Cara Unlock Bootloader Redmi Note 9 4G (UBL) Terbaru

Selamat datang di Blog Khasbi.com - Hari ini saya akan merangkum tutorial unlock bootloader Redmi Note 9 4G Mediatek dengan mudah dan gratis tanpa ribet. Kita akan menggunakan cara cepat, efektif dan sudah teruji berhasil.

Ini merupakan postingan lanjutan saya yang sebelumnya telah berbagi ROM Redmi Note 9 Merlin. Sebagai langkah awal untuk memulai flashing ROM pada perangkat Xiaomi, kita harus membuka bootloader. Ini tidak berlaku untuk semua perangkat Xiaomi, tetapi terkadang diperlukan ketika ingin melakukan perbaikan.


Unlock Bootloader Redmi Note 9

Salah satunya jika ada kerusakan sistem atau muncul pesan error ketika perangkat dihidupkan. Kondisi perangkat restart-restart dan sulit untuk masuk ke mode Mi Recovery. Jadi ketika kondisinya sudah seperti ini, tidak ada pilihan lain selain membuka bootloadernya dengan tujuan untuk flashing melalui metode fastboot.

Flashing perangkat Xiaomi melalui mode fastboot ini hanya bisa dilakukan ketika perangkat sudah terbuka bootloadernya.
Table of Contents
Terutama bagi pengguna yang tidak ingin ribet melakukan test point dengan harus membongkar perangkat terlebih dulu. Maka dari itu, solusi yang paling efektif adalah flashing ROM dengan kondisi sudah unlock bootloader.

Apa itu Bootloader?

Bootloader merupakan sistem inti pada setiap smartphone seperti Android atau iOS. Namun, beberapa model smartphone Android, termasuk Oppo dan Vivo, tidak dapat membuka bootloader. Ini mungkin karena kedua perangkat dari brand ini tidak memiliki ROM khusus dan tidak dapat mengizinkan pengguna untuk memodifikasi.

Berbeda dengan brand Xiaomi yang memberikan kebebasan kepada setiap pengguna untuk melakukan unlock bootloader.

Bootloader ini berfungsi sebagai penghubung ke sistem operasi. Sistem bootloader bekerja di balik layar, sehingga tidak terlihat ketika smartphone dihidupkan. Ketika smartphone dihidupkan, kinerja komputasi masuk ke program bios sebagai pintu utamanya.

Nah, buat kamu yang ingin unlock bootloader pada perangkat Redmi Note 9, sekarang tidak perlu menunggu lama.

Meskipun ada metode yang dapat digunakan untuk membuka kunci bootloader dengan cepat, ini tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Kita tahu bahwa bootloader ini berfungsi sebagai penghubung utama antara memori perangkat dan sistem operasi. Untuk membuka bootloader ini, "unlock" mengacu pada program yang terbuka pada perangkat.

Oleh sebab itu, ketahui lebih lanjut tentang apakah membuka bootloader perangkat Redmi Note 9 aman atau tidak. Apa keuntungannya dan apa resikonya jika sudah diunlock?

Keuntungan Unlock Bootloader Redmi Note 9

  • Dengan unlock bootloder, pengguna dapat mengubah program dasar bawaan dari pabrik.
  • Perangkat yang telah unlock bootloader, sistem Kernel pada Android dapat diubah dengan mudah sesuai keinginan.
  • Pengguna dapat memasang ROM yang telah diubah.
  • Mereka dapat melakukan ROOT pada perangkat Android.
Dibalik keuntungan dasar dari itu semua, kamu juga perlu tahu kekurangannya. Saya sarankan untuk tidak melakukan unlock jika memang tidak mendesak.

