Cara Download Firmware. Readmore

3 Cara Flash Oppo F9 CPH1823 Full File UPDATE

Tutorial proses Flash Oppo F9 CPH1823 dengan mudah melalui SP Flash Tool, juga tanpa menggunakan PC akan kami bahas sebagai solusi efektif.

Kembali lagi dengan kami khasbi.com. Selamat datang diblog kami dengan pembahasan tips flashing. Tutorial proses Flash Oppo F9 CPH1823 dengan mudah melalui SP Flash Tool, juga tanpa menggunakan PC akan kami bahas sebagai solusi efektif. Ini menjadi cara yang tepat untuk mengatasi ponsel ketika menemui masalah bootloop.

Tutorial ini akan kami bagi menjadi dua metode yang berbeda. Karena smartphone ini kebetulan menggunakan chipset Mediatek, sehingga kita bisa memanfaatkan Tool yang dapat kita gunakan secara gratis.

Cara Flash Oppo F9 ini juga bisa untuk mengatasi lupa pola, password kunci layar, dan ketika system error, deadboot, brick akibat software. Simak dengan baik tips terbaru kami agar kamu bisa paham dan berhasil memperbaiki ponsel kamu.

Kita tidak perlu merasa kesulitan untuk sekedar memperbaiki Oppo F9 yang memang sedang menemui masalah software. Ketika kamu lupa sandi pada device sendiri, kamu bisa mencoba untuk meresetnya. Baca: Cara Reset HP Oppo F9 (CPH1823) Setelan Pabrik

Ketika kamu harus terjebak dengan device karena terkunci, mungkin bukan kamu saja yang mengalaminya. Dari sedikitnya pengguna lain, ada yang karena lupa dengan gambar pola, ada juga yang seperti kamu. Semua memang memerlukan tindakan agar bisa diselesaikan dengan cepat.

Untuk itu, kamu juga tidak perlu tinggal diam menyikapi masalah ini. Temukan langkah yang bisa membantu kamu agar kunci layar yang kamu lupa pada device bisa diatasi.

Jika diperlukan, flashing firmware sangat diharuskan untuk kamu lakukan sekarang juga. Itu merupakan saran kami agar kamu bisa memulai ulang device kamu menggunakan stock firmware yang sudah teruji.

Itu jauh lebih baik dibandingkan hanya mereset data pabrik saja, yang sebenarnya hanya menghapus data saja. Kemungkinan untuk device Oppo model terbaru, tindakan ini tidak dapat membantu untuk mengubah pengaturan kunci layar.

Smartphone Oppo model terbaru dilengkapi tingkat keamanan yang bisa memberikan pengguna rasa nyaman untuk menjaga privasi mereka. Meski demikian, tidak jarang pengguna harus menemui kesalahan yang berdampak pada penggunaan.

Walau ini bukan suatu masalah serius karena belum ada sangkutannya dengan hardware, tentunya sebagai pengguna awam kamu tetap saja masih bingung cara memperbaikinya. Tapi bukan berarti sulit untuk memulai langkah ini.

Selama kamu bisa menemukan tutorial, kamu bisa mempelajarinya terlebih dulu. Soal hasil nantinya bisa mengikuti. Intinya kamu tetap harus berusaha terlebih dahulu agar pekerjaan ini benar-benar memberikan solusi.

Cara Flash Oppo F9 CPH1823 via FlashTool

Cara flash Oppo F9 pada tutorial ini akan menggunakan dukungan Komputer dan tanpa Komputer hanya memanfaatkan tombol Volume dan tombol Power. Kita juga tidak perlu membongkar ponsel untuk melakukan test point.

Ponsel Oppo dengan tipe terbaru kalau kondisinya bootloop, itu kalau di flash harus melalui proses bypass auth. Untuk itu, pastikan kamu siap dengan apa yang diperlukan. Yaitu peralatan yang diperlukan seperti firmware.

CATATAN: Flashing firmware melibatkan risiko akan terhapusnya data pada ponsel. Harap backup data sebelum melakukan flashing. Sebelum mem-flash, kamu harus keluar dari akun layanan cloud atau akun email. Selain itu, harap konfirmasi apakah alat flashing yang kamu gunakan adalah versi terbaru.

Sekarang kamu bisa menyiapkan terlebih dahulu file apa saja yang harus kamu miliki untuk memulai proses flashing. Kita akan mulai untuk metode pertama terlebih dahulu. Kami harap agar kamu bisa teliti, dan tidak melewatkan langkah-langkah penting lainnya. Jadi harus sacara berurutan.

