HARD RESET REALME C1 KE SETELAN AWAL

Selamat Datang di Blog Khasbi.com - Tutorial cara reset hp Realme C1 menjadi tips yang bisa saya bahas. Ini merupakan solusi efektif untuk mereset Realme C1 ke setelan pabrik. Karena untuk memperbaiki device Anda dari performa yang kurang optimal, hanya cara ini yang mudah untuk di lakukan.

Saat diperlukan, Anda dapat mereset kapan saja smartphone Anda selagi itu bertujuan untuk pemulihan. Seperti mengatasi hang yang bandel dan sering menyulitkan Anda ketika mengoperasikan smartphone. Apa lagi yang sering Anda temuia saat menggunakan smartphone adalah karena ngelag cukup lama.

Biasanya seperti ketika ingin membuka aplikasi, dan juga menutupnya. Hal ini bisa saja terjadi pada setiap smartphone. Namun ini juga bisa terjadi akibat ruang memori yang sudah hampir penuh. Terlebih jika memori RAM dan memori internal device Anda memiliki kapasitas kecil.

Tentunya akan sangat kurang responsif jika di paksa untuk menjalankan aplikasi bersamaan. Ditambah lagi, aplikasi yang Anda install pada smartphone ini cukup banyak. Oleh sebab itu, Anda memerlukan cara khusus untuk mengembalikan setelan device menjadi ke awal lagi.

Tips tentang cara hard reset Realme C1 akan menjadi ulasan terbaru saya yakni membantu Anda memahami tentang mengembalikan ke setelan pabrikan device sendiri. Ini adalah cara yang dapat Anda pilih untuk sekedar solusi pada smartphone Anda diwaktu tertentu.

Meski Anda dapat mengurangi aplikasi yang Anda pasang di device, terkadang itu juga tidak menemukan solusi. Maka dari itu, Anda harus mengetahui tentang tahapan yang tepat dan aman untuk Anda kerjakan sendiri. 

Bukan hanya sekedar menghapus aplikasi saja namun juga pilihan yang bisa membantu Anda mengatasi beberapa masalah. Kalau itu juga tidak dapat membantu Anda, pilihan lain pun masih bisa Anda lakukan. 

Yaitu, menginstal firmware resmi Realme C1 melalui mode Recovery menggunakan memori kartu SD. Mungkin ini dapat Anda jadikan solusi kedua karena hanya menggunakan satu file saja.

Melakukan flashing perangkat lunak juga bisa tanpa menggunakan PC, sehingga dapat Anda lakukan dengan sangat cepat. Smartphone Anda akan dimulai ulang secara menyeluruh dengan ROM yang telah Anda install.

hard reset realme c1

Namun jika Anda merasa bahwa hard reset Realme C1 sudah cukup untuk membantu Anda, tidak ada salahnya Anda memulainya.

Caranya juga terbilang mudah karena hanya perlu masuk mode Recovery dan memulai perintah Wipe data. Ketika Anda sudah mengetahui langkah ini, Anda dapat melakukannya sendiri tanpa memerlukan tutorial lagi. 

Namun, kalau Anda memerlukan panduan flashing firmware sebagai pilihan solusi lain karena device bermasalah bootloop, Anda dapat langsung menyimak beberapa langkah dari saya yang sudah pernah dibahas. Simak: Cara Flash Realme C1 (RMX1811) QFIL Tool

Sekarang Anda dapat mengetahui lebih lanjut mengenai cara hard reset. Ini adalah panduan yang mudah dan pastinya Anda bisa cepat mengerti mengenai cara mengembalikan setelan awal smartphone Anda. 

Tips ini akan saya bagi menjadi dua metode yang berbeda caranya. Anda dapat memilih metode yang mana untuk bisa memperbaiki device Anda.

Cara Hard Reset Realme C1 (Metode 1)

1. Sebelum memulai, pastikan daya baterai smartphone tersisa sekitar 50% atau lebih. Jika Anda lihat daya baterai hampir habis, harap untuk charge terlebih dahulu.

