Cara Hard Reset Xiaomi Redmi Y3

Cara Hard Reset Xiaomi Redmi Y3 dapat menjadi solusi untuk mengembalikan ke setelan pabrik

Cara Hard Reset Xiaomi Redmi Y3 dapat menjadi solusi untuk mengembalikan ke setelan pabrik. Ini juga dinamakan dengan memulai ulang sistem device Anda. Biasanya sangat membantu untuk mengatasi hang atau ketika device mengalami error.

Cara Hard Reset Xiaomi Redmi Y3

Bahkan ketika smartphone Bootloop (Stuck On The Logo), Anda juga bisa memilih tindakan ini sebagai pertolongan pertama. Semua dapat Anda perbaiki kalau memang sudah mengetahui langkah apa yang diperlukan.

Cara reset Xiaomi Redmi Y3 juga sangat disarankan. Terlebih kalau Anda memang belum memilih untuk menginstal ROM sebagai rencana update MIUI. Anda tidak perlu mengunduh firmware terlebih dulu kalau memang belum mengetahui masalahnya apa.

Terkecuali memang sudah bootloop dan memang harus diflashing. Setiap device memiliki kendala yang berbeda dan awalnya juga disebabkan oleh hal yang tidak sama. Maka dari itu, Anda bisa lebih teliti dalam memahami perangkat Anda.

Meski smartphone tersebut tergolong baru, Anda juga harus dapat menggunakannya dengan baik dan hati-hati. Jangan sampai Anda merasa terganggu jika ada masalah yang muncul. Kalau memang sekarang sudah terlanjur terjadi, tindakan Anda untuk melakukan perbaikan tentu harus dilakukan.

Lebih cepat akan sangat baik agar device Anda kembali normal dan siap untuk digunakan. Cara hard reset Xiaomi Redmi Y3 juga bisa dijadikan solusi untuk mengatasi lupa password (Pattern Unlock). Jika itu adalah yang Anda hadapi, jangan ragu untuk segera memulai ulang.

Simak: Cara Flash Xiaomi Redmi Y3 ROM Global

Langkah tersebut tidak sesulit yang Anda bayangkan. Anda hanya memerlukan waktu beberapa menit untuk menyelesaikannya. Namun, Anda juga harus mengerti tentang hal yang lebih penting lainnya. Mengembalikan setelan pabrik akan menghapus data pada device Anda.

Dan yang terhapus hanya yang tersimpan dalam device Anda. Untuk data atau file media yang Anda pisahkan menggunakan microSD, ini tidak akan terhapus. Anda bisa melapas memori Anda terlebih dulu sebelum tindakan reset pabrik ini dilakukan.

Setelah Anda mengetahui hal ini, sekarang Anda bisa langsung memulai ulang device Anda. Melalui artikel ini, saya akan menjelaskan dengan baik mengenai cara hard reset Xiaomi Redmi Y3 dengan dua metode berbeda. Mungkin ini dapat menjadi sarana dan tutorial bagi Anda yang belum memahaminya.

Cara Hard Reset Xiaomi Redmi Y3 via Recovery

Langkah 1: Isi daya smartphone Xiaomi Anda hingga tingkat baterai minimal di atas 50%.

Langkah 2: Setelah daya baterai mencukupi, kemudian matikan dahulu smartphone untuk beberapa detik dengan cara menekan tombol Power.

Langkah 3: Hidupkan kembali smartphone dengan cara menekan kedua tombol Volume Atas dan tombol Power secara bersamaan untuk beberapa detik saja. Tunggu sampai device masuk di menu Mi Recovery seperti berikut.

Langkah 4: Selanjutnya Anda bisa menavigasi dengan cara menekan tombol Volume Bawah atau Volume Atas. Tekan salah satu tombol Volume tersebut ke arah menu Wipe data.

Langkah 5: Tekan saja tombol Power untuk memilih opsi tersebut.

Langkah 6: Navigasi lagi ke pilihan Wipe All Data. Lalu ketuk Confirmation untuk mulai mereset data pada perangkat Anda. Proses ini mungkin memakan waktu beberapa menit dan Anda harus menunggu hingga sukses atau komplit.

Langkah 7: Jika format data sudah selesai, Anda bisa memilih Reboot system now.

Anda sudah berhasil memulai ulang perangkat Anda dengan metode pertama. Mengenai cara hard reset Xiaomi redmi Y3 ini sebenarnya memang mudah. Anda dapat melakukannya kapan saja selagi Anda mengetahui caranya.

Selanjutnya saya akan memberikan tambahan mengenai cara factory reset melalui metode lainnya. Tindakan ini sengaja saya tambahkan kalau Anda memang tidak ingin masuk ke Recovery atau memang tidak perlu.

Namun, smartphone Anda harus benar-benar bisa dibuka dan menu dari device Anda bisa diakses. Factory data reset biasanya akan berguna untuk mengatasi hang atau juga mengembalikan pengaturan pabrik.

Xiaomi Redmi Y3 Factory data Reset

  • Pastikan daya baterai device Anda mencukupi atau tidak kosong.
  • Silahkan mulai dengan membuka menu Settings/Pengaturan.
  • Pilih saja Additional settings/Setelan tambahan
  • Ketuk Backup & Reset/Buat cadangan & setel ulang.
  • Pilih Restore to factory settings/Kembalikan kesetelan pabrik
  • Pilih Reset phone/Setel ulang telepon
  • Konfirmasi dengan memilih Clear/Hapus
  • Biarkan perangkat Restart

Dengan hanya beberapa tahap saja, sekarang smartphone Anda sudah selesai di reset atau kembali ke setelan pabrik. Anda akan melihat semua menu seperti hanya bawaan MIUI.

Setelah itu Anda bisa segera menggunakan smartphone seperti biasanya. Kalau nanti dilain waktu mendapatkan masalah yang sama, Anda dapat memulai tindakan ini. Pada intinya Anda sudah mengetahui langkahnya.

Demikian tips cara hard reset Xiaomi Redmi Y3 yang dapat saya bagikan sebagai panduan perbaikan untuk Anda semua.

Post a Comment