Kekurangan Unlock Bootloader Redmi Note 9

  • Masa garansi perangkat hangus karena sistem telah diubah.
  • Virus dan malware mudah menyerang.
  • Kerusakan software atau hardware permanen dapat terjadi jika gagal.
  • Mudah diretas atau data pengguna mudah dicuri oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab.
  • File atau data pada perangkat dapat terhapus atau rusak secara permanen.
  • Tidak ada jaminan keamanan karena bootloader perangkat terbuka.
Sekarang kamu sudah mengetahui keuntungan dan kerugian dari membuka bootloader pada perangkat Xiaomi. Jika kamu tetap ingin melakukannya, saya menyarankan kamu untuk tetap hati-hati saat mengerjakannya, dan siap dengan segala resikonya. Saya tidak bertanggung jawab atas hal apa pun yang akan terjadi.

Namun jika kamu sudah siap dengan semua itu, membuka kunci bootloader Redmi Note 9 cukup mudah saja.

Dalam postingan ini saya hanya akan memberikan tutorial bagaimana mengerjakannya. Saya akan menjelaskannya berdasarkan pengalaman. Jadi, cerintanya saya kedatangan pengguna Redmi Note 9 dengan kondisi perangkat error pada sistem.

Sebagai langkah pengecekan sebelum memutuskan bahwa itu masalah hardware. Saya segera memprogram ulang Redmi Note 9 menggunakan ROM resmi dan hasilnya sudah tidak error lagi.

Baiklah tanpa berlama-lama, saya akan menjelaskan mengenai langkah mudah unlock bootloader Redmi Note 9. Perlu diperhatikan, tutorial ini untuk Redmi Note 9 4G ya, dengan chipset yang dimilikinya adalah Mediatek.

Sebelum kamu mengikuti tutorial ini, harap untuk mengecek memastikan dulu model dan spesifikasi dari perangkat kamu.

Cara Unlock Bootloader Redmi Note 9 4G (UBL) Terbaru

1. Kita akan menggunakan alat gratisan dan sudah teruji berhasil. Untuk itu, saya harap kamu bisa download dulu softwarenya dari link berikut.

2. Ketika sudah kamu download, ekstrak filenya. Kemudian instal di komputer kamu. Untuk cara instalnya mungkin tidak perlu saya jelaskan. Kamu pasti tahu bagaimana prosesnya karena tinggal next saja sampai finish.

3. Setelah berhasil diinstal, kamu akan melihat aplikasi baru yang ada dilayar desktop komputer kamu bernama MTK GSM Sulteng v1.3.6. Klik kanan pada aplikasi tersebut, lalu pilih Run administrator.

4. Jika sudah terbuka softwarenya, pilih brand XIAOMI , lalu tentukan kemodel Xiaomi Redmi Note 9 4G | 10X 4G. Kemudian kamu instal Driver terlebih dahulu.

5. Matikan perangkat Redmi Note 9 kamu. Siapkan kabel USB dan hubungkan ke port komputer.

UBL Redmi Note 9

6. Selanjutnya pada menu bagian bawah, pilih UBL (BOOTLOADER). Berikutnya klik menu EXECUTE.

7. Ketika ada perintah "Waiting For Device Connection", tekan bareng tombol Volume Atas dan Volume Bawah di Redmi Note 9 kamu. Kemudian colok dengan kabel USB ke komputer. Tunggu proses berlangsung.

8. Jika kamu melihat proses tersebut mengatakan "ALL IS DONE", kamu sudah berhasil, dan perangkat telah dibuka bootloadernya.

9. Selesai.

Karena kamu sudah berhasil melakukan unlock bootloader pada Redmi Note 9, kamu bisa memflash ROM. Buat kamu yang belum tahu bagaimana flashing ROM, kamu dapat membaca tips saya. Selengkapnya Cara Flash ROM Redmi Note 9 via MiFlash.

Kesimpulan

Sangat mudah membuka bootloader pada perangkat Xiaomi Redmi Note 9. Kamu hanya memerlukan peralatan gratis seprti yang telah direkomendasikan.

Harap dicatat bahwa kamu juga perlu berhati-hati ketika menggunakan perangkat yang sudah unlock. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, perangkat kamu bisa tidak aman karena terbuka dan rentan terhadapat virus atau malware.

Tapi terlepas dari itu, kamu tetap akan mendapatkan keuntungan lain seperti yang kamu inginkan sekarang.

Load comments

0 Comments