Flash Samsung Galaxy A20 SM-A205F Full Firmware

Selamat Datang di Blog Khasbi.com - Cara Flash Firmware Samsung Galaxy A20 SM-A205F bisa dilakukan dengan mudah menggunakan Odin. Cara ini merupakan solusi paling efektif dalam mengatasi bootloop, atau device telah terkunci. Ini juga bisa menjadi langkah aman untuk melakukan upgrade OS Android dismartphone Samsung kamu.

Terutama dalam meningkatkan stabilitas serta menjaga keamanan sistem perangkat. Jadi, sangat penting untuk memahami langkah ini secara menyeluruh. Ini agar kamu tidak salah saat mengerjakannya sendiri dan membuat smartphone menjadi fatal.

Cara Flash Samsung Galaxy A20 SM-A205F

Demi menjaga smartphone Galaxy A20 kamu tetap awet dengan performa yang baik, kamu harus bisa mengetahui apa saja yang perlu dilakukan. Termasuk membuatnya agar selalu optimal tanpa adanya masalah.

Daftar Isi Artikel

Setiap orang tentu memiliki karakter yang berbeda-beda mengenai cara mereka menggunakan smartphone, dan mungkin kamu juga bisa mengerti akan hal ini. Kalau memang smartphone kamu sudah mulai sering hang, kamu dapat mengecek terlebih dulu mengenai ruang penyimpanan.

Terkadang hanya karena kebanyakan data sehingga respon kinerja menjadi lambat. Ini dikarenakan memori sudah hampir penuh dan ditambah lagi padatnya aplikasi yang berjalan dibelakang layar.

Namun jika memang sudah bootloop (stuck on logo), tidak perlu berpikir sulit untuk menyelesaikannya. Kamu tidak akan menghabiskan banyak waktu untuk sekedar memperbaiki smartphone kamu dari masalah tersebut. Terlebih kalau harus keluar rumah dan mengeluarkan modal.

Tentang Flash Firmware

Cara flash Samsung A20 sebenarnya dapat dilakukan sendiri secara mandiri dirumah. Asalkan kamu memiliki akses data internet dan juga tersedia Komputer Windows. Kamu dapat menemukan tips yang dapat membantu kamu untuk mulai melakukan pengerjaan. Salah satunya adalah seperti pada halaman ini yang akan dibahas.

BACA: Cara Hard Reset Samsung Galaxy A20 SM-A205F

Sekarang kamu bisa mengerjakan itu dengan langkah-langkah yang ada. Melalui postingan ini, kami akan memberikan kamu intruksi sederhana yang tentunya sangat mudah untuk dipahami.

Selain itu, kamu juga dapat menyimak tutorial video kami sebagai panduan tambahan yang akan lebih mempermudah kamu dalam memahaminya dengan baik. Jika sebelumnya kamu berpikir sulit untuk memulai tindakan ini. Saat ini kamu tidak akan lagi merasa bahwa kamu tidak bisa mengerjakannya.

Apa saja yang bisa diperbaiki?

Perangkat Terkunci : Kamu bisa belajar untuk memperbaiki smartphone Galaxy A20 kamu dari kendala yang ada. Termasuk ketika kamu memiliki masalah karena perangkat terkunci. Ini yang terkadang banyak di alami oleh pengguna. Disamping itu, ada juga yang biasanya malah lupa akun setelah mereset data pabrik.

Bootloop : Masalah ini identik dengan hang logo. Biasanya bisa dilihat bahwa ketika smartphone kamu dinyalakan hanya berhenti dilogo Samsung saja. Hal ini umumnya dapat disebabkan oleh file sistem yang rusak atau korup. Sehingga membuat perangkat tidak dapat boot dengan benar ke sistem Android.

Force Close : Ketika Aplikasi tidak merespons kemungkinan mengalami crash atau karena bug di dalamnya. Jadi sangat disarankan untuk selalu melakukan update atau memperbarui sistem.

Virus atau Malware : Ketika perangkat Android yang terinfeksi oleh virus atau malware, ini dapat mengalami masalah kinerja atau keamanan. Bisa juga muncul pesan error pada layar yang menggangu aktifitas kamu.

Itulah beberapa masalah umum yang disebut dengan perangkat lunak (Software). Beberapa masalah ini semunaya bisa kamu perbaiki dengan hanya memflash firmware. Cara flash Samsung Galaxy A20 adalah salah satu solusi efektif yang bisa kami sarankan hari ini.

