CARA RESET HP OPPO A53 LUPA POLA, SANDI

Kali ini kami akan memberikan tips efektif cara mengatasi Oppo A53 lupa pola, sandi kunci layar dengan sangat mudah.

Selamat Datang di Blog Khasbi.com - Kali ini kami akan memberikan tips efektif cara mengatasi Oppo A53 lupa pola, sandi kunci layar dengan sangat mudah. Ada dua cara yang akan kami bahas mengenai cara membuka kunci layar pada Oppo A53 ini. Pertama kita bisa melakukan hard reset melalui recovery mode, dan kita bisa menggunakan UnlockTool.

Kenapa cara kedua lebih memilih UnlockTool? Dengan ini kita bisa mengerjakannya dengan cepat.

Ketika kita memiliki masalah dengan device sendiri karena lupa kunci layar, tentu akan membuat kita sebagai pengguna tidak dapat mengakses menu. Pilihan yang ada dilayar biasanya hanya panggilan darurat, dan kita tidak tahu mengenai langkah selanjutnya.

Mereset Oppo A53 dapat menjadi pilihan. Namun ada dua cara untuk bisa mereset device ini. Pertama adalah melalui menu Pengaturan, dan kedua adalah dari menu ColorOS Recovery Oppo A53 tersebut.

Tapi karena kondisi yang tidak memungkinkan terlebih device sudah mengatakan telah terkunci, kita sebagai pengguna perlu menggunakan teknik yang paling mudah.

Buat kalian yang hari ini merasa belum mengetahui tentang cara mengembalikan setelan pabrik pada device Oppo kamu sendiri, kami akan bahas tutorial ini. Mudah-mudahan ini dapat membantu untuk menyelesaikan masalah kamu untuk mengatasi lupa pola.

Simak: Cara Flash Firmware Oppo A53

Jadi hal yang bisa kita pilih adalah Factory Reset. Ini adalah cara yang paling umum. Namun tahukah kamu apa itu Factory reset?

Factory reset (Format Data) pada device Android Oppo A53 adalah proses mengembalikan perangkat Android kamu ke kondisi awal. Secara software bisa dikatakan seperti baru lagi.

Tindakan ini akan menghapus semua data, dan pengaturan yang sebelumnya telah dibuat.

Diantaranya termasuk:

  • Aplikasi yang diinstal
  • File media seperti Foto/Video
  • Kontak nomor telepon/Pesan
  • Pengaturan pengguna, Pola/Sandi kunci layar, dan akun yang terhubung

Factory reset Oppo A53 ini dapat dilakukan untuk beberapa alasan yang bisa kami jelaskan sebagai berikut:

Mengatasi Masalah: Factory reset sering digunakan untuk memperbaiki masalah seperti ketika device sudah sering berkinerja lambat, ngehang, sering mengalami crash, atau tidak merespons dengan baik. Ini bisa membantu menghilangkan masalah yang mungkin disebabkan oleh software yang bermasalah.

Menjual atau Memberikan Device: Sebelum menjual atau memberikan device Android kepada orang lain, melakukan factory reset adalah cara untuk memastikan bahwa data pribadi yang kita miliki sudah dihapus sepenuhnya dari device tersebut.

Meningkatkan Keamanan: Factory reset dapat digunakan jika kita ingin menghapus semua data dan informasi pribadi dari device secara permanen, misalnya jika perangkat hilang atau dicuri.

Membersihkan Perangkat: Jika kita merasa bahwa device sudah terlalu penuh dengan aplikasi dan data yang tidak diperlukan, factory reset adalah cara untuk membersihkannya dan mengembalikannya ke kondisi awal seperti saat pertama kali kita membelinya.

Namun, penting untuk diingat bahwa factory reset merupakan tindakan yang dapat menghapus semua data yang ada di device. Sebelum melakukan factory reset, pastikan untuk mencadangkan semua data penting, seperti foto, video, kontak, dan pesan teks.

Cara melakukan hard reset atau factory reset (Format Data) pada device dapat bervariasi tergantung pada merek dan model device Android itu sendiri. Contohnya pada Oppo A53 dengan kode model CPH2127 ini.

Tetapi umumnya, kita dapat menemukan opsi untuk melakukan factory reset di dalam pengaturan device yang kita miliki, dalam menu Recovery Mode, atau dengan menggunakan software khusus yang disediakan oleh produsen yaitu firmware.

Baiklah bagi kamu yang ingin tahu mengenai cara reset Oppo A53 untuk mengembalikan setelan pabrik, kamu dapat menyimak tutorial yang bakal kami bahas ini. Pastikan untuk mengikuti panduan dengan teliti agar tidak membuat kesalahan yang tidak diinginkan saat melakukan factory reset.

Seperti yang sudah kami katakan diawal, kami akan memberikan dua langkah yang berbeda. Kamu dapat mengikuti kedua tahap ini, dan mana yang dapat menyelesaikan masalah pada device kamu.

