Cara Flash Samsung Galaxy Grand Prime SM-G530H

Baru ini kami mendapati satu smartphone Samsung Galaxy Grand Prime SM-G530H sebagai bahan pekerjaan baru ini sekaligus akan kami share diblog kahsbi.com ini. Smartphone ini datang dengan kondisi botloop dan hanya muncul logo Samsung Galaxy Grand Prime tanpa bisa masuk kemenu layar.


Selain kondisinya bootloop ditambah juga dengan selalu restart-restart. Sepertinya smartphone ini berat untuk masuk kemenu karena terlalu banyak aplikasi game yang diisntall oleh pengguna.

Kalau diperhatikan, smartphone Samsung Galaxy Grand Prime SM-G530 ini mengadopsi RAM 1GB dan memori internal 8GB. Sepertinya pengguna smartphone tersebut ingin memborong aplikasi game dismartphone hingga memenuhi kapasitas memori internal.

Terlalu banyak menginstall aplikasi berlebihan tentunya akan memberatkan kinerja pada smartphone juga bisa membuatnya fatal dan akhirnya mengalami kerusakan pada software.

Cara Flash Samsung Galaxy Grand Prime SM-G530H

Samsung Galaxy Grand Prime SM-G530 memang memiliki spesifikasi tangguh karena dibekali dengan chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 dan membawa CPU Quad-core 1.2 GHz.

Selain itu, prosesor tersebut juga dipadu dengan kinerja grafik dari Adreno 306. Pada sistem operasi smartphone tangguh ini telah didukung oleh Android v4.4.2 Kitkat.

Kelebihan dari smartphone ini ialah sudah didukung fitur Dual SIM GSM yang juga adanya teknologi jaringan 2G GSM, 3G HSPA, dan 4G LTE. Dengan dukungan teknologi jaringan inilah membuat pengguna tertarik, apalagi bagi yang hobi internetan. Dari segi konektivitas yang dibawanya ialah Wifi, Bluetooth,GPS, microUSB, FM Radio.

Ada dari sebagian Samsung Galaxy Grand Prime yang didukung dengan kelebihan konektivitas NFC yakni (G530F dan G530FZ model). Samsung Galaxy Grand Prime SG530 ternyata juga dibekali baterai yang memiliki kapasitas daya cukup besar yakni 2600mAh.

Mungkin itulah sedikit informasi tentang spesifikasi Samsung Galaxy Grand Prime SM-G530H. Sekarang khasbi.com kan langsung memberikan tutorial untuk memperbaiki smartphone Samsung Galaxy Grand Prime SM-G530 jika mengalami problem dengan sebutan bootloop.

Jika kondisinya smartphone kamu demikian, langkah yang harus kamu lakukan ialah melakukan flash ulang. Dengan langkah tersebut kamu juga telah memperbaiki kerusakan dibagian sistem operasi atau software.

Jika smartphone kamu kondisinya saat ini mengalami hang, kamu lupa pola atau kode pengaman lainnya, kamu bisa mengikuti langkah kami tentang cara mereset ulang smartphone.

Untuk memulai flash ulang, kamu perlu menyiapkan bahan berikut:

Catatan: Flashing ulang dengan tujuan untuk menginstall firmware pada smartphone adalah langkah serius yang harus Anda perhatikan. Tindakan ini akan menghapus data yang ada sebelumnya. Pastikan Anda sudah melakukan backup data jika memang ada kesempatan dan memang ada data penting yang tersimpan di dalamnya.

Langkah Melakukan Flashing Firmware Samsung Galaxy Grand Prime

1. Setelah kamu selesai mendownload file-file yang dibutuhkan lalu ekstrak semua.

2. Install Samsung USB Driver.

3. Siapkan kabel USB dan sambungkan kekomputer/laptop kamu.

4. Matikan smartphone kamu untuk beberapa detik.

5. Sekarang buat smartphone Samsung Galaxy Grand Prime SM-G530H dalam posisi ODIN MODE seperti ada gambar Android berdiri dan ada peringatan Downloading dengan cara menekan tombol Home, Volume Atas dan tombol Power secara bersamaan.

6. Kemudian tancapkan kabel USB kessmartphone.

7. Jalankan aplikasi Odin v3.09.

8. Klik pada tab AP lalu arahkan kefile firmware yang sudah diekstak tadi.

9. Tunggu beberapa detik pada saat pengecekan firmware finished.

10. Sekarang kamu klik Start untuk memulai flash firmware.

11. Proses akan berlangsuung beberapa menit dan kamu harus menunggu hingga proses selesai.

12. Jika proses flash telah sukses maka akan diakhiri dengan PASS yang bisa kamu lihat dikolom pojok bagian atas

Untuk lebih jelasnya kamu dapat menyimak video berikut.


Demikian artikel kami semoga bisa bermanfaat untuk kamu pengguna smartphone Samsung Galaxy Grand Prime SM-G530H yang mencari cara untuk melakukan flash ulang firmware dan melakukan upgrade.