2 CARA RESET HP REALME C2 UPDATE

Selamat Datang di Blog Khasbi.com - Kali ini saya akan memberikan tutorial cara hard reset Realme C2 sebagai solusi efektif untuk mengembalikan setelan awal. Ada beberapa alasan kenapa kita harus melakukan ini.

Namun hal yang paling mendasar adalah melakukan perbaikan. Untuk mereset hp Realme C2 diperlukan pemahaman yang benar agar tidak melibatkan resiko karena salah langkah. Oleh sebab itu, saya akan menjelaskan langkah-langkah ini sebaik mungkin sesuai dengan apa yang sudah saya kerjakan.

Perlu kamu ketahui bahwa tips ini dapat membantu memperbaiki beberapa masalah yang terjadi saat ini di device Realme C2 kamu meski terkadang kamu sendiri tidak benar tahu mengenai penyebab semula. 

Daftar Isi Artikel

Sebelum mereset data pabrik, pastinya kamu memiliki alasan umum. Kemungkinan kamu ingin menjual smartphone ini dan membeli smartphone yang baru. Ini masuk ke logika juga kalau dipikir. Bisa jadi kamu juga sudah bosan dengan smartphone Realme C2 ini karena sudah tipe lama.

Bukan hal yang sangat sulit bagi kamu untuk menghapus semua data yang ada sebelum berpindah tangan. Lebih mudah dan sama saja seperti ketika ingin merestart smartphone. Namun bagaimana langkahnya dan apa saja yang bisa diselesaikan dengan cara ini?

Masalah Yang Bisa saja di Selesaikan

Berikut beberapa masalah diantaranya yang bisa saya sebutkan :

HP Sering Hang / Ngelag : Umumnya bisa disebabkan oleh memori yang sudah hampir penuh atau terlalu banyak aplikasi yang berjalan didalam latar belakang. Hal ini kadang bisa saja kita temui pada smartphone sendiri.

Aplikasi Tidak Merespons (Force Close) : Ini bisa saja disebabkan oleh aplikasi yang mungkin crash atau freeze karena bug. Selain itu, smartphone kamu mungkin kekurangan sumber daya, seperti RAM yang terbatas atau CPU yang terlalu terbebani oleh aktifitas berlebihan.

Masalah Jaringan : Bisa saja masalah jaringan seluler atau Wi-Fi. Masalah dengan jaringan seluler atau Wi-Fi dapat menyebabkan masalah saat mengakses internet atau aplikasi yang membutuhkan koneksi ke internet.

Lupa Sandi / PIN : Ketika kamu lupa dengan kunci layar yang kamu buat dan sudah berulang kali salah, ini dapat menyebabkan device menjadi terkunci.

Virus atau Malware : Virus atau malware dapat menyebabkan masalah kinerja atau keamanan pada perangkat Android.

Baterai Cepat Habis : Aplikasi yang berjalan di latar belakang atau fitur aktif seperti GPS atau penggunaan contras layar yang terlalu terang dapat menguras baterai dengan cepat. Baterai yang sudah rusak juga dapat menyebabkan masalah ini.

Beberapa hal bisa saja akan terjadi pada device kamu. Mungkin sekarang atau mungkin nanti ketika kamu memang tidak mengetahui awalnya. Maka dari itu, seandainya kamu sudah mengetahui tentang beberapa langkah penting tentang solusi perbaikan, semua masalah dapat di selesaikan dengan sangat cepat.

Tentang Tutorial Hard Reset

Mengenai tips hard reset Realme C2 ini akan saya bahas sebagai tips pertama yang akan membantu kamu untuk mengatur ulang sistem dan melakukan perbaikan dari masalah yang ada sekarang. Ini dapat kamu terapkan pada smartphone sendiri kapan saja.

Selain dari melakukan hard reset, sebenarnya kamu juga dapat memilih untuk menginstal firmware. Itu kalau smartphone kamu hari ini mentok dilogo (Bootloop) atau ada kerusakan file sistem, dan tidak dapat di restart.

Sebagai solusi efektif lainnya, kamu dapat mengunduh firmware OTA dan mulai melakukan update atau flashing firmware software. Jika kamu belum tahu caranya, kamu bisa membaca tips kami di postingan selanjutnya.

Pastikan kamu menggunakan firmware original yang kamu dapatkan secara resmi atau dari rekomendasi saya di website ini.

