2 Cara Flash Vivo Y71 PD1731F Bootloop Restart

Selamat Datang di Blog Khasbi.com - Hari ini saya berikan tutorial cara flash Vivo Y71 untuk memperbaiki smartphone ketika mengalami bootloop atau restart-restart. Cara ini sudah saya tested berhasil membuat smartphone Y71 menyala dengan normal.

Selain itu, flashing ini juga merupakan solusi paling efektif dan mudah untuk di kerjakan sendiri. Melalui tutorial ini kamu bisa memahami cara mengerjakannya dengan aman. Terutama hal yang paling penting adalah perbaikan untuk smartphone kamu saat ini.

Mungkin tidak seluruhnya bahwa smartphone kamu memiliki masalah software. Seperti bug yang terjadi pada smartphone kamu itu juga tidak semuanya dan mungkin hanya sebagiannya saja.

Jika kamu membuka salah satu aplikasi pihak ketiga dan memiliki kinerja yang kurang baik, mungkin masalahnya ada pada aplikasi tersebut.

Ketika memang harus dihapus, kamu bisa memulai cara ini untuk membuang aplikasi tersebut. Namun saat dimana aplikasi yang bermasalah adalah bawaan dan tidak bisa di uninstal, kamu harus menggunakan cara lain untuk memperbaikinya.

Yaitu dengan cara memflash Vivo Y71 menggunakan firmware yang mendukung atau sesuai dengan model smartphone kamu.

Itu juga merupakan salah satu sarana dan sebagai cara untuk melakukan pemulihan menggunakan firmware resmi. Kamu bisa mengupayakan ini sebagai perbaikan kedua dari beberapa hal. Termasuk juga seperti saat samrtphone kamu terkena virus, crash dan lainnya.

Bisa saja mengalami error dan membuat kamu kurang nyaman ketika menggunakan smartphone kamu sendiri. Terutama yang memiliki masalah karena smartphone tiba-tiba ngelag atau mungkin stuck dilogo atau unbrick.

Itu mungkin karena kamu mencoba memasang aplikasi tambahan yang tidak baik atau melakukan root yang sangat bisa merugikan. Semua akan menjadi masalah besar ketika kamu melakukan ini karena memang ini akan merusak sistem.

Setelah semua sudah terjadi, maka kamu tidak bisa dengan mudah untuk memulihkan konfigurasi. Kamu hanya bisa melakukan pembaruan software sebagai langkah yang dapat membantu kamu memulihkan smartphone kamu tersebut.

Namun jika kamu ingin mencoba untuk mereset data pabrikan pada smartphone kamu, maka kamu bisa juga melakukannya. Untuk mengetahui tentang bagaimana ini dilakukan, maka kamu bisa langsung menyimak panduan kami yang sudah dijelaskan. BACA: Cara Reset Vivo Y71 Ke Setelan Awal

Memulai flashing Vivo Y71 berarti kamu akan memperbaiki smartphone kamu termasuk juga dengan beberapa konfigurasinya. Ini juga termasuk dengan melakukan perbaikan seperti bootloop yang sudah kami jelaskan.

Untuk beberapa tahapannya tentang cara flashing ini, kami akan bahas sesuai dengan apa yang sudah ditentukan seperti prosedurnya. Saya akan memberikan dua metode yang berbeda. Yaitu memflash tanpa menggunakan PC, dan memflash Vivo Y71 menggunakan QPST Flash Tool.

Semua cara ini sudah saya coba untuk mengatasi masalah bootloop yang bandel. Bahkan masalah di Vivo Y71 ketika sering restart ke Mode Recovery.

Baiklah, saya mulai saja tutorial pertama. Karena kita akan melakukan flashing dengan menggunakan memori SD carD, maka proses ini akan dimulai dengan membuat samrtphone masuk di Mode Recovery.

Ketika kamu sudah membaca tips dari kami tentang cara hard reset sebelumnya, maka kamu akan mengetahui metodenya. Supaya tidak berbelit-belit, maka kami akan langsung jelaskan tentang tahapannya.

Cara Flash Vivo Y71 Tanpa Komputer (Metode 1)

1. Silahkan download file berikut. Siapkan juga memori MicroSD 8GB. Pastikan ruang penyimpanan pada memori ini cukup.

2. Smartphone kamu harus memiliki daya baterai sekitar 80 persen sebelum memulai langkah ini. Setelah itu, matikan dulu smartphone kamu jika sekarang masih menyala. Kamu dapat menekan tombol Power selama beberapa detik untuk melakukannya.

3. Ketika firmware yang kami rekomendasikan sudah selesai kamu download, salin firmware kedalam memori microSD melalui perangkat Windows PC/Laptop. Pasang kembali memori tersebut pada smartphone kamu.

4. Kemudian, kamu hidupkan smartphone dengan menekan tombol Volume Atas dan tombol Power, lalu tahan beberapa detik. Setelah kamu melihat logo Vivo muncul, maka kamu lepaskan saja hanya bagian tombol Power saja. Tidak lama dilayar smartphone kamu akan melihat menu Fastboot Mode. Sekarang kamu bisa melepaskan tombol yang sudah kamu tekan.

