Cara Flash Lenovo Vibe X2-AP via SP Flash Tool

Terbaru yang akan kami posting kali ini merupakan pengalaman pribadi tentang cara flash Lenovo Vibe X2-AP menggunakan SP Flash Tool.
Terbaru yang akan kami posting kali ini merupakan pengalaman pribadi tentang cara flash Lenovo Vibe X2-AP menggunakan SP Flash Tool. Kali ini kami mendapati satu smartphone Lenovo Vibe X2 ini dengan kondisi bahwa smartphone tidak bisa masuk kemenu, yakni mengalami masalah bootloop dilogo Lenovo saja ketika dinyalakan.

Hal ini membuat smartphone tidak dapat digunakan karena tidak adanya menu yang biasanya tampil. Oleh sebab itu, kita sebagai pengguna ketika memiliki masalah tersebut harus bisa memperbaikinya.

Sepertinya smartphone mengalami bootscreen saat pengguna mencoba melakukan update sistem secara online yaitu Update OTA ke Android Lollipop yang merupakan versi terbaru namun gagal.

Cara Flash Lenovo Vibe X2-AP via Flashtool

Tidak disangka bahwa kondisi jaringan yang tidak memungkinkan sehingga kegagalan terjadi ditengah proses dan smartphone langsung menjadi off. Setelah dicoba dihidupkan dengan menekan daya, smartphone terkondisi dengan sistem tidak bisa bekerja atau loading. 

Bagi sobat semua yang memiliki smartphone Lenovo Vibe X2 dan bermasalah seperti ini diperlukan perbaikan software yaitu sistem operasi harus diperbaharui. 

Caranya ialah dengan melakukan flash ulang mengandalkan SP flashtool untuk memproses semuanya. Tentunya tahap melakukan flashing ini dilakukan dengan menggunakan PC dan dengan prosedur yang sangat mudah. 

Pada tutorial yang kami bagikan pada postingan ini mencakup perbaikan seluruh software pada smartphone dan bahan yang kami gunakan adalah firmware terbaru untuk Lenovo Vibe X2-AP dengan versi (X2-AP_ROW_S223_150528)

Namun, kami juga sudah menyediakan dua firmware yang mana itu dapat menjadi sebuah pilihan tentang file mana yang hari ini ingin sobat gunakan. Atau jika sobat ingin melakukan factory data reset terlebih dahulu pada Lenovo Vibe X2, maka sobat bisa mengikuti panduan kami yang sudah dibahas sebelumnya. 

Mungkin wiping data dapat menjadi satu pilihan pertama dan dapat menjadi pertolongan ketika sobat hanya lupa password.

Simak juga: Cara Hard Reset Lenovo Vibe X2

Bagi sobat yang ingin melakukan downgrade ke versi lama yaitu Android Kitkat (X2-AP_ROW_S130_150412), itu bisa dilakukan hari ini jika OS yang baru belum memberikan kenyamanan. Dalam melakukan downgrade langkahnya juga sama seperti tutorial yang akan kami uraikan ini.

Kedua file yang kami sajikan juga telah kami tested dan tidak ada kendala sama sekali mengenai hasil dari setelah flash ulang. Sobat tidak perlu khawatir mengenai dua firmware ini untuk sekedar bahan yang memang diperlukan.

Catatan: Flashing ulang dengan tujuan untuk menginstall firmware pada smartphone adalah langkah serius yang harus Anda perhatikan. Tindakan ini akan menghapus data yang ada sebelumnya. Pastikan Anda sudah melakukan backup data jika memang ada kesempatan dan memang ada data penting yang tersimpan di dalamnya.

Bahan bisa download terlebih dahulu:Cara Flash Lenovo Vibe X2-AP via SP Flash Tool

1. Ekstrak file firmware hasil download dan kamu akan mendapati bahan sudah lengkap dengan flashtool dan tentunya firmware ada didalam folder target.bin.

2. Buka folder hasil ekstrak dari Auto Installer Driver v1.1236.00, lalu install MTK Driver dan SmartPhoneDriver.

3. Setelah flashtool terbuka lalu klik saja pada Scatterloading. Cari file txt seperti (MT6595_Android_scatter) tepat didalam folder target.bin lalu pilih file tersebut dan biarkan beberapa detik flashtool memproses file.

4. Peringatan: Pastikan pada Option > Download > General Setting, centang Da DL All with Cheksum. Setelah itu matikan smartphone dan siapkan kabel USB.

5. Klik tombol Download. Sambungkan smartphone Lenovo Vibe X2-AP ke kabel USB ke PC dalam posisi mati. Proses download file akan berlangsung beberapa menit jadi tidak perlu panik.

6. Jika telah selesai akan bertanda Download Ok sebagai notifikasi bahwa flashing firmware pada perangkat atau smartphone Lenovo Vibe X2-AP telah sukses. Hidupkan smartphone untuk melihat hasilnya.

Berikut merupakan video tutorial yang dapat kami sajikan dari hasil melakukan flash ulang Lenovo Vibe X2 sebagai tambahan dan semoga bisa membantu sobat untuk memahami langkah diatas.



Jangan panik jika proses restart setelah flashing cukup lama karena memang demikian. Hal ini dikarenakan proses penataan aplikasi dan pengoptimalan sistem yang baru dari smartphone.

Demikian tutorial kami mengenai cara flash Lenovo Vibe X2 yang dapat mengisi waktu untuk berbagi pengalaman baru kami melalui postingan ini. Semoga tutorial flash ini dapat bermanfaat untuk semua pengguna blog kami dalam memulihkan smartphone.

2 comments

  1. Gan gimana cara ngatasin kamera yg error pada lenovo vibe x2 ap..stelah ane upgrade ke lolipop mlah gk konek..kameranya sih kebuka tapi gk ad gambarnya( black )..tnx gan
  2. Dear...agan Bambang KMS
    Sementara waktu kami flash ulang tidak timbul masalah, jika agan menghadapi demikian, itu ada dua file silahkan coba yang satunya lagi dan kedua file ini sudah kami tested dan tidak ada masalam , mohon dikoreksi lagi