Cara Flash Xiaomi Mi A1 (Tissot) TESTED BOOTLOOP

Cara flashing ROM Xiaomi Mi A1 via MiFlash Tool akan kami bahas untuk memudahkan Anda dalam memahami cara melakukan perbaikan jika smartphone Anda bootloop atau saat selalu pada mode fastboot ketika dinyalakan. Ketika Anda membaca postingan kami sebelumnya, mungkin Anda akan menemukan kemudahan dari flashing tanpa menggunakan FlashTool.


Cara Flash Xiaomi Mi A1 (Tissot) via MiFlashTool

Kali ini mungkin sedikit berbeda karena kami akan pandu Anda mengenai cara flash Xiaomi Mi A1 ini yang tentu semudah seperti yang kami bisa atau sudah ditested. Memulihkan smartphone kita saat mengalami masalah software tidak jauh dari langkah instal firmware.

Meski ada cara lain selain melakukan flashing, namun ini tidak seperti yang kita perkirakan sebelumnya. Hard reset tidak selalu dapat memperbaiki masalah pada smartphone jika hal yang terjadi ialah error.

Namun, Anda bisa saja mencoba cara tersebut untuk mengembalikan setelan pabrikan Xiaomi Mi A1. Ketika smartphone kita terus dalam mode fastboot, tentu itu ada masalah yang biasanya tidak dapat loading dan masuk pada menu Android.

Atau bisa saja masalah yang terjadi adalah mentok dilogo Xiaomi. Ini bisa di kategorikan merupakan kesalahan yang sama yaitu software dan memerlukan pembaruan MIUI.

Sekarang kita sebagai pengguna dituntut untuk tahu bahwa kita tidak hanya bisa menggunakan smartphone saja namun tahu apa yang dapat dilakukan seandainya ada sebuah masalah. Seperti yang telah terjadi sekarang.

Berbeda dengan masalah ringan seperti respon kinerja sistem menjadi lamban. Masalah itu menuntut kita untuk dapat memulihkannya dengan cara sederhana.

Kita dapat menggunakan aplikasi pengoptimalan untuk mengatasi itu dan aplikasi tersebut banyak sekali kita temukan pada aplikasi Playstore.

Jika smartphone yang kita miliki seperti Xiaomi Mi A1 ini memiliki masalah sekecil apapun, tentu tidak akan membuat nyaman. Apalagi hanya sebatas lemot dan ini pernah juga dirasakan oleh beberapa pengguna smartphone lainnya selain Xiaomi.

Apalagi smartphone Xiaomi Mi A1 ini memiliki cukup banyak kelebihan. Salah satunya pada kamera ganda yang ada dibagian belakang yang merupakan alat untuk menghasilkan fotografi atau gambar yang bagus.

Mungkin jika kita merupakan pengguna yang suka bergaya dengan hasil dari sebuah kamera, ketidak nyamanan saat menghadapi masalah dengan smartphone pasti akan terasa.

Sekarang, Anda juga tidak harus merasakan sedih lagi jika smartphone sedang bootloop dilogo atau hanya berkedip saja ketika dinyalakan. Saatnya kita mencari solusi dengan cara yang mudah dan dapat memulihkan kondisi smartphone tersebut.

Jika Anda tidak begitu sabar akan masalah yang terjadi dengan smartphone Anda, sudah seharusnya Anda menyimak tahap dari kami tentang langkah flash Xiaomi Mi A1.

Seperti yang sudah menjadi judul dari artikel ini, Anda akan belajar dengan panduan dari kami tentang tahap instal firmware. Karena kita akan memflash menggunakan MiFlashTool, ROM yang kita perlukan adalah tipe Fastboot.

Ada dua metode yang dapat Anda pilih untuk melakukan flashing ROM, diantarnya ialah dalam mode Fastboot atau EDL Mode tespoint. Jika tujuan Anda adalah untuk update MIUI, pilihlah versi terbaru dari ROM Fastboot yang telah resmi dirilis.

Baiklah untuk mengetahui lebih lanjut mengenai flashing, tahapan kami bisa Anda jadikan tutorial. Kami juga sudah melengkapinya dengan video sebagai tambahan agar Anda bisa memahami langkah flash Mi A1 yang pernah kami tested.

Pertama siapkan bahan berikut:

Cara Flash Xiaomi Mi A1 via MiFlashToo1 Mode Fastboot

Tutorial ini bisa bekerja kalau device Mi A1 Anda sudah ter-unlock bootloadernya. Untuk mengetahui sudah di unlock atau belum, Anda bisa nyalakan device ketika loading akan muncul gambar gembok terbuka dibawah.

Ini tandanya bootloader device Mi A1 sudah tidak terkunci lagi. Dengan demikian, Anda bisa flashing ROM menggunakan MiFlashTool dalam mode fastboot. Berikut langkahnya silahkan simak dengan baik.

1. Pastikan smartphone Anda memiliki daya baterai penuh sebelum langkah ini dimulai.

2. Ekstrak ROM Mi A1 lalu buka foldernya. Kalau Anda lihat ROM yang di ekstrak tidak terurai atau warnanya putih, tambahkan kata rar dibelakang file tersebut. Kemudian Anda ekstrak lagi ROM tersebut.

3. Install Qualcomm USB Driver  dan MiFlashTool.

4. Matikan dulu smartphone Anda.

5. Sekarang, kembali hidupkan smartphone dengan menekan tombol Volume Bawah dan tombol Power secara bersamaan hingga masuk di mode fastboot. Seperti contoh berikut.

