarti kamu harus memilih bahasa serta wilayah, menghubungkan kejaringan Wi-Fi atau paket internet, dan mengatur akun Google agar kamu bisa mendownload aplikasi yang bisa tambahan.

Hanya dengan beberapa langkah saja, kamu sudah berhasil memperbaiki device Infinix kamu dari masalah yang ada. Entah sebelumnya itu bootloop, sering restart, error pada sistem dan lainnya.

Baiklah, mungkin cukup sekian tutorial cara flash Infinix Smart 5. Ini adalah panduan umum untuk flashing firmware pada device. Terutama device Infinix Smart 5 yang memang menggunakan chipset Mediatek.

Mungkin tutorial dan langkah yang kami jelaskan sebagian ada yang merasa bahwa banyak sekali prosesnya. Prosedurnya memanglah demikian. Jadi, kami harap ada tahap-tahap yang tidak harus kamu lewatkan. Ini agar kamu benar-benar berhasil memflash firmware pada device kamu.

Selalu pastikan kamu memahami risiko yang terlibat, dan mengikuti petunjuk dengan hati-hati. Jika kamu tidak yakin atau merasa tidak nyaman melakukan flashing sendiri, sebaiknya minta bantuan dari ahli atau konter terdekat rumah kamu. Kalau kamu memiliki hal yang ingin ditanyakan, tinggalkan komentar kamu.