Kawasaki Ninja ZX-6R 40th Anniversary Edition

Kawasaki Ninja ZX-6R 40th Anniversary Edition - Untuk pasar otomotif Indonesia, Kawasaki Motor Indonesia kembali memperkenalkan tiga motor sport baru dari seri Kawasaki Ninja Anniversary 40th, yaitu Ninja ZX-10R, Ninja ZX-6R, dan Ninja ZX-4RR.

Ketiga motor sport ini sebelumnya juga diperkenalkan diacara Japan Mobility Show tahun 2023 lalu. Namun, kabarnya untuk pasar Indonesia ini dijual terbatas. Mengenai Kawasaki Ninja ZX-10R ini hanya tersedia lima, sepuluh Ninja ZX-6R, dan sepuluh ZX-4RR.

Kawasaki Ninja ZX-6R 40th Anniversary Edition


Selama empat puluh tahun, sepeda motor Kawasaki Ninja telah memikat penggemar sportbike di seluruh dunia. Dengan kehadiran Ninja 40th Anniversary Edition ini, Kawasaki Lovers kini semakin antusias.

Michael C. Tanadhi, Departemen Head Sales & Promotion KMI, mengucapkan terima kasih atas antusiasme positif yang ditunjukkan oleh Kawasaki Lovers dan masyarakat Indonesia, yang telah ikut meramaikan dunia otomotif. Khususnya sportbike, yang akan menjadi salah satu koleksi favorit penggemar Kawasaki.

Setelah digunakan oleh Jonathan Rea tiga tahun lalu di ajang balap motor tahunan WSBK Mandalika, model sportbike ini kembali populer. Lantas, apa saja fitur dan spesifikasi dari Kawasaki Ninja ZX-6R ini?

Buat kamu yang belum tahu mengenai teknologi dan fitur dari motor sport ini, alangkah baiknya pahami dahulu.

Fitur Ninja ZX-6R 40th Anniversary Edition


Smooth, Flowing Ninja ZX Styling

Styling Ninja ZX yang Halus dan Mengalir. Gaya serba baru terinspirasi oleh Ninja ZX-10R sekaligus mewujudkan citra supersport ideal. Penutup depan dan samping baru menciptakan desain yang mengalir mulus dari kepala hingga belakang.

Lampu depan kompak baru dan penutup depan berlapis rumit memberi Ninja ZX-6R “wajah” baru, sementara penutup mesin berwarna hitam dan peredam menambah kesan supersport dan lampu sein LED melengkapi paket pencahayaan serba LED.

4.3” TFT Colour Instrumentation with Smartphone Connectivity

Instrumentasi Warna TFT 4,3” dengan Konektivitas Smartphone. Instrumentasi warna TFT serba digital 4,3” yang baru memberikan kokpit tampilan berteknologi tinggi dan bermutu tinggi. Selain konektivitas smartphone, meteran baru ini juga menawarkan sejumlah fitur meteran yang tidak tersedia pada model sebelumnya.

Performance Optimized for Advantage Street-Riding Exhilaration

Performa Dioptimalkan untuk Keuntungan Kegembiraan Berkendara di Jalanan. Dengan mesin berbasis balap dan performa sasis yang dioptimalkan untuk jalanan, Ninja ZX-6R menawarkan kegembiraan berkendara dalam berbagai situasi berkendara.

Meskipun akarnya memberikan potensi tinggi untuk kesenangan berkendara di trek, fokus berkendara jalanan menjadikannya supersport kelas 600cc pilihan untuk berkendara seharian di ngarai atau melewati gunung.

Integrated Riding Modes

Mode Berkendara Terintegrasi. Empat mode berkendara terintegrasi (Sport, Road, Rain, atau Rider (manual)) memudahkan pemilihan tingkat kontrol traksi dan mode daya untuk disesuaikan dengan kondisi berkendara saat ini.

The 636 Advantage: 636 cm3 Liquid- Cooled, 4-Stroke In-Line Four

Keuntungan yang ditawarkan oleh perpindahan 37 cm3 Ninja ZX-6R yang lebih besar sangat signifikan untuk kegembiraan berkendara di dunia nyata. Performa yang lebih baik di seluruh rentang rpm disambut baik saat berkendara sport, baik di jalan raya maupun di trek balap.

Namun torsi rendah dan menengah yang lebih kuat dibandingkan dengan model supersport ukuran menengah “biasa” juga menawarkan peningkatan kegunaan dalam situasi berkendara sehari-hari, seperti berkendara di lalu lintas kota yang macet atau berakselerasi untuk berpapasan dengan kendaraan lain di jalan raya. Pembaruan untuk tahun 2024 mencakup penyesuaian terkait emisi.

Large Brake Discs, Monobloc Calipers

Rem Cakram Besar, Kaliper Monoblok. Kaliper monoblok yang dipasang secara radial dan sangat kaku memberikan kesan kokoh pada tuas untuk kontrol yang luar biasa.

Rem cakram besar Ø 310 mm dan master silinder rem depan pompa radial melengkapi paket rem depan, memastikan pengereman bertenaga dengan sensasi luar biasa. Rem cakram 220mm dan kaliper ringan memperlambat roda belakang. Cakram bundar baru yang serupa gayanya dengan Ninja ZX-10R berkontribusi pada citra keluarga Ninja ZX yang kuat.

