Cara Flash Vivo V15 PD1831F Full Firmware

Cara Flash Vivo V15 PD1831F Tanpa PC dan SP Flash Tool tentunya lebih mudah dilakukan. Ini merupakan cara yang gratis untuk memperbaiki device kamu. Terutama jika sekarang kondisinya bootloop dilogo yang mumbuatnya seperti tidak dapat digunakan lagi. Hal seperti ini memang cukup lumrah terjadi pada setiap smartphone.

Masalah tersebut memang tidak bisa terlepas dari kenyataan. Penyebabnya juga bisa bermacam-macam, terkadang kamu sebagai pengguna sangat tidak memahaminya.

Setiap smartphone memiliki spesifikasi yang unggul. Selebihnya kamu sendiri yang harus bisa menyesuaikan cara menggunakannya. Ketika device Vivo V15 bootloop, bukan berarti kamu hanya menganggapnya remeh saja tanpa mencari cara untuk memperbaikinya.

Melalui postingan ini kami coba sampaikan tutorial paling mudah mengenai flash firmware Vivo V15. Kebetulan kita akan menggunakan cara sederhana tanpa memerlukan dukungan Komputer. Tapi kita juga bisa mengandalkan FlashTool.

Meski kita tahu bahwa device Vivo V15 ini mengadopsi chipset Mediatek, kita tidak perlu terburu-buru untuk menggunakan SP Flash Tool.

Seperti halnya dukungan telah diberikan untuk semua konsumen, kamu wajib memahami tentang langkah pengerjaannya. Seandainya ini berhasil memulihkan device kamu, pastinya kamu sendiri yang akan senang.

Sebagai pengguna kita memang harus sadar bahwa nantinya smartphone yang kita miliki juga bisa menemui masalah. Selain dari masalah bootloop, terkadang device juga bisa sering ngelag, atau bahkan ada masalah bug.

Simak: UNLOCK VIVO V15 Lupa Pola, Password (Screen Lock)

Tentunya setiap masalah yang timbul pada device Vivo kamu ada cara untuk memperbaikinya. Tinggal bagaimana kamu melakukannya. Oleh sebab itu, tutorial ini sengaja kami bahas agar memudahkan kamu memahaimnya dengan baik.

Kita akan menggunakan satu firmware saja. Ini sudah tested dan teruji untuk memulihkan device Vivo V15 seperti baru lagi. Bisa juga untuk mengatasi bug, sistem mengalami error, atau device kamu terkena virus.

Untuk cara memflash kita akan melakukannya melalui menu Recovery Mode. Ini adalah cara yang pertama yang dapat kami rekomendasikan. Setiap device Vivo terdapat menu ini. Sehingga kita akan memanfaatkannya dengan baik untuk bisa install update software, dan memulihkan kondisi smartphone saat ini.

Perlu kami sampaikan bahwa cara ini bisa saja menghapus data pada device kamu. Ini kalau memang kondisi hpnya sudah bootloop.

Tapi kalau device Vivo kamu normal saja, dan tujuan kamu flashing adalah upgrade software, dipastikan tidak akan ada data yang dihapus. Percayalah bahwa tindakan ini sangat aman karena tidak akan membuat device kamu menjadi mati.

Cara Flash Vivo V15 PD1831F Tanpa PC

1. Sebelum mulai, isi dulu daya baterai smartphone kamu hingga 80 persen. Ini merupakan hal penting untuk menjaganya tidak mati mendadak saat flashing sedang bekerja.

2. Karena kita akan memflash device Vivo V15 yang bootloop, siapkan memori SD carD. Silahkan diformat terlebih dahulu memori tersebut supaya ruang penyimpanan bisa maksimal. Ini akan dijadikan untuk menyimpan firmware.

3. Sekarang kamu download stock firmware Vivo V15 OTA dari link berikut. Kamu bisa download dari Komputer atau smartphone lainnya yang kamu miliki.

4. Jika firmware sudah didownload, filenya jangan di ekstrak. Kamu pindahkan file firmware tersebut kememori SDcarD. Namun jangan ditempatkan didalam folder. Ini agar mudah untuk ditemukan saat kita ingin install.

5. Matikan dulu smartphone kamu (Turn Off).

6. Kembali pasang memori SDcarD tadi pada slot SIM di smartphone kamu.

7. Selanjutnya, hidupkan smartphone dengan menekan bareng tombol Volume Atas dan tombol Power selama beberapa detik. Hingga smartphone masuk pada Mode Fastboot.

8. Kemudian tekan Volume Bawah atau Volume Atas untuk scrol ke pilihan Recovery Mode. Tekan tombol Power sekali saja supaya device bisa masuk pada menu Vivo Recovery seperti contoh berikut.

flash vivo v15 tanpa pc

9. Pada tahap ini silahkan scrol kembali dengan menggunakan tombol Volume pada pilihan Install Software, lalu tekan tombol Power.

