Cara Flash Oppo F1S A1601 via FlashTool MediaTek

Pada postingan kali ini kami akan menjelaskan mengenai cara melakukan flashing firmware Oppo F1S A1601 dengan menggunakan FlashTool. Sebenarnya ini merupakan langkah yang bisa kita ambil selain langkah lainya yang sudah kita ketahui.


Banyak yang beranggapan bahwa melakukan flashing atau menginstall firmware pada smartphone ini lebih mudah mengandalkan flashtool dibanding dengan manual update via rcovery mode. Mungkin setiap orang atau sebagai pengguna smartphone ini memiliki pendapat yang berbeda.

Sebenarnya Anda bisa mencoba cara ini jika cara yang lain sudah Anda lakukan terlebih dahulu dan itu tidak menemukan hasil. Ketika samrtphone Anda sekarang tidak bersahabat karena kondisinya terbilang sedang mengalami masalah, selayaknya Anda segera melakukan tindakan.

Anda bisa mencari solusi untuk memulihkan smartphone Anda dengan beberapa cara yang menurut Anda itu pas buat Anda. Melihat smartphone saat terjadinya proses loading saja karena terbilang itu terkena masalah bootloop adalah satu kendala yang membuat Anda tidak bisa menggunakan smartphone.

Smartphone Anda sepertinya tidak berfungsi dan hanya seperti bata saja yang Anda lihat. Anda mungkin pusing jika itu terjadi baru pertama kalinya dan mungkin itu juga atas kesalahan Anda sendiri. Dari beberapa problem yang terjadi, itu bisa juga oleh hal-hal yang kadang Anda sendiri tidak menduganya.

Semua tergantung dari Anda bagaimana Anda merawat smartphone Anda dengan baik dan membuatnya bisa bekerja selalu optimal. Ketika Anda sudah mulai melihat respon kinerja pada smartphone Anda menjadi lemot, ini perlu tindakan khusus dari Anda dalam langkah pengoptimalan.

Mereset ulang smartphone Anda pasti bisa menjadi solusi atas masalah itu. Saat Anda mengetahui bahwa ini terjadi baru-baru ini, segeralah Anda mencoba langkah untuk mencari cara sederhana dulu. Kinerja lemot pada sebuah perangkat smartphone bisa diakibatkan oleh beberapa faktor saja.

Untuk mencoba cara lain mungkin Anda bisa menghapus aplikasi yang tidak berguna dan itu bisa berakibat baik karena smartphone Anda akan sedikit menerima proses kinerja aplikasi. Ketika cara itu tidak memungkinkan bahwa smartphone Anda bisa kembali bekerja dengan optimal, Anda memerlukan cara lain untuk itu yaitu dengan melakukan hard reset Oppo F1s.

Mereset data pabrik akan memulihkan semua fasilitas mulai dari aplikasi dan pengaturan pada sistem dismartphone Anda. Itulah cara yang bisa Anda ambil untuk bisa melihat bahwa dengan cara apa smartphone Anda bisa dipulihkan dan Anda tidak melihat lagi yang namanya problem kinerja.

Pada dasarnya, Anda juga bisa melakukan flashing firmware dengan cara lain selain mengandalakan tool untuk proses memulihkan smartphone Anda. Kami sudah pernah membahas mengenai langkah ini dan itupun sebagai panduan Anda yang ingin mencoba melakukan update firmware.

Anda bisa mengambil langkah untuk melakukan pemulihan pada smartphone Anda dengan cara melakukan update firmware melalui menu Oppo Recovery. Cara tersebut akan lebih memudahkan Anda dalam mempersiapkan bahan seperti firmwarenya.

Jika Anda melihat bahwa smartphone Anda memang bootloop, setidaknya sebelum Anda mangambil langkah dengan mengikuti panduan kami dipostingan ini, Anda bisa menjadikan langkah update firmware sebagai langkah yang kedua. Ini lebih mudah karena Anda bisa mengandalkan memori microSD sebagai alat dukungan untuk menyimpan file.

Tidak seperti yang akan kami bahas dipostingan ini karena melakukan flashing dengan tool akan memungkinkan Anda menyiapkan beberapa file yang itu adalah file dukungan. Ini tentu memerlukan kuota data internet yang cukup untuk Anda dalam mengunduh semua bahan tersebut.

