Cara Download Firmware. Readmore

Cara Flash Advan i6A MT6737T Scatter File

Tutorial tentang cara flash Advan i6A menggunakan Flashtool akan menjadi awal yang tepat buat sobat yang ingin memperbaiki device. Ini merupakan solusi untuk membantu mengatasi masalah yang terjadi sekarang pada device kamu. 

Cara Flash Advan i6A Scatter File

Semua yang yang berkaitan dengan sistem maupun aplikasi dapat kamu perbarui. Karena tidak mungkin kamu akan melihat smartphone tidak menemui masalah. Entah yang rumit seperti mati total, atau cuma loading dilogo saja.

Jika device kamu menemui masalah bootloop dan bahkan beberapa aplikasi bawaan benar-benar error oleh virus, mending kamu bisa mencoba untu mereset pengaturan saja. Melalui pilihan Wipe data dari Android system recovery, atau langsung dari pengaturan.

Begitu juga saat kamu menemui masalah lupa pola yang mungkin sekarang menjadi kendala sulit saat mau masuk menu. Device terkunci karena kamu sendiri lupa. Mungkin karena keseringan mengganti password sehingga bingung polanya apa.

Oleh karena kamu sendiri lupa, ketika ini terjadi memang perlu dilakukan untuk segera menghapusnya. Karena dipostingan ini kami tidak membahas mengenai hard reset, kamu bisa memilih untuk flashing firmware Advan i6A saja.

Perlu sobat ketahui bahwa Advan i6A ini memiliki dua varian, dan diluncurkan oleh vendor Advan dengan dua chipset berbeda. Untuk itu kamu harus mengecek dulu apakah device kamu menggunakan chipset Mediatek atau Spreadtrum.

Seandainya chipset prosesornya adalah Mediatek, kamu bisa menyimak tips kami dipostingan ini. Tapi kalau sudah dicek ternyata chipset Spreadtrum, kamu bisa menyimak tips kami lainnya yang sudah pernah dibahas. Kami sudah jelaskan mengenai langkah flash Advan i6A dengan dukungan YGDP Flash Tool.

Meskipun ada dua varian yang membedakan, tentu cara perbaikan yang dilakukan juga menggunakan dukungan yang berbeda. Karena firmware yang dimiliki diantara kedua smartphone tersebut juga beda. Sehingga kamu tidak dapat menukar diantara keduanya dan jika dipaksakan pastikan tetap tidak akan bisa.

Untuk flashing firmware Advan i6A dengan chipset MediaTek, caranya bisa dibilang cukup mudah. Kamu dapat memilih file Scatter dan SP Flash Tool sebagai peralatannya. Tapi mengenai caranya tentunya kamu bisa mengikuti ulasan ini.

Baiklah, berikut adalah bahan yang harus kamu siapkan:
  • PC/laptop Windows
  • USB kabel
  • SP Flash Tool
  • MTK USB Driver
  • Stock Firmware Advan i6A MT6737T
Cara Flash Advan i6A MT6737T Scatter File

Langkah pertama, charger dahulu baterai smartphone kamu sebagai awal penting minimal 70 persen. Ini untuk menghindari device mati saat loading. 

Langkah kedua, semua file yang kamu download adalah dalam format Rar/Zip. Silahkan diekstrak semuanya sehingga menghasilkan folder dengan berisi file flash yang akan digunakan.

Langkah ketiga, sekarang install dulu MTK USB Driver. Tinggal next saja lalu pilih install driver aniways hingga sukses.

Langkah keempat, Run as aplikasi Flashtool hingga terbuka pada Komputer. Contoh seperti berikut.

menambahkan file scatter advan i6a


Langkah kelima, sekarang pada scatter-loading File tinggal klik Choose.Tentukan dan pilih file MT6737T Android scatter dari folder firmware dimana kamu menyimpannya. 

Langkah keenam, setelah itu file akan diload oleh Flashtool. Untuk menjaga hal yang tidak diinginkan jangan centang terlebih dulu bagian Preloader. Ini untuk menghindari IMEI hilang atau device menemui masalah mati suri. Kamu boleh centang Preloader ini kalau memang diperlukan seperti upgrade firmware.

Langkah ketujuh, sekarang untuk memulai flashing kamu matikan smartphone (Turn Off)

Langkah kedelapan, klik tombol Download.

flash advan i6a via flashtool komplit

Langkah kesembilan, Siapkan device dan sambungkan dengan USB kabel ke PC. Proses downloading akan berlangsung. Kalau tidak ada respon berarti device belum kedetek dengan baik. Pastikan USB Driver MTK ter-instal dengan benar. Coba mulai lagi dengan cara lepas USB kabel dari device, lalu tekan tombol Volume Atas sambil colok lagi dengan USB kabel.

Langkah kesepuluh, kalau semua berjalan dengan baik silahkan tunggu hingga proses Download Ok dan flashing Advan i6A telah berhasil

Langkah kesebelas, kamu bisa menekan tombol Power untuk menghidupkan smartphone.

Selamat, kamu sudah menyelesaikan langkah diatas dengan sangat baik. Sesudah smartphone menyala untuk pertama kalinya kemungkinan akan loading, baru ia bisa masuk menu. 

Itulah pembahasan kami mengenai tutorial flash Advan i6A dengan menggunakan FlashTool. Kamu dapat mengulangi langkah diatas untuk memulihkan smartphone jika itu terjadi lagi. Kamu tidak perlu panik karena kamu sendiri sudah sudah mengetahui solusinya.

Post a Comment