Cara Hard Reset Oppo A53 via Mode Recovery (Metode Pertama)

1. Kita mulai dengan membuat device dalam kondisi mati. Jadi jika device kamu masih dalan keadaan menyala, kamu perlu matikan dulu. Caranya, tekan beberapa detik tombol Power, lalu geser kebawah untuk konfirmasi Matikan Daya (Turn Off).

2. Selanjutnya kamu tekan saja tombol Volume Turun dan tombol Power. Tekan kedua tombol tersebut selama beberapa detik sampai logo Oppo muncul dilayar device kamu. Lalu lepaskan tombol Power tapi tetap menekan tombol Volume Turun, dan tunggu sampai masuk dimenu Select Language. Kamu bisa mengetuk untuk memilih English.

OPPO A53 CPH2127 LUPA POLA, SANDI

3. Dilangkah ini kamu akan melihat bahwa device masuk dimenu Colors Recovery. Kamu dapat memilih Format Data. Verifikasi kode jika diminta, yaitu dengan mengetikkan kode yang muncul dilayar. Konfirmasi Format untuk melanjutkan.

4. Proses Wiping akan berlangsung dan kamu bisa menunggu sampai device mengatakan Data Formated. Konfirmasi Ok, dan device akan restart. Dengan ini kamu sudah berhasil mereset hp Oppo A53 ke setelan pabrik.

Kalau kamu ingin menyimak tutorial dari video, kamu bisa mengunjungi tautan yang telah kami siapkan. Ini jika kamu memang merasa ada yang masih kurang dimengerti.

Untuk cara pertama ini sudah kamu selesaikan dengan baik. Jadi untuk cara kedua ini juga akan kami bahas sebagai metode yang sekiranya dapat kamu pilih. Karena mereset device Android ini ada beberapa cara, dan salah satunya yang bakal kami jelaskan ini.

Seperti yang sudah kami katakan, bahwa untuk metode kedua ini kita akan menggunakan UnlockTool. Tapi gimana bagi saya yang tidak punya Tool ini?

Tenang, kamu bisa download Tool ini secara gratis. Selanjutnya kamu perlu menggunakan Username dan Password. Untuk solusi ini, kamu dapat menyewa jasa share akun yang dapat kamu temukan marketpalce seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak.

Banyak kok yang menyewakan jasa share akun dengan waktu yang disesuaikan dengan harga. Biasanya perjamnya sekitar Rp 25.000. Baiklah kami akan langsung menjelaskan mengenai cara mengatasi Oppo A53 lupa pola dengan menggunakan UnlockTool.

Cara Factory Reset Oppo A53 via UnlockTool (Metode Kedua)

1. Download UnlockTool versi terbaru dan USB Driver dari tautan berikut.

2. Instal USB Driver tersebut di Komputer kamu hingga finish. Setelah itu, buka atau jalankan software UnlockTool.

3. Dari beberapa menu yang ada dibagian atas, kamu pilih Oppo. Dari kolom menu pencarian, ketikkan Oppo A53. Temukan model device kamu yaitu Oppo A53 2020 edl (CPH2127) - Snapdragon 460.

4. Sekarang kamu ambil device Oppo kamu yang terkunci pola atau sandi, lalu matikan. Caranya, tekan beberapa detik tombol Power, lalu geser kebawah untuk konfirmasi Matikan Daya (Turn Off).

5. Kemudian pada menu BROM | EDL, klik [EDL] FACTORY RESET.

6. Selanjutnya, tekan bareng tombol Volume Turun dan Volume Naik. Maksudanya tekan bareng kedua tombol tersebut sambil colok dengan USB Kabel ke Komputer.

7. Kamu akan melihat software UnlockTool sedang mulai membaca data device kamu seperti contoh berikut.

[EDL] FACTORY RESET
Selected Model: Oppo A53 (2020)
Code Name: CPH2127
Operation: Factory Reset [4]
Authenticating... OK
Retrieving data... OK [273.7 KiB]
Initializing data... OK
Waiting for HS-USB QDLoader 9008... COM10
Connecting to device... OK
Handshaking... OK
Reading bootloader info... OK
Serial : 1389866512 SoC : [Snapdragon 460] [SM4250-AA] [0x001360E1]
OEM : Oppo/Oneplus [0x0051] Model : Unknown [0x0000]
PK_HASH[0]: 49445E14621314DFECCD4389F267E6B7
PK_HASH[1]: 1674DD36B2BC41D1F605AA991D14AD6
Writing flash programer... OK
Connecting device... OK
Firehose config: UFS [Sector:4096] [Target0] [Host:1048576]
Erasing FRP... OK
Erasing USERDATA... OK
Rebooting... OK

8. Kalau UnlockTool sudah mengatakan Rebooting OK, ini berarti proses telah selesai. Device Oppo A53 kamu akan menyala, lalu ia akan memproses Wiping. Sekarang tinggal menunggu device restart. Selain itu, ada beberapa setelan yang perlu kamu lakukan. Seperti memilih bahasa atau wilayah, dan juga penyiapan lainnya.

Dengan demikian kanu juga sudah menyelesaikan tips kedua yang kami bagikan. Setelah ini kamu bisa melihat device seperti awal lagi dengan semua pengaturan system dan software kembali ke pengaturan pabrikan.

Post a Comment