CARA FLASH VIVO Y30 (PD1987) Scatter File

Cara Flash Vivo Y30 (PD1987) merupakan metode yang dapat dilakukan untuk melakukan perbaikan serta pembaruan software.
Selamat Datang di Blog Khasbi.com - Cara Flash Vivo Y30 (PD1987) merupakan metode yang dapat dilakukan untuk melakukan perbaikan serta pembaruan software. Ketika smartphone Anda bootloop atau error pada aplikasi tertentu, ini dapat di perbaiki dengan sangat cepat.

Tindakan ini menjadi solusi yang memang dianjurkan dan dapat diterapkan kapan saja. Memulihkan smartphone sendiri seharusnya memang bisa Anda lakukan. Apalagi untuk mengatasi berbagai macam kendala yang muncul pada device Anda. Cara flash Vivo Y30 biasanya hanya memerlukan waktu beberapa menit saja. 

Cara Flash Vivo Y30 (PD1987)

Ada dua kemungkinan yang bisa menjadi pilihan dalam prosedur ini. Diantaranya adalah flash menggunakan dukungan Windows PC/laptop atau hanya memerlukan update OTA dengan firmware khusus. 

Anda dapat memilih keduanya sebagai pertolongan ketika Anda membutuhkannya. Terlebih kalau Anda ingin memulainya hari ini dan itu sangat baik.

Begitu juga kalau ada rilis terbaru dari versi software untuk device Anda. Memulai pembaruan dapat meningkatkan stabilitas sistem dan keamanan pada smartphone Anda tersebut. 

Oleh sebab itu, penting sekali bagi Anda untuk selalu rutin dalam memeriksa peluang update firmware. Cara flash Vivo Y30 juga merupakan tindakan yang bisa dilakukan manual untuk solusi pembaruan software. 

Berbeda jika Anda memulai update melalui jaringan. Terkadang, hasilnya sering failed karena koneksi jaringan internet yang sering macet atau terganggu.

Flash manual dengan Anda mengunduh firmware terlebih dahulu jauh lebih aman dan tidak akan ada resiko yang harus Anda dapatkan. Terkecuali, beberapa kemungkinan sudah Anda siapkan. 

Seperti halnya membuat cadangan atas data penting Anda. Karena memulai tahap flash bisa saja menghapus data yang ada. Sekarang Anda dapat menentukan metode ini kalau Anda sendiri sudah siap. 

Mulailah dari diri Anda sendiri untuk dapat memperbaiki smartphone Anda termasuk pembaruan. Anda hanya cukup menggunakan satu file yang sudah saya rekomendasikan untuk device Anda.

Selain itu, seandainya tindakan ini tidak dapat membantu untuk mengatasi kendala bootloop pada device Anda, silahkan dengan diflash melalui dukungan PC. Ini lebih baik ketika memang sudah tidak ada pilihan yang dapat Anda lakukan.

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, bahwa cara flash Vivo Y30 bisa dilakukan dengan beberapa metode. Termasuk satu ini yang saya bahas untuk Anda. Tapi kalau Anda memang tidak memerlukan langkah flash, mengembalikan setelan pabrik dapat Anda jadikan solusi.

Sekarang juga Anda dapat memulai untuk flashing firmware dengan langkah yang telah saya jelaskan. Mungkin ini juga bisa menyelesaikan masalah Anda dan menjadi tahap update.

Cara Flash Vivo Y30 (PD1987) Tanpa PC

1. Sebelum memulai langkah ini, silahkan Anda mengisi daya baterai smartphone Vivo Anda hingga di atas 50%.

2. Kemudian, Anda unduh file PD1987F_EX_A_6.17.2-update-full_1662601037.zip, dan pilihlah versi yang paling baru dari yang sudah tersedia.

3. Hubungkan smartphone Anda ke Windows PC/ laptop menggunakan kabel micro USB. salin file yang sudah selesai di unduh tadi ke direktori root penyimpanan atau kartu SD smartphone Anda tanpa dekompresi.

