Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Flash Xiaomi Redmi Note 4 MTK

Cara Flash Xiaomi Redmi Note 4 MTK via Flashtool untuk mengatasi bootloop, lupa password, lupa pola, dan mungkin sering muncul notifikasi aplikasi telah terhenti atau aplikasi tidak merespon dengan baik ketika Anda buka. Apakah Anda memiliki masalah dengan smartphone Anda seperti yang sudah disebutkan?

Cara Flash Xiaomi Redmi Note 4 MTK

Mungkin hal ini membuat Anda tidak bisa menggunakan smartphone karena memang ada masalah dengan software atau malah crash. Apa yang Anda lihat saat ini bisa terasa berat untuk Anda pikirkan. Bagaimana Anda bisa membuat smartphone Anda bisa lagi kembali dengan normal. 

Stuck dilogo atau bootloop baru saja Anda alami hari ini dan itupun Anda termasuk sebagai pengguna yang tidak tahu akan apa penyebabnya. Bootloop yang terjadi pada smartphone Anda memang bisa disebabkan oleh beberapa hal. Mungkin Anda sebagai pemilik tidak tahu kenapa itu bisa terjadi pada smartphone Anda. 


Kesalahan umum yang menyebabkan smartphone Anda mengalami hal demikian bisa karena Anda sendiri. Seperti yang saya dapati hari ini yang merupakan smartphone Xiaomi Redmi Note 4 dengan masalah yang bisa saja sama. Ini bukanlah permasalahan yang terjadi dengan smartphone ini saja. 

Namun, smartphone tersebut di charger tidak ada indikator notifikasi pengisian baterai dan ketika ditekan tombol Power juga tidak mau hidup.

Simak juga: Cara Hard Reset Xiaomi Redmi Note 4 MTK

Padahal, smartphone masih dapat terkonek dengan PC/laptop setelah saya coba untuk menghubungkanya dan bisa jadi ada masalah lain yang ternyata disebabkan oleh sang pemilik. Apakah Anda juga ada yang mengalami hal seperti ini?

Baiklah, kita coba selesaikan masalah smartphone Anda supaya bisa Anda pergunakan kembali. Kegagalan dalam cara melakukan flashing firmware juga dapat berakibat terhadap kondisi smartphone. Untuk itu, ketika Anda juga salah langkah dalam proses ini, itu dapat membuat smartphone bermasalah. 

Sekarang beruntungnya Anda masih bisa melihat logo saja ketika smartphone Anda setiap kali dihidupkan. Cara flash Xiaomi Redmi Note 4 MTK karena bootloop memang bisa dilakukan dengan mudah dan itu dapat dijadikan solusi. Namun, Anda tidak harus asal melakukan flashing dengan firmware yang tidak tepat.

Sebagai pemilik smartphone ini, Anda harus tahu bahwa Xiaomi Redmi Note 4 hadir dalam dua varian yang membedakan antara chipset prosesor yang diusungnya. Ada sebagian yang mengusung chipset dari MediaTek dan yang satunya lagi adalah berchipset Qualcomm.

Kebetulan, smartphone Xiaomi Redmi Note 4X yang saya tangani ini diusung dengan chipset MediaTek sehingga sangat mudah untuk melakukan flashing firmware dengan SP Flashtool. Pastikan smartphone Anda yang sedang bootloop ini sama dengan yang punya saya. 

Sehingga Anda bisa dengan mudah untuk memulihkanya seperti cara yang saya lakukan. Selain itu, Anda juga dapat menyimak tips kami untuk mengatasi MiCloud Xiaomi Redmi Note 4.

Saatnya saya akan langsung membahas tutorial tentang cara flash Xiaomi Redmi Note 4X MTK dengan langkah mudah. Anda siapkan bahanya terlebih dahulu barulah Anda bisa menuju kebagian flashing. Beberapa bahan sudah lengkap kami siapkan yang juga merupakan bahan yang kami gunakan untuk prosedur ini.

