Cara Flash Oppo A1k CPH1923 via SP Flash Tool

Tutorial tentang cara flash Oppo A1k CPH1923 akan saya ulas untuk membantu Anda memahami tahapan ini. Semua tahapan tersebut juga akan menjadi tips penting dalam memulihkan smartphone Anda dari beberapa hal.

Cara Flash Oppo A1k CPH1923 via MicroSD

Termasuk dengan masalah bootloop yang mana hal ini sangat mungkin terjadi dan ini memerlukan sebuah perbaikan software. Namun, tidak selalu ini yang menjadi pusat perhatian karena hal lainnya juga bisa saja terjadi.

Sebagai pengguna smartphone tentunya Anda perlu memahami bagaimana memulihkan masalah tersebut. Andai itu tidak terjadi hari ini maka pengetahuan dasarnya telah Anda pahami secara benar. Begitu Anda memerlukan tutorial ini maka Anda bisa melakukannya dengan mudah dan cepat.


Smartphone Oppo A1k menjadi smartphone yang cukup memiliki banyak kelebihan dan tentunya Anda sudah tahu. Mungkin yang bisa kita ketahui sedikitnya adalah pada sektor kinerja dan sektor fotografi. Disisi lain lagi adalah mengenai bagian daya baterai yang memiliki kapasitas sangat besar.

Sekarang waktunya Anda belajar lebih jauh dan bukan hanya tentang cara pengoperasiannya saja. Meskipun kelebihan dari smartphone ini cukup banyak maka masalah bisa saja muncul karena kesalahan Anda atau memang terjadi secara tidak terduka.

Simak juga: Cara Hard Reset Oppo A1k CPH1923

Jika seandainya ada aplikasi bawaan yang error maka ini tidak cukup ditingkatkan dengan hanya melakukan hard reset. Akan tetapi, bisa saja Anda mencoba untuk memulai ulang terlebih dahulu dengan tahapan tersebut karena Anda nantinya dapat lebih paham lagi mengenai tips lainnya.

Yaitu tentang cara masuk recovery pada smartphone sendiri karena flashing ini dilakukan dengan melalui menu yang sama dan tahap yang hampir sama. Maka dari itu, tahapan ini sangat penting dan jangan sampai Anda ketinggalan informasi mengenai cara pemulihan smartphone sendiri.

Untuk memulai flashing ini maka siapkan kedua bahan seperti berikut:

Cara Flash Oppo A1k CPH1923 via MicroSD

1.Sebelum memulai maka perhatikan dahulu bahwa daya baterai smartphone harus terisi sekitar 80 persen.

2.Pastikan memori microSD Anda memiliki ruang tersisa cukup banyak.

3.Jika sudah maka lepas microSD dari smartphone dan mulai pindahkan firmware yang Anda unduh tadi kedalam microSD melalui PC/laptop dan jangan Anda taruh didalam folder serta jangan diekstrak.

4.Kalau smartphone dalam posisi menyala maka buat off terlebih dahulu atau Anda matikan.

5.Kemudian, Anda nyalakan kembali dengan cara menekan kedua tombol Volume Turun dan Power lalu tahan beberapa detik hingga muncul pilihan bahasa.

6.Pada tahap ini Anda bisa navigasi dengan menekan Volume Turun atau Volume Naik ke bahasa English lalu tekan Power.

7.Anda akan melihat smartphone masuk ColorOS Recovery.

8.Setelah itu Anda bisa navigasi lagi ke menu Install from storage device lalu Anda tekan Power supaya bisa masuk ditahap selanjutnya.

9.Berikutnya, Anda bisa navigasi lagi kemenu From SDcard lalu tekan Power.

10.Sekarang Anda pilih firmware tadi dan konfirmasi Ok.

11.Proses update akan berlangsung dan jangan panik karena ini memerlukan waktu cukup lama.

12.Sesudah Anda melihat notifikasi Update successfully maka konfirmasi Ok lalu pilih Reboot.

Anda juga dapat menyimak beberapa tahapan diatas dengan tutorial tambahan berikut. Pastikan Anda dapat teliti tentang prosedur yang telah dijelaskan.

Anda sudah berhasil melakukan flashing yang mana sekarang smartphone juga telah dimulai ulang dan sedang loading. Perlu Anda ketahui bahwa ini juga dapat membantu smartphone menjadi optimal kembali serta umur baterai bisa bertahan lama.

Sekarang kita beralih ke bagian flashing menggunakan FlashTool. Mungkin bagi yang awam, ini akan menjadi langkah yang rumit. Tapi ketika Anda benar-benar mau teliti pasti akan berhasil.

Cara Flash Oppo A1k via SP Flash Tool

1. Sebagai pekerjaan pertama yang harus dilakukan adalah mengumpulkan file berikut. didalamnya terdapat beberapa file dukungan.

2. Ekstrak firmware yang sudah Anda download. Install USB Driver Mediatek hingga finish.

3. Siapkan device dengan daya baterai minimal 80 persen. Jika daya baterai sudah cukup, non-aktifkan smartphone Oppo kamu.

4. Buka folder SP Flash Tool. Jalankan aplikasi MTKMETAUtility.

disable auth oppo a1k

5. Pilih menu BRom dan klik Disable Auth. Dari device dalam kondisi off, tekan bareng tombol Volume Atas dan Volume Bawah lalu sambungkan dengan USB kabel ke Komputer. Tunggu hingga proses mengatakan 'Force preloader to BootROM(0)...crash succeed!'

6. Buka aplikasi flash_tool.

7. Setelah terbuka, klik Choose pada kolom Download-Agent. Tambahkan file 'DA_6765_6785_6768_6873_6885_6853.bin'. File ini ada didalam folder DA_Oppo A1k CPH1923.

8. Klik Choose pada kolom Scatter-loading File. Tambahkan file 'MT6765_Android_scatter' yang ada pada folder firmware.

flashing firmware oppo a1k

9. Langkah selanjutnya klik Download.

10. Flashing firmware Oppo A1k akan berlangsung sekitar 30 menit.

flashing oppo a1k sukses

11. Tunggu saja sampai flash_tool memberikan notifikasi 'Download Ok'

12. Setelah berhasil, silahkan lepaskan sambungan USB kabel dari smartphone. Anda nyalakan device dengan menkan tombol Power seperti biasanya. Sekarang Anda dapat menunggu lagi smartphone restart, dan menyelesaikan beberapa pengaturan awal.

Itulah beberapa langkah flashing firmware Oppo A1k dengan dua metode yang berbeda. Pertama adalah menggunakan file OTA update. Dan yang kedua adalah menggunakan FlashTool.

Tahapan diatas bisa juga Anda jadikan cara sebagai langkah update atau meningkatkan stabilitas sistem pada smartphone Anda. Itu bisa saja ketika memang ada rilis firmware terbaru untuk smartphone ini dan Anda bisa melakukannya dengan mudah karena sudah memahami langkah-langkahnya.