Tutorial Cara Flash Oppo F9 (CPH1823) via SP Flash Tool

1. Silahkan charger terlebih dahulu baterai device Oppo F9 kamu hingga terisi sekitar 80 persen. Ini lebih utama, dan jangan sampai baterainya kosong.

2. Silahkan download beberapa file yang telah kami rekomendasikan berikut. Kumpulkan semua file dalam satu folder dikomputer agar mudah ditemukan saat ingin memulai flashing.

3. Khusus untuk pengguna Komputer Windows 10, kami sarankan untuk mematikan dulu Antivirus/Windows Scurity di Komputer kamu. Ini agar saat menjalankan aplikasi Bypass bisa terbuka.

4. Ekstrak semua file yang sudah kamu download. Jangan lupa untuk install MTK USB Driver dikomputer sampai selesai. Ini akan mendukung device Oppo kamu terhubung dengan baik pada posisi Flash Mode.

5. Ekstrak SP Flash Tool dan buka foldernya, jalankan aplikasi didalamnya bernama Flash_tool. Jika ada pesan yang muncul seperti 'The scatter cannot find, please make sure the file is exist before download' klik Ok saja. Secara otomatis FlashTool akan terbuka di Komputer kamu.

menambahkan firmware scatter oppo f9
Menambahkan Firmware Scatter Oppo F9

  • Pada aplikasi Flash_tool, klik Download-Agent. Temukan dan tambahkan file MTK_AllInOne_DA.bin yang ada didalam folder SP Flash Tool.
  • Klik pada kolom Scatter-loading File. Temukan dan tambahkan file MT6771_Android_scatter yang ada didalam folder firmware Oppo F9.
  • Hilangkan ceklis pada Preloader terlebih dahulu.

6. Setelah selesai menambahkan firmware kebidang Flash Tool, kembali ke ke stock firmware dikomputer. Kemudian kamu ekstrak MTK Bypass. Jalankan aplikasi yang bernama mtk bypass rev4, hingga terbuka seperti berikut.

Bypass Auth Oppo F9
Bypass Auth Oppo F9

  • Dilangkah ini kita akan melakukan bypass auth Oppo F9. Caranya, matikan dulu device Oppo F9 kamu (Turn Off).
  • Sekarang pada aplikasi mtk bypass rev4 seperti gambar diatas, klik tombol Bypass. Tekan bareng kedua tombol Volume Bawah dan Volume Atas pada device Oppo kamu sambil colok dengan USB kabel ke Komputer. Tunggu sampai aplikasi mengatakan PROTECTION DISABLED.

7. Sekarang kamu bisa kembali ke aplikasi SP Flash Tool. Pilih Options > Connection > Uart. Pada kolom COM, samakan nomort COM-nya dengan yang sudah terbaca pada mtk bypass rev4. Contohnya saat kami memflash Oppo F9 ini, koneksi USB Port ada di COM6. Jika device kamu terbaca pada COM3, Contohnya seperti gambar berikut. Tinggal atur ke COM3. Sesudah itu Close saja.

Setting port COM oppo f9
Setting port COM oppo F9

8. Selanjutnya klik tombol Download pada SP Flash Tool. Flashing firmware Oppo F9 akan segera berlangsung. Proses ini mungkin memerlukan waktu beberapa menit. Biasanya antara 10-15 menit saja. Kamu dapat menunggu sampai SP Flash Tool mengatakan Download OK. Ini berarti flashing Oppo F9 telah sukses.

Flash Oppo F9 Berhasil
Flash Oppo F9 Berhasil

9. Kamu sudah bisa melepaskan USB kabel yang tersambung ke device Oppo F9 kamu. Kemudian tekan beberapa detik tombol Power untuk menghidupkannya. Kamu akan melihat device loading dulu. Tunggu lagi sampai posisi konfigurasi awal, yaitu pada pilihan bahasa, pilih saja panggilan darurat. Ketikkan *#813# untuk membuat device bisa langsung masuk menu. Dengan begitu kamu tidak memerlukan penyiapan dan pengaturan lainnya.

Itulah cara flash Oppo F9 secara gratis menggunakan SP Flash Tool. Mungkin akan terlihat rumit bagi yang baru pertama kali mengerjakannya. Tapi seandainya kamu memilih yang lebih mudah, kamu bisa mencoba metode flashing yang kedua.

