2 Cara Reset Samsung A10 Ke Pengaturan Pabrik | Mudah

Cara hard reset Samsung Galaxy A10 SM-A105G akan menjadi tutorial untuk dapat membantu Anda dalam mengembalikan pengaturan pabrikan. Ini juga akan menjadi solusi untuk beberapa hal ketika smartphone Anda muncul masalah ringan, seperti kurang responsif, ngehang, ngelag, dan ketika ada error pada sistem.


Cara Hard Reset Samsung Galaxy A10 SM-A105G

Menghapus password sebagai kunci layar yang Anda buat juga dapat diselesaikan dengan sangat mudah. Karena kalau Anda lupa dengan kunci layar seperti pola/sandi  pada smartphone Anda tersebut, maka dibutuhkan teknik untuk bisa menghapusnya. 

Oleh sebab itu, mereset Samsung A10 ke pengaturan pabrik adalah cara yang tepat untuk Anda lakukan hari ini. Supaya, system smartphone Anda dapat dimulai ulang dan terlihat seperti baru lagi. 

Sebagai pengguna smartphone Galaxy A10, tentunya Anda perlu mengetahui beberapa hal yang dapat Anda jadikan sebagai tips yang sangat cepat.

Seperti halnya adalah ulasan ini yang tentu bisa menjadi sebuah pelajaran baru bagi Anda. Samsung Galaxy A10 merupakan smartphone yang cukup bagus. 

Ia mengusung spesifikasi yang dapat membuat Anda terpikat untuk bisa membelinya. Dilengkapi OS Android 9 Pie menjadikanya sangat berkesan karena fiturnya cukup banyak.

Teknologi jaringan yang diusungnya juga sudah mendukung jaringan 4G LTE. Ditambahkan lagi dengan sektor fotografi dari kamera yang dimilikinya. Smartphone ini dilengkapi kamera yang dapat menghasilkan gambar yang cukup jernih dan mampu memukau Anda.

Fitur-fitur dari sebuah smartphone memang bisa membuat banyak pengguna nyaman dalam menggunakannya. 

Maka dari itu, sangat penting untuk melihat beberapa fiturnya sebelum Anda membeli smartphone tersebut. Begitu juga dengan beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang solusi yang tepat dan disarankan.

TIPS: Cara Flash Samsung Galaxy A10 SM-A105G

Ini bukan tentang cara install firmware namun tentang pemulihan dari mode recovery. Anda dapat melakukannya kapan saja jika Anda sudah mengetahuinya karena ini sangat disarankan. 

Kalau ini tidak bisa membantu Anda mengatasi masalah yang Anda hadapi saat ini, Anda dapat segera mem-flash dengan menggunakan firmware.

Mengenai panduanya juga sudah saya jelaskan pada postingan lainnya. Setelah ini, Anda bisa langsung mengikuti langkahnya karena itu tidak akan menyulitkan Anda. 

Sekarang kalau Anda memang belum mencoba tips yang satu ini, saya harap perlu Anda lakukan sebagai pertolongan pertama.

Catatan: Melakukan reset pabrik akan menghapus semua data di perangkat Anda. Pastikan untuk membuat cadangan data penting sebelum melanjutkan.

Metode 1: Cara Reset Samsung Galaxy A10 dari Android system Recovery

Langkah pertama: Smartphone Anda harus memiliki daya baterai sekitar 50% atau lebih.

Langkah kedua: Kalau Anda terjebak dimasalah password, smartphone tidak perlu dimatikan dulu.

Langkah ketiga: Dari smartphone menyala, silahkan Anda tekan tombol Power dan konfirmasi Reboot atau mulai ulang.

Langkah keempat: Tanpa menunggu lama setelah layar smartphone Anda sudah gelap, dengan cepat langsung tekan Volume Atas dan Power lalu tahan.

Langkah kelima: Tunggu beberapa detik sampai muncul menu Android recovery yang terlihat dilayar Anda seperti berikut.

Samsung Android Recovery

Langkah keenam: Sekarang Anda dapat menavigasi dengan Volume Bawah juga Volume Atas kebagian Wipe data/factory reset.

Langkah ketujuh: Tekan Power dan akan masuk perintah Yes.

Langkah kedelapan: Menunggu proses formating data berlangsung sampai komplit.

Langkah kesembilan: Pilih Reboot system now dan biarkan ia mulai mengoptimalkan aplikasi.

Metode 2: Cara Reset Samsung Galaxy A10 dari Menu Pengaturan

Untuk melakukan factory reset pabrik pada Samsung Galaxy A10, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Cadangkan data Anda: Buka menu Pengaturan > Akun dan pencadangan > Pencadangan dan pemulihan. Pastikan data Anda dicadangkan ke akun Google atau akun Samsung Anda.

2. Selanjutnya dari layar Beranda, geser ke atas untuk mengakses layar Aplikasi.

3. Gulir kebagian bawah dan ketuk 'Pengaturan' (terlihat seperti ikon roda gigi).

4. Di menu Pengaturan, gulir ke bawah lagi dan ketuk Manajemen umum.

5. Ketuk pilihan Setel Ulang.

6. Pilih Reset data pabrik.

7. Ketuk Setel Ulang lagi.

8. Jika Anda telah mengatur kunci layar (PIN, pola, atau kata sandi), Anda akan diminta untuk memasukkannya.

9. Baca informasi di layar dan ketuk 'Hapus Semua' untuk mengonfirmasi pengaturan ulang. Smartphone Anda sekarang akan reboot, dan akan dikembalikan ke pengaturan pabriknya.

Hanya dengan beberapa langkah saja seperti yang sudah saya jelaskan diatas, smartphone Anda sudah berhasil direset ke setelan awal layaknya seperti baru lagi. 

Jangan khawatir kalau ada beberapa data yang terhapus. Karena demikian sudah harus dihapus kalau memang Anda lupa dengan kunci layar.

Kalau sebelumnya Anda sudah menyalin data-data Anda, pastinya tinggal langsung di restore atau dikembalikan. Jika memang Anda tidak membuat cadangan, kemungkinan Anda harus membiarkannya saja dan mulai menggunakan smartphone Anda dari baru.

Sekarang Anda sudah bisa login ke akun email Anda untuk segera mendownload aplikasi kesayangan Anda yang sebelumnya mungkin terhapus. 

Itulah dua tips dari saya untuk Anda semua dalam mereset data pabrik Samsung Galaxy A10, dan semoga bisa membantu.