10. Dimenu lainnya silahkan pilih SD carD. Temukan dan pilih firmware yang ada pada memori tadi. Kamu akan melihat notifikasi muncul dilayar seperti 'Unofficial Upgrade Package will affect the normal use of mobile phone, please do note upgrade'.

11. Setelah itu konfirmasi Install, dan proses update akan berlangsung. Perlu kamu ketahui bahwa proses ini memerlukan waktu cukup lama, antara 15-20 menit.

12. Ketika sudah muncul notifikasi komplit atau succeeded, silahkan pilih Restart.

Dengan beberapa langkah saja kamu sduah berhasil memflash Vivo V15. Ini adalah langkah sederhana pertama dan paling mudah untuk dilakukan.

Jika kamu tidak berhasil mengatasi bootloop dengan cara ini karena device memang bandel, kami masih akan memberikan metode lainnya yaitu menggunakan Flash Tool gratisan.

Cara Flash Vivo V15 via SP Flash Tool

1. Silahkan charger baterai device Vivo kamu hingga terisi sekitar 80 persen. Ini lebih utama yang perlu kamu perhatikan sebelum flashing firmware.

2. Silahkan download firmware dan file dukungan yang telah kami rekomendasikan berikut.

3. Nonaktifkan dulu Antivirus/Windows Scurity di Komputer kamu. Kemudian kamu ekstrak semua file yang sudah didownload tadi.

4. Install MTK USB Driver dikomputer sampai mengatakan finish.

5. Ekstrak juga SP Flash Tool dan buka foldernya, jalankan aplikasi bernama Flash_tool.

6. Pada aplikasi Flash_tool, klik Download-Agent. Temukan dan tambahkan file MTK_AllInOne_DA.bin yang ada didalam folder SP Flash Tool.

menambahkan firmware scatter vivo v15

7. Klik pada kolom Scatter-loading File. Temukan dan tambahkan file yang ada pada folder firmware Vivo V15 yang kamu ekstrak sebelumnya, yaitu MT6771 Android scatter. Pilih file tersebut, lalu konfirmasi Open. Setelah file Scatter sudah ditambahkan, hilangkan ceklis pada Preloader. Ini untuk menghindari kesalahan tindakan dan menyebabkan device mati suri, atau bahkan IMEI menjadi hilang.

8. Ekstrak MCT Bypass Auth. Jalankan aplikasi didalamnya bernama mtk bypass rev4.

9. Nonaktifkan device Vivo V15 kamu (Turn Off). Jika device tidak bisa dimatikan, kamu harus membuka tutup belakang kasing hpnya. Cabut soket baterainya dari mesin, lalu pasang kembali soket baterai tersebut.

bypass auth vivo v15

10. Sekarang pada aplikasi mtk bypass rev4, klik tombol Bypass. Tekan bareng tombol Volume Bawah dan Volume Atas pada device kamu sambil colok dengan USB kabel ke Komputer. Tunggu sampai aplikasi mtk bypass rev4 mengatakan PROTECTION DISABLED.

Setting COM Port Vivo V15

11. Sekarang pada SP Flash Tool pilih Options > Connection > Uart. Pada kolom COM, samakan nomort COM-nya. Contohnya saat kami memflash Vivo V15 ini terbaca di COM6 atau COM7, jadi jangan sampai beda dengan yang terbaca pada mtk bypass rev4.

12. Setelah kamu selesai mensetting COMnya, klik Download pada SP Flash Tool. Anda dapat menunggu flashing firmware Vivo V15 berlangsung beberapa menit.

flash vivo v15 sukses

13. Tunggu saja sampai proses tersebut mengatakan Download OK. Ini berarti flash Vivo V15 telah sukses. Kamu bisa melepaskan USB kabel dari device kamu. Kemudian tekan beberapa detik tombol Power untuk menghidupkannya.

14. Kamu akan melihat device loading beberapa menit lagi. Dari hasil ini kamu bisa melihat bahwa device akan menampilkan pengaturan awal. Seperti memilih bahasa, lokasi, dan setelan lainnya. Kamu dapat menyelesaikan semua pengaturan tersebut sampai device Vivo V15 kamu siap untuk digunakan.

Kesimpulan

Flashing firmware Vivo V15 tanpa PC atau dengan SP Flash Tool sebenarnya memiliki tujuan yang sama. Cuma hanya berbeda caranya saja kita mengerjakannya. Ketika kamu tidak berhasil memflash dengan metode pertama yaitu dari Recovery Mode, kamu dapat memilih Flash Tool sebagai alternatifnya.

Biasanya untuk device yang mengalami bootloop bandel perlu diflash menggunakan SP Flash Tool. Kamu dapat menyesuaikannya sendiri mengenai ini, dan dengan metode mana device kamu mau untuk diperbaiki.