2. Kalau daya baterai device Anda sudah terisi cukup, buat device dalam kondisi off atau matikan dulu. Tekan beberapa detik tombol 'Power', lalu geser kebawah untuk membuatnya benar-benar mati.

3. Setelah itu, Anda nyalakan kembali smartphone Anda dengan menekan tombol yang ada dan sering digunakan. Yakni, tekan tombol 'Volume Bawah' dan tombol 'Power' lalu tahan keduanya selama beberapa detik saja.

4. Tunggu sampai layar menampilkan pilihan bahasa yang bisa Anda lihat dibagian atas. Dari langkah ini Anda dapat langsung menekan tombol 'Volume Bawah' atau 'Volume Turun' sebagai navigasi. Dan tombol 'Power' untuk konfirmasi.

5. Sekarang Anda dapat memilih bahasa 'English' untuk melanjutkan. Setelah ini smartphone Anda akan menampilkan menu baru, yakni 'ColorOS Recovery'. Contohnya seperti gambar berikut.

realme c1 mode recovery

6. Selanjutnya Anda dapat memilih 'Wipe data', dan 'Wipe data (Keep, SMS, Contact and Photos)'.

7. Silahkan konfirmasi OK ketika ada notifikasi muncik dilayar. Anda akan melihat proses Wiping data sedang berlangsung. Tunggu sampai proses tersebut mengatakan 'Wiped successful'.

8. Setelah itu Anda dapat memilih 'Reboot'.

Ketika Anda sudah menyelesaikan semua tahapan diatas maka tinggal menunggu smartphone Anda sedang restart dan loading. Jika cukup lama maka jangan panik, karena itu adalah proses pengoptimalan aplikasi awal setelah smartphone baru saja di reset.

Kemudian jika device sudah ditampilan layar setelan awal, Anda dapat mengatur bahasa dan login dengan akun Google Anda. Selesaikan setelan sesuai perintah yang muncul dilayar smartphone Anda sampai smartphone siap untuk digunakan.

Sebagai metode selanjutnya, saya akan memberikan tips cara reset Realme C1 tanpa harus masuk di Mode Recovery seperti cara pertama di atas. Namun tujuannya tetap sama, yaitu mengembalikan setelan pabrik.

Cara Reset Realme C1 dari Pengaturan (Metode 2)

1. Pastikan smartphone Anda dalam kondisi menyala. Usahakan agar daya baterai device cukup untuk memulai langkah ini.

2. Buka menu 'Pengaturan'.

3. Gulir kebawah untuk menemukan menu 'Pengaturan Tambahan'.

4. Silahkan pilih menu 'Buat cadangan dan Reset'.

5. Pada pilihan selanjutnya, ketuk saja 'Reset ke Data Pabrik'.

6. Untuk langkah selanjutnya, Anda dapat memilih 'Hapus Isi dan Pengaturan'.

7. Anda akan melihat device restart, dan memulai proses 'Wipe data'. Tunggu saja sampai smartphone Anda restart lagi dan loading.

8. Selesai.

Sekarang Anda sudah tahu tentang bagaimana mereset smartphone Anda sendiri dari Mode Recovery atau menu Pengaturan. Saat terjadi masalah yang sama, Anda dapat mengulang tahapan tersebut dan menjadikannya sebagai pertolongan pertama saat smartphone Anda ada masalah.

Kesimpulan

Hard reset pada device sendiri merupakan cara yang paling di rekomendasikan. Setiap pengguna smartphone di harapkan mengerti akan maksud dari langkah ini. Selain dari pemulihan dan perbaikan, ini juga dapat membantu device bisa terjaga.

Pastikan Anda juga mengerti bahwa hard reset ini melibatkan resiko. Dimana data-data Anda bisa saja terhapus dalam proses ini. Untuk itu, biasakan untuk selalu membuat cadangan data Anda untuk menjaga agar nantinya tidak akan terhapus saat Anda mencoba mereset smartphone lagi.