Bahan-bahan dukungan: 

Cara Flash Xiaomi Redmi Note 4 MTK via Flashtool

1. Ekstrak semua file dari hasil unduhan Anda. Siapkan smartphone Anda dengan daya baterai mencukupi atau sekitar 80 persen. Jika syarat baterai sudah mencukupi, maka buatlah smartphone Anda standby dan dalam posisi Anda nonaktifkan dulu.

2. Insatll semua USB Driver terlebih dahulu. Setelah proses installasi semua Driver selesai, saatnya Anda untuk menjalankan Tools. Buka folder SP Flash Tool dan di dalamnya, Anda akan menemukan aplikasi bernama Flash_tool lalu Run as untuk menjalankan


3. Selanjutnya, pindahkan file cust dari hasil ekstrak cust_global.rar tadi kedalam file image. Copy and replace file tepatnya didalam file nikel_global_images_V8.1.2.0.MBFMIDI untuk mengganti file cust bawaan ROM Xiaomi.

mengganti file cust global

4. Berikutnya klik Choose dibagian Scatter Loading dan arahkan pada folder nikel_global_images_V8.1.2.0.MBFMIDI dari ROM hasil Anda ekstrak tadi dan file yang harus Anda temukan dan Anda pilih adalah MT6797_Android_scatter.

5. Selanjutnya hubungkan saja USB kabel yang sudah di siapkan tadi ke PC/laptop Anda. Ingat! Jangan centang pada bagian Preloader terlebih dahulu. Langkah berikutnya Anda klik Download pada Flashtool.

Flash Xiaomi Redmi Note 4 MTK

6. Sambil memegang smartphone Anda, maka tekan tombol Volume Atas lalu tahan dan sambungkan smartphone Anda dengan USB kabel. Jika tidak terlihat respon atau menandakan failed, maka klik Stop dan putuskan sambungan smartphone Anda dari USB kabel lalu centang pada bagian Preloader dan mulai lagi klik tombol 'Download' lagi pada Flashtool.

7. Jika proses sudah benar maka Flashtool akan memulai flashing firmware dengan durasi yang tentu selama beberapa menit. Setelah Flashtool mengatakan Download OK, maka proses flashing firmware telah sukses.

Flash Xiaomi Redmi Note 4 MTK sukses

8. Segera putuskan sambungan smartphone Anda dari USB kabel lalu hidupkan. Anda akan melihat bahwa smartphone Anda sedang loading dan proses ini memakan waktu sekitar 5-10 menit. Usahakan untuk sambil di charger smartphone Anda supaya tidak kehabisan daya saat booting masih berlangsung.

Untuk memahami lebih detail mengenai semua tahap yang sudah saya jelaskan, Anda juga dapat menyimak tutorial berikut.

Anda sudah berhasil mengikuti panduan saya tentang cara flash Xiaomi Redmi Note 4X MTK. Sekarang yang perlu Anda lakukan untuk mulai bisa menggunakan smartphone adalah menghubungkannya dengan data internet. Login ke akun email Anda dan siapkan Akun Mi Anda untuk login juga jika sebelumnya pernah tertaut dengan device Anda.

2 comments for "Cara Flash Xiaomi Redmi Note 4 MTK"

  1. xiaomi redmi note 4x sudah diflashing ulang karena akun mi terkunci
    downgrade ke miui 8.0.4.0. Tetapi pada setelan akun mi tidak bisa disentuh ( tidak ada respon ). dan waktu dihidupin sesudah dicash lama lebih dari 10 menit baru hidup.mau dikembalikan ke setelan pabrik juga tidak ada respon.apakah masih bisa dinormalkan kembali dengan cara diflash.
    mohon pencerahannya.
    terima kasih

    ReplyDelete
  2. Dear...Zacky
    Diflash masih bisa normal namun tidak bisa menghapus akun mi yang terkunci gan

    ReplyDelete