Advanced Technology

Teknologi maju. Kontrol traksi, manajemen rem kelas supersport, mode tenaga yang dapat dipilih, dan quick shifter kini dilengkapi dengan instrumentasi TFT penuh warna dengan sejumlah fitur baru termasuk konektivitas smartphone dan mode berkendara terintegrasi.

Sporty Windscreen

Kaca Depan Sporty. Kaca depan yang pendek berkontribusi pada citra supersport Ninja ZX-6R. Seperti Ninja ZX-10R, penutup depan menopang sisi kaca depan. Lubang di kaca depan mengurangi penumpukan tekanan di belakang layar untuk membantu mengurangi hentakan saat berkendara dengan kecepatan tinggi.

Definitive Ninja Face

Lampu depan proyektor/reflektor hybrid baru yang ringkas adalah elemen kunci dari wajah baru Ninja ZX-6R. Teknologi LED mono-fokus dilengkapi dengan reflektor dalam yang membuat bagian lampu depan yang gelap tampak gelap, sehingga menciptakan ekspresi garang. Desain penutup depan yang rumit dilengkapi dengan lubang masuk bergaya sayap dan spoiler dagu bersudut untuk membentuk citra yang sangat khas.

3D Interwoven Bodywork

Seperti desain penutup ekor, penutup depan dan samping menggunakan lapisan yang terjalin untuk menciptakan efek 3D, dengan beberapa lapisan menambah desain kelas atas.

Desain bodywork yang halus dan mengalir menarik perhatian dari kepala hingga ekor dan mengisyaratkan performa supersport Ninja ZX-6R yang berfokus pada jalanan.

40th Anniversary Emblem

Di atas tangki bahan bakar terdapat lambang peringatan 40 tahun, dirancang dengan gaya yang mirip dengan stiker kejuaraan dan mengingatkan pada kancah balap tahun 1980-an.

Championship-Winning ZXR-7-Inspired 40th Anniversary Styling

Gaya HUT ke-40 yang Terinspirasi ZXR-7 Pemenang Kejuaraan. Untuk secara akurat mereproduksi skema warna asli.

The Kawasaki Side Logo

Logo “Kawasaki” pada fairing samping diposisikan dengan ukuran ideal dan keseimbangan untuk setiap model. pada masa itu, warna biru yang digunakan telah dibuat ulang untuk model ini.

Gold Coloured Fork Tubes

Tabung luar garpu depan Ninja ZX-10R/ZX-6R dicat emas, terinspirasi dari garpu depan ZXR400/250. Emas baru memiliki warna yang lebih terkini dan cerah dibandingkan yang digunakan sebelumnya.

Three-Colour Fuel Tank

Tangki Bahan Bakar Tiga Warna. Model Ninja 40th Anniversary menampilkan tangki bahan bakar dengan desain tiga warna khusus.

Lime Green Wheels

Velg bercat Lime Green menambah tampilan klasik.

Optimized Colour Layout

Tata Letak Warna yang Dioptimalkan. Saat menerapkan skema tiga warna pada model Ninja modern ini, tata letak dan keseimbangan warna dioptimalkan secara cermat untuk setiap model.

80's and 90's Fonts

Nomor perpindahan yang ditampilkan pada penutup ekor baru diproduksi berdasarkan font yang digunakan pada tahun 80an dan 90an.

Reminiscent of parts used in 80's and 90's

Rangka dan lengan ayun Ninja ZX-10R/ZX-6R/ZX-4RR dicat warna silver, mengingatkan pada part alumunium yang digunakan pada tahun 80an dan 90an.

Spesifikasi Ninja ZX-6R 40th Anniversary Edition

Detail

Panjang x Lebar x Tinggi : 2,025 x 710 x 1,105 mm
Jarak poros roda : 1,400 mm
Jarak ke Tanah : 130 mm
Tinggi Tempat Duduk : 830 mm
Berat : 198 kg
Kapasitas Bensin : 17 litres

Power

Power Maksimum : 95.2 kW {129 PS} / 13,000 rpm (with Ram Air)
Torsi Maksimum : 69.0 Nm {7.0 kgfm} / 11,000 rpm
Jenis Mesin : Liquid-cooled, 4-stroke In-Line Four
Volume Silinder : 636 cc
Diameter x Langkah : 67.0 x 45.1 mm
Perbandingan Kompresi : 12.9:1
Sistem Katup : DOHC, 16 valves
Sistem Suplai Bahan Bakar : Fuel injection: ø38 mm x 4 with oval sub-throttles
Sistem Pengapian : Digital
Start : Electric
Transmission : 6-speed, return
Primary Reduction Ratio : 1.900 (76/40)
Final Reduction Ratio : 2.867 (43/15)
Kopling : Wet multi-disc, manual
System Final Drive Type : Chain

Performance

Tipe Rangka : Perimeter, pressed-aluminium
Suspensi Depan : ø41 mm inverted fork (SFF-BP) with rebound and compression damping and spring preload adjustability
Suspensi Belakang : Bottom-Link Uni Trak, gas-charged shock with piggyback reservoir, compression and rebound damping and spring preload adjustability
Wheel Travel Depan : 120 mm
Wheel Travel Belakang : 151 mm
Sudut Putar / Trail : 23.5° / 101 mm
Roda Depan : 120/70ZR17M/C (58W)
Roda Belakang : 180/55ZR17M/C (73W)
Rem Depan : Dual semi-floating ø310 mm discs
Kaliper Depan : Dual radial-mount, monobloc, opposed 4-piston
Rem Belakang : ø220 mm disc
Kaliper Belakang : Single-bore pin-slide, aluminium piston