Jangan ragu mengenai langkah ini. Flashing firmware ini mengacu pada proses menginstal atau memperbarui perangkat lunak sistem operasi. Kamu dapat mengerjakannya dengan aman dan melalui panduan yang akan kami jelaskan.

Tutorial Flash Samsung Galaxy A20 SM-A205F Full Firmware

1. Pertama-tama, kamu harus mengisi daya baterai Samsung A20 sekitar 50% atau lebih sebelum ke tahap flashing. Ini menjadi pokok penting untuk membuat perangkat tetap terjaga.

2. Kemudian kamu bisa download ketiga bahan berikut sebagai persiapan, termasuk firmware. Kamu dapat memilih firmware versi terbaru yang tersedia.

3. Setelah semua file sudah selesai kamu download, kumpulkan saja menjadi satu dalam folder. Ini akan memudahkan kamu memulai proses pengerjaan. Ekstrak file firmware dan kamu akan mendapatkan folder dengan berisi file Tar.MD5. Kemudian kamu lanjut untuk menginstal Driver Samsung di Komputer hingga selesai.

4. Selanjutnya kamu matikan Samsung A20. Setelah itu nyalakan kembali dengan menekan bareng tombol Volume Bawah dan Volume Atas, sambil colok kabel USB ke komputer. Jika sudah masuk di tanda Warning!, tekan sekali tombol Volume Atas, hingga masuk di Mode Download. Contohnya seperti gambar berikut.

Samsung Mode Download

5. Setelah dalam Mode Downloading, kamu akan melihat bahwa Odin akan mendeteksi perangkat dengan kotak biru dan muncul dengan nomor port COM. Mungkin setiap komputer akan berbeda-beda mengenai nomor Portnya.

6. Sekarang kamu bisa menambahkan setiap file ke setiap bidang di Odin sesuai dengan nama bidangnya yaitu BL, AP, CP, CSC. Untuk bidang "USERDATA" dikosongkan saja. Contohnya seperti gambar berikut.

menambahkan firmware ke bidang odin

CATATAN: Gunakan file CSC jika kamu ingin melakukan flash bersih dan menghapus data pada perangkat Samsung A20. Atau pilih HOME CSC jika kamu ingin memflash dengan tetap menyimpan aplikasi dan data kamu. Ini berarti data-data kamu tidak akan dihapus dari perangkat.

7. Kemudian, jangan centang kotak tambahan yang ada di Odin. Satu-satunya pilihan yang akan diperiksa adalah F Reset Time dan Auto-Reboot.

8. Jika semua penambahan firmware sudah benar sesuai dengan yang kami sarankan, klik tombol Start di Odin. Kamu dapat menunggu Odin memflash firmware Samsung A20 sampai mengatakan 'PASS'. Setelah flash selesai, perangkat akan reboot, dan kamu dapat memutuskan koneksi perangkat dari Komputer.

Untuk memahami langkah flashing dengan baik, kamu juga dapat menyimak video berikut.

Kesimpulan

Dengan beberapa tahap saja seperti yang sudah dijelaskan diatas, kamu bisa melihat smartphone di perbarui menggunakan firmware resmi. Cara flash Samsung Galaxy A20 ini sangat tepat untuk semua solusi yang masih terkait dengan masalah software.

Seperti yang telah kami sebutkan. Yaitu masalah bootloop, lupa kata sandi, dan beberapa diantaranya. Sekarang kamu sudah dapat menggunakan smartphone seperti baru lagi. Sebelum memulai, pastinya kamu harus melakukan konfigurasi terlebih dulu.

Setidaknya kamu juga perlu membuat akun email baru. Bisa saja kamu menggunakan akun lama untuk login ke aplikasi Playstore. Dengan begitu, kamu dapat mengunduh beberapa aplikasi yang kamu inginkan.

Itulah tutorial tentang cara flash Samsung Galaxy A20 sebagai bagian dalam melakukan perbaikan software. Karena flashing firmware merupakan cara efektif untuk memprogram ulang sistem diperangkat kamu.

Bisa dikatakan juga menjadi cara untuk mengembalikan setelan awal, upgrade OS, dan membersihkan data yang tidak perlu atau tidak digunakan. Ini dapat membuat performa smartphone kamu kembali optimal.

Load comments

0 Comments