Cara Flash Oppo F1S A1601 via FlashTool

Sekarang jika ini adalah keputusan Anda karena beberapa cara sudah Anda coba sebagai langkah untuk mengambil solusi atas smartphone Anda namun tidak membuahkan hasil, Anda bisa memulai cara yang satu ini. Menurut saya sediri, melakukan flashing firmware dengan flashtool mungkin bisa menjadi cara yang terakhir untuk Anda pilih.

Simak juga: Cara Flash Oppo F1S via microSD Tanpa PC

Namun, perhatikan bahwa cara ini memungkinkan Anda akan kehilangan data karena Anda melakukan flashing yang bertujuan untuk langkah pembaharuan sistem pada smartphone Anda. Sekarang intinya adalah Anda sudah siap dengan beberapa file yang akan Anda unduh.

Mengenai firmware Oppo F1s, kami sudah siapkan beberapa pilihan dan Anda tinggal pilih saja yang menurut Anda itu adalah tepat untuk menjadi bahan. Sekarang kami akan jelaskan secara rinci mengenai langkah flashing dan Anda tinggal simak tahap ini dengan teliti.

Bahan persiapan:
  • PC/laptop
  • USB kabel
  • Data internet
  • MTK USB Drivers
  • SP Flash Tool v5
  • Stock Firmware MT6750 OPPO F1s Live Mode Flashtool.zip
  • Stock Firmware Oppo F1s_(A1601) MT6755 v5.1.zip
  • Pilih firmware sesuai chipset prosesor dari device
Cara Flashing Oppo F1S A1601 via FlashTool Menggunakan PC

1. Ketika bahan sudah siap maka Anda kumpulkan jadi satu dalam folder sehingga langkah ini bisa mudah untuk Anda mulai.

2. Perhatikan untuk mengisi daya baterai dulu pada smartphone Anda minimal 70-80 persen.

3. Ekstrak semua file yang sudah Anda kumpulkan tadi.

4. Kabel USB yang ada sekarang hubungkan dahulu ke PC.

5. Install USB VCOM Driver.

6. Run as aplikasi Flashtool didalam folder SP Flash Tool hasil Anda ekstrak.

menambahkan file scatter oppo f1s

7. Klik Scatter Loading dan arahkan kefolder firmware lalu pilih file scatter didalamnya yaitu MT6750_Android_scatter.

8. Ketika file scatter sudah Anda temukan maka klik open dan firmware akan diload oleh Flashtool.

9. Siapkan smartphone Anda dalam posisi off atau matikan dahulu jika sekarang dalam posisi Anda nyalakan.

10. Klik Download pada Flashtool.

flash oppo f1s via flashtool sukses-min

11. Sambungkan smartphone Anda ke kabel USB sambil menekan tombol Volume Atas atau Volume Bawah sebagai tombol boot. Flashtool akan mulai memproses flashing firmware yang sudah Anda pilih tadi.

12. Perlu Anda ketahui bahwa proses flashing mungkin bisa selama beberapa menit dan biasanya hanya mencapai 15-20 menit saja.

13. Tunggu hingga proses tersebut selesai dan Flashtool menampilkan Download OK yang berarti flashing firmware yang Anda lakukan telah selesai.

14. Anda sudah bisa untuk melepas USB kabel dari smartphone Anda. Tekan tombol Power untuk menyalakan smartphone dan melihat hasilnya.

Dengan langkah diatas, Anda sudah berhasil melakukan flash Oppo F1s yang bertujuan untuk memulihkan smartphone Anda dari masalah bootloop maupun masalah lainya yang masih berkaitan dengan software. 

Ketika Anda melihat smartphone selesai diflashing dan Anda nyalakan terlihat loading lama, Anda tidak perlu panik mengenai hal itu. 

Loading lama yang Anda lihat adalah proses pertama pengoptimalan atau penataan sistem yang baru Anda install pada smartphone Anda. Setelah Anda melihat bahwa smartphone Anda sudah menampilkan perintah untuk pilihan bahasa, silahkan pilih bahasa sesuai yang Anda gunakan.