4. Setelah itu, Matikan telepon Anda, lalu tekan dan tahan tombol Power dan tombol Volume Naik secara bersamaan sampai logo Vivo muncul untuk masuk ke mode Fastboot.

flash vivo y30 via recovery mode

5. Pilih saja Recovery Mode dengan menekan tombol Volume Turun dan memilih dengan menekan tombol Power. Dibawah Vivo Recovery, Anda bisa memilih Instal Update.

6. Pilih Phone Storage atau kartu SD (kartu SD). Pilih firmware yang Anda simpan tadi dan tekan untuk menginstalnya. Pesan konfirmasi akan muncul di layar Anda, lalu cukup tekan Ok.

7. Telepon Anda akan reboot secara otomatis dan mulai memperbarui perangkat lunak. Proses pembaruan akan memakan waktu beberapa menit dan menunggu komplit. 

8. Setelah selesai, Anda dapat memilih Reboot system.

Dengan hanya beberapa langkah saja, smartphone Anda sudah berhasil di perbarui menggunakn firmware OTA yang telah Anda unduh sebelumnya. Cara flash Vivo Y30 juga sudah selesai Anda lakukan dan Anda bisa segera menggunakannya.

Sekarang Anda juga bisa menggunakan metode dengan flashing via FlashTool. Ini akan membantu untuk memperbaiki device ketika mati suri, bootloop, dan lainnya. Tapi tindakan ini diperlukan beberapa file. 

Kalau cara pertama Anda hanya menggunakan satu file, yaitu file OTA. Sedangkan pada metode ini diperlukan file Scatter.

Cara Flash Vivo Y30 via SP Flash Tool

1. Isi daya smartphone Vivo Y30 Anda hingga level baterai di atas 50 persen.

2. Download file berikut.

3. Ekstrak file yang baru saja Anda download. Anda akan mendapatkan folder file yang terpisah. Sekarang instal driver Mtk di komputer Anda.

4. Klik dua kali pada aplikasi Flash_tool, hingga aplikasi tersebut benar-benar terbuka dilayar komputer. Contohnya seperti gambar berikut.

menambahkan file scatter vivo y30

5. Selanjutnya klik tab Scatter Loading lalu tambahkan file MT6765_Android _scatter. File ini berada pada folder firmware. Setelah file ditambahkan, hilangkan centang pada Preloader. Ini untuk menghindari device tiba-tiba mati atau IMEI hilang saat selesai flashing.

6. Klik tab Download pada Flash Tool.

flash firmware vivo y30

7. Matikan device Anda dan sambungkan ke PC dengan menekan tombol volume bawah atau volume atas. Lebih baik menggunakan kabel USB asli yang Anda dapatkan dengan telepon Anda.

8. Proses flash firmware selesai dalam beberapa menit.

9. Tunggu hingga muncul tulisan 'Download OK' di kotak hijau.

10. Setelah flash selesai, hidupkan telepon Anda, dan Anda dapat memutuskan sambungan telepon dari PC.

Kalau Anda memerlukan langkah ini untuk lain kali, Anda masih bisa saja memulainya sendiri. Intinya Anda sudah paham betul bagaimana tindakan ini dilakukan. Jika Anda memiliki email aktif pada device tersebut, Anda bisa mulai login. Ini akan membantu Anda ketika nanti bakal menambahkan aplikasi.

Mungkin itulah tutorial saya pada kesempatan ini tentang cara flash Vivo Y30 melalui mode recovery. Mudah-mudahan semua yang sudah saya jelaskan dapat Anda pahami dengan baik dan memberikan solusi untuk perbaikan smartphone Anda.

2 comments

  1. mas kalo Firmware Vivo Y30 ama Y30i sama nggak ya ?
  2. Dear...Reza Ahmadi Sukur
    Beda gan