Cara Flash Redmi Note 10 (Mojito) Update MIUI

Cara Flash Xiaomi Redmi Note 10 (Mojito) MIUI Global ROM Recovery dan Fastboot via MiFlashTool akan menjadi ulasan terbaru kami melalui postingan ini. Tutorial ini dapat membantu kamu melakukan perbaikan software dan mengatasi beberapa kendala yang terjadi pada smartphone Xiaomi kamu.

Cara Flash Xiaomi Redmi Note 10 (ID) Indonesia

Apakah smartphone kamu saat ini memang sedang bootloop dilogo, crash, dan mungkin tidak responsif?

Masalah seperti itulah yang sekiranya akan diperbaiki menggunakan firmware dukungan. Memflash ROM Xiaomi Redmi Note 10 adalah tindakan yang sangat tepat untuk dijadikan solusi ketika ingin memulihkan device atas beberapa kasus yang terjadi sekarang.

Bukan hanya software saja. Tapi juga saat kamu ingin menghapus kunci layar seperti pola. Jangan biarkan device kamu terkunci sehingga kamu lupa pada akhirnya, dan tidak dapat menggunakannya.

Smartphone terbaru Xiaomi Redmi Note 10 ini memang cocok untuk kamu yang menyukai smartphone dengan kelebihan pada sektor kamera.

Ia memang sudah dilengkapi keunggulan dari sisi fotografi dan dikhususkan untuk membuat penggunanya nyaman dalam mengambil gambar. Dengan ini, kamu bisa mengabadikan momen bahagia melalui kemera tersebut. 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat ingin memulai flashing ROM pada smartphone sendiri. Yaitu mengenai beberapa file dukungan yang mestinya harus dimiliki terlebih dahulu. Kalau itu juga tidak kamu siapkan, langkah flashing tidak akan bisa dikerjakan. 

Kami akan mencoba memberikan kamu dua metode berbeda dari tutorial ini. Pastikan kamu dapat memilih mengenai mana yang bisa membantu kamu. Yang pertama adalah tentang cara flash Xiaomi Redmi Note 10 menggunakan ROM Global stable yang dilakukan melalui lokal update. 

Yang kedua adalah metode instal menggunakan MiFlashTool dari mode Fastboot atau Test Point. Dari situ kamu dapat memilih dan menyesuaikan dengan masalah yang terjadi pada device kamu saat ini. 

Buat kamu yang memilih dengan metode update lokal, kemudahan bagi kamu adalah tidak perlu melakukan unlock terlebih dahulu. Juga tanpa harus menggunakan Komputer.

Memflash smartphone Xiaomi kamu bukan hanya merupakan langkah yang bisa dilakukan sekali saja. Misalkan, pertama smartphone kondisinya bootloop dan sudah diperbaiki, kamu juga bisa memflash lagi kalau masalah itu mengulang dikemudian hari.

Namun, ada beberapa hal yang seharusnya diperhatikan terlebih dulu. Semua data bisa saja hilang dalam proses ini karena terhapus. Pastikan kamu sudah melakukan backup data sebelumnya, pikirkan kembali sebelum melanjutkan proses ini.

Cara Flash ROM Recovery Redmi Note 10 Melalui Metode Lokal Update

1. Isi daya smartphone Xiaomi kamu hingga tingkat baterai di atas 70 persen.

2. Download ROM Redmi Note 10 Recovery dari tautan berikut. Jika device kamu tidak bootloop, kamu bisa mendownloadnya langsung dari hp.

3. Salin file ROM yang sudah kamu download tadi ke folder Downloaded_ROM pada dokumen internal atau root perangkat dalam memori microSD.

4. Jika sudah menyalin filenya, nonaktifkan smartphone kamu terlebih dahulu. Setelah itu nyalakan kembali.

5. Buka aplikasi Pengaturan di Xiaomi kamu. Pilih Tentang Telepon (About phone) dan klik Pembaruan sistem (Update system).

6. Pilih 3 titik di sudut kanan atas dan pilih paket pembaruan (Choose update package) untuk dimasukkan.

7. Pilih file ROM di folder Downloaded_ROM dimana kamu tadi menyimpan firmware.

8. Setelah memilih file ROM yang sesuai, smartphone kamu akan memulai proses pembaruan software. Proses pembaruan akan memakan waktu beberapa menit dan menunggu sukses.

9. Smartphone akan restart ketika proses pembaruan selesai.

Dengan demikian kamu bisa melihat bahwa device berhasil diupgrade. Memang tujuan dari langkah pertama ini adalah untuk update MIUI. Tapi langkah tersebut juga bisa memperbaiki masalah yang ada pada device. 

Contohnya:

  • Masalah Bug
  • Error
  • Aplikasi sistem telah terhenti
  • Dan lainnya

Sekarang kita lanjutkan dengan metode yang kedua. Ini sangat cocok buat device kamu ynag saat ini benar-benar mati suri. Selain itu, kamu bisa memperbaiki device ketika bootloop menggunakan MiFlash. 

Ada dua yang bisa dilakukan untuk flashing. Yaitu metode Fastboot sebagai langkah termudah. Atau melalui Tes point dengan harus dari mesin.

Ini bisa dikerjakan ketika kamu tidak berhasi memflash melalui mode Fastboot. Biasanya kami memilih Tes Point jika device benar-benar stuck dilogo.

Cara Flash Redmi Note 10 via MiFlashTool

1. Isi daya smartphone kamu hingga tingkat baterai di atas 50 persen.

2. Download firmware terbaru Redmi Note 10 Fastboot, dan dukungan lainnya.

3. Nonaktifkan smartphone Xiaomi kamu. 

4. Ekstrak file ROM. Install Qualcomm USB Driver dan MiFlash Tool.

5. Pada device kamu nonaktif, tekan pada tombol Volume Bawah dan tombol Power secara bersamaan untuk masuk ke mode Fastboot seperti contoh berikut. 

Fastboot Mode

6. Setelah itu, hubungkan device dengan USB kabel ke Windows PC/laptop. Gunakan USB kabel yang bagus.

7. Buka aplikasi XiaoMiFlash. Klik tombol Refresh, MiFlashTool akan langsung mendeteksi smartphone Xiaomi kamu.

8. Klik kolom Select seperti contoh berikut. Temukan dan tambahkan folder firmware Redmi Note 10 yang sebelumnya sudah kamu ekstrak.

menambahkan file rom redmi note 10

9. Jangan lupa pada bagian bawah pilih Clean All. Kemudian klik tombol Flash untuk mulai flashing ROM.

flashing redmi note 10 success

10. Tunggu sampai proses di MiFlash berubah menjadi hijau dengan kata Success, artinya ROM telah berhasil di install diperangkat. Smartphone kamu akan otomatis restart dengan versi terbaru.

Catatan:

- Jika terjadi kendala di halaman reboot setelah selesai flash firmware, pilih wipe data melalui mode recovery. 

- Caranya, Matikan dulu smartphone Xiaomi kamu, tekan dan tahan tombol Volume Atas dan tombol Power bersamaan untuk masuk ke mode Mi Recovery. Kemudian, pilih wipe all data lalu Reboot system.

Itulah tutorial dari saya tentang cara flash Xiaomi Redmi Note 10 dengan dua langkah yang sangat mudah. Semoga bisa menjadi panduan dasar yang dapat membantu untuk memperbaiki smartphone kamu.

Simak juga: Cara Flash Samsung Galaxy J5 Prime