Perhatikan bahwa ketelitian kamu diperlukan ketika ingin memflash menggunakan cara kedua ini. Ini supaya setiap langkah bisa kamu lakukan dengan benar. Baiklah kita mulai saja tutorial ini. Untuk langkah awal kamu bisa siapkan peralatan yang telah kami rekomendasikan.

Berikut bahan-bahannya:

Tutorial Cara Flash Oppo F9 via Download Tool

1. Semua file yang telah selesai kamu download silahkan kumpulkan menjadi satu. Kemudian, ekstrak semuanya hingga kamu mendapati folder.

2. Charger baterai device kamu sampai memiliki daya diatas 70%. Ini akan mendukung proses flashing tidak berhenti karena daya baterai habis.

3. Instal QcomMtk Driver dan PDA.Net di Komputer kamu.

4. Instal juga CodeMeterRuntime.

5. Selanjutnya buka OppoMSMDownloadToolNonelic, klik License Update hingga mengatakan Status License Activated.

6. Jalankan aplikasi ENABLE. klik saja tombol enable.

7. Buka aplikasi DownloadTool.

8. Non-aktifkan device kamu. Klik Start All, setelah itu tekan tombol Volume Atas dan Volume Bawah lalu tahan sambil colok dengan USB kabel ke Komputer.

Flash Oppo F9 via DownloadTool
Flash Oppo F9 via DownloadTool

9. Progres flashing akan berlangsung beberapa menit. Kamu bisa menunggu sampai proses tersebut mencapai 100%.

10. Jika flashing sudah selesai, kamu bisa melepas sambungan USB kabel dari device kamu. Ketika device kamu tidak merestart dengan sendirinya, kamu bisa menyalakan langsung dengan cara menekan tombol Power. Mungkin diperlukan juga pengaturan awal sebelum menggunakan smartphone.

Selanjutnya sebagai metode ketiga adalah memflash tanpa menggunakan PC/Komputer mudah dan efektif untuk atasi masalah bootloop. Seperti apa caranya maka kamu bisa langsung mengikuti panduannya.

Sebelum memulai, siapkan terlebih dahulu bahan berikut:

Tutorial Cara Flash Oppo F9 CPH1823 via Recovery Mode Tanpa PC

1. Charger dulu baterai smartphone kamu hingga sekitar 70 persen. Lalu kamu matikan dulu smartphone kamu tersebut.

2. Format memori SD carD yang sudah kamu siapkan. Ini agar ruang penyimpanan cukup untuk menyimpan firmware.

3. Setelah itu, kamu bisa pindahkan file firmware tadi kedalam SD carD. Jika sudah, maka kamu pasang memori SD carD tersebut pada smartphone dan pada tempatnya.

4. Kemudian, kamu bisa menghidupkan smartphone kamu dengan menekan kedua tombol Volume Bawah dan tombol Power secara bersama selama beberapa detik. Tidak lama kemudian smartphone kamu akan masuk dimenu Recovery Mode. Contohnya seperti gambar berikut.

Oppo F9 Recovery Mode
Oppo F9 Recovery Mode

5. Selanjutnya, kamu bisa menekan tombol Volume untuk navigasi kepilihan bahasa English. Setelah itu, kamu bisa menekan tombol Power.

6. Seperti hal yang sama maka kamu bisa memanfaatkan tombol Volume untuk navigasi dan tombol Power untuk konfirmasi. Pilih saja Install from storage device. Kamu pilih lagi From SD.

7. Berikutnya, kamu temukan file yang kamu simpan di memori SD carD dan konfirmasi Ok. Silahkan kamu tunggu beberapa menit saat proses updating berlangsung.

8. Ketika notif updating successfully sudah muncul dilayar, maka kamu konfirmasi Back.

9. Selanjutnya kamu pilih Reboot. Selesai.

Semua tahap flashing sudah kamu selesaikan dengan baik dan waktunya untuk menunggu smartphone kamu sedang restart. Mungkin proses loading ini juga akan membutuhkan waktu dan usahakan kamu memiliki sedikit kesabaran.

Setelah smartphone kamu sudah loading, kamu akan melihat bahwa smartphone yang kamu miliki tersebut sudah tampil baru seperti setelan pabrik. Kemudian kamu bisa mulai untuk mengatur bahasa, dan setelan lainnya yang diperlukan sampai ponsel kamu siap untuk digunakan.

Itulah beberapa langkah mengenai cara flash Oppo F9 CPH1823 menggunakan Tool gratisan dan tanpa komputer. Semoga semua tahapan yang kami jelaskan dapat membantu kamu memperbaiki masalah yang terjadi pada device Oppo kamu.

Post a Comment