5. Selanjutnya, kamu tekan tombol Volume Atas atau Volume Bawah sebagai scrol ke menu Recovery Mode. Kamu tekan tombol Power sekali. Kamu akan melihat menu di Vivo Recovery seperti contoh gambar berikut.

Cara Flash Vivo Y71 Bootloop Restart

6. Kembali lagi kamu tekan tombol Volume ke menu Install Update. Pilih Install from SD. Temukan dan pilih firmware yang sebelumnya kamu simpan didalam memori microSD. Silahkan kamu tekan tombol Power untuk konfirmasi.

7.Tunggu beberapa detik dan biarkan proses update firmware berlangsung. Ketika sudah muncul notifikasi Update successful, pilih Back. Selanjutnya kamu pilih Reboot system.

8. Selesai.

Dengan beberapa langkah diatas seharusnya kamu sudah berhasil menyelesaikan masalah di smartphone Vivo Y71 kamu karena bootloop. Biasanya setelah diflash maka smartphone akan loading untuk penyiapan setelan awal. Kamu bisa mengatur ulang setelan tersebut sampai smartphone bisa di gunakan.

Jika seandainya metode pertama ini tidak membantu menyelesaikan masalah di smartphone Vivo kamu, saya masih punya tutorial lainnya yang juga sudah saya tested. Kamu dapat mengikuti setiap langkah yang akan saya jelaskan berikut.

Cara Flash Vivo Y71 Bootloop via QPST Flash Tool (Metode 2)

1. Smartphone kamu harus memiliki daya baterai sekitar 50 persen atau lebih. Jika daya baterai dibawah itu, harap kamu charger terlebih dulu. Sambil menunggu baterai mengisi, kamu bisa download beberapa file yang kami rekomendasikan berikut.

2. Ekstrak semua file yang baru saja kamu download. Kemudian kamu install Qualcomm USB Driver di komputer. Untuk cara install biasanya tinggal next-next saja ya, pasti paham soal ini.

3. Selanjutnya kamu buka folder "prog emmc firehose 8917 ddr". Pindahkan file "prog_emmc_firehose_8917_ddr.mbn" kedalam folder firmware yang sudah di ekstrak. Copy and Replace jika ada notifikasi muncul saat memindahkan file.

.4. Buka folder QPST lalu lanjut untuk install hingga finish.

5. Matikan smartphone Vivo Y71 kamu dan diamkan sejenak sampai benar-benar ia off.

6. Dimenu pencarian Windows dibawah, ketikkan "QFIL". Setelah ketemu maka klik aplikasi QFIL tersebut. Kemudian pilih "Flat Build" pada bagian Select Build Type. 

7. Siapkan kabel USB dan hubungkan ke komputer kamu.

8. Saatnya menambahkan firmware kebidang QFIL. Pilih "Browse" pada kolom "Select Programmer", cari file "prog_emmc_firehose_8917_ddr.mbn" lalu pilih.

9. Selanjutnya klik "Load XML" lalu temukan file "rawprogram_unsparse_no_qcn" dan pilih. Kemudian pilih juga file "patch0".

10. Sekarang pada posisi smartphone dimatikan, tekan bersama tombol Volume Atas atau Volume Bawah, lalu tahan beberapa detik sambil colok pada kabel USB yang tersambung ke komputer. Kamu akan melihat bahwa QFIL akan mendeteksi perangkat dengan muncul Qualcomm HS-USB QDLoader 9008 (com-).

11. Sekarang klik tombol "Download". Kamu akan melihat kotak biru menandakan proses flashing tengah berlangsung. Tunggu hingga QFIL mengatakan "Download Succsess".

12. Karena flashing sudah selesai, kamu dapat melepaskan sambungan kabel USB lalu mencoba menghidupkan smartphone dengan menekan tombol Power. Setelah menyala ia akan restart dan loading yang cukup lama.

Untuk lebih jelasnya kalau kamu menginginkan tutorial dengan video, kami juga sudah siapkan. Ini merupakan rekomendasi kami sebagai tambahan agar kamu bisa dengan mudah memahami semua langkah dari metode kedua ini.

Kamu sudah menyelesaikan cara flashing Vivo Y71 diatas dengan baik dan saatnya kamu harus menunggu smartphone kamu selesai loading. Siapkan layanan data untuk menghubungkan smartphone kamu dengan internet dan mulai menggunakannya seperti biasanya.

Kalau smartphone kamu meminta akun email, kamu bisa login segera agar kamu dapat mengunduh aplikasi kesayangan kamu dari Playstore. Jika sebelumnya kamu belum memiliki akun, lebih baik kamu membuatnya terlebih dulu.

Demikianlah tutorial dari kami tentang cara flashing Vivo Y71 atau Y71i untuk membantu Anda melakukan perbaikan perangkat lunak. Termasuk mengatasi stuck dilogo, aplikasi telah terhenti dan beberapa diantaranya.