Fastboot Mode

6. Hubungkan smartphone Anda dengan USB kabel ke Windows PC/laptop. Jalankan aplikasi MiFlashTool.

7. Silahkan klik Refresh supaya smartphone dapat terdeteksi pada MiFlash.

8. Silahkan klik Select lalu pilih file tissot_images_V10.0.24.0.PDHMIXM_20200810.0000.00_9.0_49f16fd30d, dari hasil ekstrak ROM Mi A1 tadi.

Flash Mi A1

Catatan Penting:
  • Pada bagian Clean all, opsi ini menjelaskan bahwa semua data pengguna akan dihapus dan dibersihkan. Juga ketika smartphone dalam keadaan terkunci pola atau sandi, maka akan terbuka setelah flashing selesai.
  • Save user data, opsi ini menjelaskan bahwa semua data pengguna dan pengaturan lainnya akan di simpan begitu juga pada pengaturan sistem yang Anda buat.
  • Clean all and lock, opsi ini menjelaskan bahwa semua data pengguna dan pengaturan akan dihapus terkecuali dengan kunci layar.
9. Kami sarankan pada MiFlashTool silahkan pilih Clean all. Selanjutnya Anda klik tombol Flash untuk perintah menginstal ROM.

10. Proses flashing ROM akan dimulai dan ini tidak dapat dihentikan. Silahkan tunggu sampai warna hijau menjadi penuh dan ditandai dengan Success.

11. Langkah flashing ROM pada smartphone Anda telah berhasil dilakukan. Anda bisa menyalakan device dan membiarkannya loading sampai ke setelan awal.

Sekarang kita beralih ke metode lainnya yaitu flashing Mi A1 pada mode EDL atau testpoint. Cara ini bisa dilakukan ketika Anda tidak berhasil memflash ROM menggunakan metode fastboot.

Cara Flash Xiaomi Mi A1 via MiFlashTool EDL Mode Test Point

1. Ekstrak ROM Mi A1 yang sudah Anda download. Kalau Anda lihat ROM yang di ekstrak tidak terurai atau warnanya putih, tambahkan kata rar dibelakangnya. Kemudian Anda ekstrak lagi ROM tersebut.

2. Jangan lupa untuk instal MiFlashTool dan USB Driver.

3. Siapkan juga device Mi A1 Anda dengan daya baterai yang cukup, atau terisi diatas 50 persen. Nonaktifkan (Turn Off) device Anda.

4. Karena kita akan flashing Mi A1 dalam mode EDL, kita perlu membuka tutup belakang device Xiaomi Mi A1. Untuk membuat device dalam mode EDL, kita akan testpont dari kedua titik pin melalui papan mesin langsung. Berikut gambaran titik testpoint Mi A1.

titik testpoint Mi A1

5. Setelah itu, siapkan USB kabel ke Komputer. Kemudian Anda satukan pin testpoint pada mesin tersebut menggunakan pinset sambil colok dengan USB kabel ke Komputer. Buka Device Manager pada Komputer. Jika device Mi A1 sudah dalam mode EDL, Device Manager akan mengenali device Mi A1 dibagian Ports (COM & LPT), yaitu Qualcomm HS-USB QDLoader 9008 (COM).

Catatan: Ketika saat mencoba membuat device masuk EDL mode tiba-tiba malah bergetar dan menyala, ulangi lagi cara testpoint ditahap 5 diatas. Sampai device benar-benar terbaca di Device Manager Komputer. Karena kalau device sudah dalam EDL mode, ia tidak akan menyala hanya terlihat gelap saja. Tapi akan tetap dikenali oleh Komputer.

6. Ketika sudah berhasil masuk EDL mode, buka XiaoMiFlash Tool dari layar Komputer Anda.

7. Klik Refresh untuk melihat device terbaca pada MiFlashTool. Kemudian klik Select untuk menambahkan file tissot_images_V10.0.24.0.PDHMIXM_20200810.0000.00_9.0_49f16fd30d, dari hasil ekstrak tadi.

8. Pada bagian bawah MiFlashTool, pilih saja Clean all. Klik tombol Flash untuk mulai menginstal ROM.

9. Sekarang memerlukan waktu beberapa menit dari proses flashing tersebut. Tunggu saja sampai MiFlashTool mengatakan Success atau Finish.

Agar lebih mudah memahami mengenai cara flash Mi A1 dalam mode testpoint atau EDL mode, Anda bisa saja menyimak video kami.
Semua upaya Anda dalam melakukan flashing bisa berhasil kalau memang device tidak ada masalah hardware. Biasanya kalau gagal akan ada notifikasi failed kalaupun sudah diganti ROM dengan versi lainnya. Atau diflash dengan menggunakan Box Software.

Sebagai saran kami, cobalah untuk mengecek bagian konektor USB device, dan USB kabel yang digunakan. Usahakan kondisinya benar-benar baik. Pastikan juga Qualcomm USB Driver juga diinstal dengan benar.

Jika  memang kerja flashing ini sukses, smartphone akan reboot dan mungkin memerlukan waktu untuk loading. Usahakan sambil di charger agar device tidak mati karena disebabkan oleh daya baterainya yang habis.

Mungkin itulah rurotial kami tentang cara flash Xiaomi Mi A1 dengan dua metode yang berbeda. Anda dapat melakukan langkah diatas kapan saja jika Anda ingin memperbaiki device Anda dari masalah.

Namun, hanya melakukan perbaikan saja jika smartphone Anda mengalami bootloop dilogo atau error, dan bahkan ingin melakukan update MIUI.