CARA RESET REALME C2 KE PENGATURAN PABRIK

Mereset device Realme C2 ke setelan pabrik adalah yang lebih diutamakan sebelum memflash firmware.

Hal penting dan harus kamu ketahui dari langkah ini adalah, tindakan ini bisa saja menghapus data. Jadi, buatlah cadangan terlebih dahulu untuk data-data penting kamu yang tersimpan dalam smartphone. Untuk data yang ada di memori Kartu SD tidak akan terhapus dalam proses ini, datanya akan tetap aman.

Tapi kalau kondisi smartphone kamu sekarang ini tidak memungkinkan untuk di backup karena masalahnya ialah bootloop, kamu tidak perlu khawatir. Abaikan saja data yang ada, lalu coba langkah yang ada di tutorial ini untuk memulai ulang.

Cara Reset HP Realme C2 via Recovery Mode

1. Nonaktifkan dulu smartphone Realme C2 kamu dengan cara menekan tombol Power, lalu konfirmasi matikan daya. Pastikan daya baterainya masih memiliki 50 persen. Jika dayabaterai  device Realme kamu hampir habis, harap untuk di charge dahulu.

2. Untuk mereset Realme C2, nyalakan kembali smartphone kamu dengan menekan tombol Volume Turun, dan tombol Power lalu tahan selama beberapa detik. Tunggu hingga device masuk di Mode Bahasa. Selanjutnya pilih menu bahasa 'English'.

3. Kemudian device akan masuk di Mode Recovery.

4. Kamu dapat memilih 'Wipe data' sebagai perintah lanjutan.

5. Berikutnya kamu dapat mengetuk 'Wipe data (Keep, SMS, Contact and Photos)'.

6. Konfirmasi 'Yes' untuk memulai Format data. Tunggu sampai notifikasi 'Wiped successful' muncul dilayar. Konfirmasi Oke untuk menutup notifikasi..

7. Selanjutnya kamu dapat memilih 'REBOOT', dan biarkan smartphone kamu restart selama beberapa menit.

Untuk memahami lebih lanjut tentang semua penjelasan diatas, kamu juga dapat menyimak tutorial dari video berikut. Ini akan memudahkan dan mengurangi kesulitan kamu ada dimana.

Cara Reset HP Realme C2 Melalui Pengaturan / Setelan

Realme C2 ini juga menawarkan opsi lain untuk mengembalikan setelan sistem selain dari recovery mode. Namun, perlu diingat bahwa reset melalui pengaturan adalah untuk kembali ke pengaturan pabrik saja.

Jadi saya ingatkan kembali bahwa kamu harus memindahkan semua data di smartphone terlebih dahulu atau membuat cadangan ke perangkat lain seperti komputer atau memori Micro SD yang kamu miliki. Karena data-data yang ada di smartphone kamu bisa saja terhapus setelah melakukan reset pabrik.

Cara reset HP Realme C2 melalui pengaturan adalah sebagai berikut:

1. Pastikan smartphone Realme C2 kamu dalam kondisi menyala. Perhatikan juga bahwa baterai terisi setidaknya diatas 50 persen.

2. Untuk memulai langkah ini, kamu bisa masuk ke menu Pengaturan.

3. Scroll hingga opsi "Pengaturan Tambahan".

4. Scrol lagi lagi kebawah lalu klik "Cadangkan dan Reset". Lihat ke bagian bawah, ada menu "Reset ke Data Pabrik".

5. Kemudian kamu akan melihat beberapa pilihan untuk mereset. Karena tujuannya adalah reset ke setelan pabrik, pilih "Hapus Semua Data". Pilih lagi "Hapus Data".

6. Smartphone akan melakukan restart otomatis setelah proses reset dimulai, dan tunggu saja beberapa menit hingga loading barakhir.

Setelah device Realme C2 kamu selesai di reset, kamu masih perlu untuk mengatur ulang. Biasanya menu pengaturan yang muncul seperti memilih bahasa dan kawasan. Jika diperlukan, kamu juga bisa menyiapkan akun google untuk login agar dapat menggunakan smartphone dengan optimal seperti baru lagi.

Demikianlah tips dari saya tentang cara hard reset Realme C2. Ini adalah cara yang paling mudah yang bisa saya bahas di postingan ini. Semoga kamu sebagai pemilik smartphone Realme C2 ini dapat menemukan solusi dari apa yang sudah saya jelaskan.

Load comments

0 Comments