Vivo Y01 Letak Titik Test Point 

Vivo Y01 Letak Titik Test Point - Bagaimana menemukan tata letak titik test point Vivo Y01 model V2118? Sekarang Anda tidak dapat melakukan Flashing / Install firmware, Unlock Pola/Sandi menggunakan alat software secara instan dengan hanya menahan tombol Volume up dan Volume down atau colok kabel USB langsung pada saat smartphone dalam kondisi mati.

Apakah Anda memang menemui masalah seperti ini? Jangan khawatir, mari kita temukan solusinya bersama.

Daftar Isi Artikel

Kalau smartphone mati / bootloop, biasanya disebabkan oleh beberapa hal. Maksud mati disini bukan mati total ya, dan bukan karena hardware, tapi kondisi smartphone masih terbaca baik di 'Device Manager' komputer. Atau biasanya smartphone hanya getar saja ketika dihidupkan.

Penyebab umum smartphone Vivo Y01 Mati / Bootloop

Gagal Flashing : Gagal flashing pada Vivo Y01 adalah masalah paling umum. Ini dapat terjadi karena kesalahan proses saat memflash atau karena Stock ROM yang digunakan tidak sesuai atau tidak kompatibel dengan perangkat Anda. Selain itu, kegagalan flashing juga dapat disebabkan oleh terputusnya koneksi antara smartphone dan komputer atau kabel USB yang tidak bagus atau baterainya memang sudah rusak.

Custom ROM : Jika Anda menginstal custom ROM atau melakukan modifikasi perangkat yang tidak kompatibel dengan smartphone Vivo Anda, itu bisa menyebabkan masalah bootloop.

Kerusakan File Sistem : File sistem yang rusak atau korup dapat membuat perangkat Anda tidak dapat boot dengan benar.

Kegagalan Proses Rooting : Jika Anda mencoba men-Root yang sebenarnya itu tidak disarankan untuk smartphone Anda dan sesuatu tidak berjalan seperti yang seharusnya, ini dapat mengakibatkan bootloop dan bahkan mati.

Setelah Anda tahu beberapa penyebab umum yang menimbulkan masalah terjadi pada smartphone Vivo Y01, selanjutnya adalah mencari solusi paling efektif untuk memperbaikinya. Kalau ini adalah masalah software, cara yang bisa dilakukan adalah memflash firmware.

Kode firmware perangkat lunak (Software) Vivo Y01 ini ialah PD2140F / PD2140FN. Pastikan Anda mendownload firmware yang sesuai untuk smartphone Anda dari situs web resmi atau sumber yang dapat diandalkan. Pastikan Anda memilih firmware yang cocok dengan model dan nomor versi perangkat Anda.

Kenapa harus menggunakan metode Test Point

Test point ini diperlukan disaat-saat kondisi mau flashing memang sudah tidak mendukung pekerjaan kita sebagai teknisi. Ini dikarenakan smartphone yang kita kerjakan tidak dapat terhubung dengan baik pada komputer.

Sedangkan Test point Vivo Y01 adalah titik CLK, yang kita hubungkan ke ground agar dapat di deteksi atau dibaca dengan baik oleh komputer, CLK + GND.

Jadi untuk menemukan dimana tata letak komponen CLK Vivo Y01 dan gambaranya, tentunya kita tidak hanya asal menebak saja. Sebagai teknisi kita tidak harus membuat kesalahan karena mengabaikan ketelitian dalam analisa.

Untuk itu, kita harus menggunakan metode atau cara yang benar untuk setiap proses pengerjaan. Namun bagaimana menemukan titik test point-nya jika kita memang belum tahu agar tidak salah?

Pada beberapa tool software / Box flasher biasanya dilengkapi dengan pendukung pengerjaan flashing, unlock, dan lainnya. Kalau kita belum memiliki alat yang cukup. Banyak tutorial yang bisa kita temukan dengan mudah.

Melalui postingan ini saya akan memberikan rekomendasi skema gambaran titik test point Vivo Y01. Sebagai langkahnya, kita harus membongkar smartphone terlebih dahulu, lalu mengangkat motherboard Vivo Y01 dengan hati-hati.

Setelah kita sudah bongkar, kita perlu menemukan dimana tata letak test point-nya. Berikut adalah gambaran titik Test Point pada smartphone Vivo Y01.

Vivo Y01 Letak Titik Test Point / Komponen CLK TO GND

Vivo Y01 Letak Titik Test Point

Cara Aman Menghubungkan Titik Test Point Vivo Y01

Untuk menghubungkan titik test point di motherboard atau mesin Vivo Y01 ke komputer, ada dua cara mudah yang bisa kita lakukan. Cara ini lebih aman dari segala resiko yang mungkin saja bisa terjadi.

Sehingga kita tidak akan menemukan kesalahan atau membuat motherboard/mesin menjadi fatal.

1. Menggunakan Pinset

Setelah kita sudah membongkar mesin Vivo Y01, kita lihat pada motherboard-nya pastikan bahwa titik CLK yang ditunjukkan pada gambar dapat dicapai dengan mudah menggunakan pinset fleksibel USB dan baterai juga. Selain itu, kabel USB telah dicolok ke smartphone, tetapi belum terhubung ke port komputer.

Sementara itu, colokkan kabel USB ke komputer atau laptop. Perhatikan bahwa Device Manager harusnya sudah membaca smartphone Anda. Langsung lepaskan pinset dari mesin jika memang smartphone sudah terdeteksi.

2. Menggunakan teknik / cara Jumper

Keluarkan kabel jumper dan jarum jahit, Anda bisa solder ujung pertama kabel jumper ke jarum jahit, kemudian solder ujung kabel jumper ke Ground. Kabel USB sudah dicolok ke smartphone, tetapi yang ke komputer belum.

Hubungkan jarum ke titik CLK sambil cepat colok kabel USB ke komputer atau laptop, pastikan Device Manager sudah mendeteksi / membaca smartphone. Biasanya akan terlihat seperti "Mediatek USB Port'. Lepaskan jarum dari titik CLK dan lanjutkan prosedur.

Sekarang setelah kita sudah berhasil menemukan titik test point Vivo Y01 dan tahu cara menggunakannya dengan aman, kita bisa lanjutkan untuk pengerjaan.

Kalau memang tujuan kita adalah memflash firmware, unlock pola.sandi, tentu prosesnya akan bisa berlansung dengan lancar tanpa ada kendala dari smartphone yang tidak di detekasi oleh komputer. Terutama pada smartphone terbaru sekarang yang selalu dilakukan pembaruan tingkat keamanannya (New Scurity), kita tidak akan menemukan kesulitan lagi.

Kesimpulan

Test point Vivo Y01 tidak selalu harus dilakukan. Ini hanya diperlukan dalam kondisi tertentu saja.

Contohnya saat smartphone Vivo Y01 tersebut mengalami hardbrick, mati, dan tidak dapat masuk ke Mode Recovery atau Fastboot. Pada kondisi ini, biasanya perangkat tidak akan dapat dikenali oleh komputer atau laptop kecuali dengan metode test point ini.

Maka test point adalah langkah pertama dan merupakan cara paling efektif untuk masuk ke mode EDL.

Itulah skema titik test point Vivo Y01 rekomendasi saya yang dapat saya bahas di postingan ini. Semoga bisa membantu.